Penting untuk Website, Ini Pengertian Page Authority

Bagi pemilik website, berada di urutan awal mesin pencarian adalah salah satu pencapaian yang memuaskan. Dengan berada di urutan awal, kemungkinan pengguna internet mengunjungi website kita akan jauh lebih tinggi, dan konten atau promo di dalam website kita pun akan semakin dikenal.

Namun, untuk bisa berada di urutan awal, ada banyak faktor yang perlu dipenuhi oleh pemilik website. Salah satunya adalah memiliki skor SEO yang baik. SEO merupakan singkatan dari Search Engine Optimization atau dikenal juga dengan nama optimisasi mesin pencari, merupakan salah satu aspek terpenting dalam membangun website dan juga bagian terpenting dari strategi pemasaran online. SEO pun terdiri dari beberapa aspek yang perlu dilengkapi, salah satunya adalah Page Authority.

Lalu, apa itu page authority? Untuk mengetahuinya, di sini pembahasan lengkapnya.

Apa Itu Page Authority?

Page Authority

Untuk lebih jelasnya, pengertian dari page authority adalah sebuah cara yang digunakan untuk mengukur kualitas sebuah website yang dianggap penting oleh mesin pencari, salah satu contohnya adalah Google. Penilaian website akan diukur dengan angka dan jika angkanya semakin tinggi, semakin baik peringkat website tersebut di mesin pencarian.

Pengukuran page authority akan dipengaruhi oleh berbagai hal, seperti jumlah backlink dari situs lain yang menuju ke website tersebut, kualitas konten dalam website, penggunaan kata kunci (keyword) yang tepat, kecepatan website saat dibuka, serta usia website itu sendiri.

Perlu diingat, page authority adalah hal yang penting jika Anda serius ingin membangun SEO website Anda. Jika skor page authority semakin tinggi, maka semakin besar peluang halaman Anda untuk muncul di urutan pertama mesin pencarian. Dengan kata lain, semakin tinggi skor page authority, semakin mudah pengguna internet menemukan dan mengunjungi website Anda. Jadi, meningkatkan skor page authority adalah hal yang penting untuk meningkatkan SEO website agar mendapatkan lebih banyak pengunjung ke website Anda.

Mengapa Page Authority Penting?

Jika ingin website Anda bertengger di halaman pertama mesin pencarian, maka Anda perlu memiliki page authority yang baik. Website dengan page authority yang tinggi punya kesempatan besar untuk duduk di peringkat lebih tinggi dalam mesin pencarian.

Dampaknya, karena website Anda berada di urutan awal, website atau perusahaan Anda jadi dinilai memiliki nilai yang baik terhadap industri tertentu. Semakin tinggi skor page authority, semakin besar kemungkinan pengguna internet akan menganggap website Anda sebagai tempat yang kredibel, dan tentu saja akan berdampak positif pada citra brand Anda dan membantu membangun citra yang lebih baik.

Faktor Penting Yang Mempengaruhi Skor Page Authority

Agar lebih jelas dan paham, berikut penjelasan mengenai faktor penting yang mempengaruhi skor page authority sebuah website.

  • Backlink

Tautan atau link dari website lain yang mengarah ke website Anda adalah salah satu faktor utama dalam menentukan page authority. Backlink yang berasal dari website besar dan terpercaya bisa menjadi faktor penting untuk page authority website Anda.

  • Kualitas Konten

Jangan salah, kualitas konten juga memegang peranan penting. Konten yang tayang pada website Anda haruslah relevan, informatif, dan original. Konten yang menarik lebih cenderung mendapatkan backlink dan efektif untuk meningkatkan page authority.

  • Mengoptimalkan SEO On-Page

Melakukan optimasi pada elemen-elemen konten on-page seperti judul, meta description, dan penggunaan keyword yang sesuai juga dapat membantu meningkatkan skor page authority.

  • Tahun Website

Website yang sudah berdiri sejak lama memiliki kecenderungan untuk punya skor page authority yang lebih tinggi daripada website baru. Alasannya, mesin pencari memiliki lebih banyak data untuk menilai kualitas halaman tersebut.

Cara Meningkatkan Page Authority

Meningkatkan Page Authority adalah langkah penting dalam strategi SEO Anda. Beberapa cara yang dapat membantu Anda meningkatkannya adalah:

  • Menempatkan Link Berkualitas

Fokus pada membangun dan menempatkan link masuk dari website dengan kualitas tinggi dan relevan dalam website Anda. Arti website dengan kualitas tinggi adalah website yang terpercaya, memiliki traffic tinggi dan juga terkenal.

  • Konten Berkualitas & Optimasi SEO

Pastikan konten yang dimuat sudah informatif, up-to-date, dan memberikan kesan yang baik kepada pembaca. Jika konten selesai dibuat, ada baiknya untuk tidak langsung diposting. Cek lagi optimasi SEO konten tersebut. Perbaiki elemen-elemen SEO on-page seperti judul, meta description dan tag-heading.

Setelah memahami pengertian dari page authority, Anda sekarang bisa langsung membangun website dengan kualitas yang baik serta memiliki skor page authority yang tinggi. Anda juga bisa cek traffic web di seedbacklink untuk mengetahui dan mengukur traffic pengunjung website Anda, agar bisa membuat rencana atau langkah dalam membangun website ke depannya.

2 Comments

Komen yuk kak!