My Skin Care Gak Rutin

My skincare

Sumpah aku barusan mengingat-ingat kapan aku mulai keracunan beli skinker dan alasan awalnya itu apa. Tapi lupa! Hahaha

Trus kenapa aku jadi tahu Suhay Salim, Tasya Farasya, Danang Wisnu, Afi Assegaf, juga lupa dari mana. Hahaha.

Jangan-jangan ini ulah video rekomendasi yutub? Jangan-jangan yutub tau banget kalo mukaku itu perlu dirawat? Jangan-jangan yutub tahu mukaku tu kalo ngemol kusem, kucel, dekil, dan kileng-kileng?

Trus dulutu aku juga lupa kenapa bisa tiba-tiba beli Garnier Sleeping Mask. Trus nambah lagi beli Garnier Light Complete untuk yg dipakai pagi-siang hari.

Ting! Akhirnya aku inget!

Jadi gara2 Garnier Light Complete itulah aku jadi brosing review produknya di yutub. Setelah nonton beberapa reviewnya, akhirnya yutub mencarikanku video-video rekomendasi yang lain. Aku tergoda. Aku tonton. Sampe akhirnya nonton tiap hari tentang skinker. Huahahah.

Keknya aku sudah dua bulan ini pakai skinker yg bener. Yang terdiri dari: Cleansing, Toner, Essense, Serum, Moisturizer. Dan ternyata skinkeran tiap malem itu sangat mengasyikkan. Merawat muka itu bisa jadi terapi jiwa juga. Soalnya banyak skinker yg baunya enak. Rasanya adem. Bikin tentrem. Walaupun ada juga yg lengket kayak lip krim. Haha

So, tanpa banyak basa-basi lagi, mari kita simak satu persatu skinker (gak) rutinku selama sebulan ini:

PAGI

Nah, yang ini gak rutin. Soalnya pagitu bangun buat laporan doang habis itu tidur lagi. Bangun-bangun udah jam 12 siang. Hahaha.

Tapi kalo pas niat mau olahraga lari, aku biasanya cuci muka pakai Senka Perfect Whip doang. Itutu sabun muka yg ngehits banget karena busanya yg melimpah dan gak bikin kering di kulit muka. Gak bikin muka kek ketarik-tarik. Jadi lembab dan lembut dan cerah alami gitu.

Senka Perfect Whip

Lalu langsung pakai sunblock Biore UV Aqua Rich yang juga lagi ngehits. Yoi aku termakan rewiu yutub semua dah! Hahah

Biore UV Aqua Rich

Kenapa gak toner dulu? Soalnya setelah pakai Perfect Whip itu muka sudah lembab. Kalau dipakein toner lembabnya jadi ilang. Cerah alaminya juga ilang. Berubah jadi muka asli lagi. Gamau akutu. Hahaha.

So far sih pakai samblok tanpa toner gak ada masalah. Jadi aku lanjut aja.

Habis lari, khan muka kotor bats kena polusi dan debu jalanan. Aku sabunan pakai Perfect Whip lagi. Lalu maskeran pakai Freeman Diamond Clay Mask. Rasanya adem bats. Setelah 10 menit, sebelum kita cuci muka, kita dianjurkan untuk mengusap-usap pelan ke muka untuk eksfoliasi (mengangkat sel kulit mati) karena ini kek scrub gitu ada butir2 diamondnya yang mengkilat.

Habis itu cuci muka pakai air biasa. Muka jadi adem banget! Habis mandi biasanya aku gak apa-apain mukanya. Trus tidur siang. Indahnya kehidupan! Haha

Kalau misal mau keluar rumah mau beli pakan kucing, atau mau keluar kota nonton film, aku biasanya oles Nivea Man Oil Control Moisturizer yang ada UV protectionnya. Karena jenis kulit mukaku emang berminyak alias oily skin alias kilang minyak!

