15 Dec 2014

Pameran Vector (Mendadak) Tunggal

Sebulan lebih yang lalu aku diajak pameran bareng bertiga sama temen yang hanya tau dari facebook. Hanya tau lo ya. Walhasil gak pernah chatting, gak pernah ngobrol, gak pernah kenal satu sama lain. Hanya tahu dari karya-karyanya saja.

Mas yang satu ini kayaknya kagum sama karya-karyaku yang selalu ngehits punya banyak likes di facebook. Lalu dia nawarin aku pameran bareng sama dia di festival seni di Semarang sana.

Karena Semarang itu jauh, maka aku tolak tawaran itu. Karena lagi, aku sudah DELAPAN kali ke Semarang. Jadi mbok yao kalau nglencer jangan ke Semarang lagi lah. Ke planet apa gitu.. #eh

Lalu ngobrol-ngobrol lah aku sama ibuk. Kayaknya sih ada lampu hijau gitu. Alias boleh pameran. Lalu setelah aku pikir-pikir lagi, okelah aku ikut aja! Kapan lagi bisa pameran vector kalau gak saat ini khan?

Sebulan kemudian, aku baru nyiapin itu 8 karya terpilih yang akan aku gotong dari Nganjuk ke Semarang. Aku sengaja nyetak karya plus bingkai di Nganjuk sini, soalnya aku perfeksionis orangnya. Sudah sreg sama kualitas foto dan pigura dari Nganjuk. Plus harganya pasti lebih murah khan? Kota kecil gituh.

Kira-kira beratnya 5 kilogram itu pigura sebanyak 8 buah. Karena aku orangnya gak manja, aku jalan kaki dari rumah menuju stasiun Nganjuk sambil menggendong pigura plus tas ransel yang berat. Jarak rumah ke stasiun kira-kira dua kilometer saja sih. TAPI aku jalan kaki setengah berlari karena aku ini ndablek suka mepet waktu. Walhasil ketika duduk di kereta api itu, diriku bermandikan keringat plus nafas ngos-ngosan. Dan aku hampir ketinggalan kereta. Kira-kira selisihnya semenit deh. Huahaha..

6 Desember 2014, pameran pun digelar. Malamnya aku sudah kontak-kontakan sama yg ngajak aku pameran, cuma dijawab singkat-singkat. Oke deh, mungkin mas itu lagi sibuk. Padahal aku gak ngerti ini harus bagemana-bagaimana prosedurnya.

Dan pagi itu, ketika aku sampai ke stand pamerannya. Lha kok ada stand tulisannya “MUDHOFAR”.

LOH, KATANYA PAMERAN BERTIGA? KOK STANDNYA TULISANNYA “MUDHOFAR”?

Salah ejaan pula. Harusnya “MUDZOFAR”. Karena aku orangnya perfeksionis, aku pun langsung bad mood membaca nama itu. Mbok ya survey dulu kek, nanya nama lengkap dulu kek, biar gak malu-maluin gitu. Lagian itu stand tulisannya “Mudhofar” trus isi pamerannya apa? Badanku gitu? Nari stripstis?

Bener-bener gak komunikatif sama sekali. Pameran karya vector kok ditulis “Mudhofar” itu maksudnya apa? Harusnya “Ndop Vector” kek, “Vector Mudzofar”, atau apalah yang representatif sama pamerannya gituh. Ah ini gak keren!

Aku cuma bisa bengong sama keadaan di pagi itu. Dik Jube yang ngantar aku pun jadi aku repotin lagi untuk belanja perlengkapan pameran. Lha piye, di stand itu gak disediakan apa-apa. Cuma meja sama kursi doang beroh! Lha ini nggantung karyaku pakai apa?

Lagian ini khan rencananya pameran bertiga, dan aku ditugasi bawa karya aja dari rumah. Tugas sudah aku jalankan namun ternyata kenyataan berubah total. Aku udah nanya beribu-ribu kali, “Aku kudu piye iki mas?“, tapi saking sibuknya, jawabannya singkat-singkat dan aku gak jelas.

