Dimuat di User Magazine #2

Sumpah baru inget kalo aku seringkali dapat wawancara lewat email tapi habis wawancara aku gak ngrewes lagi kapan dimuat hasil wawancaranya. Padahal itu sudah Desember 2011 yang lalu. Dan beberapa hari kemarin baru ingat dan nanya ke email di mana aku bisa mendownload hasil wawancaranya. Dikasih link sama mbaknya.

Silakan download dulu. Sambil nunggu download selesai, bisa sambil baca..

download user magazine #2

Saya agak gimana gitu kalo dapat wawancara seputar design. Soalnya tahu sendiri kalo aku otodidak. Takutnya kalo ngomongin design, ujung-ujungnya nanti malah menyesatkan. :ampun:

Tapi aku gak boleh menyepelekan apresiasi orang lain terhadap karya-karya saya. Jadi ayo aja kalo wawancara. Semoga bisa mencurahkan isi hati ke pembaca semua. Syukur-syukur diterima khan alhamdulillaah..

Aku kasih screenshot halaman pas bagianku ya..

user magazine #2 part I

Jelaskan sedikit mengenai diri anda dan gaya grafis anda?

OK, saya musti percaya diri nih. Bismillaah. Jadi semenjak saya gagal menyelesaikan kuliah di statistika ITS. Saya semakin fokus aja menggeluti design grafis. Pertama ditawari ngelayout majalah. Saya yang biasa pakek photoshop pun kewalahan. Terpaksalah belajar corel draw. Dari corel draw, saya menemukan vector! Saya menemukan banyak kesenangan di vector graphic. Menggambar wajah sendiri dalam versi kartun. Lalu mencoba lebih detail, jadilah REAL VECTOR. Semakin lama dunia gambar menggambar di komputer pun semakin berkembang. Lalu saya menemukan WPAP (Wedha’s Pop Art Portrait) dan tertarik mencoba. Setahun berlalu sudah beberapa karya saya buat. Saya menemukan tantangan tersendiri dalam menggambar WPAP. Bahwa menggambar vector itu semua perlu jam terbang, termasuk WPAP yang “kelihatannya” mudah.

Saya bekerja/berkarya sebagai freelancer vector graphic design. Jadi kerjaannya ya nggambar vector. Tracing bitmap menjadi vector. Saya jualan jasa vector melalui blog (dzofar.com dan ndopart.com), kaskus (nama account: ndop), twitter (@dzofar) dan facebook (facebook.com/dzofar). Alhamdulillaah orderan lancar sampe ke luar negeri. Duitnya saya tabung buat naik haji, insya Alloh.

Gaya grafis saya lebih menuju ke alamiah dan seimbang. Susah juga sih menjelaskannya. Soalnya kalo gaya itu bisa tergantung mood. Kalo lagi ceria ya warna2nya akan muncul yang ceria. Tapi tetep sebisa mungkin terlihat alamiah dan seimbang, jadi gak berat sebelah dan mengganggu mata… *Sumpah susah banget menjelaskan hal beginian*

User Magazine #2 part II

[versi bahasa Inggris]

User Magazine #2 part III

Apa yang mempengaruhi anda dalam mendesign?

Saya orangnya alamiah ya. Sehari2 pun cuma naik sepeda. Nggak naik motor. Saya mencintai alam. Dialah sumber inspirasi. Kalau lagi gak ada ide, aku gak memilih beli buku design grafis atau brosing2 design di internet, tapi saya memilih sepedahan sante ke desa-desa, berkunjung ke teman sekolah, atau live sketching di tempat tertentu yang tenang. Jadi inspirasi saya adalah ALAM SEKITAR. Karena alam itu design grafis terbagus dan terunik! Dinamika dan “random” nya artistik banget. Contoh kecil, lihatlah design sayap kupu2, tidak ada yang menyangkal kalo sayap kupu2 itu INDAH dengan perpaduan warna yang eksotis, unik dan dinamis (tidak membosankan).

User Magazine #2 part IV

[versi bahasa Inggris]

—————-

Banyak designer grafis original (kalo aku bajakan) lainnya yang menarik untuk di simak. Tentunya mereka mempunyai cirikhas design dan influence sendiri-sendiri. Beginilah seharusnya designer grafis, punya cirikhas sendiri-sendiri. Urusan rejeki biar Gusti Alloh yang menentukan.

Yang saya kenal di situ ada mas Seto Buje, vectorist senior yang saya kagumi. Lalu mas Mulyadi Walet, WPAPer senior yang karyanya punya cirikhas facet dan warna yang menginspirasi.

Oiya, ini bukan majalah berupa kertas. Tapi berupa aplikasi. Jadi bacanya lewat komputer yah. Buka aja file rarnya, lalu cari yang berekstensi .exe. Klik dua kali. Udah. Silakan diklak-klik. Majalah jaman sekarang khan sudah canggih kakak.. :dance:

Hmmm… udah selesai belum downloadnya? Kalo belum, sambil nunggu silakan komentar dulu aja deh.. :sip:

Makasih ya…

38 Comments

Komen dong!