Ke Artjog 2023 di Hari Ulang Tahunku

Aku punya lumayan banyak temen yg suka seni. Tapi entahlah kenapa ketika kuajak nonton Artjog 2023 di tanggal 30 Juli, pada gak bisa. Ada yg cuma diem aja gak ada kepastian. Ada yang maju mundur gik iyo gik gak.

Karena aku orangnya independent, gak bergantung pada teman, gak berharap kepada manusia yang lain, akhirnya diam-diam order tiket kereta ekonomi sehari sebelum berangkat. Huh, mantab mendadak! Akhirnya tiket kereta didapat. Harganya Nganjuk ke Jogja 165 ribu. Naik kereta Sancaka.

Sekarang aku galau, enaknya nginep apa nggak ya? Soalnya tujuanku cuma ke Artjog. Semacam acara wajib tiap tahun bagiku. Karena dibanding pameran seni yang lain, Artjog is just different. Gak monoton. Gak sekadar pameran lukisan and that’s it. Artjog is way way mooore sophisticated, magical, creepy too. Pokoknya kita bisa mendapatkan pengalaman visual, pendengaran, penciuman, semua panca indera dikasih “makan” di Artjog.

Dan karena tiap tahun pasti beda temanya, maka tahun ini aku sengaja gak buka feed instagram @artjog.id, gak buka storynya. Kalau kepencet, langsung skip cepet². Haha. Pokoknya aku pingin sepraiz! Ini adalah ketiga kalinya aku nonton Artjog. Tahun 2019, tahun 2022, lalu 2023.

Itenerary awal sih, nyampe Jogja jam 11 siang langsung cus ke Artjog. Lalu malamnya pulang ngebis. Tapi trus aku mikir lagi. Kok aku kepingin nginep sehari ya? Soalnya kan kalau langsung pulang pasti capek banget.

Akhirnya 29 Juli jam 2 siang, aku booking The Capsule Malioboro. Penginapan yang sama ketika nonton Mukti Entutz November 2022 kemarin.

Alasan nginep di sini lagi, walaupun sempat kena “musibah” November yang lalu, ya karena murah! Nginep semalam, aku cuma bayar 140.314 udah dapat sarapan! Trus akutu cenderung extrovert, jadi suka nginep rame-rame tapi privasi tetap terjaga. Jadi pilihan yang tepat adalah The Capsule Malioboro. Nginep bareng-bareng tapi di dalam kapsul masing-masing. Jadi kalau mau tidur telanjang ngowoh atau ngorok juga gak ada yg terganggu. HAHA.

Karena ini pameran seni, jadi aku pengen tampil seeji mungkin. Aku pake terusan (coverall) shirt dari SSST, topi Adidas, manset kotak-kotak, sepatu Reebok Royal, kaos kaki Rown Division stripes, waist bag Nike. Tampil beda banget pastinya!

30 Juli 2023

Happy birthday to me! Keep awesome and inpiring! I am amazing as always! Haha.

Seperti biasa, karena saya manusia singa (singa itu kucing besar, jadi aktifnya di malam hari), bukan morning person, saya berangkat sangat mepet waktu. Kereta berangkat jam 8:23. Saya berangkat dari studio jam 8:14. MEPET BANGET INI ANJENG! Hahaha.

Untung sampe stasiun jam 8:18. Masih ada 5 menit buat lari, nyetak tiket, dan tepat ketika tiket tercetak, sepurnya datang. Ya amplop! Saya ini emang rajanya mepet! HAHAHA

Seperti biyasa, di dalam sepur saya gak bisa tidur. Padahal tidur cuma 4 jam. Seharusnya ngantuk. Tapi malah Philips 20 watt. :doh:

Melek di kereta Sancaka

Sampe Stasiun Tugu Jogja jam 11 siang pas. Lalu jalan kaki cari sarapan yu jum cabang Malioboro.

Yu Djum Malioboro
Emang paling bener kalo gudeg itu di Yu Djum pusat!

Trus jalan kaki lagi ke The Capsule Malioboro. Deket kok. Tinggal buka gugel translate, eh map.

The Capsule Malioboro

Ternyata gabisa cekin jam 12. Jadi saya ngapain ini enaknya selama dua jam ke depan?

Nunut Dhuhuran di Musholla penginapan. Lalu ngobrol sama mas karyawan. Aku curhat ke dia kalau aku pernah nginep di sini beberapa bulan yang lalu. Trus kena musibah pas ngising airnya gak ada! Trus masnya lha kok notis! Ternyata masnya (dan semua karyawan!) The Capsule Malioboro nonton yutubku, baca blogku juga! Huhahahahah.

Tapi yang namanya saya, akan selalu ngasih seken cens alias kesempatan kedua. Apalagi kalau kasusnya fos mejer (ndorurot), dan gak semua orang mengalami (aku aja pas apes). Jadi reviewku tidak bisa dijadikan rujukan baik buruknya penginapan ini.