Lalu aku nanya ke teman lain yg katanya diajak pameran bareng bertiga itu, dan temanku bilang sudah membatalkan pameran sejak jauh-jauh hari karena dia ada acara keluarga.

WHAT??? Kenapa mas yang ngajak aku gak bilang-bilang sih kalau aku ternyata harus PAMERAN TUNGGAL?

Tahu begini khan aku udah siap-siap dari rumah. Apa saja yang harus dibawa. Misal banner, hiasan-hiasan, buku portfolio dan lain sebagainya.

Aku minta tolong Dik Jube untuk nganter aku belanja peralatan buat nggantung karyaku di stand. Aku beli jepit sama benang kasur (benang bol). Lalu beli stiker lembaran warna hitam buat ngganti tulisan “MUDHOFAR” menjadi “VECTOR”.

Balik lagi ke stand. Dik Jube harus balik karena ada perlu. Aku harus masang ini itu SENDIRIAN. Duh, kak. Kemarin-kemarin itu aku udah lelah banget karena habis piknik ke Dieng, eh, ini harus pencilakan lagi masang ini itu. Soro tenan. Hahaha.

Sarapan soto ayam pagi itu pun kalorinya udah habis jam 10 pagi karena diforsir mikir sama fisik. Huahaha. Mana teman-teman WPAP Semarang yang standnya di sebelahku, saking iksaitidnya ketemu aku, kok ya nanyaaaaa mulu kayak wawancara. Duh dik, aku ini lelah hati dan fisik dik. Nanyanya dipending aja nanti tiga jam lagi. Pijitin aja sini..

Stand pameran tunggal pun berdiri juga..

pameran vector tunggal

Pameran vector yang mendadak tunggal

Karena stiker lembaran masih banyak, maka sisanya aku buat untuk menghias standnya ala-ala polkadot plus tulisan harga (sekalian jualan) kayak di bawah ini..

pameran vector tunggal

Tampilan akhir stand pameran vectorku.
Seadanya ya kak. Muuph.

Aku harus jaga stand sendirian dari jam 9 pagi sampai jam 10 malam. Gak ada pergantian shift. Padahal aku pingin banget nonton acara yg diselenggarakan hari ini di dalam gedung sana.

Apdit status di facebook untuk mengerahkan fans untuk menemaniku pun gak membuahkan hasil. Dimaklumi sih, ini acara gak begitu bagus promosinya. Walhasil banyak yg gak tahu ada acara festival seni di sini.

Untungnya temen-temen baru dari WPAP Semarang bisa jadi teman ngobrol. Ada mas Tulus, Khoirul, Bagus Andi, dan lain-lain lupa namanya. Lalu teman-teman Orart Oret, Husni dan teman-temannya juga nyempetin mampir. Malamnya, si Rizal Ardhi dan Tya Kadiasti datang berkunjung melepas kangen sudah bertahun-tahun gak ketemu. Wuih.. menyenangkan sekali.

kunjungan para fans di pameran vector tunggal

Kunjungan para fans di pameran vector tunggalku

Husni dan kawan kawan

Husni (baju soklat) dan kawan-kawan

Pengunjung yang datang pun nanya-nanya ya pastinya. Aku gak kehabisan akal sih. Aku jelasin pakai portfolio yang ada di iPadku. Trus buat yg nanya cara pembuatannya, daripada banyak cingcong, aku langsung puter aja video tutorialnya di iPadku.

Tapi untungnya sepi sih pengunjungnya. Jadi aku gak lelah-lelah amat harus ngulang njelasin ini itu. Tapi dengan kata lain, pamerannya gak sukses kalau sepi begini. Padahal hari ini khan malam minggu. Anak muda Semarang mungkin terlalu haitek untuk menghadiri pameran seni kayak gini. Walhasil mereka lebih memilih selfie di Tugu Muda (walaupun saya yakin mereka udah punya puluhan koleksi foto selfie di situ haha) daripada nyebrang bentar ke tempat pagelaran seni ini, di Wisma Perdamaian UNNES.

