Pahlawan Perlu Tanda Jasa: Standup Comedy Special By Abdur Arsyad di Surabaya

Gara-gara nonton stendap Abdur sebelumnya berjudul Rewrite di instagram @abdurarsyad, trus aku ngakak, karena materinya lucu dan gak ngecheat, alias materinya aman, maka ketika dia ngadain special syo lagi, aku langsung beli tiketnya.

Pahlawan Perlu Tanda Jasa

Pahlawan Perlu Tanda Jasa diadakan di Teater RRI Surabaya pada 29 Januari 2023. Harga tiketnya 200 ribu. Plus pajak dan ini itu jadi 228841 rupiah. Beli di loket.com. Aku beli Jalur Prestasi. Semacam presale 2.

Yang unik di acara ini adalah penonton harus pakai dreskod atasan berwarna putih. Kalau nggak, gak bakal bisa masuk. Wah serem ya bapak guru Abdur ini. Walaupun pada kenyataannya banyak yang gak pakek baju putih. Tapi tetep mayoritas pakai putih sih. Seru kayak sekolah beneran. Haha

Tau gak kalian, pasti gak tau ya. Aku cuma punya kaos putih katun bambu lengan panjang yang tipis banget. Walhasil gak layak dibuat nonton karena lebih kayak kaos buat tidur alias kaos santai. Berangkat ke Surabaya pun kecepetan karena aku sok²an naik Patas 60 ribu dan lewat tol terus! Jadi 1,5 jam sudah sampe Surabaya.

Kaos putih tipis katun bambu

Walhasil berangkat dari Nganjuk jam 2 sore lebih, sampe Surabaya setengah empat sore padahal acaranya jam 7 malam. Aku gak turun terminal Mbungur, tapi turun Grab Lounge, beberapa ratus meter sebelum terminal.

Grab lounge Surabaya

Daripada gabut di Grab Lounge, aku langsung watsap @bangkitku untuk main ke kosnya. Trus memanfaatkan dia untuk nggonceng saya ke lokesyen. Mayan kan menghemat puluhan ribu naik grebkar. Hahaha.

Bangkit syerlok, aku langsung otewe naik gojek. Di kosannya saya selfie.

Kosan Bangkitku

Walaupun karakter orang seperti Bangkit ini sedikit yang bisa menerima, tapi karena aku Leo, maka aku bisa menghendel segala macam karakter orang. Tapi jujurly emang menghendel Taurus itu perlu skill tinggi. Butuh kekuatan penuh lah. Dan aku nailed it! Aku bisa akrab lo sama Bangkit! Haha

Bangkit itu baik banget, aku aja dikasih kaos putih siomi, dipinjemi jas hujan, helem, sama kresek buat tempat sepatu. Dia lengkap loh peralatannya. Semua disediakan dua. Dia tau menyediakan helm 2, jas hujan 2, itu penting untuk meng-serve temen yg main ke kosnya.

Jam 5.42 sore berangkat ke venyu. Dengan setelan jas hujan mruput, kami berdua menerjang hujan gerimis Suroboyo. Bangkit pakai jas hujan atasan dan bawahan, aku pakai model ponco karena praktis melepasnya. Heran banget, kok Bangkit tau ya, akan ada orang seperti aku yang memilih jas hujan model ponco. Hahaha

Aku dan bangkitku pakai jas hujan otw ke PPTJ

Kami kelaparan. Padahal aku sudah dicekoki jajan yang didapat Bangkit dari donor darah tadi siang. Tapi hawa dingin memang bikin laper sih. Trus kami mampir di Bebek Slamet Kayoon Surabaya.

Bebek Slamet

Menurutku malam itu bebek Slamet cabang Kayoon ini uwenak pol. Kalau disuruh balik lagi saya jelas mau. Tapi entahlah, kok kata temenku SMA yg tinggal di Surabaya, gal rekomendid. Hmm.. padahal di situ ada kucing yang sangat manut dan bahkan minta pangku ke aku. Boleh jadi kucing itulah yg bikin enak rasa sambel dan bebeknya. Hahaha

Waktu Magrib hampir habis. Karena dikejar waktu, maka kami gak hanting musholla, tapi langsung otw ke venyu. Berekspektasi penuh kalau gedung RRI yang megah itu PASTI punya musholla. Walaupun kalian tau arah tulisan ini ke mana, iyak, TERNYATA GAK ADA musholla!

