Drama Nginep di The Capsule Malioboro

Gak bakal nyangka kalau hotel kapsul idaman para traveloker atau yutuber ini malah bikin aku apes. Untuk masalah kapok sih, kayaknya nggak ya. Soalnya kalo aku ke Jogja lagi, keknya bakalan nginep lagi di sini. Asal harganya pas di bawah 150K. Kalo di atas itu, sekip! Hihihi

Nginep di hotel model kapsul kayak gini sebenarnya aku sudah pernah dulu ketika ndelok manten di Semarang. Nama hotelnya Sleep & Sleep Capsule. Cuman di Sleep & Sleep itu gak secanggih The Capsule Malioboro sih!

The Capsule Malioboro

Tuh lihat, tombol-tombolnya buanyak. Kalian bisa coba² puter atau pencet² tombolnya. Gak perlu takut mbledos. Dari tombol lampu baca, nyalain tipi, ganti warna lampu utama, ase, kunci pintu, dan laen² cauwanggih.

Buat kalian yang males baca, kalian langsung tonton video di bawah ini saja:

Sudah lengkap sih, di video atas. Cuman aku mau tulis saja. Kan buat klen yang gak punya kuota, pasti lebih suka baca blog karena lebih hemat.

Buat kalian yang gak tinggi² amat, nginep di sini aman banget sih. Buat aku yang 176 cm saja aman. Masih ada sisa beberapa jari. Tinggi kapsul juga kalau buat aku duduk, masih sisa satu kilan (jengkal).

Sayangnya aku gak dapat headset ya. Kalau di video review yutub, pengunjung dapat hedset. Jadi dengerin TV pakai hedset. Aku kok enggak. Tapi yang kulihat emang video lama. Sebelum pandemi. Sepertinya 10 Desember 2022 emang gak ada hedset. But it doesn’t matter sih. Dengerin musik langsung via spiker is touteli oukei.

Yang ribet nginep di hotel model kapsul begini adalah barang kita gak semuanya masuk di kapsul. Karena gak muat atau bikin sempit. Jadi barang kayak ransel gitu lebih enak ditaruh di loker. Cumaaan, inilah yang bikin ribet. Mau salin harus ngambil baju atau celana di loker dulu. Salinnya juga susah kalau di dalam kapsul. Salin celana sambil duduk itu celenjing banget. Haha. Kecuali kalian eksibis yang gak punya malu, ya bisa salin outdoor alias di luar kapsul. Haha

Kamar mandinya ya ampun kakak. Ada celah pintu lebar yang sungguh membahagiakan buat klen yang suka pamer telanjang hahaha. Saya malu mandi di situ. Tapi apalah daya, terpaksa ditutup malunya. Kalaupun ada mas-mas ngintip, aku ihlas deh. Mau gimana lagi. Yang penting kita niatnya mandi, bukan pamer manuk. Haha

Celah pintunya ada kali 1,5 cm. Jadi emang bisa banget diintip dari luar. Buat yang terbiasa mandi bareng sih gamasalah. Misal anak pesantren atau sekolah polisi dan sebangsanya. Buat aku yang gak pernah tinggal di asrama yang jedingnya buat jamaah, ya malu banget. Hahaha

Sehabis cekin dan syuting video, saya kebelet ngising. Mumpung masih sepi dan gak ada orang di kamar mandi, yowis aku gas ngising. Setelah selesai, aku cari tombol untuk cawik. Tombolnya gak berfungsi. Airnya gak menembak silitku. Hmm.. apa salah arah ya. Aku pun coba menarik ke arah sebaliknya, hmm gak bisa.

Apa salah pencet ya?

Aku cari tombol lain. Gak nemu. Apa cawiknya pakai selang air ini ya? Okay aku pencet selangnya dan airnya cuma ngalir saja. Gak menyembur. Habis ngalir, airnya berhenti. EH KOK MATI?

Untuk nyiram tai sih bisa ya. Jadi taiku di wese duduk itu bersih. Tombol flushnya berfungsi. Air tandon itu berhasil menggrujuk taiku. Cuman tai yang menempel di silit ini bagaimana membersihkannya?

Akhirnya dengan nekat, aku keluar WC sambil telanjang kaosan doang. Pindah ke wese sebelah. Ternyata airnya sama-sama mati. TAEK!

Aku keluar wese cepet² dan ngambil celana, tas, lalu jalan kaki pindah ke kamar mandi. Iya, dalam keadaan telanjang cuma pake kaos doang! Ini kalau ada yang masuk toilet, aku bakal teriak “SETAAAN!!!” sih. Hahaha

Di dalam kamar mandi, entah kenapa aku tenang. Dalam hatiku, akhirnya aku bisa cawik.. akhirnyaaa.. Aku taruh celana dan tas pinggang di cantolan. Trus ketika cobain syowernya, airnya mancur doang, gak nyembur. Langsung aku buat cawik cepet². Trus beberapa detik kemudian air mati. CUK THEL!

Belum bersih cuk, silitku!

Akhirnya aku pindah kamar mandi sebelah, cuma bawa celana pendek doang. Sempak aku tinggal. Haha. Aku manfaatin air yang tersisa mancur dikit itu untuk membersihkan silitku pake sabun. Sabun belum bersih, eh air mati. Pindah lagi ke kamar mandi sebelahnya. Yang ini airnya agak banyak. Yowis aku bener² cepet banget bersihin sabun yang ada di silit dan tangan. Mumpung masih mancur dikit. Trus air mati.

Yah lumayan lah, sabun di tangan dan silit sudah bersih, cuman kalau dikatakan keset sih, masih belum ya.