Jam 10 malam, aku sudah beresin semuanya. Aku copot semua karyaku. Aku masukin plastik lagi. Siap dijemput. Aku kelelahan. Besok harusnya masih pameran lagi, tapi aku udah nyerah aja deh. Banyak nganggurnya di sini. Gak produktif. Membosankan. Besok mending istirahat aja seharian di hotel.

WHAT?
DI HOTEL?
DI SEMARANG GAK PUNYA TEMEN YG BISA DIBUAT NEBENG TIDUR?

Iya beroh, terpaksa sih. Tunggu cerita selanjutnya ya. Hahahahaha..

Muhammad Ali Mudzofar a.k.a ndop. Punya motto hidup: Think less feel more. Lebih banyak merasa, lebih banyak manfaatnya. Lebih banyak mikir? Cepet tua loh! #eh



60 KOMENTARS YUK KOMEN ↓

Biar avatarmu muncul, daftar di gravatar.com ya

  1. ahmad Safig Almahdi #

    :pertamax: Hwah mad dzop, ternyata ada dirimu juga to disana…hadehh…tiwas g dateng kemaren…padahal pgen foto breng sama artisnya nganjuk. moga2 lain kali lagi mas….

    • Huahahaha.. ya maap kak, kirain sudah pada tahu ada acara festival seni di sana. Eh ternyata sepi hahaha

    • ajie wp #

      wah …..keren ..!!! pasti karyamu ndop

  2. ndoplicius #

    wuahahhaah mendadak tunggal y mas ndop? :p untung aja gak mendadak campuran #eh hehheeh ini bukan soal bulutangkis kan? #ampunkakakndop :p

    • Huahahaha.. Bukaaaan, bukan bulu tangkis ini, tapi main kelereng

  3. Tak bikinini pameran tunggal piye nang jombang tp nang dalan raya pas cfd haha

    • Suk ae nek jobku sepi Lid. Hahahaha…

  4. sing ngajak kui nggregetne banget koyoke

    • Mungkin sibuk. Tapi ya gak gini2 juga kali ya.

  5. Emang luwar biasya pejantan yg satu ini. Pameran tunggal dadakan pun dilakoni plus nginep pula di hotel. Semoga tetep kebanjiran order. Eh, tapi ya mesti ada waktu senggangnya, ntar aku ke Nganjuk sopo sing ngancani, wakakakak :D

    • Huhahhahaa aku nduwe reseller anyar, jenenge Oryza! Hahaha.. Dia berhasil mendapatkan klien loh. Tapi koyoke kliene podo mundur soale antrine suwe hahah..

      Yo nek mrene khan iso tak kosongne ordere hahaha.. Nek udan ngene kudu royokan karo kabut lo ya. Tapi apik kok pemandangane.

  6. Jadi kamu 8x ke semarang cuman gini doang ??? hahaha. semangat kakak, kejam bener temen di FB nya ngak ngabarin kalo batal :-(

    • Huahahaha.. udah ke mana mana tauuuuk.. Ke lawang sewu, sam pookong, dan lain2. Dan kemarin itu cuma gitu gitu doang di Semarangnya hahahaha.. Tapi besoknya seneng-seneng kok, ntar deh diceritain..

  7. Jojoz #

    gak kapok pameran mas? hehehe :D

    • Gak, nek penyelenggarane enak haha

  8. Rizal Ardhi #

    kak, nama saya Rizal Ardhi kak,.. pake huruf H :s

    • Huahahaha siap diganti!

  9. Ari #

    Salut mas sama sampeyan.. Kejadian dadakan gini pun jadinya keren. Kalau aku kejadian kayak gini udah sebel dan ngamuk kali ya sama yang ngajak. Gak bertanggungjawab gitu. Paling gak harusnya dari awal udah ngasih tahu kalau mas ndop jadinya pameran tunggal.

