Jambore Standup Indo 2022: Tanpa Batas!

Ini kedua kalinya aku nonton Jambore Standup. 3 tahun yang lalu nonton Jambore Stendap di Malang. Dulu sih ngeri ya, soalnya aku kedinginan banget soalnya sok-sokan gak bawa sliping bek. Padahal di Coban Rondo itu dinginnya ampun deh. Mengerikan!

2022 ini, Jambore Standup Indo diadakan di Hutan Mangunan Yogyakarta. Tempat yang sama persis dengan acara Standup Hutan 2018 yang aku juga nonton. Di hutan dan di gunung tentu saja beda. Jadi di Hutan Pinus Mangunan tentu sana gak sedingin di Coban Rondo Malang. Jadi sebenarnya gak perlu bawa sliping bek. Karena gak sedingin itu. Cukup pake jaket atau hudi.

Dulu sih, pas stendap hutan, seru banget ya.

Apakah sekarang berati tidak seru?

16 September 2022. Hari Jumat. Jadi siang nanti harus jumatan. Karena kalau enggak, aku berati sudah dua kali gak jumatan. Minggu depannya kalau misal ketiduran lagi, aku fiks kafir! Hahahaha.

Gak papa sih kafir, kan tinggal baca syahadat, balik Islam lagi kan ya? Eh gitu gak sih konsepnya? Hahaha

Astopiluloo.. ga boleh main-main sama keyaqinan ya mas ndop! Nanti blogmu dihek sama kadrun kapok loh!

Tidur cuma dua jam. (Seperti biasa, siluman kelelawar yang satu ini emang susah tidur malam. Tidurnya selalu pagi. Biasanya habis nonton bow cap trus crot baru bisa tidur tuh. Hahaha) Itupun karena dipaksa merem aja.

Jam 3.52 pagi @wahyu_muharram ngewatsap, “Tangi mas”. Dan pas banget aku baru bangun tuh. Dirimu dukun ya, Yu? Jangan-jangan iya. Hahaha

Tas segedhe koper

Aku anak ransel. Karena gak punya koper. Xixixix.

Trus aku mandi dan jam 4.48 pagi sudah ngegrab sampe terminal. Otw, ke Madiun naik bis. Trus nanti ke stasiun Madiun naik grab. Begitulah rencanaku saat itu.

Di terminal, aku brosing tiket KAI Go Show alias tiket kereta api diskonan yang dipesan 1-2 jam sebelum kereta berangkat. Sambil nunggu bis masuk terminal.

Di Terminal Nganjuk

Menunggu bis dengan sangat sabar..

Karena aku pertama kalinya order tiket go show, aku jadi agak panik pas mau bayar. Dan akhirnya order tiket dihendel sama Wahyu. Tiket Go Show 45 ribu Madiun-Jogja udah dipegang! Tinggal leha-leha nunggu bis ke Madiun doang nih. Hasyek!

Kereta berangkat jam 6.40 pagi. Sementara sekarang sudah jam 5.13 belum dapat bis sama sekali. 25 menit nunggu bis gak dapet-dapet. Duh ini keburu gak ya, waktunya?

Karena udah mepet banget, aku keluar terminal. Nyegat bis di depan saja. Siapa tahu bisnya gak masuk terminal.

Dan setelah nanya tukang becak, ternyata bener! Bisnya gak masuk terminal! Bahkan dia bilang tadi ada bis Madiun baru saja lewat. Sat!!

Ngobrol sama tukang becak bikin waktuku terbuang 10 menitan. Jam 5.24 aku bimbang antara naik bis apa naik grab saja. Hmmm… akhirnya 4 menit kemudian aku order grab menuju Madiun. Tarifnya 121 ribu! Wis gak popo gas! Semoga masnya nanti mau diajak ngebut.

Order diterima. Dan setelah aku perhatikan dengan mataku yang ples ini, loh, kok jilbaban????

Sat!!!

Drivernya adalah driver yang sama dengan yang pagi tadi ketika aku otw ke terminal Nganjuk. Huwaaaaaa… mbaaaak, sampean iso ngebut opo oraaaa ki?

Grab motor berangkat jam 5.37. NJIR INI SANGAT MEPET WAKTUNYAAA!

“Bisa mas, ini di map gak ada satu jam kok!”
“Yowis ayuk mbak! Aku pasrah.”

Pasrah gundulmu!

Jelas aku gak mungkin pasrah. Kalau gak terkejar keretanya, aku bakalan naik bis juga. Perjalanan ngebis Madiun Jogja itu bisa 5 jam sendiri. Dan nyampe Jogja sudah telat jumatannya. Jadi mas ndop menuju kafir 2022 semakin dekat terlaksananya! Aku gamau kafir secepat ini Gusti! Huhuhue..

Cerita ketegangan naik grab ride bareng mbak-mbak jilbaban bisa kalian baca di sini.

2 menit sebelum kereta berangkat, aku berlari tanpa arah ke dalam stasiun. Aku gapernah ke stasiun Madiun sebelumnya. Jadi gatau di mana pintu masuknya.

Dengan menggunakan naluri berburu dari seorang Leo Singa yang aku punya, akhirnya aku menemukan di ujung sana, Wahyu Muharram, pahlawankuuuu.. aku dataaaang! Lorong itu serasa arena balap lari 100 meter. Wahyu sebagai finish linenya.

Sambil nggembol tas segedhe koper dan sambil memegang KTP, daku berlari sekencang mungkin. Terdengar suara kalau kereta Bangunkarta akan segera diberangkatkan. Menambah adrenalinku yang sudah lama tertidur ini, jadi muncul lagi.

