Selanjutnya ke Jawa Timur Park 1

Agak mbulet ya, Jawa Timur Park itu ada berapa sih, kok ada 1 atau 2 nya? Jangan-jangan ada 10? Kenapa gak dinamain wisata lain aja ya biar gak mbingungi?

Haha.. itu juga yg kami rasakan ketika berwisata ke sana, 27 Maret 2014 dulu.

Jadi, Jawa Timur Park yang di Batu Malang itu ada DUA sayang. Jawa Timur Park 1 dan Jawa Timur Park 2. Jawa Timur Park 1 itu yg akan aku ceritakan di postingan ini, sedangkan Jawa Timur Park 2 itu terdiri dari Museum Satwa dan Batu Secret Zoo.

Oke, Jawa Timur Park 1 itu isinya apa?

Jatim Park 1

Jawa Timur Park itu isinya kami bertiga #eh

Kalau dilihat dari tulisan di pintu masuk di atas, tagline Jawa Timur Park 1 itu Taman Belajar dan Rekreasi. Hmm.. agak-agak terlalu umum ya taglinenya. Kurang detail menjelaskan ada apa di dalamnya. Kalau aku sebagai juri pemilihan tagline, aku bakalan ngasih NO. Maaf yaaa…

Yaudah, yuk kita jelaskan pengertian Taman Belajar dan Rekreasi ini dalam bentuk foto.

Akun Twitter Kami

Kaos kami ada nama akun twitter masing-masing di belakang.

Tiket masuknya Rp. 50.000,- (seket ewu repes) saja kok. Sudah bakalan dibikin lempoh kakimu mengelilingi Taman Rekreasi ini.

Setelah memasuki pintu masuk, buat kamu yg pertama kali ke sini, kamu “diwajibkan” untuk mukul gong yang katanya terbesar kedua se Indonesia ituh..

Gong Terbesar kedua

Gong Terbesar kedua di Indonesia!
Gong terbesar pertama di mana ya? Apakah di hati kamu? #eh

Setelah itu, silakan pulang, gak papa. Soalnya sudah gugur kewajibannya. Buat kamu yang baru pertamakali ke Jawa Timur Park 1 tapi belum mukul gong, berati kamu BELUM DIANGGAP SAH mengunjungi Jawa Timur Park 1. Kamu “diwajibkan” ke sini lagi cuma untuk mukul gong. Setelah itu silakan pulang. Ini perintah!

:hihi:

Pakaian Adat Jawa

Orang Jawa berfoto di Budaya Jawa.
Tomi mana? Tomi bukan Jawa asli. Hehehe..

Nah, foto di atas itu, kita sedang memasuki ruangan yg isinya photo pernikahan adat di seluruh Indonesia. Ada buanyak loh. Beuh, begitu kayanya budaya Indonesia ya.

Makanya kalau ada yg kepingin menggerus budaya Indonesia dengan alasan agama, harus diusir dari enka er i tuh, orang bule aja suka sama budaya kita. Kok orang kita sendiri malah pingin menghapus budaya kita sendiri lalu diganti dengan budaya Arab. Huh! Malu-maluin negara aja! Pergeh kamuh! Pergeeeeeh!!!

:mad:

TOmi batak

Tomi itu walaupun tinggal di Jogja,
tapi dia orang Batak.

Catur Raksasa

Catur Raksasa.
Hmm.. Namanya kurang captivate ya.
Harusnya Catur Budaya!

Setelah memasuki bab-bab budaya, kami digiring (((DIGIRING))) ke bab-bab edukeisyen. Yuk, kita belajar! *berasa balik ke sekolah*

Di edukeisyen sentah (Educaton Center) ini suasananya kinda boring. Warna yg dipakek, yaitu dominan merah biru kuning itu childish sekali. Kami memasuki ruangan ini kayak memasuki taman bermain anak.

Duh. Memang kami masih imut-imut, kayak anak TK (Taman Kakak-kakak), tapi di dalam sini itu… boring.

Kami pun berjalan lumayan cepet di Education Center ini pingin segera keluar dari sini. Soalnya kami niatnya pingin seneng-seneng, bukan belajar begini. *dasar pemalas*.

Tapi buat para guru Fisika atau Kimia, di sini tuh surgamu Pak! (((SURGAMU)))

DNA

DNA RAKSASA!
Hanya DNA itu satu-satunya yg menarik untuk difoto.

