Komedian Cilik Surabaya: Standup Comedy Special by Hifdzi Khoir

Buat klen yg males baca postingan ini, langsung tonton aja video di bawah ini. Kalau ada iklan, biarin aja, jangan disekip. Kalau mau ngucapin terima kasih, saya hanya menerima ucapan berupa UANG TRANSFERAN. Minimal 50 ribu. Okay!!

10 Juni 2023

Sebenarnya sudah sering nonton Hifdzi Khoir stendap secara offline, keknya dia selalu tampil di acara stendap yg aku tonton: Stendap Hutan Yogya, Jambore Stendap Malang, Jambore stendap Yogya, dan selalu lucu. Of kors karena dia komika senior!

Tapi entah kenapa feed instagram Hifdzi gak pernah nongol di timelineku. Jadi ketika Wahyu ngasih tau aku untuk nonton stendapnya via twitter, aku bengong bentar, “Eh, ada ya?”

Komedian Cilik

Tanpa babibu langsung aku iyain! Jadi aku gak berekspektasi lebih bahkan aku gatau sejarah nama stendap Komedian Cilik apa. Hahaha

Jadi Hifdzi itu ternyata sejak kecil pingin jadi komedian. Dan baru kejadian sekarang. Dan asal kalian tahu, itu karangan saya sendiri. Hahaha

Pas nonton Hifdzi ini, aku perdana naik Suroboyo Bus bayar pake qris limaribu saja. Dari Mbungur turun halte Rajawali. Lalu ngegrab ke Pop Hotel Stasiun Kota.

Sebenarnya saya kebablasan turunnya karena Bangkit bilang turun Tugu Pahlawan dan mas kernet gak bilang sama sekali. Ternyata seharusnya turun halte Indrapura.

Wis pokoke Bangkit mbulet. Pokoke dee sing salah. Hahah. Jatukno saya nanya langsung ke mas kernet.

Suroboyo Bus

Naik grab 9 ribu langsung turun ke venue si Pop Hotel Stasiun Kota.

Saya sangat kebelet nguyuh anjir! Padahal di Grab Lounge tadi udah nguyuh. Tapi karena aku ngomba-ngombe akua bonus dari naik bis Patas, walhasil beser. Huhuhue.

Langsung nanya ke resepsionis, di mana toiletnya. Karena ini tergolong toilet umum, bukan toilet kamar hotel, jadi ekspektasi saya adalah jeding tradisional wicis ada bak mandinya.

Ternyata sudah pasti tidak!

Jedingnya modern tipe kering bangsat yang saya sangat benci! Haduh. Walaupun jedingnya begitu, perlakuanku ke jeding modern itu tetap secara tradisional dan syar’i.

Aku lepas sepatu, aku taruh sepatu di tempat yg gak kena air. Aku lepas celana panjang, celana pendek, sempak, eh mana sempakku? Kok ilang? Oh iya lupa! Aku kan udah gak pernah pakek sempak lagi karena bertambahnya umur! Hahah

Saya nguyuh cur sambil duduk di wese duduk. Aku pastikan posisi manukku tidak memancarkan uyuh ke depan. Karena nanti nyiprat ke mana-mana. Jadi manukku saya lipat ke bawah, baru cur..

Nguyuh selesai. Trus ini gimana cawiknya?

Saya ambil semprotan air buat cawik yang semprotannya gak sante itu. Saya semprotkan ke manuk saya. Anjirrrr… “Mas Ali” kaget banget!

Setelah menurutku sudah suci, aku siram juga paha, betis, dan seluruh kakiku, bahkan pantatku juga. Pokoknya pinggang ke bawah harus basah semua. Begitu caraku memantapkan kesucian tubuhku. Lebay banget sih. Tapi kalau gak gini, aku bakalan badmood seharian! Karena merasa belum suci.

Aku katokan dan celonoan lagi. Aku lupa ada cantolannya gak di situ? Kalau enggak, berati selama nguyuh dan bersuci, celana pendekku aku masukin saku celana panjang. Trus celana panjangku aku talikan di leher.

Entah apa di pikiran arsitek bikin toilet tanpa ada cantolannya? Kan gak semua orang bisa berak cukup dengan plorotin celana aja. Soalnya pasti ada yg jijik kalau celananya kecipratan kencing atau tai pas cawik.

Aku keluar wese. Melewati mas-mas yang lagi kencing di orinoir. Trus ouwerthingking, itu masnya sadar gak ya, kencingnya nyiprat di celananya? Trus itu cawiknya gimana? Pas cawik apa gak nyiprat ke celana? Kalau najis sholatnya gimana? Kalau kencing berdiri begitu, emang bisa tuntas kencingnya? Kalau dia duduk, apa gak bakalan keluar dikit tuh kencingnya. Kalau keluar, apa gak kena sempak?? Ah, pikiranku kacao!