Akhirnya kami centak-centuk telong rokangat di pom bensin. Yaaah..

Dengan memakai kaos siomi, sebenarnya saya siap dirosting. Dan saya sudah siapkan panslainnya kalo-kalo beneran dirosting, aku akan keluarkan hape aifun tuwelfku dan tunjukin epel woc 3 ku ke emsi yang ngerosting. Sambil bilang, saya diendorse siomi bang! Hahahahah

Dan pasti kalian sudah tahu arah tulisan ini ke mana, iyak benar, saya tidak jadi dirosting. Karena venyunya seperti ini.

Teater RRI Surabaya

Dan aku duduk di posisi agak tengah, jadi gak mungkin emsinya notis ada penonton yang pakai kaos siomi. Soalnya emsinya pun cuma suara. Alias gak ada emsinya. Hahaha. Tiba-tiba langsung opener saja. Hahaha

Langsung ke vlog saja kalau ini:

Setengah delapan malam, acara stendap dimulai..

Opener pertama: Fajri

Fajri

Fajri (@fajri_mrp) adalah seorang guru SLB. Materinya lucu. Cuman karena dia ditaruh jadi opener pertama, jadi otomatis akan ada yg lebih lucu dari dia. Hahaha. Iya sih. Tapi aku kasih sekor 7,9 untuk penampilan Fajri malam itu.

Opener Kedua: Reyhan

Reyhan

Mas-mas gemes Reyhan Satrio (@reyhansatrioo) membawakan materi seputar kemacetan Suroboyo. Mbahas sopir pikep. Mas Reyhan ini jago ek taut. Untuk penampilan mas gemes ini, saya kasih sekor 7,9 juga!

Opener Ketiga: Banyu Alam

Banyu Alam

Banyu Alam (@banyoealam) nyeritain pembangkit listrik, tentang bapaknya, lucu, kayak orangnya juga lucu. Haha. Sekor untuk mas Banyu ini 7,9 juga. Hehe

Opener Keempat: Odi Ajalah

Odi Ajalah

Openernya sampe empat! Iyak, banyak banget sih ini. Haha.

Tapi ketahuilah, mereka semua kan lucu, berati hedlainernya lebih lucu. Nah, opener keempat adalah komika idolaku, Odi Ajalah. Ini mas Ui Uaa, materinya absurd banget. Mana ada stendap sambil ngeces hape? Bahkan dia punya oloran kabel yang mempersilahkan penonton untuk ngeces bareng. Aneh haha.

Gak heran kalau dia pernah jadi komedi konselten untuk acara di stesyen tivi dan hasil bayarannya bisa dibeliin leptop. Karena selera komedi saya adalah yang absurd² gak ketebak begini, maka saya kasih sekor 8.

Headliner: Abdur Arsyad

Abdur Arsyad the headliner

Nah, hedlainernya tentu saja bapak guru Abdur Arsyad. Mas Abdur ini sarjana Matematika bahkan sampe S2 loh, jadi dia memang sepinter itu. Walaupun saya juga anak statistika ya, tapi cara berfikir mas Abdur ini cerdas. Matematika sama Statistika ini kan satu keluarga ya. Kami sama² belajar Kalkulus sampe 4 semester. Jadi yang dibahas Abdur tentang integral pangkat dua, pangkat tiga, saya rilet banget! Hahaha

Materi mas Abdur sangat komplit. Dari materi pendidikan, sepak bola, bahkan sampe ke politik. Materinya padet banget. Dan bener-bener dipersiapkan dengan matang. Gak ada tuh ngebleng². Ketawa penonton juga bergemuruh. Sayangnya aku gak ngrekam suara tawa penonton. Takut diciduk haha. Vlog di atas aja saya rekam di awal² aja. Ketika komika sudah membuka materi, saya langsung stop recordnya. Biar saya nikmati sendiri materinya. Kalian cukup baca reviewnya saja. Haha

Sekor untuk materinya Abdur adalah SEMBILAN!