Dan bener juga. Pas 30 Juli itu, air lancar banget bahkan terlalu kenceng semprotannya! Haha.

Masnya cerita, kalau dulu setiap bulan November akhir sampe Desember awal, emang air ada gangguan. Untungnya sekarang sudah berbenah. Disiapkan dua tandon gedhe banget buat antisipasi kalau ada gangguan air habis lagi. Good job The Capsule Malioboro!

Karena aku dianggap spesial sama karyawan Capsule, akhirnya aku diizinin cekin jam 1:30 siang. Yay! Jadi gak kesorean banget kalau mau ke Artjog!

Setelah puas ngising di penginapan, aku ngegreb ke Artjog yang lokasinya di Jogja National Museum. Jam 2:22 siang aku udah nyampe. Duh, rasanya iksaitid! Akhirnyaaa ke sini lagi! Walaupun sendirian gak kayak tahun lalu. Tapi ora popo! Aku makhluk independent!

Tonton video di bawah ini ya. Kalau ada iklan biarin aja. Haram hukumnya kalau disekip! :evil:

Buat klen yg masih miskin di 2023 sehingga tidak mampu membeli kuota untuk video keren di atas, saya yg terkenal pemurah ini akan menjelaskan dengan detail. Yuk gas!

Tema Artjog 2023 kali ini adalah Lamaran. Saya tentu saja tidak paham maksudnya apa! Haha. Karena menurut saya, seni itu ya dirasakan saja. Gak perlu dipahami. Dengan kata lain, saya memang tolol sih! Hahaha

Baru masuk ke galeri pertama, aku langsung disuguhi lukisan abstrak estetik yang shapes dan colorsnya lagi ngetren di zaman sekarang. Wuih, ini perfect banget secara komposisi! Aku bahkan bisa di sini berjam-jam kalau mau! Tapi saya gak mau! Nanti karya seni yang lain gak kebagian dong!

Lukisan abstrak

Okay next..

Kok tiba-tiba males njelasin ya? Lebih baik kalian beli kuota aja deh buat nonton video di atas. Hahaha jast kiding!

Galeri selanjutnya adalah kuda-kuda. Tapi aku gatau kalau difoto itu bagusnya di enggel mana. Soalnya kudanya cuma ada di layar tipi. Jadi aku malah foto di baju-baju terusan ini. Soalnya mirip sama bajuku.

Foto di kuda kuda pokoknya

Lalu masuk ke ruangan. Langsung disuguhi fotografi segede gaban dengan warna-warna waibren yang aku cuma videoin aja gak take foto.

Di ruangan ini baunya udah beda. Bunyi-bunyiannya juga beda. Pokoknya kalau sudah masuk ruangan ini, kayak berasa mistisnya. Kayak karya di bawah ini..

Karya mistis serem tapi lucu

Bener-bener mixed feeling ketika memasuki ruangan di atas. Boneka-boneka lucu tapi serem ditata sedemikian rupa dengan ornamen mistis yg keknya ada penunggunya. Hiiii..

Trus memasuki ruangan satunya lagi yang isinya kaleidoskop hantu yang deskripsinya lucu-lucu.

Pocong serem

Mau takut gak jadi kalau baca deskripsinya.

Lukisan hantu

Kalau karya di atas sebenarnya not my thing tapi saya foto ajah soalnya demi ngasih makan fallauwers.

Di dalam gallery ada banyak kru artjog yang memantau pengunjung. Mereka akan sangat sigap ngasih tau ke pengunjung yg bawa tas ransel agar tasnya ditaruh depan supaya gak nyenggol karya seni.

Mereka juga mau banget kalian repotin buat teik foto. Kayak foto di bawah ini. Difotoin mbak-mbak kaca mata yg dengan sabar nunggu pengunjung lain keluar ruangan semua biar gak bocor. Makasi ya mbak!

Foto di patung merdeka

Aku agak lupa patung di atas itu ngebahas apa. Keknya kemerdekaan Papua deh? Yang jelas di sana tuh ada deskripsinya panjang lebar yg ditulis dengan bahasa yg formal. That is why saya tidak baca soalnya saya tolol gak bisa mencerna bahasanya.

Di sini ada suara teriakan menyayat hati yg bikin jantung deg-degan.

Tone warna Artjog 2023 kali ini menurutku lebih ke earth tone. Gak banyak yg pakai warna vibrant. Kalaupun ada, berupa fotografi wicis not my thing. Tapi aku nemu sala satu karya yg pake warna waibren..

Lukisan kalerful

Lumayan lah ya. Walaupun gak sesatisfaying itu but it’s okay.

Kira-kira sejam kemudian, kak Joddie (@anthonyjoddie) yang awalnya maju mundur mau datang apa enggak ke Artjog, akhirnya otw juga dari Solo. Dan dia datang bersama Yolis (@iamyolizz). Hore jadi rame! Aku gak sendirian! (Baca: ada yg motoin!)