Seribu Bayangan

Seribu bayangan dirimu.. Terus melayang..

Udah, cuma dua foto itu yg menarik untuk dikepce. Soalnya emang edukeisyen sentah sih, bukan untuk foto-fotoh..

Nah, tempat selanjutnya adalah SEJARAH!

Ini adalah surganya guru Sejarah di mana pun anda berada. Kalau mau njelasin sejarah Indonesia dari jaman mojopahit sampe mojolegi perjuangan Kemerdekaan Indonesia, di sini tuh sudah komplit.

Duh, harusnya Jawa Timur Park 1 ini dibuat sekolah aja deh. Jangan dibuat tempat liburan hahaha..

Miniatur Sejarah

Ini tuh kayaknya menceritakan
sejarah penyebaran Islam di Indonesia
in a miniature way. So cute!

Nah, saya bilang komplit soalnya mereka menyuguhkan sejarah Indonesia dalam bentuk MINIATUR. Bahkan candi-candinya pun dibuat mini. Jadi gak perlu area yg luas untuk mencakup semuanya. Gak perlu mengunjungi candinya beneran, cukup di sini saja maka sang Guru Sejarah bisa bebas menjelaskan dan tentu saja muridnya bakalan cepet paham karena ada wujudnya langsung dalam bentuk miniatur.

miniatur kuburan

Ini tuh ukuran kepalanya cuma sejempol kaki!

Miniatur kuburan

Lagi demen moto miniatur begini, makanya aku banyakin fotonya.
:hihi:

Tempat selanjutnya adalah Museum uang. Hmm.. sepi. Dan aku sebagian besar sudah tahu uangnya. Ketauan deh umurku berapa. :P

Museum uang

Udah gak iksaitid lagi, soalnya mbakku kolektor uang juga sik..

Perjalanan selanjutnya adalah memasuki ruang kayak lorong gelap gitu yg di dalamnya ada akuarium berisi miniatur (lagi!) perjuangan Indonesia melawan penjajah. Di sini agak creepy sih. Maklum udah gelap, isinya patung pulak. *banyak jinnya kali*

Sejarah Indonesia

Asyik buat belajar sejarah kalau ada objek lucunya begini..

Pejuang tombak

Tujes aku mas, tujes aku!

Adik kecil

Dik, masuk ke rumah aja dik.. Ntar kena bom loh!

SERAAANG!

AYO SERAAAANG!!

AKU MENANG!

KITA MENANG! YES!!!

Lalu perut kami lapar. Gak kerasa sudah jam setengah satu siang. Sudah saatnya makan siang. Di sini nggak ada yg jual makanan. Adanya cemilan. Yaudah kami beli kentang goreng sama minuman sebagai ganjal perut.

Dan ketika perjalanan kami lanjutkan, ternyata rekreasi sebenarnya baru dimulae!

Kami memasuki wahana-wahana kayak di dufan! WOW, aku sangat iksaitid! Terakhir ke Dufan tuh 2005 yg lalu, jadi ini bisa mengobati kangenku selama 9 tahun gak naik wahana-wahana.

Sementara Rian dan Tomi keknya biasa-biasa aja tuh. Mereka mungkin kelelahan ya. So, ketika ada wahana yg lumayan sepi, aku ajak mereka naik. Mereka ogah-ogahan. Ternyata aku lupa kalau kemarin malam pas di BNS, mereka juga ogah-ogahan naik wahana.

Duh, jadi aku sendirian nih?

OKE DEH, aku rapopo. Haha.

Aku pun naik wahana yg sepi itu, namanya PENDULUM 360. Keknya sih seru dan menakutkan, makanya sepi. Oke deh, yuk kita coba seberapa menakutkannya sih?

Pendulum 360

Duduk manis di Pendulum 360, sandal dilepas ya Ndop!

Pendulum 360 Jatim Park 1

Setelah pengaman terkunci sempurna, kami siap diaduk-aduk!

Pendulum 360 siap Berputar

WOOHOOO!!!
Pendulum 360 mengayun-ayun tubuhku yg sekseh!

Pendulum 360 ayun ke atas

Ayun ke atas pelan-pelan..

Pendulum 360 ayun bawah

Ayun ke bawah pelan-pelan. Ini tuh kayak pemanasan gitu..

