Kuliner Nganjuk dari Pagi sampe Malam

Aslinya nulis postingan ini gampang sih, kuliner Nganjuk dari pagi sampe malam itu simpel: NASI PECEL. Titik. Hahaha. Kalau kota lain, nasi pecel itu paling ya pagi doang. Kalau di Nganjuk pagi siang malam nasi pecel!

Cuman kalau siang biasanya gak pakai nasi, tapi pakai krupuk upil atau orang Nganjuk sini menyebutnya Krupuk Pecel. Dan itu bukan termasuk makan ya, tapi ngemil. Njajan. Walaupun agak kenyang sih.

Nah, buat yg bosen sama nasi pecel mulu. Nih, aku kasih tau kuliner Nganjuk komplit dari pagi sampai malam..

PUKUL 5 PAGI

1. Warung Dipo

Warung nasi di Nganjuk yg buka subuh-subuh itu di Warung Dipo. Jualannya macem-macem, tapi yg jadi menu andalan ada sego bantingan (nasi bantingan), semacam sego kucing tapi porsinya lebih banyak.

Buat yang doyan makan, kalau mau kenyang musti 3-4 bungkus. Kalau seorang model kayak saya ini, cukup 2 bungkus sudah cukup.

Warung Dipo

Udah buka sejak jam 5 pagi loh!

Warung Dipo

Isi warung. Macem-macem. Tapi andalannya Sego Bantingan

Nasi bantingan

Nasi, sambel goreng tempe, sama mie.
Porsinya seukuran makanan cewek-cewek yang lagi diet.
Bhahaha

Nasi bantingan 2

Warning! Ini pedes!

Lokasi: Jalan Ayani sebelah selatan.
Buka: Subuh – Jam 9 pagi
Harga-harga (2015):
Sego bantingan Rp. 2500,-
Susu kambing murni Rp. 2500,-
Jajanan: Kemplang, roti goreng, ote-ote, dll Rp. 1000,-

PUKUL 7 PAGI (SARAPAN)

Jam segini paling enak makan nasi pecel ya. Dulu kalau sarapan aku suka di Pecel Mbok Iro yang ada di Gang Batur, Masjid Agung ke selatan.

Tapi sejak ada Nasi Pecel Bledek, aku mending ke Bledek saja.

1. Nasi Pecel Bledek

Nasi pecel Bledex

Jam 8 pagi antrinya sak jabalekat.

Nasi Pecel Bledek

Nasi Pecel Bledek. Pedes ini. Dan gurihnya juara!

Nasi pecel di Nganjuk adalah paling enak sedunia. Aku sudah melanglang buana ke kota lain mencoba nasi pecelnya, gak ada yg bisa mengalahkan nasi pecel Nganjuk pokoknya. Gurih, pedes, peyeknya renyah, kulupannya (sayur) segar, gak pakai lauk berlebihan sudah enak!

Penjual Nasi pecel bledek

Bakulnya sibuk banget! Hahaha.

Lokasi: Sebelah timur Gedung Juang Nganjuk.
Buka: Jam 6 – 9 pagi
Harga (2015):
Nasi Pecel Bledek Rp. 4000,- (porsinya gak begitu kenyang. Biasanya mesen 1,5 porsi)
Lauk pauk tahu, tempe, dll Rp. 500,-
Teh Anget Rp. 2500,-

2. Nasi Pecel Berbek

Buat yg pagi-pagi sepedahan melewati pegunungan Sawahan, pastinya mampir ke Warung Pecel Berbek dong buat “ngisi bensin” perut. Hahaha.

Nasi Pecel Berbek

Situasi di dalam warung.
Tapi di luar warung ada pelataran toko
yg bisa dibuat lesehan dengan nggelar tiker.

Nasi Pecel berbek

Nasi pecel Berbek, paling enak sejagat raya!

