Krupuk Pecel Bu Penik Nganjuk

Pernah dengar nasi pecel? ah, pertanyaan bodoh ndop, pasti seantero Endonesa pernah denger.
Tapi kalo krupuk pecel? nah itu dia yang ndak semua orang tau.. Hanya sedikit kota yang ada jajanan bernama krupuk pecel. Salah satunya Nganjuk.

Hnah, saya mau memerkenalkan jajanan khas Nganjuk bernama krupuk pecel. Kenapa saya bilang khas Nganjuk? soalnya di kota lain ndak ada. Padahal ada nasi pecel, tapi kenapa ndak ada krupuk pecel? aneeh… Di Nganjuk jajanan ini pasti laris. Soalnya murah meriah. Ndak mengenyangkan tapi memuaskan. Apalagi kalo sambelnya pedes! huh.. hah.. huh.. hah.. pun tak terelakkan.

Hennah, ngomongin krupuk pecel, saya ada rekomendasi warung nih. Namanya Krupuk Pecel Spesial Bu Penik. Warungnya sederhana, teduh dan suasananya sangat njawani dan nggrapyaki (bahasa Indonesanya apa ya?)

Warung pecel bu penik besuk loceret nganjuk

Tampak depan dan suasana di dalam warung yang sederhana
Lihat itu yang ngedoli ada dua saking ramenya!

Warung krupuk pecel yang terletak di pertigaan jalan merpati, jalan menuju perumnas Candirejo Nganjuk dan jalan menuju kwagean itu sangat rame. Apalagi kalo siang-siang waktunya orang kantor istirahat dan anak sekolah pada pulang, waah, sampeyan musti ngantri panjang. Maklum warung pecel bu Penik tersebut sudah terkenal dari mulut-ke-mulut ke seantero Nganjuk. Saking ramenya, itu yang ngedoli (yang melayani, red.) ada dua lo!!

Mengenai rasa, itu relatif. Bagi saya yang penggila pedas (saya itu makan satu ote-ote habis lombok impling merah 2-3 buah), rasa sambalnya kurang pedes. Tapi buwat yang sukanya pedes ukur-ukur (ndak terlalu, red.), pasti seudep pol!!

Menurut orang yang sudah sering beli di situ, krupuk pecel Bu Penik punya ciri khas kulupan sak umbruknya (sayur yang buanyak, red.). Sou, bagi yang ndak suka kulupan, rugi kalo beli di situ, soalnya sampeyan hanya akan menguntal krupuk plus sambel pecel saja. Ndak bakal puas.

Kulupnya apa saja ndop? ooh, ada:

  • capar (toge, red.),
  • bayam,
  • bung (rebung, red.),
  • kenikir,
  • mbayung (daun kacang)
  • dan kacang panjang.

Semua sudah direbus mateng (yayalah, masa mentah!).

Suasana Warung Krupuk Pecel Bu Penik Nganjuk

Kulupannya mantab tuh, eh, itu anak-anak sma kok sudah pada pulang ya?
padahal jam masih menunjukkan angka 12 lo…

Kebetulan letak warung tersebut jauh dari rumah saya di Kauman Nganjuk. Namun karena perut ini sudah ngidam krupuk pecel dari abad delapan belas, akhirnya saya dengan perjuangan (tapi ikhlas!) ngontel ke sana.

Akhirnya sampai juga di pertigaan tersebut. Perjalanan saya dari rumah adalah:

  1. menuju Jalan Cokroaminoto lalu…
  2. belok kiri ke jalan Dr. Sutomo, lalu…
  3. Terus sampai SMP 5, lalu…
  4. Lurus terus sampai ketemu abang-ijo (traffic light, red.), lalu…
  5. belok kanan menuju Rumah Sakit Islam, lalu…
  6. Lurus terus sampai Tanjung, lalu…
  7. Serong kiri melewati jembatan (yang ada damnya di sebelah kanan), lalu…
  8. Jalan teruuuus… sampai notok jedok! lalu…
  9. Belok kiri dikit aja, lalu…
  10. Di situ ada warung Bu Penik yang rame menungso dan berjejeran sepeda, sepeda motor, bahkan mobil.

si ndop menuju warung Bu Penik

Walaupun ditawari naik sepeda motor, si ndop tetep ngeyel
pengen ngontel ke warung Bu Penik.
Katanya sih biar ndak nambah-nambah polusi lagi.
halah nggombali mukiyo kowe kui, ndop!