    • Apalagi baru pulang dari Wonosobo. Lelah fisik ditambah lagi lelah hati. Untunge kok ya akeh konco sing iso dijak ngobrol. Lumayan dadi obat haha

  10. gak bakal lama lagi bisa bikin pameran yang lebih gede dari ini nih..

    sukses mas!

    • Suwun Ga. Pameran bareng wae. Khan logomu kui yo vector base khan hahaha

  11. Kreatif asli nih blognya mas. :)

    • Thank you kak. Makin semangat nih!

  12. sukses selalu mas hehehe

  13. agus #

    Salam kenal mas ndop. Aku agus arek suroboyo. Aku tertarik baca2 postingan sampean, awalnya aku baca ttg jalan2 rekreasi dan, berlanjut terus postingan yg di karimun jawa ituloh, asli keren2 banget fotonya (fotonya loh ya, duduk orangnya). Bacaan santai, gaya tulisan juga jowo’an pastinya lucu dan sederhana. Sampai-sampai saya ini pengen dolan nang Nganjuk. Wes mas ndop gitu aja komen saya dan matur nuwun sudah memberikan sedikit warna disela2 kerja yg membosankan disurabaya yg panas, kadang mendung ding, hehehe…postingan jalan2 yg terbaru dibanyakin ya mas. (suruh jalan2 terus tapi gak disangui). :kabur:

    • dolano mrene mas. Tapi aku kudu ngerti fotomu disik. Arep tak terawang disik auramu mas. ahahaha.

  14. Wah, sukses buat pamerannya… salut buat vektor2nya…

  15. berarti sampiyan memang sudah terkenal mas, sampek ada yg ngajakin pemeran bareng..

    eh saiki ono saljune yo blog-e sampiyan?

    • Kui enek pilihan ndik settingan wordpresse kang. Tampilkan salju apa enggak. Trus aku milih iyo. Kui sampe januari. Hahaha

  16. Pengalaman pertama pameran tunggal kyké krg sreg yo kang… tp gpp lah, mesti ada pengalaman yg bisa di petik..#sok bijak hahaa. Nek pameran ng mBandung, kabar2i yo, InsyaAllah tek teko … Mugo2 makin sukses kang.. :sip:

    • Matur suwun kang. Jik mending pameran ndik dunia maya wae lah. Sing ndelok iso wong sak ndunyo hahahaha

  17. woooh kemarin pas di Semarang ternyata mendadak pameran tunggal to? aku lagi ngeh kronologinya, sukses kakak buat vektornya, semoga makin banyak fans nya :P

    • Yoi. Sungguh melelahkan. Tapi bisa jadi bahan cerita hahahaha.. kamu jadi koordinator NDOFANS™ cabang Jogja yaaa…

  18. Wow … pameran sepenting ini kenapa koordinasinya kurang dipersiapkan dengan baik, ya, haks. Mulai persoalan nama, karya2 yang akan digelar, rasanya kurang maksimal. Saya sering mendengarkan radio jodhipati nganjuk loh, mas. Dari radio jodhipati kok juga tidak saya dengar kalau mas ndop mau pameran, hahaha … Tapi sing penting trus tambah kreatif, inovatif, dan sukses.

    • Bisa jadi karena anak anak muda jaman sekarang sudah berkurang apresiasinya terhadap seni Pak. Walhasil ya sepi. Trus masalah mendadak tunggal ini, aku sudah angkat tangan deh. Semoga ntar gak kejadian kayak begini lagi hahaha..

      Radio Jodhipati malah jarang aku dengerkan lha wong adikku muternya radio Breng FM yg selalu muter dangdut koplo hahhaa

  19. ditunggu pameran di Surabaya Ndop. Eh atau di LONDON saja kali ya, sepertinya orang LONDON lebih banyak yang memahami ART. ditunggu, di National Art Gallery London, ndop. hehe

    • HUAHAHAHAHA.. nek tak AAMIIINI ngono koyoke sah sah saja yo kang. Oke deh, AAAAMIIIIIIIIN…

  20. Pameran sebuah karya memang sangat penting agar semakin banyak orang yang mengetahui karya kita. Ini tentu sekaligus ajang promosi.