Lokasi: Belakang Alun-Alun Berbek. Depan lapangan futsal (yang dulu toko)
Buka: Jam 6 – 9 pagi
Harga: Nasi Pecel Berbek Rp. 3500,-

PUKUL 12 SIANG (MAKAN SIANG)

Makan siang itu bisa apa aja ya. Dan warung makan siang itu banyak sekali pilihan. Mulai rujak, soto, gado-gado, apa aja deh. Yuk dipreteli satu-satu..

1. Rujak Cingur Khas Jombang

Makan siang favoritku adalah di sini. Agak gak fair sih ya, soalnya ini khas Jombang kok aku bahas di kuliner Nganjuk. Hahaha. Yowis ben, salahe rasane enak! Hahaha..

Rujak Cingur Jombang

Rujak Cingur Khas Jombang

Rujak Cingur Khas Jombang

Rujak Cingur dan Es Rujak Kambang

Lokasi: Jl. Sersan Harun nomer 75. Belakang Pasar Wage ada pertigaan Masjid, belok ke barat.
Buka: Jam 11 siang – 14.30 sore
Harga (2015):
Rujak Cingur: Rp. 7500,-
Es Rujak kambang: Rp. 2000,-

2. Soto Lamongan Cak Ji

Ini juga bukan khas Nganjuk, tapi gak popo lah. Salah sendiri rasanya seger dan enak. Bhahaha..

Soto Lamongan Cak Ji

Soto Lamongan Cak Ji

Soto Daging Lamongan Cak Ji

Soto Dagingnya enak!

Lokasi: Dekat prapatan Bangjo Jembatan Ploso.
Buka: Siang sampai Malam.
Harga: Soto Daging Rp 9000,-

3. Warung Baru

Di Nganjuk juga ada gado-gado paling enak sedunia. Gado-gado buatan Warung Baru. Ada menu lain, kayak Lontong Kikil, Tahu Campur, yang rasanya juga paling enak sedunia!

Warung Baru

Warung Baru dengan menunya yg paling enak sedunia itu!

Warungnya kecil sih, kalau ke sana pas jam-jam kantor istirahat, biasanya rame penuh. Biasanya aku ke sini pas jam jam orang-orang kantor pada balik kerja. Jadi hanya aku saja sendirian menguasai warung hahhaah.

Gado-gado di warung baru

Gado-gado paling enak sedunia!

Lontong Kikil Warung Baru

Lontong kikil paling enak sedunia!

Si peramu bumbu di Warung Baru ini dulunya adalah Chef Hotel di Batu Malang sana. Makanya wajar kalau semua menunya enak!

Lokasi: Prima Swalayan ke timur. Ketemu perempatan lurus aja (jalan menuju SMPN 2 Nganjuk), habis melewati jembatan tengok kanan jalan. Nah, di situ ada Warung Baru.
Buka: Jam 11 siang – 14.30 sore
Harga-harga (2015):

Daftar Harga Warung Baru

Masih murah kok.

SORE-SORE

Buat yang telat makan siang, atau yg males makan malam, biasanya makannya sore lah ya. Wah kalau sore-sore enaknya makan apa ya di Nganjuk?

1. Nasi Becek Pojok

Nasi becek itu gulai sate tapi khas Nganjuk. Rasa bumbunya beda dengan gulai-gulai pada umumnya.

Wis to, pokoknya orang Nganjuk itu pada pinter masak makanan. Coba kalau Nasi Becek ini diikutkan kontes makanan terenak sedunia, kayaknya bakalan mengalahkan rendang! Saya.. yakin.. banget! Hahahahah.

Nasi Becek Pojok

Pastikan yang Becek Pojok ya.
Jadi ada dua warung becek. Yang sebelahnya gak enak!

Penting itu! Pastikan milih yg Pojok. Walaupun tempatnya sempit, tapi rasanya gak bikin nyesel.

Nasi Becek Pojok

Ini rasanya bikin speechless! Enak biiiingids!

Penting juga! Jangan beli di sini siang-siang (jam 12 sampe jam 3 sore). Soalnya warung nasi becek ini buka siang juga. Cuman yang jual beda dengan yang sore. Yang siang rasanya… Aku sih no!

