Tips Mengeringkan Kasur Setelah Tumpahan yang Tidak Disengaja

Melakukan aktivitas di atas kasur memang kegiatan yang menyenangkan. Sembari berbaring, Anda dapat melakukan kegiatan di atas kasur baik itu mengerjakan tugas kuliah, tugas kantor, atau menonton film. Klik di sini untuk opsi kasur busa lainnya.

Kadangkala kita tak sengaja menumpahkan minuman saat melakukan aktivitas di atas kasur, entah itu karena tumpahan air, kopi, teh, sereal atau coklat, dan ada lagi tumpahan lain yang berpotensi membuat kasur menjadi kotor, salah satunya adalah ketika buah hati Anda mengompol di atas kasur.

Tumpahan air, kopi, teh, sereal, coklat, ompol dan berbagai bekas tumpahan lainnya mengakibatkan munculnya noda dan bau pada kasur. Mau tidak mau harus Anda harus membersihkannya supaya kasur tetap layak dipergunakan.

Artikel ini akan membahas bagaimana cara membersihkan kasur akibat tumpahan yang disengaja, berdasarkan media dan bahan yang dipergunakan. Beberapa di antaranya adalah:

1. Menggunakan Air Sabun dan Vacuum Cleaner

Vacuum cleaner merupakan salah satu media atau alat yang dapat digunakan untuk mengeringkan dan membersihkan kasur. Cara yang dilakukan adalah dengan bantuan air sabun dan gosokan ke seluruh noda tumpahan hingga seluruh noda tertutup busa. Air sabun yang menghasilkan busa ini akan menguraikan protein yang ada pada kotoran di kasur.

Setelah itu tuangkan bedak talkum pada area kotoran tumpahan yang berbusa, dan diamkan hingga mengering. Hentak atau pukul area noda yang sudah diberi bedak dengan sapu lidi, kemudian bersihkan sisa-sisa bedak yang masih menempel dengan vacuum cleaner.

2. Memakai Hair Dryer untuk Tumpahan Air

Bila tumpahan pada kasur adalah air biasa, maka memakai hair dryer juga bisa mengeringkan tumpahan yang ada pada kasur. Hair Dryer ternyata secara cepat mampu untuk mengeringkan air biasa yang ada pada kasur.

Caranya cukup gosok dengan menggunakan kain lap pada bagian kasur yang masih sangat basah, kemudian posisikan hair dryer dengan kasur yang basah dengan jarak yang tidak terlalu dekat. Setelah itu setel hair dryer dengan tingkat kepanasan yang paling tinggi. Lakukan pengeringan selama 10-15 Menit dan lihat perbandingannya.

3. Menggunakan Hidrogen Peroksida dan Kipas Angin Untuk Tumpahan Berwarna

Hidrogen Peroksida juga salah satu bahan yang dapat digunakan untuk membersihkan cairan atau tumpahan berwarna seperti kopi, teh, sereal, dan berbagai minuman berwarna lainnya.

Caranya adalah gabungkan cairan hidrogen peroksida dengan air sabun, kemudian gosok dengan menggunakan sikat gigi. Diamkan selama 5 Menit dan pasang kipas angin pada area kasur yang sedang dibersihkan. Hidrogen Peroksida adalah zat kimia yang ampuh untuk membunuh warna tumpahan yang ada pada kasur Anda.

4. Menggosok Kasur Dengan Soda Kue dan Cuka

Ompol yang termasuk tumpahan yang tidak disengaja adalah salah satu cairan tumpahan yang sangat menyebalkan. Walaupun sudah kering, bau pesingnya bisa saja masih menempel yang akan mengganggu kenyamanan Anda untuk beristirahat.

Cara yang dapat dilakukan untuk menghilangkan noda dan bau pada ompol adalah menggosok kasur dengan soda kue dan cuka. Pertama-tama gosok dengan soda kue, kemudian tuang cairan cuka pada area ompol. Setelah itu taruh kain kering supaya dapat menyerap sisa-sisa ompol yang ada pada kasur.

Untuk hasil yang maksimal, jemur kasur yang sudah diberi soda kue dan cuka tadi ke bawah sinar matahari. Hal ini akan mengurangi bau dan warna ompol yang masih melekat di kasur Anda.

5. Meletakan Pasir Kucing dan Keringkan dengan Penyedot Debu

Bila ada tumpahan air yang sangat banyak dan membasahi hampir seluruh kasur Anda, maka pengeringan yang dapat dilakukan adalah dengan menggunakan pasir kucing.

Caranya taburkan pasir kucing di area kasur yang basah, kemudian tutupi kasur dengan handuk atau kain kering selama 1-2 jam. Setelah itu bersihkan sisa pasir kucing yang ada pada kasur dengan menggunakan penyedot debu.

Catatan

Tips-tips di atas dapat anda pilih salah satu, tergantung pada tumpahan apa yang masuk di dalam kasur Anda. Bila itu tumpahan kopi, teh dan minuman berwarna lain, maka pilih saja dengan menggunakan Hidrogen Peroksida dan kipas angin. Bila tumpahannya hanya berupa air dan itu sangat banyak, maka gunakan pasir kucing dan penyedot debu atau yang familiar disebut dengan vacuum cleaner.

Demikian artikel mengenai Tips Mengeringkan Kasur Setelah Tumpahan yang Tidak Disengaja, semoga artikel ini memberikan dampak yang cukup besar bagi Anda yang kesulitan mengeringkan kasur karena tumpahan minuman yang tidak disengaja.

Komen yuk kak!