Menjurini X Factor Indonesia

X factor Indonesia

Iyak, saya posting sambil nonton X Factor nih. Malam ini 22 Maret 2013, saya nunduk ngetik, sambil ndangak lihat monitor PC ku yg saya ubah jadi TV. Hehe..

Let the show begin..

Wuih Anggun pakek baju putih gitu kelihatan cuwantik. Oke penampilan pertama dari Gedhe Bagus. Tonton dulu ah..

GEDE BAGUS

Gede Bagus

Wow, musiknya bagus banget aransemennya. Gede Bagus pakek celana pendek yg unik bentuknya. Dia menyanyikan lagu “Sedang Ingin Bercinta” beda dengan versi aslinya dari dewa 19. Di ending lagu, ada apinya gitu. Keren dah! Yuk, saatnya denger komentar para juri..

Rossa berkomentar, konsepnya bagus, musiknya juga bagus. Bagus juga bisa menyanyikan dengan baik.

Dhani cuma komentar singkat: Lumayan!

Bebi komentar: Kalo versi Dhani, lagu ini nakal yah. Dan Dhani pas banget membawakan versi “nakal”nya lagu ini. Tapi karena aransemennya udah berubah dari versi aslinya, kamu bisa menampilkan lagu ini berbeda dari versi aslinya dengan bagus. Kalo diibaratkan, Dhani versi kasarnya, kamu versi halusnya. Sama-sama playboy sih. Haha..

*komennya Bebi gak sepanjang itu kayaknya, aku jelaskan secara detail aja*

Anggun berkomentar, dia puas banget sama penampilan Bagus malam ini. Bagus itu mau menerima tantangan dan gak pernah menolak.

Mas Ndop berkomentar, Gede keren malam ini. Cuman aku dari awal memang gak favorit sama jenis suaranya. Suara Gede menurut saya kurang organic. Semacam dibuat-buat. Dibagus-bagusin gitu. Hehehe..

SHENA MALSIANA

Shena Malsiana

Yuk nonton penampilan Shena dulu..

Wuih Shena nyanyi lagu Ratu Sejagat sambil ngaca-ngaca gituh. hahaha. Gokil banget! Pakek tandatangan di layar tipi pulak! Haha. Lucuk banget. *cubit-cubit pipi Shena*

Ahmad Dhani komentar, lagu Ratu Sejagat cocok banget dinyanyikan Shena malam ini. Kata Dhani, Shena dilahirkan mempunyai software-software Jazz. Huwahahah..

Bebi berkomentar, luar biasa suara Shena. Shena mempunyai suara mutlak.

Anggun, gak semua penyanyi bisa nyanyi lagu sedih dan senang dengan bagus. Shena bisa!!!

Dhani lagi, kamu reinkarnasi penyanyi tahun 30an ya? Jangan-jangan kamu time traveler ya? #konyol

Rossa, selalu bangga sama Shena. Setiap minggu selalu berhasil menampilkan yg terbaik.

Mas Ndop berkomentar, Shena itu gak pernah mengecewakan penampilannya. Baguuus, cuman ati-ati, suara Shena itu forgettable. Jadi musti tetep menggali keunikan yg tiada duanya yg dia miliki. Hanya dia dan Tuhan yang tahu.

ISA RAJA

Isa Raja

Isa Raja menyanyikan “Yang Terlupakan”. Wah kali ini Isa nyanyi lagu yang sedikit melo. Bagus kok. Aman. Nonton dulu ah..

Mas Ndop komentar, Wah aku ikutan nyanyi nih. Huwaaa.. Isa gagal membuat aku terpana dengan suaranya. Tapi dia berhasil mengajak penonton ikutan nyanyi! Hahaha.. Isa juga sangat emotional nyanyinya. Aaaakk. Endingnya bikin merinding.. Kayaknya Isa nangis tuh..