Pendulum 360 mulai panas

Oke, sudah mulai panaaaas…
Ayun akuh.. ayun!!!

Pendulum 360 berputar semakin ekstrim

HUWAAAAAAA..!!!!
Teriakan-teriakan histeris semakin terdengar!

Pendulum 360 membalik badanku!

HUWAAAAAAAAA!!!
AKU TERBALIK DI KETINGGIAN!!!

Huwaaaaaaa.. wahana pertama, Pendulum 360, adalah wahana yg SANGAT EKSTRIM! Huahahaha.. Tapi entahlah aku nggak kerasa pusing. Padahal dia bergerak lincah mementalkan tubuhku berputar ke kiri kanan atas bawah.

Aku gak pernah memejamkan mata sama sekali. Aku melek terus dari awal sampai akhir. Jadi aku bisa tahu betapa pemandangan di bawah dalam posisi numplek begini tuh seruuu buanget! Aku bisa melihat ekspresi penonton ternyata sama-sama iksaitidnya dengan kami. Huahaha..

Ketika posisi kepalaku di atas, pemandangannya juga emmizing! Langit pun untungnya pas membiru apik! Sinar matahari yg panas membuat wahana ini jadi SUPER HOT!! Karena dihempaskan ke sana ke mari, walhasil kami gak mungkin kegerahan, justru sejuk. Haha.

ADRENALINE Yang keluar banyak setelah naik wahana ini, bikin moodku super baik. Senyumku selalu merekah sampe beberapa puluh jam kemudian. Iksaitidnya nggak habis-habis bahkan sampe berpuluh-puluh hari kemudian, yaitu ketika aku menulis ini.. Hahahhaa..

Ini dia penampakan Pendulum 360 secara keseluruhan. Aku dapat dari situs jawatimurpark1.com. Kak Tomi motretnya ngezoom melulu soalnya hahaha..

Pendulum 360

Udah ada rencana mau naik wahana ini?

:dance:

Pemanasan yg kepanasan tadi membuat wahana-wahana selanjutnya gak ada apa-apanya. Aku libas habis semua! Hahaha..

Eh, yang di sana itu kayaknya seru!!! Iya khan, Tom, Rian? Tom? Riyan? Ayo naik?

Mereka ogah-ogahan.. :taktahu:
Oke deh, kamu moto aja ya Tom.

Kemudian aku naik Spinning Coaster! Ini mirip Sepeda Udara di BNS kemarin. Tapi ini lebih aman dan lebih seru!

Spinning Coaster Jatimpark 1

Spinning Coaster ini sangat seru!

Spinning Coaster ini konsepnya seperti roller coaster tapi ini BERPUTAR! Dan wahana ini lebih bikin pusing dibanding Pendulum 360 tadi. Kalian bisa membayangkan bagaimana rasanya naik kereta (tanpa atap) di ketinggian lalu diputar-putar dan dilempar ke bawah ke atas dengan ekstrim soalnya relnya emang naik turun muter-muter ngajak gelut! Haha..

Spinning Coaster selesai

Spinning Coaster ini berlangsung cepat. Paling cuma dua menit?
Cepet banget kok. Bahkan ada yg coba lagi sampe 3 kali! Haha.

Aku naik wahana spining koster ini bersama adik-adik SMP yg galau soalnya dia sendirian, temennya diajak bareng gak mau. Tapi untungnya pas udah naik, dia iksaiting juga. Gak jadi galau. Soalnya akunya teriak-teriak seru gitu haha..

Naik wahana begini paling enak kalau satu tim terus. Jadi kalau kamu liburan sendirian, cobalah cari kenalan kilat, biar bisa sama-sama terus naik wahananya. Aku baru kepikiran sekarang sih. Ntar kalau ke sana lagi, aku coba ikut rombongan orang aja (kalau kebetulan sendirian lo ya). Tapi kalau kamu liburan bareng temen yg mau naik wahana-wahana, ya nikmati saja haha.

Beruntungnya, aku jadi punya foto pas naik wahana. Coba kalau Tomi ikut naik wahana juga, aku gak bakalan punya foto pas naik wahana! Kecuali kalau nekat selfie pakek DSLR sih.. *Trus DSLRnya jatoh!* Hahaha..

