Jawa Pos Fit Marathon Suramadu Surabaya

Vlog Jawapos Fit East Java Marathon Suramadu Surabaya 2017

Buat yang males baca, tonton video ini aja ya..

Buat yang eman-eman kuotanya, silakan baca tulisanku di bawah ya..

Jadi gini..

Aku lo sampe lupa kalau ikutan event running terbesar sejawa timur ini. Lha wong aku daftarnya sejak Februari, eventnya November. Wajar to lupa. Hahaha.

Empat hari sebelum hari ha, aku dapat email dari run.web.id berisi info pengambilan racepack (paket lomba) Jawa Pos Fit East Java Marathon 2017. Aku langsung kaget. Loh, kapan aku daftar acara ini?

Setelah sercing email pakai kata kunci jawa pos fit, eh nemu email konfirmasi order sejak zaman Februari yang lalu. HUAHAHAH.

Sumpah, event ini adalah event paling tanpa persiapan sama sekali. Lha piye, latihan lari aja jarang. Apalagi aku ikutan 10K, duh semoga saja gak kecekluk.

Ngambil Racepack di Tunjungan Plaza

Karena di Surabaya ada gojek, maka sekarang kalau mau keliling Surabaya sendirian sante saja. Mau ke mana aja tinggal dianterin sama abang Gojek.

Sama kayak ngambil racepack di Tunjungan Plaza 3 lante 6 ini. Kalo zaman dulu aku pasti sudah kelimpungan cari info kalau ke tepe itu naik len apa. Oper len apa. Turun di mana.

Kalo sekarang tinggal buka gojek, tinggal brosing tujuan, udah nyampe. Terimakasih transportasi online, aku mau lo jadi duta transportasi online! Hahaha.

Untuk mencari Tunjungan Plaza 3 lantai 6 juga gak susah-susah amat. Tinggal baca tulisan aja. Gak perlu nanya satpam juga akhirnya aku sampe.

Langsung keluarkan si Eka Nona (nama kamera kenenku), lalu ngevlog sambil antri ambil reispek. Lalu foto-foto. Hehe.

pengambilan racepack

Ambil Racepack selesai!

NGINAP DI HOTEL @THOME

3 hari sebelum hari ha, aku brosing hotel di traveloka yang deket sama Suramadu. Gak nemu hotel layak yang harganya di bawah 200 ribu. Yowis terpaksa nginep di @thome yang menurut reviunya kurang bagus. Ah, nekat aja, yang penting murah cuma 100 ribu.

Habis ngambil reispek, aku meluncur ke @thome naik gojek. Mas Gojeknya baik banget walaupun dia agak badass! Nyopir sambil rokokan. Hahaha. Dianter sampe di depan hotel yang ternyata ruko yang disulap jadi hotel.

Naik ke lantai 3. Masuk kamar B3. Ada asenya. Ada tivinya. Kamar mandi di luar. Hmm.. lumayan murah untuk fasilitas ini..

Setelah mandi, aku nyetel tipi dan menyiapkan baju buat besok pagi jam setengah lima.

Nganjuk Runners siap lari

Nganjuk Runners siap finish strong!

Tidur jam 11 malam. Bangun jam 2 pagi. Trus aku gabisa tidur lagi. Gara-gara rada paranoid sama situasi hotel. Duh..

Yaudah nonton stendap komedi aja di indosiar. Nonton sambil merem. Trus ketawa sambil merem juga. Haha.

Jam 4 alarm hape berbunyi, aku langsung mandi. Kamar sebelah kayaknya ikutan lari juga. Tapi kamarnya sudah tutupan. Kayaknya ikut kategori Marathon jadi harus berangkat jam 2 pagi.

Jam 4.30 budal! Order gojek. Untung langsung dapet. Enaknya tinggal di Surabaya. Selalu ada manusia yang setenbae 24 jam! Gak kayak di Nganjuk, manusianya hanya aktif pagi sampe jam 9 malam. Habis itu teler.. Zzzz.. hahaha..

MENUJU VENUE

Sampe venue jam 5 an. Langsung lari-lari dikit mencari tempat penitipan tas. Mengingat aku sengaja bawa tas berisi kamera mahal buat ngevlog, sama dompet, topi, dan lain-lain.

