Ikutan Youtube Creator Surabaya

Setelah diundang 2 kali dan diriku gak datang, akhirnya undangan ketiga kali ini aku datang juga. Lalu merasa nyesel kenapa dulu gak mau datang. Huhuhue..

Jadi undangan pertama dulu aku gak datang soalnya harinya pas hari kerja. Jumat kalau gak salah. Dan diriku hari itu full job dari siang sampe malam kak. Trus undangan kedua aku gak datang soalnya under estimate sama acaranya. HAHAHA.

Setelah datang sendiri, LOH ACARANYA SERU KOK!!!

Nganjuk – Surabaya

18 Maret 2017. Acaranya jam 3.30 sore. Aku berangkat jam 11 siang. Naik bis Sumber. Kirain masih banyak waktu dengan berangkat jam segitu. Eh, ndak taunya Sepanjang – Surabaya kalau siang menjelang sore itu maceeet!

Walhasil sampe Surabaya sudah jam.. 3!
Kayaknya telat nih!

Joyoboyo – Caturra Espresso

Di Surabaya, aku turun PLN lalu oper Bus Ijo jurusan Terminal Joyoboyo. Sampe Joyoboyo order gojek menuju lokasi.

Jaman sekarang, pecinta kendaraan umum kayak diriku ini sangat terbantu banget dengan adanya Gojek! Dan angkutan umum online lainnya. Dulu khan sengsara banget soalnya harus hafal harus naik lyn apa kalau mau ke sana atau ke sini. Lalu kadang harus oper. Belum lagi lama nunggu sampe penumpah penuh, dan laen-laen. Waktu banyak terbuang.

Dengan gojek, setelah order, hanya dengan nunggu (gak ada) lima menit, gojek datang mengantarku ke lokasi di Caturra Espresso. Embuh kui di mana. Sampe mas Gojeknya pun belum pernah ke sana. Hahaha.

Untung ada gugel mep!

Sampe lokasi (deket-deket mblauran pokoknya), acaranya sudah mulai. Yaiyyalah wong sekarang sudah hampir jam 4 sore! Hahaha.

Youtube Connect Round Table

Acara pertama adalah round table atau semacam diskusi kelompok. Peserta yg jumlahnya ada 40 an dibagi menjadi 4 kelompok. Lalu setiap kelompok dikasih mentor satu orang dari youtube Indonesia.

Kelompokku kebagian mentor dari channel yutub “Kok Bisa”. Kelompok lain ada dari Kevin Anggara, Eno Bening, dan lain-lain.

Di acara ini, peserta dipersilakan nanya-nanya diskusi tentang youtube sepuasnya sampe jam 5.30 sore.

Sayangnya peserta dilarang untuk ngevlog soalnya banyak ilmu rahasia yg dibagikan. Hehehe.

Tapi aku mau ngasih bocoran dikit-dikit mengenai hasil diskusi kelompokku (kelompok 4):

  • Lebih penting jumlah views daripada jumlah subscriber
  • Lebih penting lagi watch time dibanding views
  • Biasakan pakai youtube audio library atau free copyright untuk background musik video kamu
  • Jangan bikin judul sama deskripsi gak nyambung. Nanti bisa kena banned karena miss leading.
  • Bikin konten orijinal, jangan upload ulang video punya orang! Hohoho
  • Jangan bikin video yg cuma ngikuti trend saja.

Dan lain-lain, dan lain-lain..

Pesertanya di sini banyak yg penghasilan utamanya dari yutub. Ada yg tukang video acara-acara budaya, pencipta lagu, ngrekamin ceramah agama, panggung dangdut, bikin tutorial memasak, DIY (Do It Yourself, semacam kerajinan tangan), bahkan ada yg channelnya isinya prank! Trus ada channel game, ngereview makanan, film-film pendek, aaaakk keren yak!

Sementara pas ditanya channel yutubku genrenya apa, aku kebingungan dan keceplosan bilang “SENI”.

WHAT?? SENI?? SENIMAN KATEPE AJA BELAGU LU NDOP! HAHAHHAAH..

Di acara ini semua peserta dikasih gelang youtube bertuliskan “I AM A CREATOR”.

Youtube Creator Connect

Acara kedua dimulai jam 6 sore. Sempet brosing musholla dan nemu lokasi sejauh setengah kilometer. Yowis aku berempat (bersama Eki, Rifqi, dan Arif) budal jalan kaki ke sana sambil ngevlog. Hahaha.

Acara kedua ini semacam seneng-seneng aja. Ada game tebak-tebakan youtuber. Aku ngasih pertanyaan dan dikasih hadiah cutting stiker youtube segedhe gaban! Haha.

Trus game kedua makan marshmelo yang dijejelin ke mulut. Banyak-banyakan. Paling banyak menang! Dan dari 3 kategori game marshmelo, timku kalah terus. Payah! Hahaha.

Setelah semua peserta dikasih pulpen youtube, dilanjutkan ke acara inti, yaitu foto-foto. Hehehe.

VLOG

Karena ini postingan tentang yutub, jadi maaf gak ada foto-foto ya, adanya video. Wehehehe. Sante cuma 6 menit doang kok. Ditonton ya. Disubscribe juga halal kok hukumnya. Deterjen aja halal, masa subscribe cenel yutubku enggak? Hahaha

Pulang

Jam 10 munggah aku pulang bareng Munif Amin, yutuber dari Madiun. Naik bis Mira.

Ada anak kecil duduk pas di sebelahku, muntah LIMA KALI! Untung kok muntahnya gak ke aku. Tapi tetep aja dia slenden ke aku. Kepalanya nyungsep ke lengan kiriku. Otomatis bibirnya yg habis muntah itu nempel sukses di lengan bajuku.

AAAAKKK COBAAN APA LAGI INI YA AMPLOP!! :muntah:

Muntah kok sampe LIMA KALI ya dik? Trus kenapa itu plastik habis muntahanmu gak kamu buang aja malah kamu pegang terus sambil tidur dik? Nanti kalau pastiknya lepas dari pegangan trus jatuh trus muntahannya mengenai sepatuku yang mahal ini gimana dik?

Dengan segala pikiran was-was, akupun memutuskan untuk berdiri saja di depan sanaaa.. Menjauh dari lokasi adik-adik masuk angin itu berada.

Lagian ortunya kok diem aja. Gak bawa minyak kayu putih ya? Duh, anaknya sakit kok dibiarin. Bahkan disuruh muntah sendiri. Payah deh!

Lebih payah lagi aku, cuma bisa ngeluh gak do something ke anak itu! HAHAHAHHA. :pukul:

Aku pun berdiri sejak dari Perak Jombang sampe Nganjuk. Sejam berdiri gak ada artinyaa dibanding was-was kena muntahan khan? HAHAHA. Aku sempet brosing hukumnya kena muntahan. Lalu bernafas lega setelah ada artikel yg bilang tidak najis.

Akupun mengelus-elus celanaku yg tadi tersentuh plastik muntahan, “Kamu aman dik jeans! Besok masih bisa dibuat jalan-jalan ke Kediri”. Hahahaha.

Sampe Nganjuk sudah jam setengah satu pagi. Jalan kaki pulang ke rumah. Mampir alun-alun beli pentol bakar dulu..

Sabtu yang seru! :dance:

19 Comments

Komen dong!