Ikutan Running Event Java Prime 10K Malang

Yes! Akhirnya ikutan event running lagi bos! Tiap bulan satu event nih kayaknya. Januari Mojosemi Magetan, Februari Java Prime Malang!

Iya, gak papa. Ikutan Event running sekaligus piknik. Sekaligus kopdar sama temen-temen running. Atau dapat kenalan baru lagi.

Acara Java Prime (Java Prime ini merek kopi loh!) itu Minggu pagi 26 Februari 2017, jam setengah enam, di Kota Araya Malang. Semacam kawasan perumahan elit gitu deh. Yg tinggal di perumahan itu orang-orang kaya dan bule-bule. Hehehe.

Minggu malamnya ada JakCloth di Lapangan Rampal Malang! Nah, khan bisa sekalian nonton dan blanjak-blanjak!

Yuk, kta preteli ceritanya satu-persatu.

PERJALANAN MENUJU MALANG

Aku berdua bersama Sigit motoran menuju Malang. Sigit gak ikut race. Cuma pingin piknik saja sekaligus jadi fotografer.

Berangkat sore banget jam 5. Dan hujan parah banget sampe banjir sedengkul! Tasku basah! Badan sih kering soalnya beli jas hujan dulu.

Sampe Malang jam setengah sembilan langsung njujuk hotel. Pas pengambilan racepack, hotelnya sudah tutup. Untungnya bisa diambil besok paginya.

NGINAP DI HOTEL NUGRAHA MALANG

Aku daftar Java Prime ini sudah jauh-jauh hari banget (3 Januari). Pada masa early bird istilahnya. Harganya tentu lebih murah daripada daftar pas menjelang acara mulai. Lagian acara running khan saat ini sangat digemari. Kalau gak ndang daftar, bisa-bisa tiketnya sold out.

Setelah daftar, aku langsung brosing hotel buat nginep. Ketemu hotel yg deket dengan pengambilan racepack, yaitu Hotel Nugraha. Agak mahal sih, 250 ribuan perkamar (maksimal 2 orang). Dapat sarapan.

Hotel Nugraha

Lumayan lah, deket sama lokasi pengambilan racepack

Sarapan disiapkan besok paginya di depan kamar masing-masing. Jadi buat aku yg gak sempet sarapan pagi karena harus ikutan lari jam 5, bisa sarapan agak siang.

CARBO LOADING

Malam sebelum race, aku kelaparan banget. Lalu memutuskan untuk makan di Bebek Remuk Sambel Korek di daerah Sulfat yang rasanya (Subhaanallooh) enak banget bosque!

Dan porsinya kenyang banget! Apalagi aku minumnya mesen coklat panas yang rasanya unik ada ketan hitamnya! ENDANG BAMBANG!

bebek remuk sambel korek

Sigit sampe kekenyangan! Haha

Acara carbo loadingku pun sukses besar! Asupan kalori buat besok lari 10K pun sudah cukup memadai.

NGAMBIL RACEPACK JAM 4 PAGI!

Gara-gara datang kebengen, walhasil ngambil racepack harus pagi-pagi buta. Untungnya panitianya masih berbaik hati mau melayani pengambilan racepack di luar jadwal resminya.

Inilah untungnya berteman dengan temen running yang sudah pengalaman di dunia per-event-larian. Kata temenku, jangan khawatir kalau telat, racepack pasti bisa diambil besok paginya kok. Asal gak mepet-mepet amat sih. Hehehe.

Untung nginep di hotel yang deket banget dengan lokasi pengambilan racepack, yaitu di Hotel Horison Ultima Malang. Tinggal jalan kaki udah sampe.

Karena lupa gak foto racepack, aku ambil dari instagram @javaprime saja ya.

A post shared by Java Prime (@javaprime) on

Isi racepacknya voucher ini itu. Ada vocer kopi, fitness, sepatu, perawatan wajah. Lalu ada BIB, jersi sleeveless. Jersinya gak aku pakai. Aku pakai jersi baru Blogger Runners.

Blogger Runners
Serius loh, aku lari pakai topi panda! Plus jersi Blogger Runners! Yay!

MENUJU VENUE JAVA PRIME

Setelah ngambil racepack jam 4 pagi itu, aku langsung pasang BIB (nomer dada) di jersi lalu memakainya. Pakai celana pendek merek Reebok. Sepatu New Balance Vazee Rush warna merah. Gak lupa pakai jam Garmin Forerunner 35.