Nah, siapkan senyum merekah. Ini di Nganjuk bung!! sopan santun masih sangat amat dijunjung tinggi di sini. Jangan sampai terdengar sampeyan misuh-misuh (sampai dapat point 1000, hahahaha….), bakalan dipentungi orang sekampung ntar!

Sampeyan bisa makan disitu krupuk pecelnya. Tapi pakek piring sayangnya. Harapan saya sih pake godong gedang (daun pisang, red.), tapi nyatanya arus modernisasi sudah masuk Nganjuk. yaaa… yaa.. ya… harus puas dengan piring atau kalo dibungkus ya pake kertas nasi bukan daun pisang…

Harganya berapa ndop? Walaah, ndak usah ditanya, jelas pasti murah meriah. Makanya saya tetep seneng hidup di Nganjuk adalah makanannya masih murah meriah. Woke, Harga krupuk pecel adalah Rp. 1500,- (seribu limaratus rupiyah) saja. Kalo tambah ote-ote ya nambah limaratus. Ada es rujak, harganya hanya Rp. 500,- saja (limaratus rupiyah).

Bagemana? tertarik? buwat penikmat makanan ndeso, jangan melewatkan jajanan yang satu ini!! woke, ditunggu kedatangannya di Nganjuk! The mousst pisfel siti in iist java!! (The most peaceful city in East Java!!!)

Muhammad Ali Mudzofar a.k.a ndop. Punya motto hidup: Think less feel more. Tak perlu banyak mikir untuk hidup. Rasakan setiap hela nafas yg kita hirup. Itu sudah cukup.



52 KOMENTAR KAMU KOMEN YUK ↓

Biar keluar avatarmu, daftar di gravatar.com yah ^_^

  1. :pertamax: :pertamax:
    wakawaka

    aku pernah makan tuh pas lg dirumah mbahku di kertosono cuma

    emang mulah meliah euy

  2. dooohh .. jadi pengennnnnnn :dance:

    posting terakhirnya agunk agriza adalah: tu deys lef ..

  3. Hmmm…jadi pengen uhh ahh uhh ahh habis baca postingan ini…hahaha

    posting terakhirnya Tukang Nggunem adalah: BLOGER BENGAWAN, akhirnya orgasme juga…

  4. Rasanya sama gak c ama pecel???
    1500 ndop???? wealah…. masi murah banget….

    di Serang dah gak ada kayanya yang harga 1500an…

    jadi pengen ndop…..

    tp ongkos ke nganjuknya berkalilipat daripada harga kerupuk pecel nya… :roll:

  5. hehehe..kok nggak ngajak-ngajak ndop

    krupuk pecelnya kirim ke aku lewat tiki aja yah :D

  6. ama nasi pecel madiun enakan mana ndop ???

  7. @monyetgaul: hohoho.. kertosono juga gudangnya krupuk pecel bos…

    @agunk agriza: beli aja kalo pingin..

    @diorockout: dasiyar!! :pukul:

    @Tukang Nggunem: hohoho… ati-ati kibodnya kena!!

    @BlagaBloGer: sama sih, tapi itu bukan bumbu pecel, tapi sambal, so pasti pedes.iya, murah banget!!
    hehehe.. nanti aja kalo kebetulan pas mampir di Nganjuk.

    @Istifajar: hohoho… mau toh tak ajak ngontel???