Aku pakai celana pendek. Lalu menuju resepsionis. Kalau airnya emang netes begini sih rencana mau pindah hotel saja. Mas² resepsionis dengan cengengesan bilang air emang masih diperbaiki.

Jancuk! Kenapa gak bilang pas cekin tadi sih cuk!

Habis dari resepsionis tadi, aku langsung cari mejid untuk cawik secara paripurna. Masjid terdekat kira² 300 meter. Mlebu gang kecil. Langsung masuk ke toiletnya walaupun pakai celana pendek. Haha. Setelah berhasil nemu air melimpah, aku lega. Cuman ya jadi kepikiran ini celana pendek najis semua gak ya? Was-was nih.

Setelah mas resepsionis bilang airnya sudah bisa, aku langsung mandi gaes. Kubasuh semua najis ini. Bisa jadi pelajaran ke depan sih. Kalau mau ke toilet emang harus dicobain dulu airnya.

Aku belum makan siang. Janjian sama Miftahur Roziqin makan di Raminten jam² setengah lima sore.

Mbak² pelayannya sauweksi pake kemben. Ini kalau orangnya ngacengan, milih menunya bakalan sengaja dilama-lamain. Hahahah. Karena aku gak gitu, maka aku langsung duding ini duding itu biar cepet. Hawanya panas soalnya hahaha.

Menu Raminten

Tolong video di atas diple ya. Perdana pake plagin untuk nampilin video di post wordpress. Nama plaginnya Videopack. Jangan sering² diple tapi, benwitku nanti habis haha.

House Of Raminten ini rekomendid buat turis sih. Nuansa tradisionalnya sangat kental. Pelayan² pakai baju jowo. Sing wedok kembenan, sing lanang sarungan. Trus ngomongnya boso jowo alus. Keren!

Aku belum sholat ashar. Untung di Raminten ada musholla. Urusan centak-centuk patang rokangat selesai.

Trus, sebagai insan yang tak lekang oleh zaman, kami lalu melaksanakan ritual wajib di dalam setiap pertemuan: selfi.

Miftahur dan keluarga

Miftahur itu teman blogger Nganjuk. Istrinya juga orang Nganjuk. Dia di Jogja ngekos karena istrinya Nuarita dapat beasiswa kuliah di yu ji em Jogja. Di ige aslinya aku sudah pengumuman enaknya makan di mana, berharap yang de em adalah follower baru jadi bisa sekalian mit en grit. Eh, tibaknya jebulnya yang ngerespons adalah teman lama, Miftahur. Terbukti memang cari teman baru di internet itu susa² gampang.

Atau.. jangan² fallauwerku di ige itu feik semua? Hahahahaha. Atau.. akulah yang feik? Huahahaha.

Dari pada dibuwang, foto ini saya pajang di sini saja:

House of Raminten

Balik lagi ke ngereview The Capsule Malioboro.

Ouwerol, dengan harga 160 ribuan (harga berubah-ubah ya. Pas aku 10 Desember 2022 160 ribuan), menginap di hotel kapsul itu so so aja sih. Mau dikatakan rugi, ya nggak juga. Asenya enak. Tempatnya bersih (walaupun di video ada bercak-bercak mencurigakan, tapi it’s nat e big dil). Jedingnya juga bersih, airnya menyembur deras (setelah airnya dibenerin).

Pengunjung otomatis anak² muda. Karena kalau orang tua kayaknya gak mau manjat² tangga pas kebagian nomer kapsul bagian atas kayak aku. Sayangnya pas di sana moodku gak bagus² amat karena peristiwa apes tadi. Jadi aku gak sempet kenalan sama pengunjung bawahku padahal dia ganteng badannya gedhe typeku #eh.

Letaknya juga deket banget sama tasiun Tugu. Kalian cukup buka gugel mep ketik “The Capsule Malioboro”, pasti ada. Tinggal pilih tab gambar jalan kaki. Lalu ikuti jalan. Kalau disuruh mblusuk gang, abaikan saja. Pilih lewat jalan Malioboro saja. Paling 300 meteran sampe.

Nekst taim kalau aku tiba² pingin tenguk² di Malioboro, aku akan nginep di sini lagi sih. Asal harganya jangan 160 ya. 130 ribu saja. Maksimal 150 lah. Harusnya malah gratis soalnya sebagai permintaan maaf kepadaku. Hahaha. Gak ding. Aku gamau ngemis. Haha. Asal sebelum ngising, kalian tanya dulu ke mimin di depan, apakah airnya normal apa nggak. Kalau normal baru cus ngising. Supaya gak mengalami kejadian mendredegkan dan memalukan kayak aku. Hahaha

Sarapan pagi besoknya aku minta nasi goreng. Rasanya setandar. Yang aku suka malah buahnya. Suka karena gak ekspek dikasih buah semangka sama kates. Kalau mau sarapan roti juga ada. Nekst taim kalau nginep di sini lagi aku cobain menu sarapan rotinya.

Mushollanya bersih. Gak ada tai cicaknya. Selama di Jogja, aku sholat di musholla The Capsule terus.

Kelemahannya adalah kalau ada pengunjung yang gak suka rame. Itu bikin kalian mau nonton tivi harus lirih banget volumenya. Untungnya pas aku keknya gak papa. Aku setel MTV terus tanpa henti soalnya. Diriku kan gak bisa hidup kalau gak ada suara. Tidur pun harus ada suara. Jadi buat yang suka rame, keknya nginep di sini agak dipertimbangkan. Solusinya bawa hedset mungkin ya.

Okay bye bye.

Komen yuk kak!