Yang enak itu shift sore. Bukanya jam 4 sore sampe malam. Yang jual ibuk-ibuk berkulit kuning langsat.

Ibuk-ibuk penjual nasi becek

Pastikan yang ngedoli adalah ibu ini ya!
Kalau bukan, jangan beli!

Lokasi: Pojokan bangjo perempatan jalan A Yani.
Buka: Sore jam 4 – malam jam 9.
Harga:
Nasi Becek Rp. 12.500,-
Sate 1 tusuk Rp 2500,-

2. Mie Petir

Oh iya, lupa. Di Nganjuk ini rata-rata makanannya pedas. Jadi Nganjuk ada surganya penikmat pedas KAYAK AKU!!! Aku ini sejak umur 3 tahun sudah doyan pedes! (sumber: ibukku!). Dan bersyukur banget hidup di Nganjuk yang rata-rata makanannya pedas!

Dulu sempet tersiksa hidup di Surabaya bertahun-tahun karena makanannya anyep njejeb kurang pedes. Hahahaha.

Dan makanan pedas di Nganjuk yg sangat aku rikomendidkan ke kalian adalah MIE PETIR! Pedasnya juara! Nggak cuma pedas doang, tapi sedeeeep! Enaaaaak! Jian mbuh pokoke! Hahaha

Mie Petir

Mie Petir

Mie petir ini ada level-levelnya kok. Buat yang gak doyan pedes juga boleh. Ada level paling bawah: PAUD yang 0 cabe. Lalu level TK, SD, SMP, SMA, Mahasiswa, Sarjana dan terakhir level profesor paling pedes ya! Jangan coba-coba kalau gak doyan pedes. Kalau aku sih level profesor biasa aja ya pedasnya. Aku emang sombong sih. Aku emang gitu sih orangnya. Hahahaha

Sayangnya penamaan levelnya kok gak nyambung sama nama Mie Petirnya ya? Harusnya nama levelnya Cerah, Mendung, Hujan, Petir, Badai, Angin topan, Halilintar. Khan lebih nyambung! Hahahahah.. Ntar aku aja deh yg bikin hahhaha..

Mie Petir level-level

Mie Petir berbagai macam level

Lokasi: Depan Perumnas Candirejo.
Buka: 12 siang – 9 malam
Harga (2015): Mie Petir Rp. 6000,-

3. Mie Ceker Lobada

Ini udah ngehits banget sejak lama. Cuman aku kalau melewati warung ini gak pernah mampir, bablas aja ke Warung Baru. Belum pernah niat dari rumah buat mampri ke sini soalnya.

Nah, malam itu aku niat ke sini gitu. Warungnya ada di pojokan perempatan sekarang. Dulu sih ada di depannya.

Ternyata mie cekernya enak sodara-sodara!

Mie Ceker Lobada

Mie Ceker Lobada ini kuahnya manis!

Menunya selain Mie Ceker, juga ada mie bakso dan lain-lain. AKu baru cobain mie ceker aja. Kapan-kapan coba menu lain ah.

Lokasi: Jalan Yos Sudarso. Prima Swalayan ke timur. Lalu ada perempatan. Pas pojokan!
Harga: Mie sama minum (teh, es jeruk): 10 ribu.

MALAM-MALAM

1. Nasi Becek Pojok

Udah dibahas di atas.

2. Nasi Pecel Bledek

Jadi nasi pecel Bledek buka pagi dan sore. Walaupun penjualnya beda, tapi semuanya enak! Yang sore, buka jam 5 sore sampe 9 malam.

Nasi Pecel Bledek

Nasi Pecel Bledek versi malam hari

Nasi Pecel Bledek

Penjual nasi pecel Bledek versi malam

3. Soto Ayam Kampung Lamongan

Saya langganan beli soto di sini karena pemiliknya itu temenku sendiri sekeluarga. Yang meracik ibunya, yang bikin teh bapaknya, yang melayani anaknya perempuan. Sementara temenku gak ngapa-ngapain sih. HAHAHAHAHA.

