Pawai Seni Budaya Sejawa Timur HUT Nganjuk ke 1080

15 April 2017. Nganjuk punya acara tahunan nih untuk merayakan hari jadinya. Pawai Seni Budaya yang dihadiri seluruh kota di Jawa Timur.

Tahun lalu juga ada, cuma tahun ini kayaknya lebih menarik. Mungkin karena aku berhasil mendapatkan tempat moto dan rekam video sedekat ituh. Hohoho.

Berangkat dari rumah pagi jam 8 lebih dikit bareng Sony. Acaranya dimulai menjelang jam 9 pagi. Karena kepagian dan masih lumayan sepi, kami bisa surve lapangan di mana letak moto yang oke.

Akhirnya setelah muter-muter alun-alun dan pendopo, tempat setrategis ya di depan pendopo. Posisi bupati nonton. Hohoho.

Trus gimana caranya bisa nonton di situ ya? Khan kita masyarakat biasa sama kayak penonton lainnya? Penonton lainnya aja harus nonton di belakang krangkeng besi biar gak ngganggu peserta pawai, mosok awake dewe bisa bebas sih? HAHAHA.

Para fotografer kok ya ndilalah ngumpul jadi satu di pojokan alun-alun. :lol:

Setelah nego-nego sama satpam, sekyuriti, satpol pepe atau apalah itu namanya, mereka membolehkan kita moto-moto jarak dekat. Asal nanti kalau acaranya sudah dimulai. Biar orang-orang tertib dulu, biar gak ikutan nonton dari dekat. Hohoho.

Jam 9 pun acara di mulai, tabuhan drum persembahan dari Surabaya pun rancak terdengar. Kami para fotografer langsung lari mendekat menuju depan pendopo. Tapi tetep berusaha untuk tidak mengganggu pandangan Bupati dan para tamu undangan yang duduk di bawah terop.

Niatku dari awal, mau rekam video. Sebagai pentonton sih. Jadi aku gak selincah para fotografer yang lari sana sini demi mendapat angle yang oke. Aku hanya berusaha merekam setidakbocor mungkin. Dengan memanfaatkan tinggi badanku yang di atas rata-rata ini. HAHAHAH

Baiklah, inilah beberapa hasil jepretan foto-foto yang aku peroleh selama acara..

ATKP (AKADEMI TEKNIK DAN KESELAMATAN PENERBANGAN) SURABAYA

ATKP SURABAYA

atkp surabaya

atkp surabaya

ATKP Surabaya

ATKP surabaya

Penampilan dari ATKP Surabaya ini sungguh atraktif. Ada ceweknya juga yg ikutan naik ke drum bertumpuk itu sambil menggigit drum trus dinaikkan ke atas kepala. Wow! Lupa gak motoin. Tapi aku berhasil rekam videonya. Nanti ada di bawah ya.

KANGMAS MBAKYU NGANJUK

Kangmas Mbakyu Nganjuk 2016

Kangmas Mbakyu Nganjuk dari tahun ke tahun naik becak. Enak gak lelah jalan kaki. Hohoho. AKu cuma moto satu doang untuk Kangmas Mbakyu 2016. Selebihnya aku rekam video nanti ada di bawah ya.

SENI BUDAYA BOJONEGORO

Kalau tahun lalu Bojonegoro menampilkan tari Thengul yang kocak karena make up dan eksresinya yang ludu, kali ini Bojonegoro menampilkan seni budaya yang menceritakan peperangan.

bojonegoro

bojonegoro

SENI BUDAYA TULUNGAGUNG

Tulungagung selalu identik dengan jaranannya. Kali ini mereka menampilkan tari Reyog Kendang.

