Karya Vectorku Jokowi

Kira-kira setahun yang lalu (22 Agustus 2013), sebelum Jokowi jadi calon presiden (nyepres capres), mas Aluizius dari Semarang mesen vector Jokowi ke saya. Dia mau sablon vectorku ke dalam kaos. Saat itu ada isu kalau Jokowi akan dicalonkan menjadi capres. Makanya Mas Aluizius ini kok yakin kalau Jokowi ini akan dicalonkan sebagai presiden.

Lha kok ternyata beneran! HUAHAHAHA..

Jangan-jangan mas Aluizius ini seorang dukun?

Karena kebetulan kok bagus hasilnya, maka aku aplod di deviantart sebagai tambahan portfolio. Supaya kedetek google juga sih. Kalau diaplod di facebook, gambar kita gak bisa kedetek google.

Jadi buat seniman vector atau senirupa, kalau mau karyanya mendunia, aplodlah karyamu di deviantart. Indeks googlenya bagus!

Ini loh vector Jokowi karyaku itu..

Jokowi Karya dzofar.com

Karyaku setahun yang lalu.
Jokowi dengan style vector OBAMA

Barusan aku coba gugling images dengan kata kunci “JOKOWI”, ternyata masih kedetek google di halaman pertama. Wuih, padahal ada banyak karya teman-temanku di facebook yg nggambar Jokowi, tapi mereka gak paham SEO sih, mereka gak paham kalau gambar di facebook itu nggak kedetek google.

Mereka juga nggak paham caranya ngasih judul. Mungkin ada yg udah aplod di deviantart juga, tapi judulnya “Calon Presiden”, ya tentu saja kata kuncinya kurang masuk..

Beberapa bulan kemudian, mas Yoyok nghubungi saya, bertanya apakah aku ada stock vector Jokowi. Aku ada dong. Cuman khan ini punya klienku? Boleh gak ya aku jual lagi? Akhirnya, aku pun bikin versi lain, yaitu line art vector dua warna.

Jokowi Line Art

Jokowi Line Art Vector

Sebenarnya mengubah obama style menjadi line art style itu cuma menghapus beberapa objek lalu mengubah warnanya. Paling cuma 10 menit selesai. Saya kirim ke mas Yoyok. Lalu besoknya atau kapan gitu, timnya mas Yoyok mesen lagi, vectornya Jusuf Kalla.

Wah ini jangan-jangan untuk kampanye?

Ternyata iya!

Huahahaha… Dengan semangat aku mengerjakan vectornya Jusuf Kalla (JK). Aku dikasih foto JK yg pakai kopyah. Jadilah karya ini..

Jusuf Kalla by dzofar.com

Jusuf Kalla in Line Art Vector

Lalu aku tenggelam dalam kesibukan sehari-sehari sebagai tukang vector..

Suatu saat kangen buka facebook, ternyata mas Yoyok ngeshare link di wallku, tentang kampanye kreatif. Di situ ternyata ada karyaku yg dipesan sama dia. Huwow!

Kampanye Kreatif

Baju Jokowi udah diganti kotak-kotak,
Jusuf Kalla kopyahnya diganti rambut.
Baju koko JK juga udah diganti hem biasa.
Yang penting mukanya aku yg bikin. Haha

Wuih, aku langsung merinding. Ini bakalan booming loh! Eh, ada videonya juga loh tentang kampanye kreatif ituh. Kalau mau nonton, klik di sini.

Dan ternyata vectorku (yg kolaborasi dengan tim Butawarna kepunyaan mas Yoyok) dipajang buat backdrop panggungnya. Wuih, aku cuma bisa bangga. Apalagi mas Yoyok itu kakak kelasku SMA dulu, jadi kita sama-sama wong Nganjuk..

kampanye kreatif Jokowi

Di videonya juga hadir pak Jokowi loh..
Duh senengnya vectorku dilihat banyak orang di acara itu..

Beberapa hari kemudian, kebungahan ini makin bertambah, ketika ada lagi yg tagged link video yutub ke aku. Katanya di video itu ada karyaku yg dicetak di kardusnya.

WOT? VIDEO LAGI? VIDEO APAAN?

Video dengan judul: Fun Campaign untuk Prabowo Jokowi karya CameoProject. Kalau mau nonton videonya, klik di sini. Videonya lucuk kok! Tonton aja deh.

Lalu berhentilah nonton di menit 6.16. Karena ada karyaku yg dicetak di kardusnya. Aku seneng banget! Soalnya mereka nggak “nyolong” karyaku karena watermarkku gak dihapus. Wuih keren!

