Review Musik: Flight Facilities – Sunshine (feat. Reggie Watts)

Tiap minggu di iTunes selalu ada free song untuk didownlod. Dan biasanya ada dua lagu. Satunya berbahasa spanyol/latin satunya berbahasa Inggris. Aku selalu download yang berbahasa Inggris. Hehe.

Nah, kali ini aku mau mereview freesong yang baru dirilis 28 Oktober kemarin. Albumnya sih 10 November nanti baru dirilis. Tapi singlenya udah dibagikan gratis di iTunes.

Flight facilities - down to earth

Cover Album Down To Earth – Flight Facilities

Menurutku trik jualan dengan cara bagi-bagi freesong ini sangat bagus untuk mengenalkan lagu baru dari band baru ke dunia. Harusnya Agnes Monika kemarin pakai cara ini, biar dunia tahu. Biar singlenya dikenal, minimal dunia tahu dulu siapa Agnezmo. Kalau responnya bagus, baru jualan deh. Soalnya freesong ini gak lama. Seminggu kemudian sudah gak gratis lagi.

Yang gak punya Apple gejet, bisa download software iTunes di pese ya. Tinggal bikin apple ID gratis. Gampang.

Cara menemukan freesong ya tinggal lihat menu-menunya di iTunes. Freesong biasanya ada di menu “What’s hot”.

Buat yang jarang ngecek iTunes, bisa download aplikasi namanya “Free song” di Appstore. Biar kalau ada lagu baru, akan ada notifikasi. Keren deh, jadi gak ketinggalan lagu gratis tiap minggunya! *pemuja gratisan* :mataduitan:

Okey, saatnya ngereview grup ben Flight Facilities ya.

Duh, aku baru tahu nama band ini. Di videoklipnya di yutub, diawali dengan mas ginuk-ginuk (Reggie Watts, komedian dan penyanyi) yang jalan kaki menuju parkiran mobilnya sambil ngomong sendiri gak jelas di telfun.

Lalu lagu dimulai. Mas Reggie nyanyi sambil jalan kaki joget-joget di pertokoan, di jalanan, di pantai. Iramanya gruvi banget. Tapi nggak modern ya. Groovie ala-ala tahun 70-80 yang suara bassnya “mak cetung cetung” ngebeat itu loh. Asyik bener pokoknya didengarkan pagi-pagi bangun tidur.

Suara mas ginuk-ginuk Reggie Watts yang smooth, lembut, banyak menggunakan suara falseto (head voice) pas banget nyanyiin lagu ini. Eh, lagu pop jaman sekarang lagi ngetren suara cowok pakai falseto ya? Do I Wanna Know – Arctic Monkey, Happy – Pharel William, Mirror – Justin Timberlake, tuh khan banyak.

Tapi lama-lama ngebosenin sih, soalnya kuncinya itu melulu diulang-ulang. Gak dinamis lagunya. Statis banget tapi enak. Emang lagu aliran jazz fusion elektronik yang groovie lama-lama bosen. Jenuh. Kayak siapa itu pemain bas Indonesia yang terkenal? Oh Barry Likumahuwa. Nah, lagu Sunshine dari Flight Facilities ini stylenya sama kayak lagu-lagu di albumnya Barry. Groovie-groovie asyik. Tapi oldschool. Gak modern.

Flight Facilities

Duo Elektronik band, Flight Facilities.

Flight Facilities asal Australia ini terdiri dari dua orang yg jago musik elektronik. Mereka bukan vokalis. Jadi ngegarap musiknya doang. Vokalnya diisi penyanyi kayak Kylie Minogue, Reggie Watts, dll.

Ada yg komen di yutub, katanya videonya murahan. Kayak gak ada duit buat bikin video klip yang lebih bagus. Haha. Iya sih, aku setuju.

Eh, itu ketika lagunya hampir habis, ada cuplikan video si Reggie Watts berperan menjadi zombie mengganggu orang ciuman. Halah, gak begitu penting. Haha.

Kesimpulan: untuk lagu gratis, ini lumayan worth it untuk didownload dan diputer pagi-pagi aja ya. Buat penyemangat aja. Jangan sering-sering diputer, bisa munek-munek rasanya. Bosen. Haha.

Sekor dari saya, untuk lagunya 7,4. Untuk videonya 6. Haha pelit amat ngasih sekor.

Udah ah..

18 Comments

Komen dong!