KTPku tidak diperiksa, karena petugasnya percaya banget itu aku. Haha

Lariiiii.. naik ke tangga kereta dan ketika ada di dalam kereta, aku luwego pol!

Hahahahahasyu tenan kejadian pagi ini! Yang lebih asyunya lagi, Wahyu bilang ke aku, seharusnya Mas Ndop gak usah naik grab. Cukup naik kereta aja dari Nganjuk ke Madiun. Naik kereta Bangunkarta yang kita naiki sekarang ini. Bayarnya emang agak mahal. Tapi gak sampe 100 ribu. Dan gak mungkin telat..

CUUUUK! IYOYAAAAA!

Saat itu aku merasa menjadi orang terbodoh sedunia nomer 1. Mengalahkan juara bertahan, Aldi Taher. Mon map bang, sekarang giliranku menyandang predikat memalukan bergengsi ini. Respek bang!

Di dalam kereta, sudah ada Memet, solmet lahir batinnya Wahyu. Haha becanda, Yu. Temennya Wahyu sejak kecil. Temen mesra. Hahaha.

Memet tahu aja cara menghiburku. Dia ndusel-ndusel ke aku dengan manja. Sampe aku bertanya-tanya. “Met, ini pahamu nempel banget ke pahaku lo? Agak renggang dikit gak bisa nih?”

Gak met. Aku gak risih sama kamu. Tapi aku takut ketagihan aja. Enak anget soalnya. Jablai pula. HAHAHA

Akhirnya aku pindah bangku belakang. Bareng mbak-mbak jilbaban yang keknya grogi banget berada di dekatku. Mbaknya pasti dalam hati bersyukur banget. Di dalam kesepiannya, akhirnya datang pria tampan dan tinggi di saat yang tak terduga. Haha

Namun mbaknya ternyata pindah bangku di belakang. Mungkin mbaknya sama kayak aku. Takut semakin suka. Takut nanti gak bisa ngelupain aku karena aku memang tak mungkin dia miliki. Hahaha

Di dalam kereta, aku habiskan waktu dengan menulis blog. Padahal seharusnya aku tidur ya. Tapi entah kenapa aku gak ngantuk. Saking iksaitidnya sama kejadian kejar-kejaran waktu barusan. Dan iksaitid sama acara Jambore Standup nanti.

Dengan harga tiket Presale 2 seharga 980 ribu, acara Jambore Standup Hutan Pinus Mangunan ini harus lebih keren dibanding Jambore Standup di Coban Rondo Malang yang harga tiketnya cuma 300 ribu. Kaceknya banyaaak bestie!

Kereta datang di Stasiun Tugu Yogyakarta tepat waktu. Jam 9 lebih dikit. Kami jalan kaki mencari sarapan secara random. Dan makan gudeg di warung makan dekat hotel iblis Ibis.

Nyegat Grab Car dari Jl. Malioboro ke Hutan Mangunan cuma 100 sekian ribu saja. Lebih murah dari pada shuttle bus yang disediakan sama panitia Jambore Standup. Maklum bertiga. Kalau sendirian ya sudah pasti lebih.. murah juga kalau naiknya grab motor. Hahaahaha.

Tapi jarang ada yg mau soalnya lokasinya di tengah hutan. Hahaha. Hidup syatel bas!

Sampe sini, sebaiknya kalian tonton aja vlogku dengan suara beksaun yang nggatheli ini:

Hahaha. Dari awal masuk venue, kami disuguhi lagu indah dari Vina Panduwinata berjudul September Ceria. Awalnya sih enak. Tapi setelah lagu itu diputar 389 kali, kok lama-lama jadi enek ya. Hahahaha.

Ini panitia gak mau bayar lagu lain apa? Hahaha.

Gelang Camping Jambore

Menurutku gelang yang sekarang kok kurang asyik ya, desainnya. Terlalu simpel. Bahkan logo Jambore diletakkan kecil banget di pinggir. Hihih. Padahal biar gak kosong-kosong amat, sebenarnya logo Jambore bisa dibuat transparan 30% trus ditaruh di background.

Pintu masuk jambore

Pintu masuk jambore lumayan unik. Segitiga bermuda illuminati. Weheheheh. Oh iya, karangan bunga dari kak Luhut kok aku lupa gak motoin hahaha.

Karena ini kali kedua aku nonton stendap di hutan pinus Mangunan, jadi aku lupa gak midioin pintu masuk menuju venue. Bener-bener fokusnya beda. Kalau dulu aku pyurli pingin ngevlog. Untuk kali ini 30% ngevlog, 70% pingin menikmati moment.

Tenda jambore

Letak pintu masuk venue ke tenda lumayan jauh btw. Apalagi jalannya naik turun. Jadi lumayan bikin ngos²an. Untung aku raner ya. Jadi fisikli aku terlatih jalan kaki. Kelemahanku cuman di hati sih. Hatiku rapuh. Coba bully aku, pasti aku sudah pingin suwesaid dengan cara makan-makanan endorsan. Kan enaknya sampe meninggoy. Hehe.

Jumatan

Suweneng banget tenyata di venue diadain jumatan. Entah ini tiap jumat diadain atau khusus acara Jambore Standup Indo jadi diadain. Aidon ker sih, tapi yang jelas Mas Ndop Menuju Kafir 2022 semakin lama tercapainya. Hahaha.

