Tips Menjaga Kesehatan Tubuh Selama WFO

Menjaga Kesehatan Selama WFO

Melihat kasus positif Covid-19 yang terus menurun, beberapa perusahaan pun mulai menerapkan kembali aturan bekerja dari kantor atau WFO. Apakah kantormu juga melakukan hal yang serupa? Kalau iya, itu artinya ada beberapa hal yang perlu kamu diperhatikan agar tubuh tetap fit sekalipun melakukan aktifitas di luar rumah.

Salah satunya caranya adalah bijak dalam menentukan kendaraan yang dipakai menuju kantor. Jika kamu tidak memiliki kendaraan pribadi, Traveloka menyediakan layanan sewa mobil bulanan Jakarta khusus buat kamu yang bekerja di daerah Ibu Kota.

Selain tips di atas, inilah beberapa panduan yang bisa kamu lakukan demi menjaga kesehatan tubuh di tempat kerja. Cari tahu, yuk!

  1. Rutin Membersihkan Meja Kerja
  2. Saat tiba di kantor, sebaiknya jangan buru-buru untuk memulai kerja. Demi meminimalisasi penularan virus Covid-19, kamu perlu mencuci tangan terlebih dahulu dan sterilisasi meja kerja.

    Gunakan desinfektan untuk mengusir kuman dan bakteri yang ada di permukaan , gagang telepon kantor, keyboard komputer/laptop, serta perlengkapan lain yang sering digunakan bersama. Setelah meja kerja dibersihkan, kamu pun bisa mulai bekerja secara nyaman dan aman.

  3. Membawa Bekal untuk Makan Siang
  4. Membeli makanan dari luar memang lebih praktis dan menghemat waktu, apalagi bagi pekerja perantau yang tinggal sendiri di kos-kosan.

    Demi mencegah penularan, kamu bisa mempersiapkan bekal makan siang selama kembali bekerja di kantor. Meski terkesan memakan waktu, tetapi proses pengolahannya lebih terjamin daripada membeli penganan di luar.

    Selain itu, dengan memasak sendiri kamu jadi lebih leluasa untuk menentukan kualitas bahan yang digunakan.

  5. Pastikan Kamu Sudah Menerima Vaksin Lengkap
  6. Sebelum kembali bekerja di kantor, pastikan tubuh telah menerima vaksin lengkap. Lebih baik lagi, kalau kamu sudah mendapatkan vaksin booster yang membantu memperkuat imun tubuh.

    Saat ini vaksin Covid-19 seperti Sinovac, AstraZeneca, Moderna, dan Pfizer menjadi metode yang ampuh meminimalisasi kemungkinan tubuh terjangkit virus Covid-19. Kabar baiknya lagi, pemberian dua dosis utama vaksin mampu menurunkan risiko kematian hingga 98% dan risiko rawat inap hingga 96%.

    Data tersebut sesuai dengan kajian yang dirilis oleh Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan Kemenkes. Dengan melakukan vaksinasi artinya kamu sudah berusaha untuk melindungi diri dan orang-orang di sekitarmu.

  7. Tetap Mematuhi Protokol Kesehatan
  8. Meski saat ini kasus positif Covid-19 kian melandai, tetapi jangan sampai hal tersebut membuatmu lengah saat berada di luar rumah. Selama berada di lokasi kerja, usahakan tetap mematuhi protokol kesehatan seperti memakai masker dan menjaga jarak.

    Untuk penggunaan masker, selain masker medis kamu juga bisa mengenakan double masker dengan masker kain. Sementara itu, selesai memegang sesuatu kamu bisa menggunakan hand sanitizer untuk mengusir kuman dari telapak tangan.

    Begitu pula sebelum makan, usahakan tangan sudah bersih dengan mencuci tangan, menggunakan hand sanitizer, atau tisu basah. Bagi kamu yang beragama muslim, sebaiknya membawa perlengkapan sholat pribadi agar tidak bercampur baur dengan orang lain.

  9. Tidak Pergi ke Kantor Dalam Kondisi Sakit
  10. Bekerja memang sebuah kewajiban, tetapi jangan sampai hal tersebut mengorbankan kesehatanmu. Bila kamu merasa tidak enak badan sebelum berangkat, ada baiknya untuk mengurungkan perjalanan daripada memaksa pergi ke kantor.

    Ingat, saat sakit imun tubuh cenderung melemah sehingga virus dan bakteri akan lebih mudah untuk masuk ke jaringan tubuh.

    Jika kamu mengalami gejala yang menyerupai penyakit Covid-19, jangan ragu untuk mengambil tes. Semakin cepat melakukan deteksi, hal tersebut akan sangat membantu dalam menemukan pengobatan yang tepat.

  11. Lebih Baik Menggunakan Transportasi Pribadi
  12. Terakhir adalah urusan transportasi menuju kantor. Jika lokasi kantor berada dekat dengan kawasan tinggal, kamu bisa menjangkaunya dengan berjalan kaki atau menggunakan kendaraan roda dua. Khusus buat kamu yang lokasi tinggalnya berada jauh dari kantor, sebaiknya hindari dulu penggunaan transportasi umum.

    Seperti yang kita tahu, saat menaiki transportasi umum penumpang di dalamnya jadi lebih sulit untuk melakukan jaga jarak. Padahal jaga jarak menjadi salah satu protokol kesehatan yang masih perlu ditaati agar tidak tertular virus Covid-19.

    Kalau memang tempat tinggal berada jauh dari kantor dan kamu tidak memiliki kendaraan pribadi yang menunjang, Traveloka menyediakan fasilitas sewa mobil bulanan.

    Meski harus mengeluarkan uang lebih, tetapi hal tersebut lebih aman daripada memakai kendaraan umum. Apalagi jika bepergian dalam kondisi tidak fit.

Itulah beberapa tips yang bisa kamu praktekkan jika ingin menghindari penularan Covid-19 di tempat kerja. Semoga panduan di atas bisa membantumu dalam menjaga tubuh tetap fit walau sudah kembali work from office (WFO), ya!

Komen yuk kak!