Review Acara Musik: Rising Star Indonesia

Udah pada tahu dong, acara lomba nyanyi terbaru di ersetei?
Belum ya? Udah pada bosen ya sama acara lomba nyanyi?

Iya sih, sejak adanya AFI, Indonesian Idol dan X-Factor, seolah-olah lomba-lomba nyanyi lainnya terkesan nyontek. Padahal acara yg satu ini nggak nyontek loh!

Namanya apa?

Rising Star Indonesia

RISING STAR INDONESIA

Bedanya Rising Star dengan acara lomba nyanyi lainnya adalah, kalau Indonesian Idol dan X Factor dan acara lainnya votenya pakai sms yang harganya (nguzubile mahalnya) 2000 rupiah, Rising Star Indonesia ini votenya GRATISAN! Cukup install aplikasi di gejetmu (android atau iOS) bernama Rising Star Indonesia di play store atau appstore.

Lalu tinggal tunggu acaranya mulai setiap hari Jumat jam sembilan malam. Nah, kalau acaranya udah mulai, aplikasinya nanti juga ikutan berjalan gitu. Siapa yang akan tampil, akan ada fotonya. Lalu kita harus geser untuk check in alias “laporan” kalau mau ngevote. Setelah check in, tombol di layar berubah menjadi dua lingkaran biru dan merah yg siap-siap dipilih.

Ketika penyanyinya nyanyi, kita harus serius dengerin dong kualitas suaranya, teknik menyanyinya, penghayatannya, penampilannya, fals tidaknya. Kalau kita suka, tinggal geser saja ke warna biru. Kalau nggak suka, geser ke ke warna merah. Kalau kelupaan nggeser, dianggap gak milih.

Nah, jadi pas penyanyinya nyanyi, ada grafiknya di samping kiri yang menunjukkan sudah berapa persen orang yg ngevote biru dari jumlah check in keseluruhan. Kayaknya yg nggak ngevote, padahal sudah check in, dihitung merah, alias jelek.

Rising Star Indonesia Indah Nevertari

Nih, aku sudah ngevote Indah Nevertari

Trus jurinya buat apa dong?

Namanya bukan juri ya, tapi expert alias tukang komentar doang. Keputusan terbesar tetep dari penonton di rumah maupun di studio. Keempat expert itu kalau vote YES (biru) semua, peserta cuma dapat 28% doang. Jadi kalau 1 saja yg YES, cuma dapat 7%. Dikit banget khan?

Dan yang bikin aku suka sama Rising Star Indonesia adalah BANYAK PENYANYI BAGUSNYA! Kalau Indonesian Idol paling yg bagus cuma 2 atau 3. X Factor juga gitu, dikit yang bagus. Kalau Rising Star ini semuanya bagus. Yang bagus banget ada 5 lebih! Jurinya nggak macem2 milih kontestan. Atau mungkin karena ini bukan pakai sms ngevotenya, jadi penilaiannya obyektif banget soalnya gak pakai “duit”.

Malam ini, Jum’at 7 Nopember adalah TOP 10 Rising Star Indonesia. Nah, di bawah ini saya Ranking dari yang terbawah kualitasnya ke yang paling bagus. Menurut subyektifitasku ya.

RANKING 10: C N D

CND Rising Star Indonesia

CND Rising Star Indonesia

Mereka ini menyuguhkan musik akustik. Namun kemarin di babak 11 besar, kok formatnya band ya? Duh, gak konsisten haha. Karena aku suka membahas penyanyinya, maka aku mau komen si Cerli saja, sang vokalis.

Cantik lah ya, perempuan gitu haha. Secara looks sudah artis banget. Cerli ini suaranya susah dikenali saja sih. Kurang unik. Secara teknik vokal sih standar ya. Ala-ala penyanyi kafe gituu..

RANKING 9: TALITA

Talita Rising Star

Talita ini dari Surabaya. Berati ngomongnya medok?

Entah kenapa dia selalu dapat vote banyak. Rata-rata sih 80% ke atas. Keren ya! Tapi entahlah, aku kok kurang suka sama penampilannya. Mungkin pentonton Indonesia ini suka milih yg cantik menik-menik menggemaskan gitu, kayak Talita ini.

Padahal menurutku, dia kalau nyanyi suka over power dan ngos-ngosan. Model-model Aknes Monika gitu. Secara cirikhas juga gak ada sama sekali. Pengucapan bahasa Inggrisnya juga gak bagus. Agak messy gitu lah kalau nyanyi. Kurang enjoy dan kurang santae…

RANKING 8: MEGA MAURO

Mega Mauro

Mas Mauro itu dari Italia loh!