Jumat depan bisa tidur siang lagi hahaha. Astopilulo.. nyebut mas..

Sebelum jumatan, akutu biasanya melakukan ritual khusus, yaitu mandi dan ngising. Tapi karena ribet harus bolak-balik tenda untuk balikin handuk, dll, maka aku gak mandi dan gak ngising. Cuman tantangannya adalah aku jadi ngempet kentut lebih effort lagi. Karena ini di tengah hutan, jadi udara semilir. Walhasil frekuensi kentut itu naik 2 kali lipat. Hihihi.

Jumatan di Jambore Standup

Jumatan sukses. Balik ke tenda. Disambut nasi kotak. Habis makan trus otw ke venue untuk ngedepi panggon.

Dapat kenalan baru, namanya mas @pwokto. Mas-mas gemes yang seharusnya satu tenda sama aku dan Memet, soalnya Wahyu di tenda yang lain. Tapi Okto diusir sama Wahyu karena Wahyu maunya sama solmetnya, Memet tersayang. Gak bisa dipisahkan mereka tuh. Hahaha.

Yaudah, akhirnya Okto pun tukeran tenda sama Wahyu. Sorry ya, bang Okto. Wahyu tuh kalau makan harus disuapin sama Memet. Kalo tidur juga harus memeluk Memet. Jadi mohin dimaklumi. Xixixi.

Bersama teman jambore

Dari kiri ke kanan: @bangkitku, @pwokto, @dicky_stefanus alias Memet, @wahyu_muharram. Kami duduk depan sendiri. Karena nonton stendap paling enak ya depan sendiri. Suara jelas. Ekspresi jelas. Kalau misal ada adegan saru, juga terlihat jelas detailnya. Hahaha

Emsi gemes

Acara dibuka oleh duo emsi gemes Bryan Barcelona dan Arum Mudub yang lucu semua. Baru emsinya aja penonton sudah ketawa-ketawa. Apalagi komikanya nanti.. sunyi senyap pastinya. Hahaha. Gak ding, becanda sayang.

Aku bingung ini postingannya apakah harus kubahas satu persatu komika yang tampil? Tujuh puluhan komika loh. Postingan ini bakalan pooowanjang lo nanti. Hmm.. gini aja..

Enam komika pertama

Dari pojok kiri atas trus ke kanan ya..

Komika pertama yang tampil adalah Ilmy, yang ngebahas tentang coli. Iya, kalian gak salah baca. Stendap of er begini temanya emang 18 plus semua. Haha.

Komika berikutnya Burhannudin yang ngebahas kerjaannya sebagai dept kolektor plus ada konten 18+nya juga.

Lalu Aan Papeda yang ngebahas konten byuti. Trus ada Fikri Skoy mantan FPI. Lalu Sanpras yang resah sama badannya yg oversize. Hihi

Terakhir si Aldy Jadong yang materinya tentang mualaf. Ini lucu banget btw. Hahaha.

Komika selanjutnya

Nah ini nih, yang bikin alam ngamuk! Habis adegan itu, alam langsung menurunkan hujaaan! Seolah-olah alam ini ternodai oleh kelakuanmu, Bang. Makanya si alam mandi besar, Bang. Hahaha. Bang Jupriii..

Bang Jupriiii.. ampun dah! Stendapmu sudah lucu, Bang. Gak usah pake plorotin celanaaa.. aku duduk di bangku depan sendiri lo, Baaang. Aku lihat detail pantatmu lo, Bang. Hahaha. Tapi gara² lihat pantatmu, Bang, aku jadi bersyukur. Ternyata warna pantat kita shadenya sama. Sama-sama item. Sama-sama kusem. Hahahah.

Penampilan berikutnya kakak pulisi Gamayel. Kasian kakaknya. Hujan makin deras. Tapi the syo mast gouwon. Kak Gamayel tetep profesional stendapnya. Cuman aku kecewa sih, kenapa dia gak ikutan plorotin celana kayak Jupri ya? Kirain habis Jupri melakukan adegan itu, semua komika ikut-ikutan. Biar gerrr gitu hahaha.

Coba kalau kak Gamayel mlorotin celana, pasti langsung hujan es kali ya. Soalnya kak Gamayel badannya terlalu hot. Hahahaha.

Acara dihentikan sejenak. Nunggu hujan reda. Penonton sudah pada pake jas hujan sama payung sih sebenarnya. Tapi alat-alat elektronik kan gak bisa optimal yak, kalo ditutupi plastik. Yowis terpaksa berhenti dulu.

Sejam kemudian acara dimulai lagi.

Bang Rio, persona satpam, yang di jambore dia gak ngebahas satpam. Eh, aku lupa. Yang kuinget, dia ngebahas istrinya malah cekaut syopi pas dia lagi enak-enak sama istrinya. Hahaha.

Bang Raisnya Raditya Dika tampil kemudian. Ini perdana aku nonton stendap dia. Perdana nonton off er pula. Dia ngebahas preman yang ditusuk tukang buah. Ini lucu banget. Rais komika cerdas!

Nah, bang Ate ini pecah banget. Ceritanya hujan agak turun perlahan lagi. Gerimis tipis-tipis. Karena the syo mast gouwon, dia tetep stendap dan dar der dor, lucu banget! Bahkan pas tukang sound naik panggung buat nutupi spiker pake plastik, si Ate malah manfaatin moment itu buat ngasih punchline spontan. Ger banget! Cerdas Bang Ate! Rispek! Stendin eplauz dah!

