Nonton Artjog 2019 (MMXIX)

Followers instagramkutu sebagian suka pehape. Pas aku ngumumin di story kalau mau ke Artjog di bulan Agustus, eh banyak yang pingin ikut. Tapi setelah aku diskusi enaknya tanggal berapa, eh pada tumbang alasan sibuk. Fakyu! Hahaha

Tapi ada dua yang akhirnya mau nemenin aku ke Artjog, Selasa 20 Agustus 2019. Dia adalah Deny Prasetyo dan Salma. Deny dari Kulon Progo, Jogja. Salma dari Jakarta. Salma bisa bahasa jawa karena mbahnya asli Jogja.

Okay, komunikasi gak perlu roaming karena cukup pakai satu bahasa: bahasa jawa! Hahah akutu termasuk type orang yg gak suka pakai bahasa Indonesia kalau lagi ngobrol sesama orang jawa. Khan banyak tuh yang begitu. Terutama cewek² yang gengsinya gedhe. Ngobrol sesama kota aja pakai bahasa Indonesia. Klean itu kenapa sih? Bahasa Jawa itu bahasa kampungan ya, kok kalian keknya malu gitu makeknya?

Bektu topik!

Selasa dua puluh agustus duaribu sembilan belas. Berangkatlah aku ke Jogja naik sepur. Sempet kena kasus aneh bin ajaib. Kalian bisa baca kisahnya di sini. Sampe Joga tepat sesuai jadwal. Jam satu kurang. Naik sepur itu menyenangkan sih. Tenang. Cepet. Tepat waktu.

Janjian sama Deny ketemuan di pintu masuk stasiun. Sebelumnya aku suruh Deny selfie dan kirim fotonya via DM Instagram. Soalnya di feed IGnya gak ada wajah dia sama sekali. Haha emang type pemalu gitu si Deny.

Kami mencari Masjid untuk ngadem sejenak. Deny mengantarku ke Masjid Kauman yang adem dan klasik.

Lalu mencari makan. Karena Deny pemalu dan tinggalnya jauh dari Daerah Istimewa Jogja sini (Kulon Progo itu 30 km-an dari Jogja), maka dia pun klules mau ngajak aku makan di mana. Akhirnya kami mengandalkan gofood saja untuk mencari lokasi makanan. Lalu kami parani saja lokasinya pakai gugel mep.

Warung lotek yang kami temukan di Gofuud itu ternyata cuma warung pinggir jalan yang kadang tercium bau got yang menyengat. Gak papa wis. Sudah lapar juga.

Untungnya kok loteknya enak. Kata Deny sih loteknya standar aja. Gak yang enak banget dan gak yang fail banget. Tapi aku seneng. Lotek rasanya kayak tahu lontong kalau di Nganjuk sini.

Kenyang makan lotek, kami langsung ke Artjog di Jogja National Museum yang letaknya deket sama Malioboro. Salma sudah di lokasi sejak sejam yang lalu. Bahkan dia sudah keliling² melihat pameran seninya. Ketika aku dan Deny datang, dia kayak mengulang lagi lihat² pamerannya. Jadi semacam tour guide gitu si Salma soalnya sudah hafal. Haha

Yuk kita lihat foto-foto aja:

Ini menarik sih. Soalnya warna-warni dan instagramabel banget. Sudah pasti di sini fotonya antri sama yg lain. Ini aja aku harus ngasih duik ke semua pengunjung supaya minggir karena sultan mau foto tanpa bocor! Hahaha

Kalau yang ini menurutku unik. Kayaknya sih ini lukisan dijitel. Kayaknya ini foto yg gagal namun nyeni. Atau sebenarnya ini serius dibikin seolah-olah gagal karena ngeblur? Seni mah terserah interpretasi masing-masing ya. Buat yg ga ngerti seni, sudah pasti akan misuh-misuh kalau liat artjog karena hampir dipastikan tidak ada lukisan realis di sini. Hampir ya. Ada sih satu dua. Haha

Kandani og, di sini isinya lukisan yang nyeni semua. Kontemporer gitu. Yang makna lukisannya apa terserah pengunjung yang menikmati dan menafsirkan sendiri. Walaupun tentunya di setiap karya ada deskripsinya, tapi saya yakin hampir semua pengunjung tidak membaca deskripsi itu karena ulasannya kepanjangan dan pakai bahasa baku eyede yang membosankan hahah.

Pliz dong para seniman, bikinlah deskripsi yang asyik dengan bahasa kekinian aja. Menurutku sah-sah aja pakai “Gaes, ini karyaku bercerita tentang bla bla bla lo gaes.. “. Yang fun aja gitu lo wahai seniman beneran. Ga usah kaku bahasanya. Okay! Hahah

Initu namanya sculpture, buat kalian yang kagak ngerti. Ya seni bentuk gitu deh. Tiga dimensi gitu. Kayak patung tapi abstrak. Tuh kan aku lebih jago ngejelasinnya. Simpel dan kalian gampang memahaminya.