Lalu pinjem fitting beltnya Sigit, buat naruh HP di pinggang. Eh, ternyata lebih enak naruh hp di pinggang daripada pakai armband loh! Kalau pakai armband saya akui RISIH dan membatasi gerakan lengan.

Lokasi startnya ternyata jauh banget dari tempat pengambilan racepack (hotel horison)! Ada kali jaraknya 5 km! Walhasil gak jadi jalan kaki, tapi motoran sama Sigit menuju lokasi startnya.

Sampe lokasi sih sudah setengah enam. Untungnya belum di dor berangkat. Aku langsung lari kecil. Lalu menyusuri pandanganku untuk mencari 1 saja temen yg aku kenal. Akhirnya di belakang, nemu si Resty dari Magetan Runners bersama 2 temennya. Aku langsung gabung.

Setelah dapat temen, aku pun pakai topi pandaku. Awalnya malu. Hahaha.

RACE DIMULAI

Panitia tahu banget kalau lokasi startnya gak gampang dijangkau sama orang awam. Walhasil, racenya dimulai agak telat, sekitar jam 5.40 pagi.

Java Prime Running Event ini ada beberapa kategori: 10 Kilometer untuk dewasa dan 800 meter untuk anak-anak. Untuk anak-anak pun dibagi menjadi 2 kategori berdasarkan umur. Seru sekali nonton anak kecil lari dipandu orang tuanya.

Aku tentu saja ikutan yg 10K dong! Hahaha.

Area larinya melalui jalanan paving. Menurut pelari-pelari berpengalaman sih, lari di permukaan paving itu agak berat karena keras banget gak kayak lari di aspal.

Peserta Java Prime 10K ini lebih dari 1000 orang loh! Gilak ya! Acaranya sukses besar!

Acara racenya rapi banget. Di kilometer 2,5 selalu ada water station (WS). Sayangnya pas WS pertama, aku cuma dapat air putih. Padahal aku lihat di sana ada minuman isotonik ISO PLUS.

Panitianya mungkin kurang ready pas di WS pertama. Harusnya sih sudah ditata di meja, jadi pelari tinggal ngambil sendiri.

Tapi untungnya di WS kedua dan ketiga, airnya isotonik beneran! YES! Hahaha. Sayangnya pas mau buang sampah, diriku kebingungan mencari tempat sampahnya. Walhasil aku ikutan pelari lainnya, membuang gelas plastik di pinggir jalan. Hehehe.

Checking pointnya ada dua. Dan dapat gelang warna-warni. Coklat dan biru.

gelang java prime

Berlari memakai topi panda sudah aku rencanakan jauh-jauh hari sebelum race di mulai. Niatku sih biar difoto sama fotografer! Kalau penampilan unik biasanya fotografer akan motret kita khan?

Kenyataannya sih, enggak. Gak ada satu pun fotoku di facebook Java Prime. :cry:

But wait! Ternyata di webnya javaprime diupload foto-foto yg lebih lengkap lagi! Dan jumlah fotonya RATUSAN! Deg-degan aku mencari fotoku, ternyata aku difoto sebanyak 3 kali! WOW! Thank you Java Prime!

Foto resmi java prime

Foto resmi dari java Prime.
Klik foto untuk memperbesar yak!

Tapi kalau 3 doang kayaknya kurang yak! Untung ada Sigit yg memang niat jadi fotografer selama race berlangsung. Makasih ya Git!

Ini hasil jepretan Sigit selama race berlangsung..

Start

ayo mlayu

Para pejuang podium!

Mas Safi dari HomRun

Eh, ada mas Safi (jersi biru) dari HomRun

ada bule

Ada bule di event running? Itu sudah biasa bro!

Ada Mbak Eva

Ada Mbak Eva (jersi pink) juga! Dia sudah punya cucu loh!

aerun

Kelihatan gak di belakang ada apa?

Panda Runners

Akhirnya mas-mas panda kurus masuk foto juga! HAHAHAH.

blogger runners

YAY! Blogger Runners edisi perdana!
Sayange fotone ngeblur git! Hahaha

nganjuk runners dan aerun

Nganjuk Runners dan Aerun (Madiun Runners)

patriarun

Patriarun dari Blitar. Jersinya keren!