Dan aku diam-diam ikut tim adik-adik SMP (yang kayaknya ini sekolah khusus cewek?) yg masih hiperaktif gak punya takut naik wahana ini itu walaupun pada akhirnya banyak juga yang nangis. Huahaha.. *puk-puk*

Lha, Rian sama Tomi ngapain aja pas aku teriak seru-seru di atas sana?

Mereka ternyata..

Rian Tomi

Rian dan Tomi ternyata sibuk pemotretan!
Wow, udah kayak model beneran kok!
Syukurlah kalau mereka hepi..
:sip:

Yuk, cobain wahana seru lainnya..

Kali ini gak begitu ekstrim sih. Cuma diputer-puter doang. Tapi diputer-puternya nggak monoton. Tapi agak ngawur. hahaha..

Naik Air Borne Shot

Warnanya pinky-pinky gituh.. Aku jadi kelihatan cantik..

Air borne shot

Pusing!

Air Borne Shot

Inilah penampakan keseluruhan wahana Air Borne Shot!
Sumber: jawatimurpark1.com

Sebenarnya pingin coba semua wahananya. Tapi aku mikir Tomi dan Rian. Kasian mereka cuma aku suruh motoin doang haha. Aku harus berempati dong ya. Aku pun jalan-jalan menuruti kemana enaknya kaki melangkah. Dan lalu nemu patung bertubuh gotot ini..

Gotot

Setelah jalan-jalan di Jatimpark 1,
kami berubah jadi gotot!

Sudah jam 2 sore, aku pun laporan dulu ke Yang Maha Kuasa. Setelah itu ngadem dulu di Fish Park.

Fish Park Jatim Park 1

Fish Park. Jadi ikannya bermain di taman gitu ya? #eh

Ada kejadian sangat mengerikan di Fish Park ini. Jadi di sana ituh, khan ada kolam ikannya. Bukan akuarium lagi, tapi KOLAM! Walhasil airnya bisa kita sentuh dengan tangan. Karena jarak kolam dengan pengunjung lumayan dekat. Harusnya sih agak jauh ya jaraknya. Karena apa?

KARENA DI KOLAM ITU ADA IKAN HIU BENERAN!!!

Kejadian mengerikannya sudah bisa kalian tebak khan?

Yup betul. Ada pengunjung yang tangannya DIGIGIT IKAN HIU! OMAGAAAD!!!

Pengunjung itu masih anak SMP. Ketika ikan hiu yg aktif bergerak itu mendekat, dia nekat aja MENYENTUH KEPALA IKAN HIU pakek tangan. Kalau kita menyentuh airnya sih si Hiunya cuek aja. Mungkin sudah jinak. Tapi kalau kita MENYENTUHnya, otomatis membuat kenyamanannya terusik, maka si hiu bereaksi.

DAN DIGIGITLAH JEMARI ANAK ITU SAMPAI IKANNYA TERANGKAT GAK MAU LEPAS ketika si anak mencoba menarik tangannya.

Dan darahpun bercucuran di lantai..

:takut:

Untungnya hiunya kecil ya.. Segini..

Hiu di Fish park

Kira-kira gedhenya selengan orang dewasa

Duh, si anak langsung kesakitan berlari keluar Fish Park. Dia kok ya pas sendirian gak bareng rombongan sekolahnya. Dan kenapa juga dia nggak pakek seragam, jadi dia susah dikenali toh. Pihak sekolahnya kurang mikir bab beginian sih. Harusnya diwajibkan pakek seragam olahraga kayak sekolah lainnya.

Semoga tangan anak itu baik-baik saja yaaa.. Aamiin.. :doa:

Yaudah yuk, kita foto-foto lagi..

Ikan Arapaima

Ikan Arapaima ini ikan air tawar terbesar sedunia.
Gedhenya kira-kira seaku.

Lalu kami jalan-jalan lagi trus nemu wahana Sky Swinger yang tertinggi se Indonesia ini. Tapi masih dalam masa perbaikan. Duh ngeri juga nih wahana. Soalnya cuma digantung pakek rantai. Kapan-kapan coba ah..

Sky Swinger

Setelah selesai peerbaikannya, saja jamin wahana ini sepi!
Serem banget sih soalnya!

Ada kolam renangnya guwedheee.. Tapi aku kok malu ya. Ah, ntar aja deh ke sini lagi kalau udah bisa renang. huahaha..