Untungnya proses penitipan tas cepet sat set bat bet. Masnya aku kasih pesan untuk hati-hati naruh tasku karena di dalamnya ada kamera mahal #eh.

Lalu jalan cepat menuju start line. Berjubel dengan peserta lain.

AYO MLAYU!

Masih ada waktu setengah jam buat pemanasan. Sayangnya pas mau pemanasan senam, manusianya sudah bejubel jadi mau gerak gak bisa :(

So, aku gak pemanasan sama sekali. Bodo amat. Mending ngevlog saja nanti! Hahaha.

Jam setengah enam pas, setelah dibuka oleh Gus Ipul, race didor! Peserta 10K lari mendik-mindik berdesakan. Jam Garminku aku start setelah melewati start line. iPhone 6 ku aku pegang sambil ngevlog! Lalu ada dramben mengiringi keberangkatan kami. Meriah sekali.

Selama lari, aku gak ngoyo banget. Gak capek-capek amat. Soalnya niatku ngevlog sih. Jadi ya sering berhenti untuk ngeshoot video.

sambil ngevlog!

Lari sambil ngevlog!

WATER STATION

Ada buanyak banget waterstation. Total ada 4. Minumannya pun ada dua macam, akua sama maizon. Aku minum dua-duanya. Makanya pas lari, aku gak capek-capek amat. Malah seger. Haha.

Water Station

Banyune turah-turah! Haha

Seperti biasa, banyak peserta membuang gelas plastik di jalan, padahal panitia sudah menyediakan tempat sampah gedhe banget. Duh payah!

SPONGE

Ini event keren, kategori 10K ada sponge plus air esnya. Dan ini pengalaman pertamaku dapat sponge di kategori 10K. Soalnya menurut temen-temen senior, hanya Half Marathon atau Full Marathon yang ada sponge begini.

Sponge kategori 10K

SEDIH SAMPAH

Hanya ada di Indonesia kali ya..

FOTO-FOTO LARI DI SURAMADU

Sebenarnya aku gak ada yg fotoin, soalnya akulah yang sibuk ngerekam video para pelari lainnya. Tapi aku gak kehabisan akal, karena ini lari di jembatan, pasti ada besi buat mengadekkan hapeku. Apalagi aku pakai kesing yang bisa memberdirikan hapeku dalam posisi miring, jadi tinggal taruh hape dan play!

Iya, aku rekam videoku sendiri sedang lari. Haha. Soalnya kalau video begini, aku bisa screenshot dan ambil yang bagus! Ide cerdas khan! Hahaha

SELFIE

Kasian gak ada yg motoin!

Lari di Suramadu

Terimakasih kepada tembok Suramadu

FINISH LINE

Menjelang finish line, diriku gak capek banget. Malah gak menduga kalau sudah mau finish aja. Agak-agak sombong gitu deh. Haha. Kayaknya mau coba half marathon suatu saat nanti.

Di finish line ini, aku liat para pelari biasa aja, gak kebut-kebutan, gak balapan. Sante aja sampe finish.

Aku sampe finish membutuhkan waktu kira-kira 1 jam 17 Menit menurut jam Garminku. Menurut Chip Time yang tersemat di BIB Numberku, waktuku 1 jam 23 menit. Dan dapat ranking 890 dari total peserta hampir 2000. Lumayan di atas rata-rata ya. Padahal sambil ngevlog loh! Hahaha.

e certificate Jawa Pos Fit Marathon Surabaya

Not Bad At All!

REFRESHMENT dan MEDALI

Di sini gak antri lama kok. Antrinya juga tertib. Dan ketika masuk refreshment, ada teropnya. Gak panas-panasan.

Di sini setiap peserta mendapat akua ukuran kenyang, lalu maizon juga ukuran kenyang! Dapat handuk dari sponsor. Lalu dikalungkan medali segedhe gaban! Ini dua minuman susah banget bawanya. Hahaha.

medali jawa pos fit

Medalinya raksasa banget!

Aku dulu cuma bayar 100 ribuan kayaknya. Maklum daftar awal banget (early bird). Dan dengan 100 ribu dapat segini banyak itu seneng banget! Lihat itu jersi yang dipakek peserta yang warna ijo juga bagus banget!