Btw, sudah nonton vlogku di atas belum sih? Haha

Setengah sepuluh malam acara stendap selesai. Acara dilanjut foto sesyen. Semua penonton boleh foto bareng 5 komika. Cuman yang beli kaos mercendais, dapat giliran duluan. Saya sengaja foto terakhir. Karena aku type orang yang kalau hadir di acara harus pulang terakhir, karena saya suka banget berkumpul begini, suka sama kerumunan orang.

Foto bareng Abdur Arsyad:

Foto bareng Abdur Arsyad

Foto bareng Abdur Arsyad

Foto bareng the openers:

Foto bareng Fajri, Reyhan, Banyu, Odi

Foto bareng Fajri, Reyhan, Banyu, Odi

Ada video Ui Uaa bareng Odi sih. Coba aku upload di blog saja:

Nyanyi Ui Uaa Dingding Bala Dingding..

Aku emeiz ketika Odi ternyata kenal aku. “Bang Dzofar, ya?”. Waaaah. Dia kenal saya! Hahaha. Maklum aku sering muji-muji stendapnya Odi sih. Saya juga beli dijitel daunlodnya di comika dot aidi. Jadi dia seneng juga ada orang entah dari mana, temen juga kagak, eh mengapresisasi stendap dia. Kan stendap itu sama kayak karya seni ya. Dan seorang seniman itu cuma butuh diapresiasi. Uang sih resiko dari karya yg dibuat. Tapi apresiasi itu semacam tujuan akhir.

Habis foto², aku turun ke lantai bawah dan nemu harta karun berupa koleksi kaset pita yang jadul² dan vinyl atau piringan hitam penyanyi jadul kayak Tetty Kadi dkk yang ini pasti koleksi mahal! Harta karun penikmat musik.

Kami pulang jam 11 malam lebih. Trus kelaparan cari makan. Karena saya sadar beberapa hari terakhir aku defisit kalori, kerja dur sampe lupa makan. Sekalinya makan malah nasi pecel yang sayurnya habis jadi cuma nasi sama sambel sama peyek, akhirnya aku minta makan yang protein dan kalorinya banyak. Bangkit ngajak aku ke nasi cumi Pasar Atom Surabaya.

Anjay semua rekomendasi dari Bangkit masuk semua ke lidahku. Enak pol nasi cumi komplitnya. Bahkan aku iseng ngambil pisang coklat seharga 13 ribu yang terletak di dekat kasir, eh enak juga! Fix malam itu aku kenyang dan bahagia. Hahaha makasi Bangkit!

Ini kalau ada yang gak setuju silakan aja ya. Selain karena selera, juga karena faktor manusia. Manusia kalau masak gak bisa 100 sama persis rasanya. Tentunya faktor mood kalian juga bisa mempengaruhi rasanya. Coba pas kalian banyak masalah, stress, marah, atau sedih, rasa makanan apapun juga gak enak. Karena kita gak fokus makan. Pikiran kita ke mana-mana.

Pulang ke Mbungur dianter Bangkit. Karena memang Bangkit kosannya di Sidoarjo. Jadi sekalian sak jalan. Saya turun di pintu belakang Mbungur. Langsung dapat bus Sumber jurusan Nganjuk. Iya bis ekonomi. Siapa bilang orang kaya kayak aku harus selalu naik bus patas? Ketahuilah wahai rakyatku yang miskin, kemewahan itu boring. Suwer! Lu pikir punya aifun itu bikin hepi terus? Enggak lah, sering bosen juga karena gak pernah ngelag, kamera kok bagus mulu. Hidup kalau gak ada prablem itu bosen tauk! Hahaha

Naik bis ekonomi tentu saja lebih asyik. Karcis bis Sumber dari Surabaya ke Nganjuk cuma 23 ribu dengan ase super dingin bikin aku gabisa tidur dan besoknya tubuhku nggreges hahaha. Tapi gapapa. Itulah hidup yg tidak boring. Karena dengan merasakan nggreges, saya jadi tahu nikmatnya sehat!

The end.

2 Comments

Komen yuk kak!