    Maju terus Mas.

    Salam hangat dari Surabaya

    • Yoi, bisa jadi ajang kopdar sesama seniman vector dan orang umum yg mau kenalan sama vector dan kreatornya..

  21. tetep keren mas pameran tunggal itu. Di jogja pameran seni juga sepi melompong kok mas ndop, kecuali seni kontemporer dimana bisa jadi ajang tempat foto, kalau gak bisa jadi ajang selfie kurang peminatnya. :D salut deh mas ndop, mungkin setelah ini pameran benerannya mas ndop malah kejadian… :sip:

  22. Kakak klo ke semarang tidak pernah halo halo siiih… uh…

    • Huahahaha iyo selalu rahasia. Yo suk mben tak halo2 ae ah..

  23. ajiewp #

    bagussssss…………

    • Makasih maaas.. Semoga nanti kalau pameran lagi lebih dipersiapkan yaaa

  24. Keren Buos….

  25. J Tulus Hariyono #

    lho kok ono aku mas? suwun baksone yo.. kudune aku sing traktir,,

    • Khan wis mbok traktir minuman orang tua: teh anget. Dadi baksone giliranku hahaha

  26. semoga ini awal dari pameran yang lbih besar selanjutnya..semngat terus mas ndop :D

    • Siap. Tetap semangat kok. Makasih semangatnya yaaa

  27. Salam Kenal Mas Ndop, Karyane Mas Ndop bener2 Keren BGT ;-)

    • Matur suwun mas. Salam kenal juga yaaaa…

  28. hal yang besar dimulai dari kecil dulu mas Ndop.. kalau tiba-tiba besar takutnya kita malah kena jantung kaget hahaha..

    pokoke sukses trus buat karya-karya sampean.. hari ini pameran tunggal, bisa jadi kapan-kapan pameran kolosal. sekarang pameran dengan ruangan sekamar, bisa jadi besok tempatnya malah segede aula dewan..

    wis essip markosip buat sampean mas Ndop

    • Huahahhaha matur suwun kang Loss.. Sampean emang penebar semangat tenanan! Awale sih penebar semangat ya, suwe suwe dadi motivator Loss Akbar Teguh hahaha

  29. waah.. keren-keren mas… jadi pengen deh.. haha

  30. Dimana2 Maestro itu pamerannya tunggal Bro, maklum hasil karyanya beda dari yang lain. Dan ente layak untuk memperoleh kesempatan menyelenggarakan pameran tunggal. Btw, di Semarang ada temenku namanya Asmarie. Kebetulan dia berasal dari komunitas BlogDetik Semarang. Mungkin lain kali nginap disana bisa nebeng. Cmiwwww… :-)

    • Huahahah iya kemarin aku ketemu asmarie juga kok. Kalau semarang aku buanyak temen juga buat nebeng haha.. Makasih semangatnya yaaa.. Muah muah

  31. Waduh sedih ya Mas harus repot-repot nyiapin sendiri pamerannya. Tetep semangat aj ya Mas, InsyaAllah banyak hikmahnya kok..

    • Yoi. Lumayan dapat Pelajaran hidup.

  32. udh lama aku ngeliat vector mu ini mas..tp tadinya masih ragu mw pesen.. soalnya blm kepikiran mw diapain.. :D yg ngasih referensi mas Joddie dr gravis design pas minta bikin blogku :D

    Ntr ya mw cari foto yg bisa di vector in dulu :)

    • Oke siap. Btw antrinya lama banget loh sampai februari. Semoga gak buru buru amat yaaaa


1 Blogs yg membahas ini juga!

  1. Merayakan Tahun Baru 2015 di Alun-alun Nganjuk | Sang Vectoria Jenaka

Komen dong!