Nivea Oil Control Moisturizer

Menurut Afi Assegaf di yutub, harusnya tetap pakai san blok sih. Tapi aku males. Soalnya si Biore UV akua rich itu bikin muka jadi keliatan agak gosong dikit hahah. Jadi aku pakai Nivea yg white cast aja. Biar putihan dikit mukaku hahah.

Atau kalau ekstrim akan kena panas matahari terus-terusan, aku terpaksa pakai Biore Akua itu trus aku dobel dengan Garnier Light Complete yg white castnya ketara banget.

Garnier Light Complete

Jadi, gosong + white cast = natural! Biore UV itu bikin muka lembab dan sedikit mengkilat, sementara si Garnier itu bikin muka kaku dan putih. Jadi memadukam keduanya adalah kesempurnaan!

Hahaha ngawur bats ya rumusnya.

Trus kalau gak males, habis laporan gitu aku oles lagi (re-apply) karena kena air wudlu khan luntur tuh sun blocknya. Tapi kalau males ya bodo amat dah. Yg penting pede hahah. In air wudlu, we trust! Hahaha

SORE

Cuma cuci muka sama Perfect Whip. Kalau malamnya mau ngafe, kadang pakai The Ordinary Natural Moisturizer Factor. Tapi lebih sering gak pakai apa-apa. Soalnya Perfect Whip sudah melembabkan wajah bats!

MALAM

Nah ini bakalan panjang tulisannya.

5 tahap skinker yang lengkap hanya aku lakukan di malam hari. Pernah dulu pagi-pagi pakai 5 tahap begini, mukaku bener-bener kayak mandi minyak. HAHAHA. Sampe-sampe pernah mau ngejual Biore UV Aqua Rich karena ngerasa gak cocok. Padahal emang kondisi kulitku kalau pagi itu gak perlu skinker sebanyak itu.

Nah, keempat tahap itu adalah:

1. DOUBLE CLEANSING

Cuci muka sekali doang itu ternyata gak cukup membersihkan kotoran di wajah. Soalnya wajah itu pori-porinya lebih gedhe dibanding kulit tangan atau kaki. Jadi perlu langkah ekstra dalam membersihkannya.

Pertama pakai Garnier Micellar Water yang warna biru untuk kulit berminyak. Pakai yg kuning juga gapapa sih. Aku cocok pakai dua-duanya.

Garnier Micellar Water Oily Skin

Tuang ke kapas. Usap-usap ke seluruh muka dan leher. Selesai.

Ke kamar mandi buat cuci muka pakai sabun Perfect Whip.

2. TONER

Toner ini fungsinya untuk mengembalikan PH wajah biar kembali ke kondisi semula.

Aku pernah pakai Viva Face Tonic bengkuang, Elshe Skin Toner for Oily Skin, trus terakhir lagi coba Some By Mi. So far cocok semua di aku.

Cuman efek paling aku suka itu si ElsheSkin Toner. Karena nyerepnya cepet dan habis pakai itu muka jadi glowing. Hoho.

Elsheskin Toner Oily Skin

Some By Mi juga bagus cuman dia agak lengket dan keringnya lama. Cuman katanya ampuh banget ya. Gatau deh. Soalnya baru pakai semingguan doang.

3. ESSENSE

Aku cuma tau essense ya si PHTE (Perfect Hydrating Treatment Essense)-nya Avoskin. Soalnya semua yutuber merekomendasikan pakai itu. Yoda aku beli aja yg gedhe. Belum habis-habis padahal udah dua bulan lebih. Xixixi.

Avoskin PHTE

So far cocok-cocok aja. Adem dipakeknya. Aku pakainya kayak raup (usap pakai kedua telapak tangan) pakai air gitu. Pakai cara yutuber yg ditap-tap gitu kesuwen. Akutu gasabaran. Hahahha.

Efeknya si PHTE ini keknya dia bisa meredamkan jerawat. Jadi kalau jerawatan bisa cepet kempes kalau pakai ini. Bruntusan2 gitu juga cepet ilang.