Jancuk tenan was-was najis yg aku derita ini! Bikin hidupku tidak mudah! Agama kristen gini amat gak ya? Kalau enggak, kok keknya tertarik untuk log in. Trial dulu 30 hari bisa kali ya. Hahahahahhasyuuuu! Astopilulooo.. asy haduuu… asy haduuu…

Habis menunaikan keribetan duniawi yang maha asyu itu, akhirnya saya lega karena sudah gak kebelet pipis lagi. Tapi saya belum lega karena masih ada dua orang yang nonton bareng aku. Dan mereka berdua belum nyampe! Padahal mereka sudah di Surabaya sejak pagi! Sementara aku berangkat dari Nganjuk jam 3 sore mepet waktu malah udah nyampe duluan.

Kira-kira limabelas menit kemudian, kedua mas-mas berbadan hot itu datang. Aku peluk mereka bedua. Kukecup mesra bibir-bibir mereka yg bau rokok Mangga Gandeng. Karena masih ada waktu 10 menitan sebelum acara dimulai, aku ajak mereka ke toilet. Kita trisam!

Hahahaha gak lah!

Kami langsung duduk di tempat wi ai pi yang disediakan. Dan kita trisam di situ!

Hahahahha gak lah!

Kita cuma chow lee bareng aja!

HAHAHA becyandaaaa…

Bangku VIP ditandai dengan dibungkus kain putih. Mirip bangku nikahan yg bajetnya agak lumayan. Kelas VIP juga diterangi cahaya lampu. Kelas di bawahnya gelap gulita. Dan karena mereka berdua datangnya mepet banget, kami duduk di bangku wiaipi paling belakang. :cry:

Bangku penonton Komedian Cilik

Unik sekali stendap komedi spesyal kali ini. Karena kami dikasih snek. Mungkin tujuannya biar kami siap tenaga buat ketawa ngakak sepanjang acara stendap nanti.

Tapi resikonya gedhe juga sih. Kalau stendapnya gak lucu, bakalan ngantuk dan tidur berjamaah. Tapi semoga hal itu tidak terjadi ya. Kalupun terjadi, aku akan pura-pura ngakak biar gak rugi. Huahaha.

Seperti biasa, acara dibuka oleh emsi kocak yang saya gak kenal namanya tapi masnya ganteng type aku. Lalu penonton disuruh bediri menyanyikan lagu Indonesia Raya. Lalu opener pertama dipanggil.

Faiz Kusuma

Faiz Kusuma

Secara look, @faizku_suma ini sudah lucu-lucu gemes. Materi stendapnya yang ngebahas fisik, untungnya juga lucu. Jadi kita ketawain materinya. Gak sekadar ngetawain fisiknya aja. Hahaha. Beh cyandaaa ya, mas Faiz.

Trus materi selanjutnya dia ngebahas temennya yg homok. Materi homok selalu berhasil bikin penonton ngakak. Apalagi mas Faiz ek taut pakek kaki. Hahahanjeng!

Eh, di saat Faiz asyik menyampaikan materi, ada mbak-mbak, dua orang, saling sahut menyahut neriakin mas Faiz yg lagi stendap. Semacam nonton ludruk. Mas Faiz jadi hilang konsentrasi.

Ini kan stendap ya, semua materi ditulis dengan runut. Ada set up untuk membangun asumsi, ada punchline yg mematahkan asumsi. Penonton akan ketawa ketika punchlinenya gak ketebak sama pikiran penonton.

Lha kalau set up udah dibangun dengan baik, tiba-tiba penonton mematahkan set upnya dengan punchline yang (OFKORS!) norak dan tidak lucuuuuu…. maka… konsentrasi penonton lain yang menunggu punchline dari komika akan buyar, hancur, rusak, mood penasaran jadi ambyar… walhasil ketika komika mau ngeluarin punchline, penonton udah gak mood lagi dan lucunya jadi kurang.

Dan mas Faiz dihackle sama penonton anjeng itu berkali-kali. Awalnya mas Faiz berusaha bikin penonton diam dengan cara ngerosting mbaknya. Tapi si anjeng mbaknya malah ketawa, dong. Saya yang berada di belakangnya, misuh-misuh pingin njambak rambut mbaknya lalu saya talikan di lehernya.

Hahah paheeng.. paheng..

Untung mas Faiz mentalnya bagus. Jadi materi dia selanjutnya gak terganggu dan masi bisa fokus ngelanjutin materi. Salut! Emoticon api tiga kali!

Opener kedua..

Kicuy Aduy

Fikri Fajar

Alias Fikri Fajar. Dia adalah gitaris yang mengiringi Hifdzi menyanyi random di yutub.

Bang @kicuy.aduy membuka materi dengan bagi-bagi jajan tahlilan. Ada jeruk, indomi, tolak angin, dan lain-lain yang semua ada punchlinenya masing-masing. Anjir ini jiniyes autof the boks! Haha

Materi stendap juga ada. Dia nyeritain keunikan Depok dan perbencongan duniawi. Saya lupa mbak-mbak hackler itu masih berulah apa nggak. Keknya iya, tapi gak separah pas saat Faiz tampil.

