Ini Lo Gaes Manfaat Ikut Merayakan Harbolnas

harbolnas

Harbolnas sebentar lagi tiba gaes. Tepatnya pada tanggal 12 Desember 2018 (12-12). Banyak orang yang sudah mempersiapkan diri supaya dapat memaksimalkan momen ini dengan efektif. Kamu juga khan?

Harbolnas atau singkatan dari Hari Belanja Online Nasional, merupakan event seru yang diadakan secara nasional dan diikuti oleh sejumlah e-commerce di Tanah Air. Sejak pertama kali diselenggarakan pada 2012 lalu, Harbolnas menjadi momen yang ditunggu-tunggu para pelaku usaha maupun pelanggan.

Siapakah yang bisa ikut harbolnas?

Setiap orang boleh berpartisipasi dalam Harbolnas. Tujuannya tentu berbeda-beda. Namun, seluruh partisipan biasanya menginginkan keuntungan dari aktivitas berbelanja tersebut. Biasanya, Harbolnas berlangsung selama 24 jam. Dalam waktu tersebut, ratusan merchant berlomba-lomba memberikan diskon besar-besaran untuk menarik minat pembeli.

Nah, karena harbolnas 2018 segera hadir, nih aku kasih tau keuntungan memanfaatkan promo super yang ditawarkan pada saat Harbolnas.

  • Hemat

harbolnas

Manfaat utama mengikuti Harbolnas adalah dapat menghemat pengeluaran. Bayangkan saja gaes, produk yang biasanya dijual dengan harga yang cukup mahal, kini bisa didapatkan dengan lebih murah. Untuk mendapatkan keuntungan tersebut, Anda bisa menggunakan jenis promo paket hemat, diskon untuk pembelian kedua, maupun cashback.

Tapi hati-hati gaes, karena hemat ini sifatnya relatif. Sering kali, ketika Anda bertujuan untuk hemat, akhirnya terpancing untuk melakukan pembelian yang sebenarnya tidak diinginkan. Hal ini bisa terjadi ketika menggunakan promo paket hemat. Jenis produk tambahan kadang kala hanya untuk memenuhi kesenangan, bukan kebutuhan.

Misal ketika kita pingin free ongkir dengan syarat pembelian minimal 100 ribu, ketika beli barang seharga 99 ribu, otomatis kita harus beli barang lagi untuk menutupi kekurangan. Bahkan kita rela beli barang yang gak kita perlukan.

  • Praktis

harbolnas

Kalau beli barang secara oofline, kita harus ke pusat perbelanjaan untuk melihat berbagai pilihan barang. Itu pun biasanya tidak terlalu lengkap. Kita tentu saja harus repot, harus mandi dulu, macak, perjalanan menuju tempat belanja, muter-muter mencari produk di mall, menenteng belanjaan yg berat, dan sebagainya. Meskipun telah mengeluarkan usaha ekstra, kadang kala produk yang ingin dibeli tidak ada. Apes bats gak tuh?

Dengan belanja online, kita bisa melihat semua itu hanya dalam hitungan detik. Tinggal sekrol-sekrol aja gaes! Dengan koneksi internet dan smartphone, semua kemudahan tersebut dapat dinikmati oleh pelanggan.

Takut salah ukuran ketika membeli pakaian?

Kita bisa mengecek ukuran produk di deskripsinya. Atau bisa nanya langsung ke sellernya melalui kolom diskusi. Sama seperti ketika kita berbelanja di toko sih. Selain ukuran, kita juga bisa ngecek bahan pakaian tersebut.

Belanja zaman now itu belanja online gaes!

  • Bisa Dipantau Sekaligus

harbolnas

Pada saat Harbolnas, sejumlah marketplace akan memunculkan berbagai koleksi yang layak untuk dipasarkan dengan harga miring. Untuk menikmati promo tersebut, Anda tentu perlu memantaunya dengan mudah. Saat ini, tersedia layanan ShopBack yang memudahkan pengguna untuk melihat apa saja promo yang ditawarkan oleh merchant.

Daftar lengkap promo Harbolnas di Shopback sangat memudahkan pengguna mencari tahu apa saja jenis produk yang layak untuk diburu. Aktivitas berbelanja saat Harbolnas pun menjadi lebih efektif dan tepat sasaran. Pelanggan sudah dapat menentukan apa saja yang akan dibeli berdasarkan kebutuhan dan kemampuan.

Selain daftar promo, berbelanja melalui ShopBack akan memungkinkan Anda mendapatkan cashback yang akan masuk secara otomatis. Cashback dapat diuangkan sehingga bisa digunakan untuk keperluan lain atau berbelanja produk lain.

  • Menggairahkan Penjualan Online

harbolnas

Momen Harbolnas menjadi titik penting untuk menggairahkan jual beli online. Bukan hanya pembeli yang diuntungkan, tetapi juga penjual yang tergabung dalam marketplace. Dibandingkan hari-hari biasa, pembelian produk akan jauh lebih banyak pada saat Harbolnas berlangsung. Profit yang didapatkan pun tentu akan semakin besar. Apabila penjualan lancar, usaha akan berkembang lebih pesat.

Dampak Harbolnas juga tidak hanya dirasakan oleh e-commerce besar, tetapi juga para pengusaha mikro yang baru saja mulai merintis bisnis. Dengan teknologi yang canggih, laba yang biasanya tidak terlalu besar akan terdongkrak melalui momen tahunan ini.

MENGATASI DAMPAK NEGATIF

harbolnas

Belanja online juga punya dampak negatif lo gaes. Apalagi pada saat Harbolnas. Bisa-bisa kita jadi boros banget! Karena kita jadi beli barang-barang yang gak perlu hanya karena sedang diskon. Ini yang sering aku alami gaes. Buang-buang duit untuk hal yang gak perlu. Haha. That’s why, kita harus pertimbangkan secara matang sebelum beli barang diskonan.

Selain itu, ternyata ada risiko penipuan atau bahaya lainnya yang berkaitan dengan transaksi palsu. Untuk menghindarinya, Anda tentu perlu memastikan supaya langkah-langkah yang dilakukan sudah benar dan sesuai. Misla kalau di e-commerse pembayaran harus via appnya, jangan via whatsapp pribadi. Bahaya gaes!

Jika tidak berhati-hati, masalah tersebut bisa saja terjadi dan sangat merugikan. Jadi, meskipun sangat seru dan menyenangkan, momen Harbolnas harus disikapi dengan bijak dan tepat. Ingat, nikmati manfaatnya dan hindari risikonya.

Mantab!

7 Comments

Komen dong!