Kayaknya emang bener ngefek. Soalnya sejak pakai ini selama 2 bulan ini, jerawatku hampir gapernah aku plites. Soalnya dia udah kempes sebelum tangan jahil ini menemukan ada sasaran empuk buat dipencet-pencet.

Pernah si kecolongan mlites jerawat, tapi bukan jerawat baru. Jerawat yg sudah gak sakit lagi diplites.

Trus sekarang tiba-tiba aku kok kangen mencetin jerawat ya? Hahahah

4. SERUM

Aku baru cobain serum dari The Ordinary yang seri Niacinamide 10% dan Zinc 10% yang gunanya untuk mencerahkan wajah dan untuk menutrisi wajah. Mengatasi hiperpikmentasi kek item-item di wajah karena bekas jerawat. Trus bisa meredamkan jerawat juga. Soalnya ada formula anti peradangan gitu deh.

Serum The Ordinary Niacinamide

Aku pakai cuma 2 tetes aja. Sudah bisa bisa rata seluruh wajah dan leher. Agak lengket dikit tapi cepet nyerap. Baunya gak ada wangi2nya sama sekali. Bau bahan kimia. Tapi baunya asem kecut-kecut gitu. Haha.

Pemakaian rutin selama sebulan lebih ini, efeknya di aku adalah warna wajahku merata. Sudah sangat tidak kelihatan lagi bintik-bintik hitam bekas jerawat membandel. Jadi sering ngaca kalau ketemu kaca. Jadi sering selfie kalau alayku kumat. Tapi tetep gaberani upload di instagram. Paling banter ya di story doang. Hahah.

Keknya serum ini bakalan repurchase deh kalo nanti sudah habis. Pemakaian sebulan lebih ini baru habis separo doang.

5. MOISTURIZER

Aku pakai The Ordinary Natural Moisturizer Factor. Mahal bats harganya. Tapi emang ambil dikit aja bisa buat meratakan seluruh wajah.

The Ordinary Natural Moisturizer Factor

So far sih cocok-cocok aja. Walaupun ini cocoknya buat malam hari sebelum tidur. Soalnya dia bikin mukamu lembab banget. Kalau buat ngemol gitu enak bats pake ini. Tapi di suhu udara normal, keknya enggak. Soalnya mukaku yg berminyak ini akan terlihat mengkilat kileng-kileng dan kalau dipegang kayak ada minyaknya. Xixixi.

OPSIONAL

  • Eye Cream
  • Karena semua skinker di atas ini gak boleh mengenai area mata, maka untuk perawatan kulit di area mata, maka aku butuh eye cream.

    Aku pakai Avoskin. Lagi-lagi karena aku cocok pake PHTE, walhasil daripada bingung pakai aekrim yg mana, aku autobeli Avoskin aja. Walaupun reviewnya b aja.

    Avoskin Eye Cream

    Dan ternyata setelah pemakaian dua bulan ini, efeknya di kulit area mataku adalah lembab aja. Tapi itu bukan berati jelek. Kulit lembab itu bagus. Looks kita gak kelihatan capek. Dan mencegah keriput.

  • Sleeping Mask
  • Ini aku selang-seling sama moisturizer di atas. Jadi sehari pakai moisturizer, besoknya pakai sleeping mask.

    Aku pakai Laneige Water Sleeping Mask. Sumpah ini enak bats dipakainya. Adem. Wanginya uwenak lembut. Trus teksturnya kayak air. Gak lengket sama sekali.

    Laneige Water Sleeping Mask

    Efeknya?

    Gatau ya. Hahaha. Mungkin aku harus coba pakai ini seminggu tanpa serum sama sekali. Apakah ngefek atau enggak. Soalnya menurutku yg paling ngefek di kulitku itu si serum The Ordinary.

    Soalnya si Laneige ini gaboleh dipakek setiap hari. Jadi gatau efeknya kelihatan setelah pemakaian berapa minggu. Tapi so far sih cocok-cocok aja.