Kalau kalian masuk ke dalam plungkeran itu, dia akan ada bunyi “tuit-tuit”. Sayangnya suasana di sini rame ya. Jadi kurang intim aja dengerin tuit-tuitnya.

Ini pintu keluarnya gaes! Kalian sudah tau dong siapa yang Deny siapa yang Salma? Masa harus jelasin nama dari kiri ke kanan? Haha

Udah segitu aja foto-foto yang aku share di sini. Soalnya mau foto di setiap karya seninya, kok ya males antri sama pengunjung lain. Trus aku fokesnya emang ngevlog sih.

Nah, kalau kalian mau yang lengkap silakan liat vlogku di bawah ini.

Sudah jam 5 sore nih. Aku lumayan stress kalau jam udah menjelang magrib begini. Ada musholla gak ya di sini? Kalau gak ada, wah bisa rugi 50 ribu buat beli tiket lagi karena harus keluar venue. Padahal aku mau di sini sampe malam nanti, sampe selesai, soalnya masih ada seni yang lain yang harus aku tonton. Hukumnya fardlu ‘ain karena aku khan jau-jau dari Nganjuk ke Jogja demi Artjog doang! Jadi harus nonton sampe selesai.

Nanyalah ke kru artjog. Lega rasanya ternyata di venue ada mushollanya. Bangunan musholla beneran. Bukan tenda ala-ala. Mantab jaya! Bakalan ke sini tahun depan deh!

Nanti malam jam 7 an akan ada penampilan Anteng Kitiran, Bharatayuda Concerto, sama Lefty Fish. Ai hev nou aidie siapa mereka-mereka ini. Makanya aku wajib nonton biar ngerti.

Jam 7 malam acara belum mulai. Ternyata ada pusat mercendais di sekitar panggung sini. Aku gak beli apa-apa. Maklum lagi menerapkan gaya hidup minimalis. Kalau gak butuh-butuh banget, ya gak beli. Maap ya. Kaos di lemari udah kebanyakan! Haha

Sekitar jam 8 malam akhirnya penampilan pertama dari Anteng Kitiran dimulai. Alirannya etnik jazz. Unik tapi aku kurang suka haha

Penampilam selanjutnya dari Bharatayuda Concerto. Ini menarik tapi aku kurang suka karena it’s kinda boring. Ayok seniman Indonesia, please do something fresh! .

Perut udah laper karena ya emang waktunya makan malam. Di venue harga makanannya tidak masuk akal. Tapi mengingat kalau cari makan di luar bakalan jau lebih mahal lagi karena harus beli tiket lagi mapuluh rebu. Yodadeh mending beli makanan di sini aja yang reinj harganya di atas 20 ribu semua. Aku sama Salma beli racebowl super pedes yang pedesnya cuma ukur-ukur aja.

Btw, Deny udah pulang duluan karena ada tugas keluarga. Trus Salma kedatangan temen (atau pacar ya?)nya jadi aku aman gak berduaan sama Salma doang. Haha

Setelah makan dan minum, emsi memersilakan penonton untuk siap-siap menyambut penampilan band terakhir: Lefty Fish.

Band apa lagi ya ini. Kok woukelisnya cewek putih kurus pakai baju kezuwel? Hmm..
Musik dimainkan. Aku shock! Ini band cadas ternyata. Oh mungkin vokalisnya cewek biar ngepop aja kali ya. Tapi ternyata..


Ini band UNDERGROUND METAL gitu gaes! Ada growl dan screamnya gitu. Cuman dia alirannya ada jazznya. Bahkan pakai seksofoun juga.


Wedyan aku terpukau sama cewek imut itu yg nyanyinya pakai nada tinggi semua tapi tetep imut sekaligus jahat banget. Lalu di ending-ending dia bisa scream dengan suaranya menggelegar!


I’m dying! Hahaha satu lagu cuma satu menit rata-rata. Ini band skillful banget! Semua pemain jago-jago. Yang bikin band ini stendaut ya woukelisnya yg cewek unch-unch tapi suaranya sadis ganas dan menggelegar itu sih. Hahaha


Setengah jam selesai. Tapi memorable banget. Bahkan sampe sekarang (18 hari kemudian) aku masih inget penampilannya. Nyangkut di otak sih! Hahaha


Puas banget nonton pameran seni di Artjog selasa itu. Walaupun beberapa karya seni banyak yg menurutku kurang rapi, tapi penampilan Lefty Fish barusan bikin ouwerol acara jadi memorable!


Next year kayaknya bakalan ke sini lagi. Semoga saja Artjog tahun depan jauh lebih bagus dibanding tahun ini. Semoga banyak kejutan-kejutannya. اٰمِيْنَ


Komen yuk kak!