Bang Alip ini juga aku perdana nonton stendapnya. Njir lucu banget materinya. Aku lupa materinya. Keknya dia ngebahas kak Jil. Makanya aku rilet banget. Trus ek tautnya bagus.

6 komika selanjutnya

Mas Wira ini stendapnya kan puisi-puisi senja gitu yak. Dan kali ini works banget loh! Bisa lucuuuu! Sepertinya mas Wira udah nemu resep di mana mencari lucu di sebuah puisi senja. Gujab bang!

Seperti biasa, Ebel Cobra mah main ek taut doang tapi bisa lucu. Jenius nih orang. Haha

Akhirnya Bonar tampil. Di Suci kan dia habis nilai tertinggi trus minggu depannya klos maik ya. Duh kasian bang. Maka di Jambore ini, dia mau tampil beda. Karena sore tadi Jupri mlorotin celana dikit saja. Bonar mlorotin celana sampe bawah wah wah. Hahaha dan gernya adalah dia cuma pake sempak belalai gajah. Njir semua penonton ngakak pol!

Kecuali aku.

aku sibuk menganalisa, itu tititnya yang mana ya? Masa bagian yang belalai? Ih gak masuk akal kalau sepanjang itu. Trus kalau bukan yang itu, berati tititnya di balik belalainya. Tapi kuperhatikan kok gak ada tonjolan sama sekali. Apa jangan-jangan bang Bonar titinya di belakang ya?

Jangan-jangan, bang Bonar itu sebenarnya kera sakti?

Sampe sekarang aku belum nemu jawabannya gaes. Bantuin aku memecahkan misteri ini gaes..

Sadana Agung selalu membuka stendapnya dengan ketawa grogi malu-malu minimalis khasnya yang gitu aja bisa bikin ngakak. Hahaha. Trus dia ngebahas materi mesum di mejid dengan sangat sempurna. Cerdas banget mas!

Bintang Bete, the king of wan lainer. Aku lupa lupa inget materinya. Keknya dia ngebahas video kol open BO gitu gitu. Hahaha

Adjis Doaibu tampil sambil impersonet kak Owi dan kak Luhut. Lucu banget hahaha

Acara sesi pertama selesai. Istirahat dulu mandi-mandi atau sholat-sholat. Makan malam juga sudah disediakan. Lanjut sesi berikutnya di jam 8 malam. Mundur sejam sih, karena hujan tadi bestie.

Yudha dan Andhika

Emsinya ganti Yudha Brajamusti dan Randhika Djamil. Aku kok deg-degan ya. Mau tampil kayak gimana lagi komika berikutnya. Soalnya yang sebelumnya ekstrim banget hahaha. Bener-bener seperti taglinenya: TANPA BATAS.

Komika

Fiko tampil berikutnya. Sayangnya, ekspektasi orang-orang nonton Fiko itu ger ger ger. Tapi entah kenapa sunyi senyap. Yuk bisa yuk Fik! Semangat Fik! Separuh stendap sunyi senyap, akhirnya dia ngeluarin jurus andalan. Dia bahas materi sholat. Akhirnya penonton ketawa. Hihihi. Fiuuuh untungnyaaa..

Danny Beler membawakan materi prahara rumah tangga. Mas Danny ganteng banget di sini. Mas, gak pingin mlorotin celana mas? Hahahaha.

Kak Oky menceritakan pengalamannya pijet plus plus yang lucu banget. Hahaha

Lalu Jui Purwoto tampil dan aku lupa materinya apa. Duh sorry bang. Tapi lucu kok bang.

Erwin Wu juga komika yang baru aku tonton stendapnya. Dia ngebedah materi stendap teman komika yang lain. Materi yang syarat akan edukasi. Tapi lucu banget! Haha

Ardit membawakan materi tentang dirinya yang gak punya persona. Akhirnya dia pun impersonate komika lainnya, kayak Indra Jegel, sambil ngebedah materinya. Njir lucu banget!

Komika selanjutnya

Materi Abdur ini memorable. Dia ngebahas lagunya Jamrud yang judulnya Surti Tejo. Gila, nemu aja materi kayak gini ya. Hahaha.

Boris Bokir seperti biasa. Ngebahas dia yang jago ngaji dan ilmu agama Islam padahal dia kristen. Hahaha.

Abdel Achrian materinya apa ya, aku lupa. Haha. Tapi yang memorable itu endingnya. Tiba-tiba mainin gitar ngebawain lagunya Queen. Trus semua penonton ketawa karena liriknya diganti. Hahaha

Praz Teguh juga materinya memorable. Dia ngebahas kurap. Njir rilet banget sama aku. Aku juga dulu pernah panuan, kudisan, dan aku belum siap untuk kurapan bang. Pliz jangan tulari aku bang. huahaha.

Indra Frimawan, komika kesukaanku. Materi yang gak bisa ditebak pans lainnya. Gak ada yang bisa kayak Indra sih. Haha

Arif Brata ngebawain materi parenting juga. Tapi aku lupa :(

Day 1 selesai

Penampilan selanjutnya Marshel Widianto. Dia ngebahas Celine beli buah sampe 20 juta sebulan. Bintang Emon juga lucu tapi aku lupa materinya. Haha. Kalau Ali Akbar dia ngebahas Momogi.

Acara selesai. Eh belum. Ada Komikaraoke. Acara nyanyi-nyanyi bareng gitu. Aku ikutan sampe selesai dan seneng-seneng banget. Cuman aku sendirian. Karena Wahyu dan Memet ternyata sudah balik tenda dan mereka tidur. Kecapekan pasti.