  • Lip Cream
  • Karena bibirku itu warnanya kampungan banget. Item gitu. Padahal gak ngerokok. Makanya aku coba lip cream. Walaupun rasanya gak enak bats. Hahaha

    Aku pakai Laneige Lip Sleeping Mask. Sepaket sama si Water Sleeping Mask di atas. Aku sebenarnya paling gak suka pakai lip cream yg ini. Soalnya di bibir lengket banget. GAK NYAMAN BATS TAUK!

    Laneige Lip Sleeping Mask

    Cuman, karena efeknya di bibirku lumayan dahsyat, yaitu bikin bibirku jarang pecah-pecah lagi, dan warna bibirku memerah dan seger, trus kalau pas ada kulit bibir yg terkelupas, ngelupasnya gampang dan gak bikin sampe bibir berdarah..

    Maka aku pun rela tersiksa merasakan risih sepanjang malam. Untuk menghindari rasa risih, aku gak mingkem sering-sering. Soalnya nanti bibir bersentuhan dan rasanya lengket grisi gak enak bats hahah.

    Untung sih baunya kek permen. Tapi tetep aja gak bisa menghibur kerisihan aku akan lengketnya hahaha.

Maskeran

Ada temen nyaranin maskeran itu tiap hari aja. Jadi beli masker dengan 7 macam dengan fungsi berbeda. Hahha ide cerdas! Tapi gak nyaman di kantong hahah.

Jadi emang rata2 maskeran itu gaboleh tiap hari ya kak. Bahannya lumayan keras buat wajah soalnya.

So, inilah masker-masker koleksiku yang baru punya 3 ini:

  1. Freeman Diamond. Aku pakai ini pas habis olahraga outdoor aja. Atau habis dibonceng motor dan berlama-lama di jalanan. Intinya baru pakai ini pas habis di jalanan kena polusi dan debu.

    Freemand Diamond

    Jadi pakai ini seminggu 1-2 kali aja. Soalnya aku anaknya mager. Jarang keluar rumah kecuali ngafe2 deket rumah aja.

  2. Freeman Lemon. Nah ini buat type kulit berminyak kayak aku. Karena fungsinya emang menyerap kelebihan minyak di wajah.

    Freeman Lemon

    Aku jarang pakai ini sih. Paling seminggu sekali doang. Soalnya gak enak rasanya di wajah. Pas kering kaku bats gak bisa gerak! Hahaha

    Keknya gak akan repurchase. Soalnya gak ada gunanya HHAAHAHHA. Jahad bats!

    Katanya sih ampuh buat jerawat. Tapi gatau kalau di aku ya. Belum pernah pakai ini pas jerawatan. Jerawatnya sembuh duluan terkena ramuan ampuh skinker malam hari xixixi

  3. Freeman Sweet Tea. Yang ini masker Peel Off alias bisa diklintek. The real masker! Hahaha. Walaupun banyak yg gasuka pakai masker model klintek begini, tapi aku lumayan suka.

    Freeman Sweet Tea and Lemon

    Lumayan sih buat mengangkat komedo. Walaupun di aku keknya gak terangkat semua hahah. Maklum muka badak. Jadi komedonya pun berjenis badak pula. Berat untuk diangkat. Hahaha

    Menurut review juga sakit banget pas diklinteknya. Di aku? Gak sakit sama sekali. Malah geli-geli. Emang dasar muka badak! Hahahhaa

    Aku pakai ini baru sekali. Soalnya emang baru beli beberapa hari yg lalu. Dan keknya akan pakai ini 2 kali seminggu. Soalnya efeknya bikin alus di wajah.

SKIN CARE BADAN

Mandi sabunan pakai Biore White Energy. Efeknya gatau. Tapi so far cocok-cocok aja.

