Udah Gak Zaman Apply Kerja! Inilah Cara Baru Cari Kerja Paling Efektif

Ekrut

Cari kerja memang bukan perkara mudah ya gaes, kadang meski lowongan kerja ada di mana-mana, tetap saja rasanya sulit mendapatkan yang tepat. Mungkin karena tempat kerjanya gak cocok sama kita, atau mungkin pekerja lainnya juga kurang klik sama kita. Alias obrolan gak nyambung. Hihihi

Dulutu ya, kita harus kesana-kemari untuk melamar pekerjaan. Mulai dari walk-in interview, sampai dengan menyebarkan surat lamaran ke beberapa perusahaan. Ribet banget dan memakan banyak waktu dan tenaga, sama satu lagi, DUIT! Kerjaan belum dapet, eh udah bayar transport, makan, dan lain-lain padahal lamaran pekerjaan juga belum tentu diterima.

Kalau kita rinci nih..

Begini cara mencari kerja saat ini

Di era internet ini, cara yang sering digunakan adalah melalui situs job portal, dan situs talent marketplace. Yuk kita jelasin satu-satu:

JOB PORTAL

Job portal atau career portal merupakan salah satu cara konvensional atau yang umum bagi karyawan untuk mencari kerja dan perusahaan untuk mendapatkan karyawan.

Di situs ini terdapat beberapa informasi, seperti lowongan pekerjaan, keterangan deskripsi pekerjaan, informasi mengenai perusahaan, hingga kontak email dan nomor telepon perusahaan tersebut.

Kamu bisa langsung melamar pekerjaan melalui job portal tersebut, atau langsung mengirimkan surat lamaran dan CV melalui email yang tertera di kontak perusahaan. Meski kamu bebas ingin melamar ke perusahaan yang mana, sayangnya beberapa kandidat justru terjebak ke dalam lowongan kerja palsu. Duh, kasian bats! :cry:

Cara ini pun tidak menjamin para pencari kerja akan mudah dan cepat dalam mendapatkan pekerjaan baru. Terlebih lagi, saingan yang banyak, dan proses mencari kerja yang menyusahkan karena kamu mungkin harus apply ke banyak perusahaan untuk mendapatkan satu perusahaan yang cocok. Ri to the bet, ribet!

Setelah kamu melamar ke beberapa perusahaan di job portal, umumnya tidak ada notifikasi atau pemberitahuan mengenai sejauh mana proses aplikasimu. Jadi apakah kita diterima kerja apa enggak, gak ada kejelasan. Duh, nyesek ya gaes!

Selain itu, meski beberapa job portal tidak berbayar alias gratisan, jika kamu ingin mendapatkan pekerjaan terbaik dan pelayanan terbaik, kamu tetap perlu berpindah ke premium yang tentunya berbayar. Yaah, duit lagi duit lagi! :mataduitan:

TALENT MARKETPLACE

Nah, yang ini beda gaes, talent marketplace adalah wadah bagi perusahaan untuk mendapatkan kandidat yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan. Dengan kecanggihan data science yang dimiliki oleh talent marketplace, dapat memudahkan perusahaan untuk menemukan kandidat yang cocok. Begitu juga sebagai pencari kerja, kamu juga akan dengan mudah ditemukan oleh perusahaan yang cocok dengan kamu.

Keren bats ya!

Melalui situs talent marketplace, kamu tidak perlu susah payah melamar kesana-kemari, atau bahkan takut terjebak oleh lowongan kerja palsu.

karena di situs talent marketplace, baik perusahaan maupun talent akan melalui proses verifikasi terlebih dulu. Sehingga kamu tidak perlu khawatir ketipu ketika mendapatkan panggilan interview melalui situs talent marketplace ini.

Selain tak perlu melamar kesana-kemari, talent marketplace umumnya tidak memungut sepeser pun biaya kepada talentnya. Jadi, kamu juga tidak perlu lagi berpindah ke premium untuk mendapatkan pekerjaan terbaik, dan dilirik oleh perusahaan. Hemat dong!

Btw, sekarang khan lagi ngehits istilah unicorn ya? Tertarik bekerja di startup unicorn?

Mendaftarkan diri di situs talent marketplace bisa menjadi salah satu langkah awal yang efektif. Karena umumnya, perusahaan-perusahaan unicorn ini telah mempercayai jasa talent marketplace untuk mendapatkan kandidat terbaik.

Cara Baru Cari Kerja dengan EKRUT

Nah, sudah tahu khan, gimana caranya mendapat pekerjaan dengan mudah? Nah, situs talent marketplace yang mana nih yang bagus untuk dijadikan pilihan mencari kerja?

EKRUT!

Cara kerja EKRUT itu mudah gaes. Kamu hanya perlu melakukan beberapa langkah doang! Cukup daftar dengan menggunakan akun LinkedIn, kemudian isi data diri kamu. Sesimpel itu!

Lalu kamu akan melewati proses verifikasi berbasis data science dan talent consultant dari tim EKRUT. Jika kamu lolos verifikasi, kamu bisa langsung dilirik oleh ribuan perusahaan yang telah terdaftar. Wuih mantul bats! Kamu pun akan mendapatkan notifikasi melalui email maupun telepon.

Notifikasinya berisi pemberitahuan bahwa kamu mendapatkan tawaran interview dari perusahaan tertentu, dan memastikan kamu sudah membaca email tersebut. Jadi, tidak perlu khawatir kehilangan kesempatan interview hanya karena tidak membaca email panggilan.

Kamu juga tidak perlu khawatir mendapatkan panggilan kerja palsu. Karena proses kerja EKRUT telah memastikan bahwa perusahaan yang terdaftar adalah perusahaan yang valid dengan melakukan verifikasi perusahaan terlebih dahulu.

Selain itu, setiap talent marketplace khan memiliki fokus bidangnya masing-masing. Sedangkan untuk EKRUT sendiri, EKRUT memiliki beberapa fokus bidang pekerjaan yang termasuk paling banyak dicari saat ini. Misalnya saja seperti komunikasi, informasi, dan teknologi.

Di EKRUT tuh terdapat setidaknya lima kategori utama, yaitu Software Engineering, Data Scientist atau Analyst, Marketing Communications, Operations, dan Product Management. Adapun pekerjaan yang paling banyak dicari di EKRUT antara lain seperti, Software Engineer, Product Manager, dan UI/UX designer.

Kalian tidak termasuk ke dalam pekerjaan-pekerjaan di atas?

Jangan khawatir, banyak perusahaan yang mencari kandidat untuk beragam posisi. Misalnya saja seperti HRD, Graphic Design, Social Media Marketing, Content Marketing, atau bahkan juga Brand Marketing.

Nah, sekarang kalian sudah tahu cara untuk mendapatkan kerja yang efektif tanpa kerja keras. Ayok cus daftar ke situs talent marketplace. Sesederhana itu. Pekerjaan terbaik akan menghampirimu!

ekrut

13 Comments

Komen yuk kak!