Blogging Pakai iPad

Halo teman-teman. Postingan ini saya tulis pakai iPad loh. Mau ngetes aja bisa apa nggak nih gejet mahal buat posting blog.

Baiklah. Broser yang saya pakek adalah Puffin. Aku download yang versi free. Ada juga yang berbayar. Buat yang kepingin download bisa di sini.

Sebenarnya ada browser bawaan iPad bernama Safari. Lalu aku pernah pinjem iphonenya temen dan dia pakai Dolphin, yaudah aku download Dolphin. Ternyata Safari dan Dolphin is sama aja. Sama-sama tidak support flash. Jadi ga bisa muter video di yutub. Eh bisa ding. Yg gak bisa itu liat iklan yg pakek adobe flash.

Tanya gugel, aku nemu browser Puffin yg berlogo burung (gelatik?) dan ternyata bisa support flash alias bisa lihat iklan yg pakek adobe flash.

Yang susah adalah kalo sedang blogwalking. Aku pakai aplikasi Feedly untuk memantau update blog teman-teman. Di Feedly sebenarnya sudah ada browsernya juga. Jadi bisa langsung komen. Sayangnya cuma blog wordpress saja yang bisa dikomen. Untuk blogspot, ketika kotak name/url muncul, kotaknya mati, gak bisa ditulisi! Menjengkelkan bukan?

Nah kalau pakai browser puffin, ternyata kotak name/url bisa ditulisi. Cuman, kalo ada kode verifikasi, kadang gambarnya gak muncul! Menjengkelkan bukan? Cara mengatasinya adalah dengan memakai Opera Mini. Tapi kadang-kadang blog blogspot tertentu munculnya versi mobile. Dan gak ada tombol untuk switch ke web version. Menjengkelkan bukan?

Jadi kesimpulannya iPad menjengkelkan untuk blogwalking di blog blogspot!

Blog worpress yang pakai commentluv, kalo pakek Puffin doang baru bisa kedetek url blog kita. Kalau pakek safari atau dolphin url kita ga kedetek. Menjengkelkan!

Jadi ternyata iPad menjengkelkan juga untuk blogwalng di blog wordpress yang pakai commentluv!

Barusan aku download Chrome dan ternyata sama aja! Gak bisa komen di blogspot! Huh!

Oh iya, barusan aku kebingungan setengah mati bagaimana caranya upload gambar di blogspot. Biasa lah, untuk pengguna selfhosting, gambar musti diupload di penyedia upload gambar gratisan. Misalnya blogspot.

Aku harus install aplikasi blogger di iPad. Free kok. Baru deh bisa upload gambar. Sudah saya coba upload gambar pakek broser apapun, tapi tombol “choose file” nya di broser Puffin gak bisa ditekan. Kalo pakek boser lainnya, malah ga ada pilihannya choose file sama sekali dan malah disarankan untuk insetol aplikasi blogger. Baiklah saya manut.

Dan ini hasil upload gambarnya:

Ribetnya upload gambar di iPad. Huwasyu tenan!
Btw, broser Puffin unik euy, ada trackpadnya kayak mouse di komputer.
Ada tombol keyboardnya juga di sebelah kanan, gak kelihatan di gambar. Hehe.

Langkah-langkah keribetan saya upload gambar di blogspot pakai iPad:

  1. Crop gambar pakek aplikasi photo bawaan iPad. Resize foto pakai aplikasi Image Resize. Gratis kok!
  2. Download aplikasi Blogger for iPad. Gratis juga kok!
  3. Tab (tutuk layar anda pakai jari) untuk new post. Lalu pilih icon untuk menambahkan gambar
  4. Setelah gambar terapload, ternyata perjuangan selanjutnya juga bikin jengkel! Karena aku bingung caranya mengopi url gambarnya. Kalau di PC khan tinggal klik kanan copy link, lha ini gak ada klik kanannya broh! Saya tekan lama pun keluarnya cuma “select” lalu setelah kita pilih select, munculnya cuma “copy”. Kalau dipastekan di postingan wordpress nggak akan keluar apa-apa. Menjengkelkan bukan?

    Ternyata aku harus publish dulu postingan di blogger tersebut. Lalu aku buka pakai Opera Mini atau broser apa aja. Lalu tekan aja gambarnya, trus kopipes urlnya. Ribet banget khan?

  5. Tambahkan fotomu di postingan wordpress. Terserah pakek html manual atau klik icon gambar seperti biasanya

Sebentar saya mau coba upload gambar sekali lagi…

Puffin Browser

Yes akhirnya berhasil upload gambar lagi!
Gambarnya browser Puffin itu broh!

Kesimpulan

iPad lumayan ribet untuk kamu yg suka blogwalking dan meninggalkan komen di blogspot. Kalo tetep maksa, pakelah dua broser, Puffin dan Operamini.

Buat yg suka posting di blog wordpress tapi uplod gambarnya di blogspot kayak saya, ya bakalan ribet juga. Tapi kalo maksa ya ikuti langkah saya di atas.

Kayaknya itu dulu yak. Ntar kalo ada ide nulis lagi seputar iPad, akan saya tambahkan lagi di postingan selanjutnya.

Bae bae sayang.. ummm Muach!

_______________

update, tibaknya gara gara uploadnya gak langsung dari post blogspot, walhasil linknya gak bisa muncul di thumbnail. Dan ketika saya pasrah dan kepingin upload foto di wordpress selfhosting saja, ternyata tombol “upload”nya gak bisa dipencet di browser Puffin! Keparat!!!

*banting iPad*

_______________

Update lagi ya sayang, kedua gambar di atas ini terpaksa saya upload di wordpress selfhosting saja. Ternyata bisa diupload pakai browser Chrome! Kali ini Puffin musti mengalah! Huwahaha.

Jadi kalo mau posting blog pakai iPad, musti pakai beberapa browser. Chrome sama Puffin. Dan upload fotonya musti ke selfhosting wordpress yak. Kecuali kalo ngeblog di wordpress.com, aku gak ngerti, kayaknya sih bisa juga. Hihihi..

*gak jadi banting iPad*

_______________

Update lagi ya cint, jadi ternyata pakai Chrome, safari atau dolphin bisa nonton yutub kok. Yang gak bisa itu nampilin iklan yg pakai adobe flash. Ini contohnya aku bisa seteriming yutub videoku yg lagi marah-marah sama eyang subur..

ndop Wiguna

Sori kalo postingannya penuh update, lawong ini masih dalam masa percobaan dan perbandingan antarabroser satu dan lainnya. Ntar kalo nemu yg lebih oke akan diupdate lagi. Hihi..

85 Comments

Komen dong!