Lagu Terbaik Raisa: Kali Kedua

Akhirnyaaa..

Ada lagunya Raisa yang enaaaak banget!

Raisa bener-bener belajar cara mengenakkan lagu nih! Setelah berpuluh-puluh lagu sebelumnya yang aku rasa forgettable alias gampang menguap terlupakan.

Good job Raisa!

Okay mari kita preteli lagu Kali Kedua ini. Apa yang membuat lagu ini enak banget?

Lagu ini diawali dengan denting piano pelan. Raisa membukanya dengan trademark vocal runnya yang the one and only di Indonesia. “Hmmm…” Sebuah pembuka yang manis tidak berlebihan.

Lalu Raisa menyanyikan bait demi bait lagunya dengan simpel dan penuh penghayatan dari awal sampe akhir.

Nada-nadanya solid tidak ada goyang sana-sini. Melodinya bener-bener dikunci rapat-rapat sama Raisa. Seolah menyampaikan ke pendengar bahwa ini melodinya bagus banget, kalian harus dengarkan dan nyanyikan!

Sampai Reff, Raisa masih belum tergoda untuk memainkan nada-nada khas alanya yang lenggak-lenggok cepet itu atau biasa disebut vocal run. Raisa masih mengunci melodi lagu ini rapat-rapat supaya pendengar mengenali melodi ini dan bisa menyanyikannya.

Klimak lagu ini ada di bait “Bersama jatuh cintaaaa”. Nada tinggi pada kata “cintaaa” sungguh mulus bersih, bening, effortless. Perfect! Bahkan aku yakin dia menyanyikan bait “cinta” itu secara full belting. Namun selembut falsetto! Jarang ada penyanyi yg bisa begitu. Raisa has an amazing vocal technic! Merinding aku jadinya!

Setelah “Bersama jatuh cintaaaaa”, akhirnya Raisa mengeluarkan jurus vocal runnya yang menurutku satu-satunya yang terbaik di Indonesia!

“Hooouwoooo… Houwooo”

Matih! Bagian ini susah banget ditiru! Hahaha. Buat kalian penyanyi karaoke, bagian “houwouwo” ini kalian karang sendiri sesuai kemampuan masing-masing aja ya. Soalnya aku coba niruin persis kayak Raisa, jadinya malah gak enak alias hancur nadanya berantakan. HAHAHA.

Di verse ke dua. Baru Raisa kasih sedikit demi sedikit kembangan nada di setiap melodinya. Tapi berita bahagianya adalah Raisa masih berhati-hati untuk tidak berlebihan dalam berimprovisasi.

That was soooo damn good Raisa! I looove it!

Lagu ini gak ada istirahatnya. Jadi Raisa menyanyi terus menerus. Nada mengalun fluently. Sangat melodikal. Sangat membius. Raisa bernyanyi secara total. Semua range vocal dia dari nada rendah ke tinggi dikeluarkan dengan sangat mulus dan prima.

Tak ketinggalan vocal runnya yang meliuk-liuk sangat sukses membuat lagu ini menjadi sangat istimewa. Sangat mahal. Sangat diva!

Oh my God! Apa aku terlalu berlebihan memujimu Raisa? No, I don’t think so. You deserve it!

Dan.. Reff demi reff pun semakin memanas! Vocal runnya semakin dipersulit lagi, nada-nada semakin meninggi. Susah dijangkau penyanyi biasa.

It’s okay Raisa! Tugasmu mengunci nada sudah selesai di awal-awal sampe pertengahan lagu. Bridge pun juga sudah sukses kau bawakan dengan simpel juga. Supaya pendengar tau nada aslinya. Jadi di menjelang akhir lagu ini, kamu bebas mengeluarkan semua jurusmu! Feel free to improvise! Do your own style! Own this song!

Di lagu ini, kita dibikin merinding berkali-kali karena klimak lagu ini di bait “cintaaaa” sama “Wohouwoooo..” diulang berkali-kali dengan improvisasi yang berbeda-beda. Jadi gak bosan. Sungguh cerdas!

Dan lagu ini diakhiri dengan cantik, simpel, efisien, gak banyak nada-nada terbuang kayak biasanya. Sungguh apik!

Aku bisa mengulang lagu ini 10 kali dan masih suka aja gak bosan.

Raisa Kali Kedua

——

Raisa ini menurutku vokalis wanita terbaik di Indonesia yang sayangnya underrated ya, alias diremehkan karena kecantikannya. Jadi dianggap modal tampang doang.

Malah si Tantri Kotak itu diagung-agungkan sebagai salah satu vocalis wanita terbaik di Indonesia yang menurutku overrated ya. Tantri is good. But not as good as Raisa. Raisa is better! Mereka beda genre memang. Tapi secara vocally, teknik vokal Raisa jauh lebih kaya dibanding Tantri Kotak.

As we know, Raisa punya nada rendah dan tinggi, vocal run, vocal acrobatic, falsetto, suaranya juga merdu. Sementara Tantri suaranya berat, powerful dan khas. Secara teknik, Tantri kalah sih sama Raisa. Tapi secara powerful, Tantri menang telak dibanding Raisa.

Eh, jangan dikira aku gak suka Tantri Kotak lo ya. Aku suka dong! Suka banget! Konteksnya adalah siapa yg lebih hebat, Raisa apa Tantri secara teknik vocal. Dan I choose Raisa of course.

Kayaknya aku sudah kehabisan kata-kata lagi. Kalau mau dengerin lagunya, beli ya di iTunes! Atau streaming berbayar juga boleh. Asa gak download gratisan. Kasian Raisa udah nyanyi susah-susah dan bagus-bagus, eh kitanya donlod gratisan. Haha.

Gak mau beli lagunya? Yowis setriming yutubnya aja deh:

Harapan saya, semoga lagu Kali Kedua ini menjadi titik awal kesuksesan Raisa dalam mengulik lagu supaya enak didengar, gak gampang dilupakan, dan abadi.

Bravo Raisa!

BONUS LIRIK:

KALI KEDUA

Jika wangimu saja bisa
Memindahkan duniaku
Maka cintamu pasti bisa
Mengubah jalan hidupku

Cukup sekali saja aku pernah merasa
Betapa menyiksa kehilanganmu
Kau tak terganti kau yang selalu kunanti
Takkan kulepas lagi

Pegang tanganku bersama jatuh cinta
Kali kedua pada yang sama

Jika senyummu saja bisa
Mencuri detak jantungku
Maka pelukanmu yang bisa
Menyapu seluruh hatiku

Cukup sekali saja aku pernah merasa
Betapa menyiksa kehilanganmu
Kau tak terganti kau yang selalu kunanti
Takkan kulepas lagi

Pegang tanganku bersama jatuh cinta
Kali kedua pada yang sama

(Jatuhkan hati, tanpa peduli)
Kedua kali kita bersama lagi

Pegang tanganku bersama jatuh cinta
Kali kedua pada yang sama
Sama indahnya

Pegang tanganku bersama jatuh cinta
Kali kedua pada yang sama
Sama indahnya

Sumber: azlyrics dot com.

10 Comments

Komen dong!