Soto Ayam Kampung Lamongan

Namanya Soto Ayam Kampung Lamongan
Tapi yang jualan orang Nganjuk :-P

Soto Ayam Kampung Lamongan

Soto ayam kampung. Bukan ayam potong ya

Porsinya jumbo sih. Kenyang. Puas! Dulu saya cepet gemuk gara-gara tiap hari makan soto di sini. Plus susu denko tiga kali sehari. Hahaha. Over dosis banget makanannya.

Sekarang udah jarang makan di sini lagi. Jarang-jarang. Khan ceritanya menjaga kesehatan. Bhahahaha..

Soal rasa sih, khas Lamongan ya, seger. Gak gurih berlebihan. Dan juga gak ada santannya, jadi gak eneg. Soal porsi, ini yang dicari orang, soalnya di sini porsinya jumbo! Sampe mangkoknya penuh soto. Bhahahaha..

Lokasi: Jl. Dr Sutomo
Buka: Malam sampe habis.
Harga: Soto Ayam Kampung Lamongan Rp. 9000,-

4. Mie/Nasi Goreng Pak No

Nasi Goreng atau Mie Goreng Pak No

Mie Goreng Pak No

Pak No dan tetangga-tetangganya ini semuanya jualan mie dan nasi goreng dengan damai. Semua punya langganan masing-masing. Mereka jualan di rumah masing-masing. Jadi satu gang itu jualan mie/nasi goreng semua. Lucu sih. Harusnya disebut kampung mie goreng saja ya? Hahaha.

Mie Goreng Pak No

Mie Goreng Pak No

Kalau ke sini di atas jam 10, nasi gorengnya habis. Tinggal Mie doang. Mungkin memang jatah mienya dibanyakin. Makanya namanya Pak No Mie.

Aku bertiga kemarin ke sini jam 10.30 malam, dan kami pembeli terakhir.

Soal rasa sih standar ya. Standar Nganjuk itu maksudnya enak! Hahaha. Porsinya kenyang.

Lokasi: Jalan LetJend S Parman ke selatan. Setelah melewati kuburan ada gang kecil belok kanan.
Harga:

Harga Pak No

Muraaaah pokoknyaaa..

5. Nasi Goreng Cak Lan

Gak hanya menjual nasi goreng sih. Tapi juga mie goreng dan Capjay. Rasanya cukup enak. Tapi lebih enak di Pak Nomi di atas. Tapi karena Pak Nomi jauh, aku biasanya beli di sini karena dari rumahku deket.

Lokasi: Jl. Abdul Rahman Saleh. Enggok-enggokan Gang Raung. :-P
Buka: Magrib – 9 malam.
Harga 2015:
Nasi/Mie goreng: Rp. 8000,-
Capjay: Rp. 12000,- (porsinya banyak bisa buat begadang sampe pagi gak laper. Hahaha)

6. Penyetan Monggo Mampir

Penyetan Monggo Mampir

Warung Penyetan Monggo Mampir

Aku pernah iseng mampir makan di sini. Beli Pecel Lele. Lah lelenya gedhe! Trus sambelnya juga enak. Kayak sambel trasi rumahan gitu. Sayangnya tempatnya agak gelap yaaa. Gak papa wis redup, yang penting rasa makanannya bikin mata melek menyala. Hahaha.

Penyetan Monggo Mampir

Pecel lelenya enak!
Saking enaknya, keburu habis dan lupa motoin.
-___-

Trus suatu saat lagi, pas agak malaman dikit, sekitar jam 8 lebih gitu, aku mesen pecel lele, eh habis. Adanya telur. Yowis gak papa. Yang penting sambelnya sih. Oh iya, di sambelnya ada bonus terongnya loh.

Makan nasi sama sambel terong doang aja udah enak. Apalagi tambah lauk lele, ayam, atau telur, pasti tambah maknyus.

