Apa Itu Ubuntu?

Kalian pingin coba Sistem Operai Ubuntu ya? Nih saya kasih tahu informasi tentang itu. Lengkap! Mulai dari pengertian Ubuntu, fitur-fiturnya kayak apa, dan keunggulan yang dimiliki dibanding Operation System lainnya.

Pengertian Ubuntu

Apa itu Ubuntu?

Ubuntu merupakan sistem operasi dan distribusi Linux berbasis Debian yang tersedia secara gratis dan open source. Ubuntu pertama kali dirilis pada tahun 2004 dan disponsori oleh perusahaan Canonical yang dimiliki oleh Mark Shuttleworth, seorang pengusaha asal Afrika Selatan. Dengan sifat open source dalam pengembangannya, Canonical memperoleh dukungan dari para pengguna Ubuntu.

Sistem Ubuntu dirilis dalam tiga edisi yang antara lain server, desktop, dan sistem operasi Linux. Versi terbaru dengan ukuran standar dirilis setiap enam bulan sekali, sementara versi yang didukung dalam jangkan panjang (long-term support) dirilis dalam kurun waktu dua tahun sekali. Untuk ukuran standar versi terbaru yang dirilis ialah 19.10 (Eoan Ermine). Sedangkan untuk ukuran jangka panjang versi terbaru yang dirilis ialah 18.04 (Bionic Beaver).

Nama Ubuntu diambil dari filosofi Afrika Selatan yakni, “Humanity to Others” (kemanusiaan bagi sesama). Dilansir dari Wikipedia, filosofi tersebut terwujud dalam tiga bentuk landasan sistem Ubuntu. Pertama, aplikasi perangkat lunak harus tersedia dengan gratis. Kedua, aplikasi perangkat lunak harus dapat digunakan dalam bahasa lokal masing-masing wilayah dan dapat menjangkau pengguna dalam kelompok disabilitas. Ketiga, pengguna harus memiliki kebebasan untuk mendapatkan, mengubah, dan mendistribusikan perangkat lunak sesuai dengan apa yang mereka butuhkan tanpa terbatas oleh halangan apapun.

Landasan filosofis itulah yang menjadikan sistem operasi ini memiliki keunikannya sendiri bila dibandingkan dengan sistem operasi lain, khususnya sistem operasi yang berbayar.

Ubuntu didistribusikan di bawah lisensi GNU General Public Lecense (GNU GPL) dan GNU Lesser General Public License (GPNU LGPL). Software yang disediakan sistem operasi ini ada dua jenis: gratis dan berbayar. Tentu saja untuk versi gratis memiliki keterbatasan dibanding versi berbayar. Hal ini wajar karena itu adalah bisnis perusahaan mereka.

Baca juga: Beli hosting untuk website? beli di sini!

Sudah paham kan, apa itu Ubuntu? Okay, selanjutnya kita akan masuk ke pembahasan mengenai fitur yang disediakan oleh sistem operasi ini.

Ubuntu

Fitur Sistem Ubuntu

Hingga saat ini Ubuntu telah menjadi salah satu sistem yang cukup banyak penggunanya. Hal ini disebabkan karena sistem operasi ini tersedia secara gratis sekaligus mudah diinstal dan digunakan.

Ubuntu juga memiliki desktop environment standar yang dikenal dengan nama Unity. Linux Ubuntu sendiri menetapkan Unity sebagai desktop standarnya semenjak dirilisnya Ubuntu versi 11.04. Dekstop environment adalah sebuah tampilan antaramuka pengguna GPU (Graphical User Interface) yang umumnya terdiri dari icon, window, toolbar, wallpaper, widgate, folder, dan lain-lain.

Keunggulan dari desktop environment Unity adalah memiliki tool pencarian yang terbilang kuat dalam melakukan pencarian aplikasi dan dokumen Anda. Selain itu, desktop environment ini juga terintegrasi dengan berbagai aplikasi penyedia musik, video player, maupun social media.

Dalam sistem Ubuntu ini, desktop environment yang tersedia tidak hanya dalam versi Unity, melainkan juga dalam bentuk lain, di antaranya yang paling tersohor ialah GNOME, XFCE, MATE, KDE, dan LXDE.

Setelah membahas mengenai pengertian Ubuntu dan fitur yang tersedia di dalamnya, pada bagian terakhir Kita akan membahas mengenai keunggulan dari sistem ini.

Keunggulan Sistem Ubuntu

Saat ini, sistem Ubuntu terbilang memiliki pengguna yang banyak. Hal itu tentu saja tidak lepas dari keunggulan yang dimiliki oleh sistem ini. Di bawah ini terdapat beberapa keunggulan utama dari sistem Ubuntu.

Manfaat Sistem Open Source

Karena Ubuntu merupakan salah satu sistem yang tersedia secara open sourch maka menyediakan sourch code secara gratis. Artinya, setiap penggunanya akan dapat mengakses, meningkatkan, memodifikasi, serta melakukan distribusi perangka lunak yang berbeda menggunakan source code tersebut. Selain itu, dalam sisem open source ini pengguna tidak perlu mengeluarkan biaya sepeserpun guna memperoleh lisensi.

Memiliki Ubuntu Software Center

Serupa dengan Window yang memiliki Windows Store, sistem Ubuntu juga memiliki Ubuntu Software Center yang dapat memudahkan pengguna untuk mengakses beragam aplikasi guna memenuhi kebutuhan yang hadir dalam sistem Anda. Cara untuk dapat memperoleh hal tersebut juga hampir serupa dengan toko aplikasi lain, yakni pengguna dapat langsung mendownload dan menginstal aplikasi yang diinginkan langsung dari dalam toko aplikasi tersebut.

Memiliki Komunitas yang Sangat Mendukung

Salah satu keunggulan mengapa sistem Ubuntu banyak diminati oleh para pengguna ialah karena memiliki komunitas yang saling mendukung dalam memecahkan kesulitan masing-masing pengguna saat menjalankan sistem, perbaikan, maupun hendak melakukan perbaharuan sistem. Kominitas Ubuntu ini tersebar baik di sosial media maupun di beberapa laman website.

Aman dari Serangan Virus

Karena merupakan salah satu varian dari Linux membuat Ubuntu menjadi sistem yang relatif tahan akan serangan virus. Hal ini disebabkan karena Ubuntu memiliki perangkat bawaan pelindung dari virus ditambah dengan perangkat Firewall. Dengan kombinasi dua perangkat inilah yang mendukung ketahanan sistem Ubuntu dari terinfeksi virus.

—–

Nah, sudah jelas semua kan? Semoga artikel ini dapat menambah pemahaman dan keyakinan lagi buat kalian yang pingin memakai sistem operasi Ubuntu dan bahkan pingin mengembangkan sistem ini agar dapat menyesuaikan kebutuhan yang Anda miliki.

Komen yuk kak!