Reyog Kendang Tulungagung

Reyog Kendang Tulungagung

SENI BUDAYA NGANJUK

Nganjuk, sebagai yang punya acara, menampilkan banyak kesenian daerah. Ada tari payung, tari kontemporer, bahkan di akhir acara ada reyog juga! Aku share foto yang tari payung dulu yaa..

tari payung

tari payung

tari payung

Lalu ada tari kontemporer dari Jogja, namanya Praginagong, yang ditunjuk untuk mewakili Nganjuk. Tariannya sungguh epic!

praginagong dari jogja

praginagong dari jogja

praginagong dari jogja

praginagong dari jogja

SMASA NGANJUK

Lagi-lagi SMA 1 Nganjuk unjuk kemampuan dalam mendisain busana Carnival. Selalu berinovasi dan selalu keren banget!

putri smasa

SENI BUDAYA PONOROGO

Namanya Ponorogo pasti identik dengan seni Reyog.

reyog ponorogo

bupati Nganjuk

Pak Bupati Nganjuk kagum nih
dengan seni budaya yang ditampilkan

PENAMPILAN SMK NEGERI

SMK Negeri menampilkan budaya Hanoman. Seru dan epic.

hanoman smk negeri

SENI BUDAYA KEDIRI

Kediri menampilkan seni tari apa ya namanya. Pokoknya ada kipas-kipasnya. Hehehee.

seni budaya Kediri

seni budaya Kediri

seni budaya Kediri

SENI BUDAYA MADIUN

Madiun masih sama dengan tahun lalu. Menampilkan seni budaya Dongkrek. Yang mengisahkan anak-anak kecil yang diculik oleh genderuwo. Hohoho. Seru dan lucu.

boneka dongkrek

dongkrek madiun

dongkrek

sei budaya dongkrek

SENI BUDAYA MOJOKERTO

Mojokerto menampilkan snei budaya Bantengan. Yuk kita lihat foto-fotonya.

bantengan

bantengan

PANEN RAYA BRAMBANG

Kalau yang ini jelas dari Nganjuk. Kota brambang.

panen raya bawang merah

bawang merah

DUTA-DUTA NGANJUK

Ada duta museum, duta generasi remaja, duta lalu lintas, dan lain-lain.

duta nganjuk

BARONGSAI KERTOSONO

Nganjuk juga ada loh kesenian barongsai. Di Kecamatan Kertosono sana.

barongsai

barongsai

barongsai

barongsai

REYOG KOPPLER NGANJUK

Koppler itu kepanjangannya apa ya? Aku gak ngerti. Mereka adalah komunitas reyog di Nganjuk.

reyog koppler Nganjuk

koppler nganjuk

reyog koppler nganjuk

reyog Nganjuk

reyog nganjuk

Penampilan atraktif dari reyog komunitas Koppler Nganjuk mengakhiri acara Pawai Seni Budaya se-Jawa Timur dalam rangka HUT Nganjuk ke 1080. Waktu menunjukkan hampir jam 12 siang. Seru banget acaranya. Semua terkoordinasi dengan rapi.

Walaupun banyak pengunjung yang ikutan masuk ke area fotografer, namun gak begitu parah sih. Masih terkontrol.

Mungkin lain kali buat fotografer dikasih tanda pengenal khusus dan harus daftar dulu ya. Biar resmi. Biar gampang mengaturnya.

Maklum, untuk aku sendiri, mendapatkan foto dan video dengan angle yang bagus gak ketutupan pengunjung adalah hal yang penting. Karena tujuanku jelas: Mengapload ke youtube dan ditulis di blog. Semua demi Nganjuk tercinta biar lebih dikenal masyarakat luas lagi. Jadi nggak cuma buat koleksi pribadi saja. hehehe.

Okay, this is the end of the post. Makasih sudah mampir. :hug:

VIDEO PAWAI SENI BUDAYA SEJATIM HUT NGANJUK ke 1080

Oh iya lupa, masih ada satu lagi tugas kalian, yaitu nonton PAWAI SENI BUDAYA melalui VIDEO di bawah ini. Selamat menonton!

2 Comments

Komen dong!