Lokasi: Jl. Abdul Rahman Saleh. Belakang rumah sakit lurus ke barat. Belok dikit ke kiri. Pojokan!
Harga:
Penyet Lele + Teh Anget = Rp. 10.500,-
Telur Penyet + Teh Anget = Rp. 9.500,-

LARUT MALAM DI ATAS JAM 11

1. Nasi Pecel Sepanjang Jalan Ayani

Aku kalau kelaparan malam-malam, biasanya ya beli nasi pecel di sepanjang jalan A Yani. Rata-rata nasi pecelnya enak. Pedes. Penjualnya ada yg sudah ibu-ibu, ada yg masih mbak-mbak. Ada yg bodinya bahenol juga. Dan rata-rata yang makan di sepanjang jalan A Yani adalah cowok-cowok. Bhahahhaa.

Tapi jangan khawatir, aman sentausa kok buat kamu yg cewek kelaparan malam-malam. Mereka cowok-cowok berkumpul untuk makan dan cangkrukan. Bukan untuk nggodain bakulnya. Hahahaha.

Jalan Ayani

Jalan Ayani di malam hari

Nasi Pecel Ayani

Nasi Pecel Sumber Rejeki? Lupa namanya. Hahaha

Kira-kira ada 10 lebih penjual nasi pecel di sepanjang Jalan Ayani. Katanya sih yang paling enak ada di sebelah BCA, tapi aku malah belum pernah njajal. Huwaaaa.. pelanggaran tenan! Hahaha.

Foto foto di ayani

Sepi. koyok cah ilang. Bhahahah
Ini difoto jam 1 pagi. Hahaha.

Ada yang penyajiannya pakai pincuk daun pisang, ada yg pakai piring. Tinggal pilih aja. Kalau tempatnya penuh di warung yang ini, bisa pindah di warung sebelahnya..

Di sini warungnya baru buka setelah semua toko tutup. Jadi sekitar jam 9 malam. Tutupnya sampe habis. Biasanya sih di atas jam 1 pagi. Jam 2 pagi biasanya masih ada yg buka. Pokoknya gak sampe jam 3 pagi.

2. Nasi Pecel Mak Tibe

Kalau yg ini jauh banget dari Nganjuk ya. Soalnya letaknya Desa Sono Ageng, Kecamatan Prambon sana. Sekitar 20 kilometer dari Kota Nganjuk. Warung ini buka di atas jam 10 malam.

Mak Tibe

Nasi Pecel dan Tumpang Mak Tibe.
Perhatikan jarum jamnya saat itu jam berapa. Hahahah

Nasi pecel mak tibe

Suasana di sini tenang. Maklum sudah larut malam.
Jadi ngobrolnya santai gak bengok-bengok.

Nasi Pecel Mak Tibe

SUMPAH INI NASI PECELNYA ENAK BANGEEET!!!!

Gak macem-macem lauknya. Cuma tahu goreng! Tapi rasa sambelnya juara deh! Porsinya juga cukup mengenyangkan. Aku kalau ke sini sama temen namanya mas Sentot dibonceng motor.

Lokasi: Desa Sono Ageng, Kecamatan Prambon, Kabupaten Nganjuk.
Ancer-ancernya: Loceret lurus ke timur. Sampe masuk desa Kecubung lurus ajaaaa.. notok jedok ketemu pertigaan. Trus belok kanan. Luruuuus. Ketemu Indomaret kanan jalan lurus aja. Sambil nengok kanan ada gang yang ada patung sapinya. Belok kanan masuk gang itu. Cari masjid di kiri jalan. Lalu setelah masjid ada pertigaan belok kanan. Nah, warungnya ada di kiri. Biasnaya banyak sepeda motor parkir.

Buka: Jam 10 malam – 3 pagi.
Harga 2015: Nasi Pecel Rp. 3500,-

Nah, jadi kalau warga Nganjuk mau puasa setiap hari, bisa kok, ada yg jualan nasi pecel saat sahur. Enak to! Hahaha.

________

Kamu punya rekomendasi kuliner Nganjuk apa? Kasih tau aku ya! Ntar kalau enak, bakalan aku tambahkan di postingan ini.

115 Comments

Komen dong!