Komikaraoke

Aku tidur sekitar jam 2 pagi. Rencana tidur di musholla gak jadi. Penghianat banget kalau aku tidur sendiri di musholla sementara mereka berdua tidur di tenda. Lagian kenapa sih harus tidur di musholla, egois banget! Haha

Jadi gini, mereka berdua kan ngorok ya. Terutama Memet. Ngoroknya kenceng. Daku gabisa tidur. Tapi akhirnya aku akali dengan dengerin musik di Airpods. Akhirnya bisa merem walaupun durasi gak sadar cuma sejam paling.

Day 2

Bangun jam setengah lima pagi. Lalu mandi di kamar mandi deket musholla dekat warung. Jam segitu sudah pasti semua masih tidur. Jadi aku bebas gak antri kamar mandi.

Habis mandi aku balik ke tenda buat ngeces hape di depan mushola panitia.

Charging Station

Hape dan Epel Woc aku tinggal dan aku balik tenda untuk nggletak sebentar. Wahyu dan Memet mandi. Lalu aku ikutan Wahyu dan Memet mandi ke warung untuk ngopi².

Selfi dulu

Truuuus, pas nongkrong², aku diajak sama Bangkit jalan kaki 6,4 km ke Kebun Buah Mangunan. Tempatnya indah. Tapi kakiku lecet karena gak pake sepatu. Huhuhue. Aku ceritakan di postingan selanjutnya aja ya, tentang ini.

Pulang ke Hutan Pinus Mangunan sudah jam setengah sepuluh. Acara Podcast Senin Kemis dimulai jam 10 pagi. Hmm.. kalau dipikir-pikir, enakan tidur aja tadi. Kalau gini kan aku nontonnya dalam keadaan capek dan ngantuk. Tapi gapapa lah. Ntar malem pasti aku tidur nyenyak. Hihihi.

Podcast Senin Kemis

Ngobrol ngalor ngidul bareng Barry Williem, Heri Horeh, Popon Kerok, Yudha Brajamusti, trus endingnya malah belajar nyanyi. Ternyata Yudha Brajamusti itu sekolah vokal. Jadi dia litereli bisa nyanyi. Dan akhirnya malah disuruh nyanyi Keisya Hooo.. Uwooo.. Huwoooo.. Tinggalkan semua di siniiii… suaranya bagus!

Jam 11.45 Podkes senin kemis selesai. Istirahat pipis pipis, centak centuk, makan siang, balik ke venue lagi jam 1 siang. Acara stendap dimulai lagi.

Gigih dan Beni

Emsinya Gigih dan Beni. Nonton stendap itu semua lininya lucu. Emsinya pun lucu. Jadi kalau ditinggal pipis doang, kayak rugi gitu. Beda sama acara musik ya. Kalau lagi jeda emsi, kita bisa pipis dulu, makan dulu.

Komika selanjutnya

Rangga ngebahas matanya yang asimetri, ini lucu sih. Haha

Yono ngebahas apa aku lupa. Tapi ada konten 18 plusnya haha.

Guzman aku lupa materinya apa. Njir maaf banget bang. Ngafalin materi 70an komika kok di luar kapasitas otakku yang memorinya cuma 16 giga ini hahaha.

Yudha Khan ini aku inget. Dia ngebahas dirinya yang sering disangka belok karena sering meranin Sofia Latjuba di igenya. Haha. Wajar sih bang, dirimu emang cantik. Haha

Afif Xavi ngebahas bola. Awalnya aku skeptis soalnya aku gak rilet sama bola. Kecuali bola bekel. Haha. Eh ternyata pemain bolanya adalah tokoh politik di Indonesia. Detail banget dari karakter sama posisinya di sepak bola. Materi yang cerdas.

Egi Haw juga lucu. Tapi aku lupa materinya hahaha.

Komika cewek

Bang Fajar Nugra, gapapa ya aku gabungin dengan komika cewek? Los ya bang.

Nah, bang Fajar ini juga lucu. Suka banget sama ek tautnya. Ekspresi wajahnya juga juara. Haha

Nah ini dia jejeran komika cewek yang SEMUA LUCU. SEMUAAA.. Eh Aci agak kurang sih, tapi wajar karena dia sibuk main film sekarang. Jadi sudah jarang nulis.

Yang di luar ekspektasiku adalah si Neneng. Njir, materi off airnya 21+ banget. Gak nyangka orang selugu Neneng materinya haaawt! Hahah

Trus Musdalifah. Awal masuk panggung udah lucu banget. Dia joget kloget-kloget dengan irama musik Sikok Bagi Duo. Selanjutnya, materinya gerrr semua. Materi lapan belas ples sih. Lucu banget. Haha

Boah Sartika juga ternyata lucu banget kalo offair. Kalau di tipi kan paling materinya yg aikonik kesurupan ya. Di of er, dia bawain materi lapan belas ples juga. Haha.

Nah, yang ini komika cewek idolaku, Priska Baru Segu, bukan Friska ya gaes, tapi Priska. Pakek pek. Bukan ep. Materi lintas agama yang sangat-sangat bahaya kalau ditayangkan di tiwi nesyenel. Hahahaha. Apalagi closingnya dia joget dugem.. beuuuh.. pecah banget! Hahahaha.

Komika selanjutnya

Bachrul Alam ngebawain materi sholat. Njir lucu banget ini!