Kediri Runners

Kediri Runners menjelang finish!

andri tag runners

Andri Tulungagung Runners (jersi biru) finish strong!

Aku finish strong

Akhirnya aku finish juga! 1 jam lebih HAHAHA. Gak papa lah!

nganjuk magetan mantra

Faisal dari Nganjuk,
Resty dari Magetan,
dan Wahyu dari Malang Trail Runners!

Mbak Eva finish strong

Ayo yang muda-muda, semangat larinya!
Ini Mbak Eva sudah punya cucu loh,
finish 10 km dalam waktu cepet,
1 jam 16 menit!

Sayangnya pas aku finish, kok rame banget ya orang berkumpul di sekitarku, walhasil fotoku gak bersih, ada gangguan! Hih! Gak popo wis. Siapa aku juga sih, artis asli juga bukan. Cuma seniman katepe doang. HAHAHA

Ketika finish, aku dapat medali dong. Karena medalinya all finishers. Jadi semua yg mencapai finish di bawah waktu yg ditentukan (2 jam), akan mendapat medali.

Dan medalinya bagus banget! Sesuai ekspektasi. Aku ikutan Java Prime ini demi medalinya yg keren! Kalau kemudian ketemu temen baru, itu bonus! Hehehe.

Medalinya disegel loh! Baru kali ini aku dapat medali disegel plastik. Trus untuk keperluan foto, segelnya aku buka dulu, lalu.. cekrek!

Medali java Prime

Medalinya berat! Dan bahannya bagus!

Selain dapat medali, dapat minum lagi. Minuman Isotonik dan air mineral biasa.

Lalu aku mencari tempat duduk yg enak. Sambil menunggu temen-temen lain sampe finish.

Kulihat banyak orang nggayemi pisang. Loh, kok ada pisangnya?

Setelah nanya peserta lain, ternyata pisangnya dibagikan di stand depan panggung! Weladalah. Biasanya kalau di event lain, pisangnya diletakkan di dekat atau satu paket sama air minum sih.

Dan teman-teman lain pun datang.. Acara inti, yaitu PHOTO BARENG pun dimulai!

Panda finish

foto bareng

Klik untuk memperbesar.

Faisal, Igor, Nina, Resti, Niken, Ndop

Faisal, Igor, Nina, Resti, Niken, Ndop

foto bareng

Krik untuk memperbesar

selalu ada yg selfie

Selalu ada yg selfie!

Eh, kasian panggungnya gak ada yg lihat! Padahal ada penyanyinya loh! Lha piye, peserta lari itu biasanya habis lari ya langsung foto-foto. HAHAHA. Apalagi di lokasi venue ini, ada spot foto-foto yg asyik.

panda melompat

Eh, kok ada orang kulit hitam dari Kenya, namanya Sammy. Dia harusnya dapat podium loh! Tapi karena dia pakai nomer BIB orang lain, ya didiskualifikasi dong. Duh, sayang banget ya.

Mas Sammy

Foto bareng kak Sammy dari Kenya

Acara Running kategori Kids dimulai jam 8 pagi. Aku gak lihat sih. Sibuk foto-foto. Hehehe.

Ada banyak stand di sana. Ada gamenya juga. Trus ada penukaran voucher kopi Java Prime yang katanya nikmat itu. Sayangnya kopiku ketinggalan di hotel. :cry:

Jam setengah sembilan pagi, aku balik hotel. Nguwantuk bos! Lagian cuaca juga puwanas. Di area venue Java Prime jarang ada wit-witan.

TEMPAT SAMPAH DAN TOILET

Di race (area lari), sampah gelas plastik berserakan di mana-mana, juga gak nemu disediakan toilet buat pelari yg kebelet pipis. Walhasil aku ngonangi ada peserta yg pipis di pohon. Hehehe.

Di venue (tempat acara berlangsung) pun begitu, tempat sampah juga susah ditemukan. Jadi ya, banyak gelas plastik, botol air mineral, dan kulit pisang tergeletak begitu saja di bawah.

Lalu toilet juga entah ada di mana. Sigit akhirnya nemu toilet yg tempatnya memang tersembunyi. Untung aku gak kebelet selama acara berlangsung. Jadi ya gak bedmud-bedmud banget.

