Dijamin Bikin Betah Workout, Ini Tips Memilih Sepatu Olahraga yang Cocok untuk Kamu

Sebelum mulai berolahraga, memilih sepatu olahraga yang cocok merupakan salah satu persiapan yang penting. Sepatu olahraga perlu disesuaikan dengan jenis olahraga apa yang kamu lakukan dan harus disesuaikan dengan ukuran kaki agar kamu bisa bergerak nyaman dan tidak mengalami cedera. Salah memilih sepatu olahraga bisa menyebabkan cedera dan berbagai keluhan. Kalau sudah begini, tentu saja aktivitas fisik dan olahraga kamu jadi terhambat. Karena itu, memilih sepatu olahraga tidak hanya bisa dilihat dari modelnya tapi juga kesesuaian dengan kaki.

Puma sport shoes

Mencari sepatu olahraga yang cocok perlu ketelitian, karena kamu harus memastikan sepatu itu pas hingga ke jari kaki dan harus cermat dalam memilih. Sebelum memilih sepatu olahraga, brand dan harga bukanlah patokan utama. Kamu harus melihat kesesuaian sepatu itu dengan bentuk kaki kamu dan jenis olahraga yang kamu lakukan, tingkat ketahanan, dan keseimbangan sepatu. Kamu ingin mencari sepatu olahraga yang cocok? Yuk simak tips dibawah ini.

  • Pilih Sesuai Kebutuhan Olahraga

    Untuk masing-masing jenis olahraga yang dilakukan, ada sepatu yang desain dan materialnya dirancang khusus agar berfungsi lebih baik untuk melakukan olahraga tersebut. Sepatu ini mampu melindungi kaki si pemakai selama berolahraga. Misalnya sepatu lari yang dibuat sangat fleksibel sehingga kaki dapat menekuk bebas saat penggunanya berlari. Sementara sepatu arobik juga fleksibel dan memiliki penyangga yang kuat dengan bantalan yang empuk untuk melindungi kaki saat melakukan berbagai gerakan aerobik.

    Jika kamu memilih sepatu untuk keperluan jalan kaki, pilihlah yang ringan, empuk, sol belakang lebih tinggi dan bisa pas menyangga lengkungan telapak kaki. Untuk basket, kamu bisa memilih sepatu dengan sol tebal dan menutupi pergelangan kaki hingga mata kaki untuk lebih memberikan keseimbangan saat berlari di lapangan. Sementara untuk cross trainers, pilih sepatu yang punya fleksibilitas di bagian depan kaki dan punya keseimbangan yang baik.

  • Beli Sepatu Dengan Ukuran yang Sesuai

    Sebelum membeli sepatu olahraga, kamu harus memilih ukuran yang pas. Kunjungi toko olahraga yang khusus menjual sepatu untuk olahraga. Biasanya toko ini memiliki staf yang bisa mengarahkan kamu memilih sepatu yang sesuai kebutuhan olahraga kamu. Sebaiknya , belilah sepatu menjelang malam hari atau pada saat ukuran kaki maksimal. Bisa setelah seharian beraktivitas atau setelah berolahraga.Sepatu olahraga harus nyaman sejak digunakan pertama kali digunakan. Jadi, sebelum membeli gunakan sepatu tersebut untuk berjalan beberapa langkah.

    Kamu juga bisa membawa kaus kaki saat membeli sepatu dan hindari ukuran sepatu yang terlalu pas. Setidaknya harus ada ruang sekitar 1 cm antara sepatu dan jari. Pastikan kamu bisa menggerakan semua jari kaki kamu saat sepatu itu dipakai.Bagian tumit dan sepatu juga harus melekat kuat dan jangan memilih sepatu yang longgar di bagian tumit.

  • Jangan Hanya Melihat Modelnya

    Bagi beberapa orang, mungkin model sepatu itu penting dan berpikir jika semua sepatu olaharag itu sama saja. Tetapi, kenyataannya orang yang asal membeli sepatu olaharag hanya karena model bisa jadi akan merasa tidak cocok dan justru membuat kaki sakit saat digunakan. Sebaiknya, pilih sepatu dengan bantalan empuk agar lebih nyaman saat digunakan berolahraga. Tiap sepatu biasanya punya fitr dan teknologi masing-masing termasuk bantalan pada sepatu.

    Agar sepatu olaharga tidak gampang rusak dan tidak menyebabkan kamu cedera, sepatu untuk lari atau jogging sebaiknya jangan digunakan untuk olahraga lain, misalnya tenis yang perlu gerakan menyamping, atau olahraga sepak bola.Jika kamu punya masalah pada kaki atau pergelangan, misalnya radang sendi, kamu bisa meminta rekomendasi dokter untuk memilih sepatu yang sesuai dengan kondisi kamu.

  • Pilih Brand Sepatu yang Tepat

    Memilih brand sepatu yang tepat sangat penting sebelum kamu memutuskan membeli sepatu olahraga. Jika brand itu terkenal dan sudah terpercaya sejak lama, bisa dipastikan bahwa produk sepatunya berkualitas tinggi dan nyaman digunakan. Misalnya Puma yang sudah pasti memiliki produk berkualitas terbaik. Tapi, jika brand itu tidak terkenal atau masih baru, kamu harus hati-hati dalam memilihnya. Kamu harus memilih sepatu dengan teliti untuk mengetahui kualitas produk dan tingkat kenyamanannya saat digunakan.

    Selain itu, perhatikan harga sepatu dan bahan material yang digunakan agar tidak akan membuat kamu kecewa setelah membelinya.Kamu juga harus tahu bahwa sepatu olahraga punya masa pakai. Sepatu olahraga biasanya perlu diganti setelah kurang lebih 6 bulan atau 300 jam pemakain untuk aerobik dan sekitar 480–800 kilometer jika dipakai untuk lari. Selain itu, pertimbangkan untuk ganti sepatu saat sol belakangnya rusak atau saat sepatu sudah tidak nyaman untuk dipakai lagi.

Itulah tips membeli memilih sepatu olahraga yang cocok untuk kamu. Nah, setelah membaca artikel ini, semoga kamu bisa langsung bisa menemukan sepatu olahraga berkualitas yang cocok untuk kamu ya. Zalora menyediakan koleksi produk sepatu olaharaga yang beragam bagi wanita dan pria, seperti sepatu Puma terbaru. Koleksi sepatu olaharaga yang tersedia di Zalora adalah produk-produk brand lokal serta internasional untuk memenuhi semua kebutuhan kamu. Ada lebih dari ratusan brand serta puluhan ribu produk fashion yang tersedia di Zalora. Selamat berbelanja sepatu olahraga!

Komen yuk kak!