Bang Robie ini aku belum pernah lihat dia sama sekali. Materinya sensitif banget. Sangat jurang! Hahaha.

Trus Rispo. Deg-degan banget sih lihat Rispo tampil. Dia kan suka aneh-aneh ya di panggung. Buka celana udah si Jupri. Ngeliatin sempak udah ada si Bonar. Rispo mau ngapain lagi nih?

Dan ternyata dia lebih ekstrim! Dia kencing di panggung. Hahaha. Jadi dia balik badan, kencing di botol, trus udah? Oh tentu belum. Dia siramkan air kencingnya di muka. HUAHAAHHA

Beban banget buat si Nopek nih. Dia harus bikin penonton tertawa. Sementara penampilan Rispo pasti sangat memorable. Tapi bukan Nopek kalau gak lucu, kan? Dia tetep berhasil bikin penonton ketawa, dan pas klosing, Nopek berhasil bikin penonton berdiri semua. Gilaaaaa! Rispek!

Acara selesai. Yang mau mandi, sholat, makan, dipersilakan. Btw, di Jambore Standup 2022 ini, penonton dimanjakan banget kok. Belum nemu kendala teknis yang berarti. Air mengalir dengan lancar. Musholla ada dua. Tenda komika sama tenda peserta dibedain. Tendanya juga bagus, walaupun di awal ada dua ulat di tenda, tapi berhasil diambil dan gak sampe gatal. Pas malam, di dalam tenda juga gak dingin, udaranya sejuk. Nyaman. Aku bisa tidur.

Nasi kotak juga melimpah. Turah-turah. Mau makan dua kali juga bisa, soalnya banyak penonton yang gabisa datang dan tiketnya gak laku. Atau penonton lebih seneng makan di warung. Yang jelas, si Wahyu bisa ngambilin ayam di kotak. Iya, ayamnya doang. Daripada dibuang kan ya. Soalnya sisanya buanyak.

Aku bisa makan sehari tiga kali. Bahkan lebih. Dan gak keluar duit buat makan di warung. Eh keluar dikit, cuma sekali sih, beli mie karena pingin.

Selama Jambore, aku mandi sekali sehari. Jam-jam sebelum subuh. Soalnya aku kalau mandi, gak nyaman kalau ada banyak orang berada di sekitarku nungguin di luar. Mandi jadi kayak ada yang ngawasi. Hahaha.

Aku kalau nonton selalu di depan. Kalau bangku depan sudah penuh, aku nekat duduk di tangga. Yang penting depan. Karena aku rasa nonton stendap di belakang itu energinya kurang nyampe. Ekspresi wajahnya juga gak sejelas duduk depan.

Sayangnya, panitia ngasih aturan yang duduk di depan gaboleh ngrokok atau ngevape. Walhasil Wahyu dan Memet gabisa gabung ketawa bareng aku. Dia selalu duduk belakang sendiri biar bisa nonton sambil rokokan.

Soooo.. sorry ya gaes. Untuk urusan nonton, aku memang sangat egois dan bangsat. Haha

Mukti Entut dan Wawan

Acara dimulai lagi jam setengah tujuh malam. Bukan stendap sih. Tapi ganti lirik. Ini emang jagonya Mukti Entut dan Wawan. Ganti lirik itu contohnya gini. Lirik aslinya, Pak sepak pak preman-preman, sama Mukti diganti menjadi, prat kecipratan sperma preman. Hahaha

Jam 7 malam, komika tampil lagi. Dan malam ini gak hujan sama sekali. Josh banget!

Komika selanjutnya

Yusril sama Mukti jadi emsi. Tapi gak seru kalau Yusril cuma ngemsi doang. Dia akhirnya unjuk gigi ngedens kepop. Njir luwes banget gerakannya gaes. Haha

Adjis Doaibu materinya apa ya? Kok lupa. Duh maaf papresiden :cry:

Mas Ernest ngebahas materi apa yaaa… lupa aku. Sepertinya perenting. Yang jelas gak ada tebak-tebakan. Hahahah.

Awwe materinya tentang dia yang gak nikah-nikah di umur yang sudah tidak mas-mas lagi. Sante mas Awwe, kita samaaa! Hahaha. Hidup singgel dan hidup frisegs! hahaha.

Bang Gilbhas ngebahas materi Qurban pake uang haram. Njir ini premisnya lucu banget. Haha

Dzawin! Njir njir njir! Komika yang satu ini, yang awalnya aku skeptis kenapa harga show tunggalnya seharga 250 ribu, ternyata kalau materinya kayak di jambore ini, ya sangat worth it! Hahaha. Apalagi klosingnya, ya ampun. Sebelas dua belas sama Jupri. Bikin akun onlifens saja bang, duet sama Jupri. Hahaha.

Ngakak terus sampe pegel rahangku. Gila ya, para komika ini kecerdasannya di atas rata-rata. Bikin sesuatu yang lucu itu sangat tidak gampang. Harus bisa mematahkan asumsi masyarakat luas. Itulah punchline. Elemen stendap paling penting.

Duo emsi kesayanganku

Emsi terbaik di Jambore menurutku ya mereka berdua ini. Kemistrinya dapat. Si Mukti selalu ngasih celetukan plesetan lucu, Yusril selalu ngelurusin plesetannya. Kompak sekali.

Komika selanjutnya

Ini sesi komika pemenang kompetisi SUCI atau SUCA.

Mas David ngebahas problematika istrinya yang hedon dan suka dugem. Lucu banget! Trus dia clonengi mukanya pakai apa ya, kopi atau apa ya. Lupa aku. Sebuah gimik yang total!

