Mas Ndop as a Graphic Designer

Dulu, pas bulan juni tahun 2009, mas ndop pernah bekerja di Bali lo. Kalau kalian sudah jadi teman facebookku, pasti sudah pada tahu update statusku ketika lima bulan di sana. Senang, sedih, lelah, stress, dan lain lain, sama aja kok. Bedanya. kalau di sana kerjanya digaji perbulan, kalau di rumah, digaji perorder! Hehe..

Nah, di sana saya kerja sesuai bidangku, GRAPHIC DESIGN. Jadi saya mengerjakan tugas dari FASHION Designer yang orang JEPANG tulen. Orang Jepang itu ngasih oret-oretan tangan, atau ngasih file gambar, atau cuma omongan doang! Lalu saya disuruh merealisasikan apa yang diinginkannya. Nggak jauh jauh dari vector kok. Redraw pakek corel atau edit photo pakek photoshop. Dua software itu saja.

Yang susah itu, kalau mau buat pattern kain, musti dibolak balik bolak supaya gambarnya bisa diulang ulang. Aku belum mahir kalau urusan itu, bisa dikit dikit, hehe..

Gajinya berapa ndop? Pasti gedhe ya? Hehe.. dikit banget mas bos, saya di sana bukan cari duit aja, tapi cari pengalaman juga, biar tambah dewasa gitu.. hehe.. Hasilnya? SAMA AJA! Hahaha.. Kamunya ndop yang memang kolot dan kekanak-kanakan! Hehe.. sing penting GANTENG!!! Yang penting apaaaaa??? GAN…. TENG!!!

Di sanalah saya terpaksa naik motor tiap hari! Hal yang tidak pernah saya lakukan di Jawa Timur. NYETIR MOTOR! Soalnya, di sana nggak pernah saya temui angkot atau lyn berseliweran. Semua pakek motor, matic! Saya juga dipinjami motor sama temen sana. Matic juga! Hehe.. jadi gak usah mikir nyetirnya, tinggal gas dan rem doang.

Dari 56 kilogram, hidup di Bali dan bekerja membuat ritme makanku menjadi teratur. Pagi sarapan, siang makan siang, makan sore dan makan malam. Walhasil sampai naik menjadi 65 kilogram. Agak gemukan nih ceritanya.

Suasana kantor enak banget. Kerjanya di villa. Angin semilir berhembus. Pekerja yang ramah dan kekeluargaan banget! Muter musik, nyanyi sambil kerja. Tiga orang Jepang yang juga asyik, tapi kadang juga emosi, maklum lah, designer labil. Hehe..

Paling seneng sama Emi, Fashion Designer Freelance yang ramah banget dan cantik pastinya! Tinggi langsing putih ramah wangi…. hehehe… Tapi jangan dikira ngomongnya pakek bahasa Indonesia, semua English bos!! Mereka cuma bisa ngucapin “terimakasih, selamat pagi, makan, minum, …” Tapi, berbekal suka nyanyi lagu barat, aku pun lumayan bisa ngucapin English dengan bener, walau perlu menambah vocabnya!

Produk apa ndop? Joger?

Hehe.. bukan mas bos, mereknya KTZ dan Marjan Pejoski. Itu perusahaan lebih ke home industri. Cuman produknya diekport ke luar negeri: New York, Tokyo, Milan, Paris, London. Produknya sering dipakek sama artis, kayak Bjork, Rihanna, Lady Gaga. Produknya memang unik kok. Hehe.. Malahan yang merek Marjan Pejoski itu, sering banget yang mesen orang orang kerajaan, kemarin pernah dipesen sama Ratu Austria juga. Hehehe…

produk KTZ dipakai artis luar negeri, bjork, lady gaga, rihanna

Mau cerita apalagi ya? Oh, ya, aku kerja di sana cuma 5 bulan saja kok. Desember 2009 sudah pulang ke Nganjuk lagi soalnya duitnya sudah terkumpul buat beli laptop dan memutuskan untuk serius jualan vector saja. Hehe..

Setelah di rumah, aku serching KTZ di google. Eh, ternyata produk yang selama 5 bulan aku kerja di Bali dulu, ternyata sudah ada fashion show nya. Ini saya kasih gambar yang artworknya buatan saya ya…

mas ndop dan karyanya di KTZ

Photo di atas, adalah sebagian karya saya yang dicetak di produk KTZ, tentu saja atas arahan fashion designernya. Biasanya khan kalau saya disuruh bikin design ini itu, seringnya direvisi to ya, tapi alhamdulillaah yang karya saya paling kanan atas itu, yang permata-permata itu, saya bikin SEKALI JADI!! fashion designernya bilang, “This is too perfect!!” Wow, saya langsung girang banget mendengarnya! (kayak tante girang! eh, om girang!)

Sudah ah, nanti kalau postingnya panjang-panjang, pada :fastreading:

Demikianlah, baiklah, saya mau bobok ciang dulu… hehehe…

81 Comments

Komen dong!