Vector Jokowi di Cameo Project Fun Campaign

Wah, lumayan banget khan, ada karyaku di video
yg sudah ditonton sebanyak 800 ribu kali ituuh..

Pada tanggal belasan Juni, ketika keluar rumah, ternyata di Nganjuk sudah dipenuhi spanduk, baliho, umbul-umbul capres. Yang merata sih pasangan Prabowo Hatta ya. Dalam bentuk vector juga.

Ini kenapa mendadak banyak vector bertebaran di mana-mana ya? SEBAGAI PEMBUAT TUTORIAL VECTOR PERTAMA DI INDONESIA, AKU MERASA SANGAT BANGGA!!!

Vectornya Prabowo Hatta itu entah siapa yg buat. Cuman bukan styleku sih. Kayaknya yg bikin sudah pinter nggambar kartun (bukan tracing dari foto). Soalnya gambarnya kayak kartun model komik amerika.

Prabowo hatta

Entah ini karya siapa. Stylenya kayak komik Amerika ya..

Dan di sela-sela umbul-umbul Prabowo Hatta yg menyebar ke seluruh kota Nganjuk itu, ada satu atau dua poster Jokowi JK yg dipajang. Dan itu ternyata karyaku! Huwaaah.. Senengnyaaa..

Jokowi JK Poster

Wuih, karyaku udah sampe Nganjuk!

Kata mas Yoyok, file vectornya udah disebar ke simpatisan Jokowi JK, makanya wajar kalau sampe ke Nganjuk. Soalnya mas Yoyok itu kerjanya di Surabaya sana.

Ternyata Metrotivi pun gak ketinggalan, karya vectorku dipajang untuk iklan-iklan Jokowi. Huwih, ternyata udah menyebar ke tipi yaa..

Jokowi JK vector di metrotivi

Suka seneng gitu setiap ngelihat karyaku nongol di tipi

*Gak pindah-pindah channel selain metrotipih*

Ternyata di Pamekasan pun dipajang iklan Jokowi JK di tengah jalan. Wuih, senengnya merajam tubuhku bertubi-tubi deh..

Jokowi di Pamekasan

Makasih kak Slametux atas fotonya.
Satu backlink gratis buatmu!
:hug:

UPDATE:

Gak hanya untuk baliho atau poster saja, ternyata gambar vector Jokowiku juga disablon untuk kaos kampanye! Dan bahkan dipakai oleh artis kayak Glenn Fredly dan kawan-kawan! Aaaak senangnya!

kaos Jokowi Glenn Fredly

Piye perasaanmu nek desainmu digawe kaor artis?
Bungah turah turah! Hahahah
:kiss:

Aku seneng banget kampanye kali ini bertebaran vector di mana-mana. Mungkin ini cara yg kreatif dalam segi design grafis. Kalau pas masa esbeye atau caleg kemarin-kemarin khan foto asli dipajang gedhe-gedhe ya? Sampe tekstur kulit caleg atau capres kelihatan jelas. Kasihan yg tukang percetakannya nggak jago edit foto, yg kulitnya berminyak akan kelihatan banget. :rolleyes:

Kalau pakek vector begini khan warna kulit jadi setara. Dijamin bebas jerawat. Bebas bintik hitam. Bebas komedo. Soalnya vector gitu looo…

Dan tentu saja lebih enak dipandang dalam bentuk vector begini daripada foto asli..

Selain vectorku di atas, ada vector Jokowi JK lainnya yg ngetren di mana-mana. Yaitu…

Jokowi JK

Bukan karyaku. Tapi vector yg ini ngetren banget!
Padahal kurang rapi ya..

Tapi tetep aja aku bangga. Karena vector semakin mengindonesia. Semoga seniman-seniman vector lainnya semakin kebanjiran job gara-gara kampanye ini.

Kok kamu gak berdoa untuk dirimu sendiri ndop?

Nggak ah, khan vectorku udah laris. Senior kok dilawan. #eh

Buat yg mau belajar vector, silakan kunjungi link ini ya: TUTORIAL VECTOR KARYA DZOFAR.COM. Ada 15 tutorials di situ. Ada videonya juga. Duh komplit pokoknya. Aku tuh kurang baik apa sama kalian? Hahahah..

Udah ah.. Sekian dulu postingan pamer edisi 17 Juni 2014 ini.. Semoga pamer ini bermanfaat untuk kalian semua. Aamiin..

Eh, buat yg mau punya kaos Jokowi, silakan mesen di tees ya:

Kaos Jokowi oleh dzofar.com

Beli Yuk!

103 Comments

Komen dong!