Bagaimana Teknologi Dapat Mempengaruhi Masa Depan Keuangan

Teknologi memainkan peran penting bagaimana kita berinteraksi dengan orang lain. Informasi dengan mudahnya dapat kita raih, memberikan koneksi dalam jarak jauh, dan mempercepat proses transaksi jauh jika dibandingkan beberapa dekade sebelumnya.

Saat kita melihat masa depan teknologi, di saat yang sama Anda akan menimbang akan kapasitas teknologi dan pengaruhnya untuk memberikan Anda waktu lebih bebas, segala sesuatu proses lebih cepat, dan apapun menjadi lebih mudah. Namun satu potensi terbesar dari teknologi adalah dampaknya pada masa depan keuangan, dimana bisa jauh lebih banyak dibandingkan yang diperhitungkan kebanyakan orang. Misalnya, dampaknya pada cara bermain forex.

Rekonstruksi Industri Keuangan

Pertama, Anda perlu melihat bagaimana teknologi secara menyeluruh mengubah industri keuangan. Tanggung jawab yang biasanya dibebankan kepada ahli dengan pengalaman bertahun-tahun dan membutuhkan waktu analisa sampai hitungan jam, sekarang bisa secara otomatis selesai dengan bantuan algoritma dalam hitungan detik. Algoritma tingkat lanjut bahkan bisa melakukan pertukaran uang yang lebih rumit dan bahkan menganalisa data dengan sangat efisien.

Blockchain

Keamanan dan privasi menjadi prioritas utama dalam industri keuangan. Dengan teknologi blockchain, menjadi semakin menarik bagi institusi keuangan, dimana merepresentasikan uang digital yang dalam praktiknya tidak mungkin ditembus.

Walaupun transaksi blockchain sebenarnya tetap ada celah. Berupa kesalahan manusia dan penipuan tradisional dimana memungkinkan terjadinya pencurian. Namun teknologi blockchain menjadi alternatif yang jauh lebih aman dalam pertukaran digital. Hal ini penting karena teknologi ini bisa saja suatu hari menjadi dasar dari kebanyakan transaksi virtual, dan membuat mayoritas bank untuk secara menyeluruh merekonstruksi penawaran mereka.

Kredit dan Kepercayaan

Skor kredit Anda memainkan peran besar dalam kehidupan keuangan Anda, termasuk apakah Anda akan diterima untuk pinjaman pribadi, tingkat bunga yang dibebankan, dan bahkan apa kesempatan kerja dan kredit rumah yang tersedia untuk Anda. Institusi keuangan menggunakan algoritma komplex dalam menentukan skor kredit Anda.

Sekarang dengan bantuan teknologi, dengan data bisa dikumpulkan dalam satu wadah, algoritma bisa lebih berfungsi lagi seperti SLIK oleh OJK. Bahkan keputusan pembelian sekecil apapun bisa terdata dan menunjukkan pola kebiasaan yang bisa mempengaruhi kesehatan keuangan Anda.

Teknologi seperti ini memiliki efek potensial yang negatif dan juga positif. Di satu sisi ia bisa secara akurat mengakses resiko bagi setiap kredit yang diajukan, namun bagi sebagian orang, mereka tidak bisa menggunakan jasa keuangan sama sekali seketika skor kredit yang rendah.

Pekerjaan dan Pendapatan

Dalam efek yang lebih kentara pada kesehatan keuangan Anda, teknologi memiliki dampak tidak langsung dalam pekerjaan dan pendapatan yang Anda raih. Diprediksi pada 2030, sekitar 40 persen pekerjaan di Amerika Serikat bisa tergantikan oleh mesin dan kecerdasan buatan. Apapun itu, walaupun hanya dalam bentuk penggantian sebahagian atau keseluruhan, ada dampak pasti pada lapangan pekerjaan dan gaji yang Anda dapatkan. Skill manusia menjadi penting, terutama yang tidak bisa digantikan oleh robot.

Walaupun ada banyak nilai positif dari penggunaan mesin dalam produksi barang, dimana harga barang bisa ditekan, namun efek langsung ada pada pekerja dalam jangka pendek. Pemerintah harus bisa mencari solusi untuk lapangan kerja baru, namun bisa menjadi sulit bagi mereka yang hanya memiliki skill dasar yang bisa digantikan perannya oleh robot.

Usia dan Pensiun

Jangan lupakan bahwa teknologi akan memiliki dampak pada ekspektasi usia hidup Anda. Teknologi medis terbarukan pasti akan muncul, dan secara langsung akan memiliki dampak pada jangka hidup masyarakat yang lebih tinggi.
Jika Anda saat ini berumur 30 tahun dan berencana untuk pensiun saat berusia 65 tahun, dengan potensi hidup sampai 95 tahun, Anda bisa saja terkejut untuk nantinya bisa hidup sampai 105 tahun atau bahkan 115 tahun. Pada masa itu, Anda bisa lebih dari 20 tahun hidup di masa pensiun, sehingga tabungan pensiun Anda juga harus lebih besar. Dengan kemungkinan baru ini, sangat penting untuk melakukan rencana ulang akan proyeksi pensiun Anda. Gunakan kalkulator proyeksi pensiun di sini.

Masa depan keuangan Anda bisa jadi sangat fleksibel. Dengan munculnya teknologi baru yang mengubah cara Anda bertransaksi dan menyimpan uang, dan sekaligus meningkatkan masa hidup dan mempercepat aktivitas yang Anda lakukan, rasanya akan sangat penting untuk terus fleksibel dan melakukan adaptasi pada perubahan. Jangan melulu bertahan dengan satu strategi atau pendekatan saja, namun harus melihat potensi perubahan dan melakukan adaptasi untuk itu.

Komen yuk kak!