Kalau yg ini konsepnya duo “elektun”. Mas Mauro memainkan organ sedangkan mbak Mega menyanyi dengan jenis suara seriosa. Agak aneh memang kedengarannya. Tapi ini unik sih.

Cuman aku gak suka sama suara Mega yang menusuk telinga dan artikulasinya yang belepotan dan kadang liriknya gak sesuai dengan lirik asli. Tuh, pas nyanyi lagunya Sia – Chandelier aja pronounsiasyennya banyak yang salah. Ngucapin “chandelier” yang harusnya dibaca “syendelie” aja salah loh. Dia ngucapinnya “cendelier“. Padahal itu reffnya. Duh deh! :rolleyes:

RANKING 7: REYNA

Reyna Rising Star

Reyna Qotrunnada, kata ibukku dia itu anak Denada -__-

Enggak lah Buk, mentang-mentang ada “nada”nya trus jadi keluarganya Denada gitu. Anaknya Denada tuh masih kecil buk, masih balita.

Nah, Reyna ini penyanyi Blues! Jarang-jarang di Indonesia yang bisa nyanyi blues ya. Apalagi dia cewek. APALAGI DIA MASIH 15 TAHUN!!! GILA MEMANG!

Eit, masih ada yg lebih gila lagi, Reyna ini BISA MEMAINKAN PIANO sambil nyanyi. Dan suaranya enak, vibranya asyik, ngegroove banget! Soulful juga! Dan dia sangat menguasai panggung! Bahasa Inggrisnya perfect! Duh sempurna!

Trus kenapa kamu taruh di ranking 7 kalau bagus?

KHAN SAYA SUDAH BILANG, RISING STAR INDONESIA INI YG BAGUS BUANYAK!!! :ampun:

RANKING 6: BLUESMATES

Bluesmates Rising Star Indonesia

Bluesmates ini wong Suroboyo juga. Jagoannya Ahmad Dani pastinya!

Nah ini band blues yang super jenius. Dia bisa menyulap lagu apa aja menjadi blues. Lagunya Syahrini – Sesuatu aja dibuat blues jadi makin “menjual” untuk kalangan yg selera musiknya segmented. Aku aja jadi suka loh pas lagu Sesuatu dibikin blues.

Pas disuruh nggarap musik secara spontan tanpa latihan di panggung, mereka langsung kompak dan bisa! Gila, kapan belajarnya ya? Kenapa gak kebingungan cari kucinya ya? Hahaha udah jenius dan kompak sih, jadi hatinya satu gitu. Satu hati.

Vokalisnya standar blues lah. Ini konsepnya band, jadi diriku gak mempermasalahkan warna suara vokalisnya.

RANKING 5: SONNY SARAGIH

Sonny Sarigih Rising Star

Sonny ini mirip Julius Sitanggang yang nyanyi Maria ya?

Iya mirip banget. Bahkan suaranya juga mirip loh! Hahaha.. Jangan-jangan dia titisan Julius Sitanggang?

Pada Top 11 kemarin, dia nyanyi Love of My Life dari Queen. Dan WOW, menurutku baguuuus banget. Suaranya itu ada raungan-raungan seksi manjanya. Haha.. Kayak anak kecil mau nangis minta mainan gitu loh. Raungan manja.

Kalau kata Syahrini suaranya Sonny ini seksi. Milane, juri ekspert, juga suka sama suara Sonny ini. Kalau menurutku, suaranya Sonny ini mengandung mejik! Ada semacam kekuatan ghoib yang membius penonton agar khusuk mendengarkan suaranya. Dia cocok nyanyi lagu slow rock kayak Bryan Adams, Bon Jovi, Queen.

RANKING 4: INDAH NEVERTARI

Indah Nevertari Rising Star

Indah Nevertari sang hijaber yg jago ngerap!

Hayo, pada kecewa ya kalau Indah aku taruh ranking 4? Heheheh.. Maklum ini murni subyektifitas dari aku ya.

Indah Nevertari ini suaranya rendahnya bulet. Semakin tinggi semakin tipis dan lemah. Duh, Ndah, kalau dilatih lebih matang lagi, bakalan bisa kayak Rihanna loh suaramu.

Indah sangat nyaman di nada-nada rendah versi cewek ya. Makanya dia sangat bagus nyanyi lagunya Kat Dahlia – Gangsta. Soalnya nada-nada lagu itu di rendah ke tengah. Gak ada nada tingginya. Aman setausa deh untuk suaranya Indah.