Bersama Joddie

Mas Joddie adalah cikal bakal kesuksesanku sampe sekarang. Soalnya kalau gak ditawari dia kerja di Bali, hidupku masih terpuruk bahkan mungkin aku sudah gak ada di dunia ini karena bosan hidup hahaha. Cerita selengkapnya baca di sini.

Foto kak Yolis mana? Dia malu-malu gaes. Bukan type cewek yang selfa-selfi di mana background esdedik berada. So, saya kendid saja ya. Dari belakang tapi. Biar misterius aja. Hahaha

Kak Yolis

Sebenarnya aku punya sih wajahnya kak Yolis. Tapi klen harus bayar untuk beli kuota. Lalu tonton video di atas! Hahaha

Tahun lalu, Artjog 2022 ada wahana plorotan di kasur raksasa. Kali ini wahananya berupa samsak yang ada tulisan type-type bullying yang boleh ditinju sepuasnya asal ninjunya wajar gak kesurupan aja.

Samsak Tinju

Untuk karya di bawah ini, sebenarnya bisa dibikin lebih esdedik lagi. Pemilihan fontnya bisa lah dibuat lebih bagus. Tapi keknya sengaja dibikin seadanya begini soalnya yg menjadi kekuatan karya ini adalah kalimatnya..

Victimize

Salah dua karya yg pakai warna vibrant. Sayangnya pemilihan warnanya is not my thing. Tapi karena saya rispek maka saya foto di sini..

Lukisan estetik dengan warna vibrant

Ada beberapa konten 21 ples. Salah duanya ada di widio di atas. Salah satunya saya posting di sini. Gara-gara karya 21+ tersebut, video saya di yutub jadi gak bisa diduitin! Dolarnya kuning sodarah². Jadi kalau ada iklan, SEKIP AJA! Saya gak dapat apa² tuh. Hahaha

Nih, saya kasih satu foto buat bacol nambah wawasan..

21 plus

Gimana? Udah ngaceng puas? Masa gitu aja ngaceng puas sih? Hahaha

Waktu udah mau magrib. Total sudah dua jam setengah di dalam galeri. Sebenarnya masih kurang lama sih. Soalnya banyak banget karya yang bisa dijadikan referensi dan renungan. Cuman karena total karya ada kali di atas 50, jadi waktunya tida cokop!

Mampir centak-centuk di Musholla Jogja National Museum. Lumayan banyak juga yg sholat. Kirain penikmat seni itu pada nyembah lukisan. Ternyata.. gak berani nyebut punchlinenya. Serem. Xixixi.

Habis itu nunggu magrib sekalian sambil duduk² di tempat nongkrong bertuliskan Collabonation sambil ngeliatin kak Joddie ngobrol sama Kak Yolis di atas sana.

Habis magrib pulang. Trus aku adain acara traktiran makan-makan. Aku ngajak teman-teman blogger yang ada di Jogja. Yang bisa datang cuma dua “keluarga”. Wicis dia ngajak anak bojo, wicis walaupun cuma dua, tapi orangnya ada enam! Hahaha. Plus Joddie dan Yolis jadi delapan!

Mereka adalah Miftahur (@miftahurroziqin) bersama istrinya Nuarita Novianasari (@nuaritanov) dan anaknya Aisyah. Lalu Mubaroki (@anmubaroki) bersama istrinya Dea (@deavtsr) sama anaknya Kuny.

Kami makan-makan di House Of Raminten. Aku udah gak mikir lagi udah habis berapa ratus ribu buat nraktir mereka. Yang penting hatiku senang. Haha.

Oh iya, karena banyak menu kosong, jadi aku iseng mesen ayam bumbung..

Ayam bumbung raminten

Ngobrol² sesama penulis blog itu seru banget. Mereka kan wawasannya luas ya. Kalau aku emang beda sih. Aku kan blogger tolol. Hahaha. Jadi obrolan gak habis-habis berjam-jam. Apalagi aku sekarang kalau ngobrol vibenya kayak podkes. Pertanyaanku seputar sejarah kehidupan masing-masing peserta traktiran dari kecil sampe sesukses sekarang. Hahaha

Acara traktiran diakhiri oleh foto selfie di bawah ini..

Selfie bersama bloggers

Makasi buat kalian-kalian yang udah mau datang. Untung cuma dua keluarga yang datang ya. Gak bisa bayangin kalau teman lain yang saya undang datang semua. Bisa bangkrut saya. Hahaha. Gak ding. Becanda. Justru semakin rame, semakin banyak yg ngedoain, semakin besar peluang terkabulnya doa. :doa:

Terima kasih sekali lagi ya.. :ampun:

Okay, postingan ini saya akhiri saja. Aku tidur dulu. Bye! :zzz:

Bonus foto:

Artjog with artist ibu kota
Artjog with artist ibu kota.

4 Comments

Komen yuk kak!