Belajar Mengucapkan Bahasa Inggris

Halo teman-temanku. Semoga sampeyan bahagia sejahtera selalu di dunia yang sempit ini. Gimana nggak sempit, lawong ternyata orang Nganjuk itu ada di mana-mana. Buktinya, coba deh di mana pun anda berada, bukalah dzofar.com, kamu akan menemukan orang Nganjuk yang gila. Hehehe…

Nah, kalau sampeyan terobsesi go internasional kayak Agnes Monica, sampeyan musti bener ngucapin Inggrisnya. Susah nggak sih? Enggak sebenarnya, asal tau caranya. Hehehe…

Jaman kita-kita masih diajar bahasa Inggris di sekolah dulu. Saya rasa nggak pernah tuh guru bahasa Inggris kita mengajarkan cara baca Bahasa Inggris yang benar. Maksud saya yang benar lo, benar itu adalah posisi lidah kita, bentuk mulut kita, atau penekanannya. Soalnya apa sodara-sodara, soalnya gurunya sendiri juga kalau ngucapin Bahasa Inggris masih dengan lidahnya orang Indonesia. hehehe.. Ada sih yang bagus ngucapin Inggrisnya, tapi dia lupa mengajarkan ke anak didiknya. Hiks…

Nah, saya mau share sedikit apa yang saya ketahui tentang cara mengucapkan bahasa Inggris yang benar dan it seems like foreign people. Sebelumnya, jangan berdebat masalah: lidah saya khan lidah jawa, saya khan pakek logat Amerika, yo sak karepku to, sing penting kowe ngerti! Kalau sampeyan masih begono, ya nggak bakal bisa-bisa, hohoho…. berjuanglah kawan, hal ini agak sulit!

  1. Th
    • The, mengucapkan kata the bukan seperti mengucapkan kata nde, sama sekali tidak sama. Mengucapkan them, juga tidak sama dengan ndem. mengucapkan this, juga nggak sama dengan ndis. Mengucapkan the butuh pengorbanan sedikit. Yaitu lidah berada di antara dua gigi. lalu kita meniupkan angin keluar disertai suara plus huruf e. Demikian dengan them, this, dan sebangsanya. Agak susah memang, tapi sampeyan coba deh.

      Kira-kira mulutnya seperti ini lo… (ih, photonya nggilani)

      Posisi Lidah pengucapan huruf thBagaimana? cukup nggilani ya bentuknya? hehehe… nggak papa, orang barat sono, bentuk mulutnya bagus-bagus, soalnya olah raga mulut kalau ngomong!

      Trus orang barat sono, kalau ngomong juga fasih banget makhrojnya. Nggak ada tuh orang barat sono kalau ngomong kayak anak gaul jaman sekarang di negara kita, yang kalau ngomong, seperti lupa kalau punya lidah!
    • Thing, mengucapkan kata thing, tidak sama dengan mengucapkan kata ting. Demikian juga dengan kata thought, tidak sama dengan tot. Think tidak sama dengan ting, atau pun tink. Tetapi mengucapkan kata thing, caranya sama dengan mengucapkan kata the, yaitu lidah berada di antara dua gigi. Tetapi bedanya adalah tanpa suara. Alias cuma ditiupkan udara saja plus kata ing.

      Jadi kalau tidak didengarkan dengan seksama, kata thing, akan terdengar seperti sing. Hal itu juga yang menjadikan mengapa pengucapan kata birthday, banyak orang-orang indo ngucapinnya dengan bersdei… padahal aslinya berthdei… hihihi…
  2. Sh
    • Shy, she, should, pengucapannya tidak sama dengan sai, si dan sud, melainkan syai, syi dan syud. Bagaimana cara membacanya? Gampang! Cukup membentuk mulut anda seseksi mungkin, yaitu mecucu ke depan. Lalu tiupkan udara seperti orang sedang mengusir ayam. Atau kalau dianalogikan dengan huruf arab, sama dengan huruf syin (yang titiknya tiga)

      bentuk mulut ketika mengucapkan shHehehe… bagaimana bentuk mulutku? seksi bukan? Memang harus begitu bentuknya. Kalau nggak begitu, kita nggak akan mengucapkan she dengan benar. Jangan lupa udara yang ditiupkan musti gedhe dan tebal biar fasih dan mantab!

      Pengucapan shy, she dan sebangsanya sama dengan pengucapan kata -tion pada nation, international, dan sebangsanya.
    • Visual, Vision

      Katanya buku yang saya baca, pengucapan visual, vision dan sebangsanya adalah pengucapan yang paling berat. Soalnya kita musti mecucu plus ditambah suara plus dihembuskan nafas kayak mengusir ayam. Dengan kata lain, pengucapan kata visual layaknya vizhuel. Jadi selain mecucu dan meniupkan udara, kita juga mengeluarkan suara kayak huruf z. Susah memang. Tapi kalau dilatih, akan bisa. Hoho..
  3. V tidak sama dengan F

    kalau di bahasa Indonesia, huruf V dibaca sama persis dengan F. Kalau di English, nggak sama! Huruf V cara membacanya sama dengan f tapi plus suara. Kalau f kita hanya menghembuskan usara saja, tapi kalau V, di samping menghembuskan udara, kita juga menambahkan suara.

    Jadi, pengucapkan kata very, bukan sama kayak feri, akan tetapi lebih mirip dengan wferi (gabungan w sama f). klik di sini lalu klik icon speaker untuk mendengarnya.

    Catatan penting:
    off dengan of pengucapannya berbeda! Off itu dibaca of, kalau of dibaca ov.
  4. S di antara huruf hidup, dibaca Z

    Contoh:

    • busy, bukan dibaca bisi, melainkan bizi
    • This is, bukan dibaca this is, melainkan thiyz_ez, susah ya… emang!
    • usually, bukan dibaca yusuelli, melainkan yuzhuelli

Kayaknya sudah itu saja, kalau mau belajar lebih banyak lagi, silakan dicoba di google translate. Pilih Translate from English Translate into English, lalu ketikkan kata semaumu, klik tombol translate. Setelah muncul katanya, klik icon speaker. Dengarkan baik-baik cara membacanya. Caranya mendengarkan jangan sambil membaca hurufnya, anda akan terpengaruh. Tetapi pejamkan mata anda dan hanya telinga anda yang fokus ke suaranya. Dengan begitu, anda telah belajar cara membaca English dengan benar. Hehehe…

______

Plok! Plak! Plok!

“Ndooopp.. banguuun!!!” Teriak seseorang berbadan gedhe sambil menepuk-nepuk pipinya ndop yang lagi tidur.
“Hoaaahm… Opoo buuuk??” Saya yang masih ngantuk males-malesan bangun.
“Itu lo, leptopmu kok durung mbok pateni ket mau… “
“Glek, huwaduuuh lali… loh, kok enek posting anyar??? Kapan nulisku??”

______

Heheh… mohon maaf, si ndop ternyata nglindur sambil posting… hihihih…. :angop:

94 Comments

Komen dong!