Gaya Indah menyanyi ini juga unik. Kemarin di top 11 malah dibahas habis-habisan gayanya menyanyi yg miring sambil gerakin tangan kanannya sambil ngerap. Keren dan asyik!

Asal pinter pilih lagu yang cocok, Indah ini bisa jadi juara!

RANKING 3: EVONY

Evony

Suaramu apik nduk! Pol!

Gara-gara penampilannya nyanyi lagu Macy Grey – I Try di top 11 kemarin, aku langsung klepek-klepek mendengarkan suaranya yang SANGAT UNIK. Sangat RnB dan ada serak-seraknya. Trus dia juga menjiwai kalau nyanyi.

Nggak nyangka loh, suaranya Evony bisa seunik itu kemarin. Kenapa aku gak mengenalinya di babak-babak sebelumnya ya?

Yup! Akhirnya Evony menemukan lagu yang cocok untuk dia nyanyikan. Yang bisa mengeluarkan keunikan suaranya. Selamat! Kamu saingan beratnya Indah deh!

Kalau orang Indonesia ini merem ngeliatnya, suaramu lebih unik dibanding Indah! Tapi kalau the hoool pekij, Indah lebih paket komplit yaaah…

RANKING 2: GHAITSA

Ghaitsa Rising Star

Ghaitsa, Guitar Lady!

Susah amir dihafalin ya namanya? Untungnya ini votenya gak dengan ketik sms. Jadi aman deh kalau punya nama susah kayak Ghaitsa ini.

Suka terus dengan penampilannya dari jumat ke jumat. Suara? Unik pastinya. Karakter suara Ghaitsa ini kayak Christina Perry, Shania Twain, Alanis Morissette, Sheryl Crow, Natalie Imbruglia. Ada sengau-sengaunya gitu. Ada country-countrynya. Ada kecepit-kecepitnya. Sangat internasional!

Kalau kata kak Dhani, Ghaitsa ini Sheryl Crow nya Indonesia, soalnya dia nyanyi sambil bawa gitar. Tanpa guitar juga bagus, cuman dia lebih free kalau megang guitar. Keren mantab!

RANKING 1: HANIN DHIYA

HANIN DHIYA Rising star Indonesia

Hanin Dhiya ini suaranya international Quality!

Haduuuuh dik. Kamu tuh MASIH TIGA BELAS TAHUN! Tapi suaramu sangaaaat meneduhkan hatiku yang lagi rindu. Sayatan-sayatan suaramu di setiap akhir kata itu bikin tersayat-sayat pula hatiku. Penghayatan lagu, interpretasi, artikulasi, sayatan-sayatan suara, SANGAT EMOTIONAL! Dan sangat bagus!

Nada rendah emang masih perlu dilatih lagi, tapi nada tinggi, duh PERFECT! Pas nyanyi lagu I Surender dari Celin Dion di babak Audisi 2 beberapa minggu kemarin itu, aku sempet merinding dan mau nangis.

Kenapa bisa sebagus itu suaramu dan penghayatanmu Dik?

Ingat Dik Hanin, kamu masih 13 tahun! TIGA BELAS DIK! Jangan bagus-bagus amat apa kalau nyanyi. Khan kakak Ndop yang sudah lebih tua 18 tahun dewasa ini jadi malu.

Dik Hanin ini pernah tampil di acara Inbox nyanyi lagu Listen dari Beyonce. Dan acara inbox yang biasanya aku cuek aja, langsung noleh ke tipi karena ndengerin suaranya Hanin (yang dulu entah siapa dia, aku gak kenal).

Dan komentar saya saat itu, “GILA!! NIH ANAK KENAPA TAMPIL DI ACARA kampungan MACAM INBOX?? SANA IKUTAN IDOL atau X FACTOR SANA!!!”

Setelah tahu umurnya baru 13 tahun, aku baru sadar kenapa dia nggak ikutan Idol. Hanin belum cukup umur ya kak Ndop! Dan ternyata sebelum dia ikutan idol nanti, ada Rising Star Indonesia yang duluan mengakuisisi kemampuan menyanyinya! KEREN!

KAMU JAGOKU! SEMOGA MENANG!!!

————-

Udah ah, saatnya nonton Rising Star Indonesia. Udah mulai tuh acaranyaaa..

kalau kamu, jagoin yang mana? Share dong di komentar yaaa…

21 Comments

Komen dong!