Bang Kicuy dari tadi matanya mratiin aku. Berrrkali-kali. Apa karena kaos uniqlo garis-garis sejuta umatku ini ya, yang menarik perhatian? Dan ternyata, saya dirosting sodara-sodara! Sebagai penonton yang baik, saya cuma senyum² aja. Gak mengganggu konsentrasi bang Kicuy.

Bang Kicuy bilang, aku dari tadi kelihatan kayak mikir mulu. Padahal materi dia ringan. Gak perlu mikir.

Iya juga. Keseringan nonton stendap aku jadi nebak-nebak panslainnya apa. Jadi kurang menikmati. Haha. Maafin aku bang Kicuy sayang.

Sang headliner pun tampil..

Hifdzi Khoir, sang komedian cilik

Hifdzi Khoir

Tentu saja materinya baru. Dia ngebahas keluarganya. Istrinya yg suka ngemol dan menjaga kebersihan, anaknya Nadin yang absurd, yang semuanya ditulis dengan bagus dan looucu. Capek banget ketawa! Haha

Dan apaka mbak-mbak norak itu berulah?

IYA DOOOONG! Cuwoook thel!

Saya lupa apaka mbaknya hackling. Tapi yang saya inget, dan ini lebih parah, MBAKNYA IZIN KE TOILET di saat Bang Hifdzi ngebawain materi. Lagi-lagi, karena ini stendap, jadi gabisa tuh, penonton nyelonong begitu saja izin ke toilet. Karena SUDAH PASTI mengganggu fokus penonton yang lain. Dan mbak-mbak anjeng norak ini dengan santainya izin pipis. BERDUA!

Penonton, termasuk aku, sangat terganggu dengan perlakuan mereka. Acara stendap TERPAKSA berhenti 5 menitan demi menunggu mbake pipis. Sambil menunggu 5 menit itu, Hifdzi mengisinya dengan memonggal-manggil mbaknya untuk cepetan balik. Dan mbaknya denger dong. Dia ngebales dengan teriak dari dalam toilet.

Emang urakan sih. Fix ndesit kampungan!

Acara stendap bang Hip selesai dan sukses bikin penonton stendin oweisyen. Gak rugi merogoh kocek dua ratus lima puluh dua ribu dua ratus rupiah buat nonton stendap Komedian Cilik. Karena bikin bahagia banget! Badmood gara² mbak² norak itu hilang kehapus kelucuan Bang Hip.

Penonton berdiri dan udah siap-siap pulang, eh ternyata di panggung kayak ditata untuk pertunjukan selanjutnya.

Eh, belum selesai?

Beberapa menit kemudian Bang Hip datang ke panggung dengan kostum lucuk dan caildish.

Oh, ada lagi? Oh saya tahu!

Iya! Dia menyanyi lagu rendem dengan diiringi gitar bang Kicuy. Petikan gitar bang Kicuy bagus banget karena emang bang Kicuy itu musisi beneran. Anak band gitu.

Jadi segmen ini tuh penonton disuruh maju nyeritain kisah cintanya. Lalu Bang Hip dengan spontan (uhuy) menciptakan lirik dan lagu dengan berbagai macam genre musik. Ada pop, jazz, rock, dan lain-lain.

Kayak gini tuh, susah loh. Apalagi spontan (uhuy) dan ada rimanya. Anggaplah udah latihan sejam dua jam sebelumnya. Tapi menciptakan, menghafal lirik sebanyak itu, beberapa lagu pula, itu butuh kejeniusan dan… bakat! Gujab bang hip! :sip:

Dua setengah jam acara berlangsung dengan sangat seru dan lucu. Jutaan panslain sukses bikin rahang capek dan hati bahagia.

Foto bareng

Foto di atas ini editan. Saya tambahin foto Memet di kiri, dan Wahyu di kanan. Backgroudnya saya gambar manual. Gak kelihatan editan kan? Saya memang sejago itu mengelabui mata kalian! :lol:

Habis sesi fotosyut, jam setengah sepuluh malam, kami bertiga: Mas Ganteng tapi jomblo, @wahyu_muharram, dan @dicky_stefanus, cari makan malam. @bangkitku ternyata mau nganter kami makan malam.

Kami makan malam di Nasi Cumi Ibu Atun Pasar Atom. Dari venue Pop Hotel Stasiun Kota tinggal jalan kaki doang udah nyampe.

Bangkit gak ikut nonton stendap Bang Hifdzi karena lagi miskin. Untuk membuat Bangkit semakin miskin menghemat pengeluaran, Wahyu menghipnotis Bangkit untuk menraktir kami bertiga dan berhasil. Gujab Wahyu!

Setelah makan kenyang nasi cumi gratis, aku dianter Bangkit ke Terminal Mbungurasih naik motor. Bahkan Bangkit sudah bawa helm 2. Sungguh teman yg sangat bisa diandalkan! Udah kaya, perhatian pula. Thank you, Bangkit!

Thank you juga, Wahyu, udah ngajarin aku ilmu hipnotis! :hipnotis:

The end.

Komen yuk kak!