Popon Kerok ngebahas perhomoan. Dia benci banget sama kaum eljibiti terutama homo. Demi materinya ini, dia sampe riset mendalam tentang acara mereka. Haha lucu pol.

Ridwan Remin. Komika idolaku. The king of julid. Haha. Ngebawain materi yang belum pernah aku nonton. Dia ngejulidin istrinya. Rapih banget penulisannya. Emang type komika kompetisi.

Indra Jegel. Aku agak lupa, materinya tentang anaknya apa bukan ya? Hmm..

Rigen juga materinya baru menurutku. Dia jadi barongsai. Njir mirip. Hahaha

Dicky Difie ini juga lucu banget. Dia kan belum dikarunia anak ya. Eh materinya tentang ini dong. Dia ngebahas sel sperma dan sel telur yang lucu banget.

Komika terakhir

Kukuh, yang tereliminasi awal di Suci X, pas tampil di Jambore juga kurang ger. Padahal sudah effort banget. Duh mas. Keknya harus riset selera joke masyakarat sekarang. Semangat mas!

Abraham Tino ini aku baru tahu banget. Materinya sensitif banget. Ngebahas Gus Dur. Sereeem.

Rindradana ini aku juga baru tau. Materinya aku lupa. Duh maaf.

Bene Dion yang bikin penonton ketawa ngakak bahkan banyak yang stendin eplaus, selera jokenya bukan seleraku. Duh.. seleraku buruk :(

Habis itu acara musik Orkes Pensil Alis. Jujurly aku kurang suka. Sorry ya, bang Hifdzi dan kawan-kawan. Selera musikku emang aneh. Aku lo suka Bjork. Musik gak jelas beatnya, gak jelas temponya, gak jelas tentang apa. Tapi aku malah suka. Hahaha

Jam 12 malam kurang, aku malah balik ke tenda. Ngeces hape. Makan kenyang di charging station. Bareng mas-mas gemuk yang entah kenapa aku ketemu dia terus. Lupa gak kenalan. Aku punya fotomu mas. Kendid. Haha. Kalau kamu baca postinganku ini, dm igeku @dzofar ya. Arep tak keki hadiah. Foto kendidmu. Hahaha.

Wahyu dan Memet masih asyik nonton. Maklum dia gak secapek aku. Aku sudah kurang tidur, paginya jalan kaki 6,4 km. Capek dan ngantuk.

Oh iya, aku juga kurang suka kalau para komika pada telanjang dada begitu. Kurang sopan menurutku sih. Seharusnya telanjang bulat sekalian gitu. Nanggung kan. Aurot laki-laki kan puser ke dengkul. Kalau kelihatan puser doang mah, nanggung. Mending sekalian lepas aja semuanya. Sama kayak coli tapi gak dikeluarin spermanya. Dosanya nanggung. Hahahaha.

Sama kayak hari pertama, kira-kira setengah dua pagi baru selesai acaranya, sebenarnya acaranya seru, bahkan Praz Teguh nyanyi lagu Dewa dll. Tapi aku sudah capek dan laper, walhasil aku out dulu.

Day 3

Hari ini terakhir di sini. Aku sedih. Karena aku pingin selamanya di sini. Aku pingin menua bersama Jambore Stendap Indo. Acara hari ini Jumpa Komika. Acaranya jam 10 pagi.

Setelah subuhan dan mandi jam 5 pagi, ternyata Wahyu menyusul mandi setelahku. Memet juga. Akhirnya setelah mandi, kami bertiga ngobrol. Temanya nanti pulang naik apa. Soalnya mas-mas yang kemarin nawarin pulang bareng, ternyata dia pulang duluan. Hahaha gagal dapat tumpangan gratisan.

Karena hari ini terakhir, yuk foto-foto aja.

Ndop Memet Wahyu

Ndop Memet Okto Wahyu

Ndop Memet Okto Wahyu

Ceria-ceria semua kan sirkelku gaes? Gak ada tuh yang model-model malu-malu. Yang selfi tapi pas upload mukanya ditutupi stiker. Gak ada yang jaim-jaim anjing. Haha

Si Memet udah punya pacar ygy. Si Okto malah sudah nikah gaes. Udah punya anak 1. Wahyu juga diam-diam sudah punya kekasih. Jadi yang jomblo cuma aku doang. Paling tua dan paling jomblo gak laku cuma aku doang. Hahaha. Kata Wahyu, Kekeyi aja mutusin aku. Soalnya menurut Wahyu, aku adalah mantan Kekeyi. Hahaha

Gapapa gaes aku jomblo. Yang penting aku kaya raya. Kamu butuh duit? KERJA! PACARAN MULU! SOKOR DUIKMU ENTEK. FAK PACARAN. HAHAHAHAHAHAHA

Acara Jumpa Komika lebih ke acara ngobrol sante secara spontan. Biar gak ngebleng-ngebleng amat, akhirnya ada beberapa komika yang kemarin gak tampil, tampil di sesi ini. Ada Pak Moa, Gerall, Buhun, Arif Biskuit, trus lupa siapa namanya. Gerall di sini tampil olaut. Seharusnya dia masuk di line up kemarin ah.

Jumpa komika

Trus habis itu acara selesai. Dan penonton dibebaskan foto-foto sama idolanya masing-masing.

Wahyu dan Memet sudah keliling sendiri karena dia ada titipan buat event sepak bola. Sementara aku bengong sendirian.