    @annosmile: inih krupuk pecel… ndak sama sama nasi pecel…

  8. Sing ndi ya ngonne?? Opo sing cedek sawah2 trus dalane rodok cilik yo? Dalan cilik ngarepe Perumnas Candirejo terossss???? Nek bener, berarati wes tau… Mbiyen pas jek SD / SMP…. Huooohooooo :notme:

  9. Wah ndop iku jenenge kulup pecel nek nang mojokerto…. enak ancene ndop…. Eh neng ndalan ojo narcis2 ngko di kiro opo ae karo wong lewat…. wkwkwkwkwkwkwkwk :hihi:

    posting terakhirnya Frenavit Putra adalah: Frenavit with WordPress 2.7

  10. awas nggoling numpak pedah karo poto2… dasar cah gemblung

    posting terakhirnya Anang adalah: Korupsi Waktu

  11. @Ongki: duduk bos, perumnas kuwi ngetan terus, dalan gedi bos, duduk dalan cilik, trus nek menemukan pertelon, ojo menggok, tapi terus titik, ndek kono enek sepanduke bertuliskan krupuk pecel spesial bu penik.

    @Frenavit Putra: ooo… kulup pecel? wahahaha…. kok gak mbahas krupuk blas ya??

    @Anang: hahaha.. narsis moud on ndak pernah off!!!

  12. Ian #

    yo mbok diduduhi lokasine nang endi… aku kan gak eroh :cry:

    bekno aku pengen tuku, seneng banget aku ambek seng pedes” paporit banget geto loh :dance:

    *bowling* :glundung:

    posting terakhirnya Ian adalah: manusia pernah membuat piring terbang?

  13. weleh, cuma 1500???
    jan edyan tenan.

    di jakarta sampe 13000 loh. inget ndop postinganku yang lama dulu? di blog yang lama itu??

  14. wew nggarai luwe ae koncoku sithok khi *hallah ngaku2*
    yang makan ada yag naek pesawat ndak ndop. klao ndak ada berarti kurang rame nuh.

    posting terakhirnya aR_eRos adalah: Kecelakaan

  15. OOM #

    Keliatanya enak banget ya ndop..jadi pengen nih :) yuummmm

    posting terakhirnya OOM adalah: Nouveau Riche: Real Estate Investment College

  16. itu enak keliatanya ya. Pas banget rasanya. Disini ndak ada yg kaya gitu :???:

    posting terakhirnya norjik adalah: Free CD dari Shipit

  17. det #

    :pertamax: :glundung:

    posting terakhirnya det adalah: Surabaya IT Trends 2009

  18. Nek krupuk pecel enek ndop nang kene….

    Tapi ndak vulgar gitu jualannya…*koyok narkoba…*

    Mreneo to…jare ape mrene????

    posting terakhirnya Rystiono adalah: Jangan terpaku pada materi…

  19. Ndop aku dijajakke. Ada Gado-gado ndak. Paling enak ya Gado-gado sambel petis, jamur, sama irisan pete. Ndop aku dikei.
    :mataduitan: :mataduitan: Mataduitan

    posting terakhirnya laporan adalah: Membangun self host media di situs web YouTube

  20. “Pernah dengar nasi pecel? ah, pertanyaan bodoh ndop, pasti seantero Endonesa pernah denger.”

    Nasi Pecel, apaan ndop ??

    posting terakhirnya adinata adalah: Jee Juh the beats site

  21. lha isine mek sayur tok to maz..gag ono nasi’e..gag kenyang lak an..

    posting terakhirnya duduuut adalah: baGi2 aWaRd niH..

  22. Kid #

    walah adohe mas e
    tak kiro nang sby :pukul:

    posting terakhirnya Kid adalah: Facebook Gempar!!!

  23. enak ndop!!

  24. neng medion yo okeh krupuk ngunukui

    posting terakhirnya rifa adalah: Nulis……..

  25. :glundung: waduw koyoke wenak ndop..

    transferen nang aq poo ndop…

    posting terakhirnya sandy adalah: Daftar PTC yuk!

