Lagu yang Cocok Buat Fatin Shidqia Lubis

Fatin di Gala Live Show tadi malam menyanyikan lagu don't's speak dari no doubt

Tadi malamlah aku nonton X Factor dari awal sampe selesai. Sebelum-sebelumnya cuma nonton Fatin doang. Selebihnya cuma ngelirik dari kamar. Kebetulan pintu kamarku kalo terbuka pandangannya pas ke TV *Kamar yg seterategis*.

Nah di edisi tadi malam, aku bela-belain menata ini itu di dalam kamar karena kepingin nonton Fatin secara personal dan nggak ada yang mengganggu. Maklum di rumahku gak ada yg suka acara X Factor. Ibuk suka sama sinetron (yang ini tiap nonton tivi yg dicari sinetron). Masku suka film eksyen, walopun dia gak paham. Soalnya setahu saya masku nonton pilm gak pernah dari awal sampe akhir. Adikku gak suka nonton TV, sukanya cuma dengerin radio Dangdut Koplo. Jadi kalo aku lagi nonton X Factor di ruang tivi, adikku dengan santenya muter radio lagu dangdut koplo lumayan keras dan mengganggu banget!

Makanya aku musti pasang TV tuner yg sudah pernah aku pakek beberapa bulan kemarin. Saya copot TV tuner karena bikin kerja gak fokus karena terganggu acara tivi.

Tapi sekarang kasusnya beda. Saya HARUS nonton X Factor. Sama kayak aku harus nonton Indonesian Idol. Acara “lomba” nyanyi seperti ini masih masuk ke ranah dunia saya. Dunia seni. Dan saya sangat terobsesi untuk menjadi juri lomba menyanyi suatu saat nanti. Aaamiiin…

Dengan keadaan kamar berantakan seperti di bawah ini..

Kamar berantakan demi fatin

Kamar berantakan demi Fatin!

Aku nonton acara X Factor tadi malam. Sambil makan nasi sama telur ceplok dan susu denko biar stei yang! Sambil ngetwit jugak (lagi lagi saya ingatkan untuk follow @dzofar yak, gak rugi kok. Saya ini orangnya lucu banget! Sumpah! saya aja seringkali ngakak baca twit-twit saya! Sumpah!) memberikan komentar di setiap penampilan peserta X Factor. Eh bagemana kalo kita langsung bahas Fatin di pertunjukan X Factor tadi malam?

FATIN SHIDQIA LUBIS

Nah ini dia penampilan yang saya tunggu-tunggu. Fatin nyanyi lagu Dount Spik dari Nou Daubt. Di awal lagu, dia nyanyi pakek nada mendesah-desah gituh. Aaaakk desahan itu bukan makanan Fatin yak. Nah dari situ cirikhas Fatinnya kurang.

Fatin musti menyanyikan lagu 90 yang lain. Misal lagu Torn dari Natalie Imbruglia. Tahu dong lagunya yang mana? Anak 90 an pasti tahu! Fatin harus nyanyi lagu yang nadanya nggak meliuk-liuk tinggi. Jangan sampe Fatin nyanyi lagunya Beyonce atau Mariah Carey. Bisa FATAL alias FAtin gagal toTAL. Hehe..

Bener sih, lagu Grenade (baca: grenneid) sama Pumped Up Kicks (baca: Pamdap kiks) adalah dua lagu paling pas buat Fatin. Fatin harus menyanyi lagu yang “berbicara”, bukan yang perlu teknik menyanyi tinggi. Nah lagu yang “berbicara” pilihan saya yang pas buat Fatin untuk tema 90an adalah TORN dari NATALIE IMBRUGLIA.

Bagemana? Keren khan kalo lagu itu dinyanyikan Fatin? Keren dooong!! Lebih keren daripada Fatin nyanyi lagu Time After Time yang direkomendasikan sama juri. Lagu Time After Time kurang kekinian menurut saya.

Kemarin malam Rossa (@mynameisrossa) dihajar habis-habisan sama juri yang lain. Kak Ahmad Dhani (@ahmaddhaniprast) seolah-olah merasa Rossa kurang bisa mengeksplore Fatin. Bahkan saya rasa, Fatin kemarin cuma menampakkan cirikhasnya di beberapa bait di tengah lagu.

Hmm.. Sebentar saya mau nonton videonya sekali lagi baru saya kasih komentar..

Barusan saya nonton, Fatin bagus kok. Coba deh kalian sekarang tonton, rasanya beda dengan tadi malam. Ini aneh.

Saya jadi mikir gini. Jangan-jangan telinga orang Indonesia udah kecolongan suaranya Novita yang super dahsyat, jadi suara Fatin pun serasa biasa aja? Ini semacam efek kelelahan nonton atau bagemana ya? Maklum acara ini khan lama banget.

Peserta yang ditempatkan di akhir, biasanya adalah peserta yg bersuara dahsyat dan membahana. Dulu ingat acara AFI 2 di Indosiar, ada Tia AFI yang seringkali dia nyanyi paling akhir. Karena dialah yang ditunggu-tunggu penonton. Peserta lainnya cuma “gitu-gitu aja” jadi ketika orang menonton Tia, orang-orang langsung merasa Tia lah yang terbaik. Soalnya Tia AFI punya suara membahana kayak geledek. Dahsyat kayak petir.

Beda sama Fatin. Fatin kental dengan cirikhas suara serak dan ngucapin “AAA” yang nggak ada duanya di dunia ini. Ketika Fatin ngucapin “AAA” terdengar menggelegar dibanding ketika dia ngucapin kosakata lainnya. Nah, di lagu Don’t Speak tadi malam, sedikit banget bahkan gak ada yah kosakata yg harus ngucapin “AAA” kayak Grenade dan Pumped Up Kicks.