Trus aku nemu Priska di sebelah sana. Oh mumpung hudiku kuning sama kayak punya Priska, maka aku hampiri dia buat selfi bareng.

Priska Baru Segu

Kak Priska manis bat. Pas aku bilang, baju kita warnanya sama-sama kuning, dia bilang, “Kayak kader golkar.” Njir, spontan lucu. Hahahaha.

Lalu aku cari komika cewek lagi, karena menurutku kemarin mereka tampil lucu. Nemu Misdalifah lagi nganggur. Yuk kak, selfie yuk!

Musdalifah Basri

Jumpa Komika sama jumpa artis itu beda gaes. Kalau komika itu gak ada sombong-sombongnya. Just like ordinary people tapi mereka lebih cerdas aja dibanding kita. Haha

Boah Sartika

Boah ini anaknya positive vibe banget. Kayak gak pernah susah anaknya. Dan kek masih anak kecil. Hahaha.

Neneng Risma Wulandari

Neneng Risma Wulandari cantik menik-menik banget ya. Jadi pingin skiner rutinan lagi kayak dulu.

Gerallio

Dikit banget yang foto bareng Gerall, penonton memang kejam sih. Pilih-pilih komika yang sudah terkenal saja. Hahaha. Yaudah sini bang Geral, foto bareng akuuu.. kamu lucu banget kok! Jadi pingin order #eh

Yusri Fahriza

Mas jenengmu kok angel diapalne. Mesti aku ilinge Yusril Ihza Mahendra. Hahaha Yusril Fahriza banyak banget yang ngajak foto. Karena dia menurutku fenomenal, aku pun foto bareng dia.

Riyuka Bunga dan Heri Horeh

Jaraaang banget yang foto bareng Riyuka Bunga dan suaminya Heri Horeh. Ini pada gak tahu apa, ada seleb tiktok di sini? Keknya jarang yang mainan tiktok ya? Akhirnya aku menghampiri mereka berdua. Sepasang suami istri seleb tiktok. Mereka hambel banget. Riyuka Bunga di ril laif cantik, ramah, dan ceria.

Mukti Entut

Aku lihat mas Mukti siap-siap ninggalin panggung. Tapi sebelum dia ilang, aku ajak selfie dulu. Sebelahan sama orang cerdas, hapeku grogi. Hapeku ya, bukan aku. Soalnya pas kupencet shutternya, lha kok dia slide ke mode portrait. Yah payah. Haha. Tapi karena komika itu baik-baik, jadi mas Mukti nungguin aku benerin mode kamera dulu. Haha.

Sayangnya aku lupa gak ngrekam video review komika sama Memet dan Wahyu. Padahal aku sudah rencanain untuk nanya ke mereka 3 komika terlucu. Tapi lupa gak direkam. Hapeku selalu aku ces kalau pas nongkrong. Huhuhue sedih.

Kami akhirnya pulang naik grab dengan driver yang sama pas nganter ke sini. Cuman kali ini gak pake aplikasi. Karena sudah pasti susah dapetnya. Plus kasihan sama drivernya dapat potongan dari aplikasi.

Walaupun datangnya lumayan lama, tapi kami gak papa. Soalnya Hutan Mangunan itu emang jauh banget. Sejam perjalanan dari Malioboro.

Aku minta dianter ke terminal Nggiwangan. Memet dan Wahyu ngelencer sendiri kopdaran sama temennya. Aku gak diajak. Karena emang gak kenal. Tapi aku gak baper blas. Wong ya aku harus pulang cepet. Bikos Senin ada kerjaan.

Uang di dompet tinggal 100 ribu sekian. Mau naik Patas duikku gak cukup. Kurang enam ribu. Haha. Akhirnya aku naik Sumber ekonomi. 74 ribu saja. Dan fiks, aku keluwen brooo. 6 jam ndik njero bis! Tapi aku turu tok sih. Melek-melek wis tekan Ngawi. Melek mergo weteng luwe. Hihihi.

Wis stop critane sampe kene ae ya. Tak langsung ning kesimpulan.

Ouwerol acara bagus banget! CUMAAAN.. Tolong ya panitia make sure micnya okay. Soalnya banyak banget komika yang tampil, micnya putus nyambung.

Pas Podkes Senin Kemis salah satu micnya mati lama banget. Seharusnya hal itu tidak terjadi. Atau seharusnya panitia nyediain mic yang pake kabel. Jaga-jaga kalau sinyal ilang atau batre habis.

Itu saja sih, ouwerol acaranya sangat menyenangkan dan rekomendid buat ditonton dua tahun kemudian. Iya, acara Jambore Standup Indo ini diadakan dua tahun sekali. Tahun depan 2023 diadakan di Jakarta dengan nama Standup Fest. Nonton gak ya enaknya? Hmmm…

3 besar komika terbaik menurut saya, hmmm… Ah pusying aku. Lucu-lucu soalnyaaa.. okay.
Juara tiga, jatuh kepada… Priska Baru Segu. Juara duanya.. Antara Ate atau Gilbhas. Juara satu… jatuh kepada Dzawin! 👏🏻👏🏻👏🏻

Selamat ya kalian!

Gaes, kayaknya sudah selesai ya, postingannya. Njir sudah 5000 kata. Aku tulis ini total 3 harian. Sayakin gak akan ada yang baca sampe selesai. Paling mentok pada nonton vlogku. Itupun gak sampe selese. Hahaha.

Thank you for reading. I love you 💛

Komen yuk kak!