  26. aku digawakne po’o??? jarene enak… :taktahu: :taktahu: :taktahu:

    posting terakhirnya fithraw adalah: 888 hits

  27. Pertama kali datang ke Nganjuk dan muter-muter keliling kota dan desanya, saya langsung jatuh cinta sama Nganjuk. Bahkan sempat punya keinginan tinggal di sana. habisnya makanan masih murah banget sih! Saya aja kaget banget waktu makan nasi sak warege plus minum es teh dan beberapa biji gorengan koq gak habis 5000 rupiah? padahal di Jogja bisa habis lebih dari 5000 tuh. :)

    posting terakhirnya Ecko adalah: Panen Uang dari Blog Tanpa Iklan

  28. weleh..weleh, saya jadi laper mas’e…maknyooossss :doa:

  29. waduh.. saya tak suka kulupan.. soalnya saya kulup saya sudah hilang bertaun taun yg lalu.. wakakakkakak.. jablai… maklum ndop.. hihihihi…

    humm.. humm.. saia sudah sudah sudah.. sudah baca.. tapi saia masih tak mnegerti kenapa dikau yang doyan sekali sayur,, tubuhnya ceking sekali ya ndop.. wakakkakakka

    maknyus ndop.. wakakkakak..

    maknyus ndop..

    :sip:

    posting terakhirnya kacrut adalah: woot da hel of tis badi..!!

  30. ndop we iso numpak sapida monor ye? :tepuk:

    ayoo wisata kuliner maneh

    posting terakhirnya cebong ipiet adalah: New Comer

  31. njajal ah sesuk nek lewat nganjuk

    posting terakhirnya phery adalah: Hari Anti Korupsi Sedunia

  32. bisa delivery ke Jkt gakkk?

    :P

    posting terakhirnya Indah Sitepu adalah: Korelasi Balon dan Krisis Global

  33. Kayaknya patut dicoba nih….

    posting terakhirnya Wongbagoes adalah: Politik Kampus Kembali Memanas

  34. neng ndi kui?

    posting terakhirnya gajah_pesingg adalah: Pindah!

  35. ueenakkkeee nam nyam

    posting terakhirnya Ronggo adalah: Undangan IMADIKLUS

  36. Minggu kemarin pas aku bikin nasi pecel juga, sayang sayurnya ngak selengkap di Nganjuk. Jadi aku pakai: wortel, brokoli, toge dan kentang. Biar lebih sip lagi aku tambah telor pindang dan bebek goreng!

    posting terakhirnya Juliach adalah: Pronociation/Pengucapan dalam Bahasa Perancis 2: [e] dan [?]

  37. arqu3fiq #

    Wah enak koyokane nDop, kapan-kapan nek mampir nGanyuk tuku ah. Karo nang guyangan.

    :ssst:

  38. wahh aq suwe ra ngomen :P , ketok ane pecele eak yo ndop ? :D

  39. cK #

    huh percuma! jauh dari jakarta… [-(

  40. waduh2 mantep pemirsa..

    nendang banget… :D

    posting terakhirnya thefachia adalah: Cela Kelemahan Internet Explorer

  41. @Ian: mbok ya dibaca semua, jangan :fastreading:
    salam sama-sama suka pedese!!

    @antown: murah opo edyan?

    @aR_eRos: oh, numpak helikopter malahan!! enek-enek ae kowe kuwi…

    @OOM: mampir ke Nganjuk kang Oom < –kok sounds weird ya?

    @norjik: hehehe.. sedikit sekali memang di belahan bumi pertiwi makanan seperti itu..

    @det: gak sopan!! :doh:

    @Rystiono: hohoho… vulgar apane?

    @laporan: waddoh, yo tuku dewe toh, lawong murah kok..

    @adinata: wekekeke… ini nih, fastreding yang cerdas!!

    @duduuut: lawong duduk panganan inti kok duuut…

    @Kid: nang suroboyo gak enek..

    @khuclukz: iyo clukz!

    @rifa: hehehe… podho dong..