Biore Body Foam White Energy

Kalau habis lari, aku luluran pakai lulur sejuta umat Purbasari. Maklum aku anak indomaret! Hahaha

Lulur mandi Purbasari

Efeknya? Nah, kalau luluran efeknya kerasa bats! Walaupun capek ya luluran itu, soalnya harus nggosok-gosok seluruh tubuh pakai scrub yg gak licin, tapi dia berhasil bikin kulit haluuuuuus banget. Licin banget. Trus lembab. So I love luluran. Tapi males kalau harus tiap hari. CAPEK!

Trus habis mandi, aku pakai hembody Nivea Daily Protection Sun Lotion yang ada SPF (Sun Protection Factor)nya.

Nivea Daily Protection Sun Lotion

Kalau sore/malam, pakai Nivea Body Lotion Intensive Moisture. Soalnya yg ini gak ada spfnya.

Nivea Body Lotion Intensive Moisture

Efeknya?

Kedua produk hembodi di atas ternyata ngefek di kulit tangan dan kakiku. Bikin lembab gak mbesisik dan berhasil membuat kulit tangan dan kakiku warnanya merata gak belang.

Kemarin aku coba sepedahan pagi kena sinar matahari pagi. Jaraknya 13 km. Lalu mampir ke rumah temen. Baru pulang jam 12 siang panas-panas banget. Otomatis tanganku terkena sinar matahari secara langsung selama satu jam an.

Karena paginya aku oles hembody yg ada spfnya, pas baru mandi setelah sepedahan, aku cek apakah belang apa enggak, ternyata GAK belang! Wow aku terpana sodara-sodara!

________

Wow panjang juga postingannya.

Sebenarnya perlu gak sih skinkeran?

Ya dan tidak sih. Kalau kulitmu bermasalah, berminyak kayak aku, berjerawat parah gak sembuh-sembuh, punya bekas jerawat yg hitam-hitam, keknya perlu tapi gak perlu langsung ekstrim. Dikit-dikit icip-icip aja dulu. Kalau udah terbiasa dan ternyata suka, baru deh coba naik ke level yg lebih ekspert haha.

Oh iya, judul postingan ini khan SKIN CARE GAK RUTIN ya. Soalnya aku sendiri kadang ada malesnya pakai skinker malam hari yg banyak tahapnya itu. Soalnya biasanya ngantuk banget. Lebih memilih langsung tidur. Tapi setidaknya aku cuci muka sebelum tidur sih.

Soalnya sumber jerawat dan masalah kulit itu ya ketika muka kotor trus kita pakai tidur semalaman. Hohoho.

Pernah sehari gak pakai skinker bertahap-tahap itu, ternyata ya gak papa. Gak langsung bikin kulit hancur lebur breakout jerawatan. Enggak sama sekali. Jadi skinkeran itu gak bikin kencanduan kok. Berhenti total ya boleh-boleh aja. Asal rajin cuci muka aja. Sama kek rajin mandi gitu.

Malah, menurutku skinkeran itu sudah jadi lyf style zaman now. Karena yg gak skinkeran trus kulit mukanya mulus-mulus aja juga banyak. Yg skinkeran rajin tapi mukanya jerawatan mulu juga banyak! Hahah jadi emang sesuai kebutuhan dan sesuai gaya hidup masing-masing.

Kalau di aku, skinkeran berhasil bikin minyak di wajahku lebih terkontrol aja. Masih tetap minyakan, tapi gak yang sampe ngisin-ngisini. Gak yang kelihatan kucel dan kusem gitu.

Habis skinkeran malam

Rutinitas tiap malam. Skinkeran bertahap-tahap!

Trus pas di fitting room pas cobain pakaian di mall, aku jadi gak malu lagi liat muka sendiri. Soalnya sekarang jadi sering ke toilet mall bukan buat pipis, tapi buat raup pakai micellar woter plus tacap moisturizer HAHAHA.

Norak bats ya!

Baiklah. Itu saja. Mungkin suatu saat akan diupdate, atau mungkin jadi postingan baru aja sekalian review produk? Hmmm.. bantu aku menjawab di kolom komentar ya kak!

8 Comments

Komen dong!