PERSONAL BEST

Jam Garmin Forerunner 35 GPSnya memang kurang akurat. Banyak temen-temen pakai aplikasi di HP ketika finish sudah mencapai 10 km bahkan lebih. Sementara jam Garminku masih 9.97 km. Khan nanggung banget! Walhasil gak jadi personal best 10K deh.

Berita bagusnya, aku tetep dapat personal best, tapi kategori 1 jam lari. Dalam 1 jam lari, aku bisa lari mencapai 8.72 km. Yang mana lebih cepet 0.66 km dari lari-lariku sebelumnya.

personal Best

Catatan dari jam Garmin yg sudah ditransfer ke Endomondo

garmin forerunner 35

Buat yg gak ngerti Personal best (PB), PB itu semacam mengalahkan diri sendiri gitu loh. Misal, yg dulunya kita lari 5 km selama 40 menit, sekarang meningkat menjadi 30 menit doang.

RACE RESULT

Karena BIB nya ada timing chipnya, maka tentu saja akan ada Race Resultnya yang diupload di website Java Prime. Dan inilah ranking yg aku peroleh dari 1000 peserta.

race result

Race Result versi timing chip BIB.
Ranking 502! MEMALUKAN! Hahaha.

NGEMIL DI COKELAT KLASIK

Siangnya, aku kopdaran sama Bela. Temen instagram yg suka desain dan art. Dia asli Madiun, kuliah di Malang.

Aku ditraktir ngemil-ngemil ke Coklat Klasik yg lagi ngehits di Malang. Letaknya di Jl. Joyo Agung No.184, Merjosari, Kec. Lowokwaru, Kota Malang.

Aku mesen penkeik, sama raisbowl, sama minumnya coklat original. Rasanya standar sih. Tapi memang tempatnya asyik!

rasanya standar

cokelat klasik

lupa selfie

Lupa gak selfie, ini ngambil dari
video pas ngevlog di Cokelat Klasik.

Lalu diajak ke kosannya. Niatku kopdaran sama Bela adalah karena batre kameraku habis! Trus nunut ngeces di kosannya. HAHAHHA. Gak ding, emang sejak dulu pernah janji pingin kopdar sama dia.

BELANJA DI JAKCLOTH Malang

Di lapangan Rampal Malang ada JakCloth. Ituloh, acara musik plus ratusan stand-stand clothing line lokal yg harganya diskonan semua! Dan Minggu itu hari terakhir! Jadi.. AKU.HARUS.NONTON!

WALAUPUN RUUUUUWAMENE PUWOOOL!!

rame pol

JakCloth Malang

Sebenarnya kaosku sudah buanyaaaak di lemari. Tapi gimana gak goyah imanku kalau di JakCloth itu harganya dipangkas 50% semua? Istilah kerennya buy 1 get 1 free! DUH KAK! PLIZ DON’T DO THAT TO ME!

Untungnya aku cuma bawa duit 120 ribu. Jadi duitnya mepet. Jadi aku pun gak beli apa-apa. Sampe…

SAMPE NEMU CLOTHING LINE YANG MENERIMA PEMBAYARAN PAKAI ATM BCA! WADUUUUH GAWAAAAT!

Langsung deh aku kalap!

Untung Sigit nyuruh aku untuk segera pulang. Karena temen yg lain sudah pada balik ke penginapan. Walhasil diriku cuma beli 2 kaos seharga 150 ribu saja. Kalau ada waktu sejam lagi aja, pasti aku sudah belanja buanyak! Huahaha.

Sayangnya aku gak sempet nonton Payung Teduh, karena aku datangnya kemalaman. :cry:

NGEVLOG SELAMA DI MALANG

Pastinya dong! Presiden Jokowi saja ngevlog, masa rakyatnya enggak sih? Hehehe.

Di hotel Nugraha aku ngevloog dikit.
Pas lari juga ngevlog pas di kilometer 5 ke atas.
Trus pas istirahat juga ngevlog sambil memperkenalkan sebagian temen-temen running.
Lalu di Cokelat Klasik juga ngevlog dikit.
Pas JakCloth sempet midioin stand-standnya sama panggung dikit doang! Maklum diburu waktu.

Dan inilah VLOG ITUH! Ditonton ya kak! Kasian kalau enggak ditonton sudah dibela-belain begadang sampe pagi loh. HAHAHAHA.

Sampe jumpa di postingan-postingan selanjutnya.. Mmuwah! :kiss:

15 Comments

Komen dong!