Waterboom Jatim Park 1

Pengen tapi malu..

Yaudah kita masuk rumah hantu aja bernama 3D Ghost Hauter yuk..

3D Ghost Haunter

3D Ghost Hanter.
Karena aku sudah tua, maka aku pura-pura takut aja..

Sebenarnya yg bikin seru masuk 3D Ghost Haunter ini adalah gelapnya. Setelah menemui hantunya, kami malah seneng soalnya ada cahaya cukup sehingga kami gak kesandung. Hahaha..

Neon Light di 3D Ghost Haunter

Banyak lampu berwarna ungu,
sehingga lukisan tengkorak di tembok jadi menyala..
Aku cuma kagum, gak takut..

Lalu kami masuk ke sebuah theater. Yang antri buanyak. Saya kira sih filmnya bagus, ternyata cuma film 3D kartun biasa berdurasi 10 menit. Such a wasting time. Soalnya ngantrinya lebih dari 10 menit. Hahaha..

Lalu aku kepingin naik wahana lagi. Kali ini Volcano Coaster. Aku naik bersama anak-anak SMP yg seragamnya biru muda. Kali ini aku (yg sendirian aja) juga bikin adik-adik sebelahku galau karena temannya gak mau diajak bareng. Jadi dia kayak terpaksa gitu naik wahana di sebelahku..

:rolleyes:

Volcano Coaster

Naik Volcano Coaster!
Makasih Tom, bidikanmu yg ini sangat bagus!
I think this is the best shot that you have!

Naik Volcano Coaster ini bikin sakit lengan kita. Soalnya guncangannya gak santae. Naik turun dengan sangat curam. Tapi enaknya, kita gak perlu takut ketinggian, soalnya wahana ini sebagian besar ada di dalam “ruangan” berupa goa di dalam gunung dengan stalactites yg banyak.

Tinggi badanku yg di atas rata-rata ini juga was-was karena banyak stalactites yg agak rendah. Duh, akupun ndingkluk kalau pas melewati stalactites. Haha..

Volcano Coaster Jatim Park 1

This is the best moment!
Makasih kak Tom, bidikanmu sangat memuaskan!

Akhirnya sore datang. Kami pulang. Soalnya mau melanjutkan perjalanan lagi ke tempat wisata lainnya yang baru dibuka awal Maret yang lalu. Sooo, kami nganyari nih.. Alias mengunjungi tempat wisata yg belum banyak terjamah manusia! Haha..

Apa itu? Rahasia..

Di Jawa Timur Park 1 ini, jalan keluarnya “memaksa” kita untuk melewati pusat pembelanjaan. Kalau mau beli oleh-oleh, di sini sangat komplit. Dari pakaian, mainan sampe jajanan.

Aku beli apa? Aku beli ikat pinggang! Soalnya tubuhku yg semakin kurus dari hari ke hari ini bikin celanaku longgar semua. Hahaha..

Aku pun ikut-ikutan Rian beli oleh-oleh buat keluarga di rumah..

Oleh Oleh Jawa Timur Park 1

TIPS: Jangan beli oleh-oleh keripik buah
yang harganya 20 ribu dapat buanyak.
(Lihat gambar kanan atas)
Soalnya di dalam isinya cuma beberapa irisan buah saja!
Saya jadi menduga ini cuma satu buah saja diiris tipis
lalu dimasukkan ke bungkus yg gedhenya segaban!

Iya bener. Ibukku kecewa waktu membuka bungkusnya, “Woalah Ndop, isine cuma sak mene.. Awakmu dibujuki bakulee.. Hahaha.. ” Sambil mengesokkan isinya ke telapak tangan dan gak tumpah saking sedikitnya.

Mending beli buah apel aja yg banyak. Atau beli keripik tempe yg kelihatan langsung ukuran tempenya seberapa. Atau beli sari apel yg cuma 20 ribu dapat 24 gelas. Lumayan buat nyuguhi tamu. Haha.

Oke deh, kalian pasti sudah puas melihat photo-photo yg ternyata ada 40 lebih dalam postingan ini! Haha. Wahana selanjutnya akan lebih bagus lagi loh foto-fotonya, penasaran khan? Tunggu saja postingan selanjutnya kira-kira seminggu lagi, atau semoga bisa lebih cepet..

Tebi Kontinyuud..

50 Comments

Komen dong!