Anggun komentar, Aaaakk.. komentar Anggun sama kayak komentarku di atas. Huwow. Anggun bilang endingnya bikin merinding! Suara Isa sangat fragile dan powerful.

Rossa, kurang lebih sama dengan komentar Anggun dan komentar saya

Dhani, Idem sama komentar Anggun, Rossa dan saya

Bebi, Isa membikin acara X Factor layak ditandingkan dengan negara lain. Suara Isa kualitasnya internasional gitu deh!

ALEX RUDIART

Alex Rudiart

Mas Ndop berkomentar, Hmm.. kok rada fals ya di awal-awal. Oh memang kuncinya dibikin begitu. Kuncinya dibikin agak-agak ngejazz. Saran saya, pas reffnya harusnya dikasih backing vocal sejak awal tadi. Biar nggak terkesan kosong. Suara Alex tipis soale.

Anggun, “Aku suka sama jaketnya, boleh pinjam nggak” #eh. Yang jelas Anggun suka sama Tantri Kotak. Dan ketika Alex membawakan lagunya Kotak, Anggun ikutan suka aja. Cuman Alex terlalu banyak senyum. Jadi kurang “preman” haha. Mungkin Alex mau menampilkan happy metal? Haha

Rossa, tadi komen apa yak? Intinya gak ada kritik lah. Maaf yah, lupa. Hahaha..

Ahmad Dhani, suara Alex kurang keluar di lagu ini. Dan saya menyetujui komennya Dhani ini loh.

Bebi, PPBSK Papa dan Penonton Bangga Sama Kamu. Eh gitu apa bukan yak? Lupa. Haha.

NU DIMENSION

Nu Dimension

Mas Ndop berkomentar, WOW, lagu “Kirana” jadi RnB enak banget. Mereka berempat kompak menyanyikannya dengan bagus. Apalagi di akhir lagu, Ahmad Dhani ikutan main keyboard. Keren banget!!

Bebi, lagu Kirana itu notasinya nggak murahan. Dan Nu Dimension berhasil menyanyikannya dengan nggak murahan dengan group. Apalagi didukung dengan Dewa 19 yg tampil semua di panggung. Benar-benar MENCURI!!!

Anggun, kurang lebih sama dengan komennya Bebi. Anggun jadi kangen sama anaknya yang namanya Kirana. Hihi.

Rossa, Nu Dimension gak kalah greget disandingkan dengan grup legend Indonesia DEWA 19 sepanggung.

Ahmad Dhani, DURASI!

FATIN SHIDQIA LUBIS

Fatin Shidqia

Mas Ndop berkomentar, WOW, teoriku “AAA” banyak dimainkan di lagu “Perahu Kertas”. Cuman kenapa gak dipakek karakter AAA nya seperti di lagu Grenade dan Pumped Up kicks yak? Ulah siapa ini. Semacam ada yg “mengatur” supaya Fatin nggak ngucapin AAA secara menggelegar.

Menurut saya kalo Fatin nyanyi lagu slow kayak Perahu Kertas begini, tetep bisa pakek suara menggelegar. So, kenapa di lagu barusan gak dikeluarin? Sedikit kecewa yah. Bagus kok tapi. Baguus. Cuman Fatin jangan main teknik vocal yang model-model penyanyi mainstream gitu ah, jadi agak hilang nanti karakter Fatinnya.

Bebi, Anggun, Ahmad Dhani berkomentar kalo suara Fatin itu mahal dan karir Fatin akan panjang.

AGUS HAFILUDIN

Agus Hafiludin

Anggun, suara Agus selalu bikin meleleh. Bagus banget!

Ahmad Dhani, suaramu cocok nyanyi lagu jazzy kayak gini dan jangan nyanyi lagu rock lagi, gak cocok kamu nyanyi lagu rock.