Di lagu Grenade, Fatin kental banget ketika nyanyi bagian..

I’d catch a grenade for ya
Throw my hand on a blade for ya
I’d jump in front of a train for ya
You know I’d do anything for ya

Makanya Fatin bagus banget nyanyi lagu Grenade! Bahkan ada yg menjuluki Fatin dengan sebutan Fatin FOYAH. Hahaha..

Di lagu andalan Fatin yang kedua, Pumped Up Kicks, Fatin juga kental banget cirikhasnya ketika nyanyi bagian..

All the other kids with the pumped up kicks you better run, better run, outrun my gun

Banyak banget kosakata “AAA” di lagu Pumped Up Kicks yang membuat suara Fatin terdengar menggelegar.

Di lagu Girl On Fire sama Diamond pun, Fatin masih kerasa banget cirikhasnya. Soalnya kedua lagu itu banyak banget kosakata “AAA” nya.

Nah, di lagu Don’t Speak tadi malam, kalo kita tengok liriknya di bawah ini:

You and me
We used to be together
Everyday together always
I really feel
That I’m losing my best friend
I can’t believe
This could be the end
It looks as though you’re letting go
And if it’s real
Well I don’t want to know

Don’t speak
I know just what you’re saying
So please stop explaining
Don’t tell me cause it hurts
Don’t speak
I know what you’re thinking
I don’t need your reasons
Don’t tell me cause it hurts

Our memories
Well, they can be inviting
But some are altogether
Mighty frightening
As we die, both you and I
With my head in my hands
I sit and cry

Don’t speak
I know just what you’re saying
So please stop explaining
Don’t tell me cause it hurts (no, no, no)
Don’t speak
I know what you’re thinking
I don’t need your reasons
Don’t tell me cause it hurts

It’s all ending
I gotta stop pretending who we are…
You and me I can see us dying…are we?

Don’t speak
I know just what you’re saying
So please stop explaining
Don’t tell me cause it hurts (no, no, no)
Don’t speak
I know what you’re thinking
I don’t need your reasons
Don’t tell me cause it hurts
Don’t tell me cause it hurts!
I know what you’re saying
So please stop explaining

Don’t speak,
don’t speak,
don’t speak,
oh I know what you’re thinking
And I don’t need your reasons
I know you’re good,
I know you’re good,
I know you’re real good
Oh, la la la la la la La la la la la la
Don’t, Don’t, uh-huh Hush, hush darlin’
Hush, hush darlin’ Hush, hush
don’t tell me tell me cause it hurts
Hush, hush darlin’ Hush, hush darlin’
Hush, hush don’t tell me tell me cause it hurts

TUH KHAN BENER KATA SAYAAAA!!!!

Di lagu Don’t Speak, kosakata “AAA” cuma bisa ditemukan di lirik: Oh, la la la la la la La la la la la la. Tapi Fatin ternyata gak ngambil kosa kata Lalalala ituh. Waduh.

Oh pas lirik ini:

I gotta stop pretending who we are…
You and me I can see us dying…are we?

FATIN BAGUS BUANGET!!!!!!! SUMPAH!!! Sampe ke belakang Fatinnya muncul banget. Tapi cuma itu. Kurang banyak kak Rossa. Yang awal-awal gak nampak Fatinnya. Waduh. Kayak semacam lagu bunuh diri buat Fatin. Semoga di Gala Live Show Jum’at depan, Fatin nyanyi lagu yang mempunyai unsur “AAA” yang menyebar banyak di dalam lagu. Biar suara Fatin makin menggelegar.

Lagu pilihan saya di atas yg judulnya Torn, liriknya banyak banget mengandung unsur “AAA”. Seperti life, dignified, cry, dry, right dan masih banyak lagi menyebar di seluruh lagu.

Buat kak Rossa, tetap semangat yah. Dikritik nggak papa lah. Lagian kritiknya membangun kok. Dan untuk urusan Fatin, memang bener kata papa Bebi, pemilihan lagu yang cocok buat Fatin itu penting banget. Dan postingan ini adalah saran dari saya. Cari lagu yang banyak mengandung unsur “AAA” nya.

Sip semoga Fatin sukses sampe jadi juara. Aaamiin..

Update 4 April 2013
TAMBAHAN DARI AGAN FIRMAN (Komentator)

Mantep masbro. Tapi klo boleh nambahin, selain AAA, Fatin juga bisa menonjolkan huruf lain.

Coba deh dengerin lagu pas bawa lagu “Cinta ‘Kan Membawamu”. Pas lirik “menuai rinDUU” itu enak banget.

Makanya pas bawain “Dont Speak” saya ngarepnya Fatin bisa mereplikasi penekanan pada huruf D itu pada kata “don’t” di awal reff. Ternyata engga. Padahal lagu aslinya juga ngasih energi dan penekanan lebih pada kata “don’t” itu. Sayang banget. Harusnya teh Ocha bisa lebih peka ngeliat ini kan Fatin mah gak tau lagunya.

Selain itu pas coba perhatiin juga lirik “you watch me BURN down in flame” di “Granade” sama “BURN BABY BURN BABY” di “Girl On Fire” dua-duanya asik banget itu kalo didenger.

Jadi saya setuju kalo Fatin itu penyanyi yang enak kalo bawain kata-kata tertentu. Tinggal di cari saja lagu apa yang bisa menonjolkan suara khasnya.

69 Comments

Komen yuk kak!