Nyesel sih, kenapa aku gak pakek jersi race aja tadi.. :cry:

BOOTH dan HIBURAN

Banyak sekali booth di event ini. Booth makanan sampai jualan jam garmin. Hehe. Ada rest area sebenarnya, tapi peserta lebih banyak ngumpul di bawah terop.

Trus ada booth massage juga yang laris dimanfaatkan peserta yang kakinya kecekluk atau kram.

Trus banyak photobooth di sana sini. Antri lama. Aku baru sempet foto-foto setelah ada yg motoin. Hahaha. Kasian amat.

Booth enervon Active

Puji Tuhan ada yang motoin..

Booth Suramadu

Yasss ada yang motoin, walaupun harus ngecrop dulu..

Booth 10K

Hore, difotoin juga!
Walaupun gak tegak lurus..

Nungguin peserta Full Marathon datang lama banget ya. Walhasil banyak peserta yang duduk-duduk mainan hape sama dengerin lawak di panggung yang kadang lucu, kadang garing. Xixixi.

Ada banyak penjual makanan. Tapi diriku gak ada yang minat sama menu-menunya. Hihihi. Yowis beli es janggelan saja (itulo, es cincau).

Pemenang-pemenang diumumkan di panggung. Ada Jafar yang langganan menang. Dia dapat Samsung Galaksi Es Tujuh! Lalu menang kostum terbaik juga dapat duit. Lalu pemenang lari diumumkan. Juara internasional diborong sama team Kenya. Udah langganan.

Jafar menangan!

Jafar, lomba foto instagram menang Es Tuju!

Pemenang 10K male dan female diumumkan juga.

pemenang 10K male

Pemenang 10K Male

pemenang 10K female

Pemenang 10K Female

Pemenang kategori lain gak aku fotoin, capek kak. Hihihi.

TRUS APES..

Jam 10 lebih. Panas. Aku sudah bosan. Baterai hape sudah habis tinggal 13 persen. Hanya cukup buat order gojek. Aku pingin tidur-tiduran di hotel. Aku mau pulang ah. Laper juga. Pingin makan buah pir di hotel.

Order gojek. Nunggu di tengah trotoar jalan. Gojek datang. Trus menghilang. Aku kejar gojeknya, eh ternyata gojeknya ada di tempatku semula. Aku balik lagi. Capek dan panas banget! Kulit ini udah gosong. Hahaha

Lalu sampe penginapan jam 11 kurang. Masuk hotel gelap banget nget nget. Ternyata lampu mati! WADUH!

Aku belum mandi. Kamar gelap gulita. Gak ada jendela sama sekali. Terpaksa aku ambil powerbeng. Ngecas hape di luar kamar. Bad mood banget. Aku soalnya gak bisa tiduran di tempat segelap ini.

Tapi aku harus mandi! Untung keran menyala. Jadi aku pakai penerangan senter hape yang aku taruh di atas pintu. Mandi pun sukses!

Langsung bergegas cepet-cepet keluar dari hotel mengerikan ini. Mana dari tadi pemilik hotel nyuruh-nyuruh check out mulu ih.. Iya iya! Ini aku mau check out! Puas? Hahaha

KESIMPULAN

Menurut Jafar, event Jawa Pos Fit East Java Marathon ini.. panas, tapi dia hepi aja soalnya gak ngejar pebe (personal best), jadi buat having fun aja.

Menurut Mbak Nafi, event ini bikin dia berbunga-bunga soalnya dia berhasil dapat medali juga. Setelah race sebelumnya (Bromo Tengger Semeru Marathon) dia over COT (gak keburu batas waktu, jadi gak dapat medali), jadi buat dia, ini semacam balas dendam. Hihihi.

Mbak Nafi

Mbak Nafi dari santri runners,
eh, dari TRABAS Kediri punya!

Menurut teman-teman lain, event ini bagus. Cuman kayaknya kurang banyak fotografernya.

Kalau menurutku, kurang satu aja sih, photobooth gratisnya. Xixixi. Maklum diriku suka majang foto ikutan race buat dipamerin ke tamu-tamu rumah.

Overall ini acara keren. Kalau kalian belum pernah ikutan, kalau diadain lagi, ikutan gih! Jawa Pos keren banget bikin event! Design grafis setiap banner, logo, medali, iklan, photobooth bagus semua! Saluuud!

Sekali lagi, ouwerol.. thiz iwen iz rikommendid!

13 Comments

Komen dong!