    @sandy: yo wis, tak klik kanan, ‘send to’…

    @fithraw: tuku…

    @Ecko: ya silakan tinggal di Nganjuk bang, orangnya ramah-ramah kok…

    @nara: lapar ya makan…

    @kacrut: dulu saya ndak doyan kulup, sekarang baru sekitar MTs aku doyan, soalnya demen krupuk pecel ituu…

    @cebong ipiet: durung bong, ajari to nduuk..

    @phery: sip.. :sip:

    @Indah Sitepu: waduh, keburu mbomot mbaak… *layu krupuknya*

    @Wongbagoes: iyup, patut!!

    @gajah_pesing: Nganjuk punya!!!

    @Ronggo: hmm…

    @Juliach: wekekeke… kulup yang aaaneh mbak… tapi kreatif!!! :sip:

    @arqu3fiq: diyasar! senengane “njajan”

    @hilman: enak puwoll!!

    @cK: hahahahaha… syukurin!!! hehehe…

    @thefachia: waduh, jangan ditendang bos, nanti krupuknya tumpah! :roll:

  42. beh di nganjuk tak pikir di surabaya,.,,, kapan kapan bungkusno kerupuknya mas!

    posting terakhirnya nico adalah: Brand New Day

  43. @nico: wekekeke… mbomot bos, soale krupuke gammpang layu nek suwi-suwi… :taktahu:

    posting terakhirnya ndop adalah: Tambal Ban Habis 50 ribu!!!

  44. vin #

    :malaikat: uenakkkk gae cangkruk bareng yo….sip sip sip

    posting terakhirnya vin adalah: PLAY THE GAMES, GET RELAX

  45. @vin: iyo mbak.. kapan-kapan po piye?? :ayoh:

  46. wew…ndop aku pecinta masakan ndeso.
    i’d like it. i’d like it. i’d like it.
    murah banget ndop… masak harganya cuman 50 cent ringgit.
    disini dapet keropok lekor satu biji he he…

    posting terakhirnya Mukhlason adalah: Campus Life : at Information Resource Center

  47. Sdilut Ngkas Muleh ….. Ndang Dolan Dolan …. Siiippp

    posting terakhirnya masDan adalah: Petruk Nggugat

  48. ak wis tau rono…
    cedak ko omahku,scr omahku neng perumnas candi.. =))
    emang enak kok memuaskan :dance:

    posting terakhirnya danik adalah: knp ya…

    • @danik: huwaaah… aku kedisiken… iyo, kulupe huwakeh… aku seneng kulupan, sambele rasane seger tur lumayan pedes…

  49. Omahmu cokroaminoto ndi Ndop? Omahku sak kidule RSI,nek koe arep glek krupuk pecel neng Tanjung mesti ngliwati.Neng jalan Cokroaminoto aku yo ndue konco jenenge mas Agus,cah2 nyeluke ABM,bukak rental PS.Nek pas muleh neng Nanjuk (saiki kerjo neng jogja)aq mesti dolan rono… kapan2 tuku krupuk pecele bareng yo Ndop! blogmu apikmu Ndop,kapan2 aku di warahi nggawe blog yo? aku yo seneng sepedahan.. nek minggu mesti sepedahan neng kuncir/sawahan kadang karo Mas Agus kui.
    .-= rudi prasetio´s last blog ..aku =-.

  50. Kelihatannya enak juga itu.



Komentar Kamu

Current day month ye@r *

Tampilkan Postingan Kerenmu
:wink: :twisted: :tidur: :tepuk: :takut: :taktahu: :ssst: :siul: :sip: :shock: :sad: :rolleyes: :rock: :pukul: :pertamax: :oops: :notme: :ngiler: :neutral: :muntah: :mrgreen: :mataduitan: :malaikat: :mad: :lol: :kiss: :kabur: :hug: :hipnotis: :hihi: :glundung: :fastreading: :evil: :eek: :doh: :doa: :dance: :cry: :cool: :ayoh: :angop: :ampun: :P :D :???: :-)