Rossa dan Bebi, lagu Dealova perlu mental yang kuat dalam menyanyikannya. Dan Agus berhasil untuk tidak down menyanyikan lagu ini. Eh beneran ini, saya pernah nyanyi lagu Dealova dan di endingnya saya ada yg kurang bisa menjangkau nadanya soalnya saya nyanyi versinya Once. Dan melelahkan banget. Perlu tenaga banyak dan konsentrasi. Perlu mental yg kuat karena lagunya sangat emotional.

Mas Ndop berkomentar, lagu ini jadi enak dinyanyikan Agus. Kayak lagu baru gitu yak. Bahkan aku nanya-nanya lagu ini judulnya apa. Padahal lagu DEALOVA nya ONCE! Sialan! Agus pinter banget nyanyinyaaa. Keren sangat!

MIKA ANGELO

Mika Angelo

Mas Ndop dulu yah, Mika nyanyi “Sempurna” Andra and the backbound. Suara getar-getarnya Mika itu yah yang bikin mistis. Trus kayak ada suara yang kesandung-sandung gitu yang bikin Mika itu unik. Yup. Saya setuju sama jurinya.

Rosa bilang suka sama karakter suara Mika sejak nada pertama dikumandangkan.

Ahmad Dhani bilang Mika harus suka dulu sama lagunya. Kalo nggak suka jangan mau nyanyiin lagunya. Menyanyi lagu harus enjoy dulu. Gituuu..

Bebi bilang Mika bebas milih lagu apa aja, asal arasemennya dibikin seperti lagu ini. Aransemen yang tidak membuat Mika menyanyi berlebihan. Simpel aja. Supaya karakter Mika keluar!

Anggun, idem sama Bebi sih. Aku lupa tadi komen apa. Haha.

NOVITA DEWI

Novita Dewi

Anggun berkomentar, kostummu bagus. Kukumu juga bagus. Suaramu powerful. Kalo jariku jempol semua, aku akan kasih semua ke kamu.

Rossa, tadi Rossa komentar apa ya? Pokoknya positif deh komennya. Aduh kok lupa ya.

Ahmad Dhani, Hmm, ternyata Novita punya album. Berati sudah pernah rekaman. Tapi kurang begitu sukses kayaknya. Tapi di X Factor gak papa kok diikuti peserta yg sudah punya album. Soalnya ikutan X Factor gak semudah yg dibayangkan. Semua faktor yg bersifat profesional akan diabaikan. Yang dicari cuma faktor X. Makanya acara ini dinamai X Factor! YAY!

Bebi, suka sama suara serak pas nada tinggi. Itu factor X nya Novita. Bebi juga mengiyai komentarnya Ahmad Dhani. Bahkan Dhani menambahkan, buat penyanyi indi yang idealis yg kurang sukses albumnya, boleh ikutan X Factor dan akan disupport kalo memang punya factor X.

Komentarnya Mas Ndop, kalo Novita nyanyi lagu dengan nada-nada plan alias datar, maka suara Novita akan biasa-biasa aja. Novita harus dikasih lagu yang superWOW, karena suara dia akan WOW kalo lagunya WOW dan bernada tinggi. Mungkin lagu-lagunya Slank cocok dinyanyikan Novita. Misal lagu “Terlalu Manis” Slank, bakalan ngerock banget dinyanyikan Novita.

Masih komentarnya mas Ndop. Novita ini kebalikan sama Fatin. Kalo Fatin harus nyanyi lagu simpel, kalo Novita sebaliknya, harus yang WOW nada tinggi meliuk-liuk, ngerock dan powerful. Kalo fatin musti simpel lagunya gak perlu teknik yang super wow kayak Biyonce misalnya.

Oke acara selesai. Berati postingan juga harus disudahi. Sampe jumpa lagi di penjurian selanjutnya..

_____________

Yang masuk di the bottom two adalah Shena dan Agus. Yang pulang malam ini adalah Agus karena dia menyanyikan lagu Home by Mekel Buble yg di liriknya ada let me go home nya, yaudah pulang aja kamu Gus…

47 Comments

Komen dong!