Kuliner Nganjuk: Tahu Lontong dan Kolak Roti Mbak Tin

Dulu ada tahu lontong di Bogo Nganjuk yang legendaris yg jadi langgananku sejak kecil. Namun entah kenapa setelah penjualnya ganti, rasanya ikut ganti. Waaah.. Jadi prei deh!

Beratus-ratus tahun (baca: sudah lama banget) aku gak makan tahu lontong lagi. Paling ngandalin tahu tek yg lewat di depan rumahku aja sih. rasanya jelas beda. Karena tahu tek itu rasa petisnya kerasa banget.

Dan, akhirnya baru-baru ini, sekitar 1 bulan terakhir, kekangenanku akan tahu lontong super lezat pun terbalas sudah. Ada warung tahu lontong super lezat yg lahir ke dunia ini menggantikan tahu lontong Bogo yang dulu fenomenal banget!

Tahu Lontong Mbak Tin

Tahu Lontong dan Kolak Roti Mbak Tin

Tahu Lontong Mbak Tin

Lokasinya gampang dicari kok. Buat generasi 90 an pasti tahu di mana letak bioskop Mustika di Nganjuk! Nah warungnya di sekitar situ!

Tepatnya ada di depan Koperasi Serba Usaha Artha Panggung Kencana. Kalau malam memang dipakai jualan lontong. Jadi semacam kaki lima gitu. Kalau habis ya diberesin buat besoknya dipakai koperasi.

Tahu lontongnya super lezat. Entah apa resepnya. Kecapnya, manisnya, lembut lontongnya, tahunya yg masih fresh habis digoreng! Trus bisa minta pedes apa enggak, semua sangat spesial di lidah. Ada hijau2nya, capar (tauge/kecambah), kacang goreng, bawang goreng, acar, kerupuk, berpadu dengan lembutnya lontong dan tahu, bikin lidah bergoyang asyik sampai tak terasa sudah habis aja lontongnya!

Porsinya sedang ya. Buat cewek-cewek jangan khawatir kebanyakan. Ini porsi kalian sis! Buat cowok-cowok kuli, kalian baru dibilang macho kalau pesen dua porsi!

Ini dia penampakan tahu lontong Mbak Tin..

Tahu Lontong Mbak Tin

Jadi laper? Kapok! HAHAHA

Minumnya apa? Kalian bisa mesen teh anget, es teh, es jeruk, atau..

Kolak Roti Mbak Tin

Kalau kamu sudah makan trus pingin minum yg anget-anget, nih, kalian bisa mesen kolak roti Mbak Tin yang rasanya enak!

Kolak Roti

Kolak Roti Mbak Tin

Semua serba pas. Santannya gak terlalu kental atau terlalu encer. Pas. Angetnya juga pas. Di dalam kuah santan ada roti tawar, ketan, mutiara, kacang, nangka, dan gula.

Rasa santannya by default is tawar. Kalau mau manis, tinggal aduk aja. Gulanya ada di bawah ya.

Kalau aku, ke sini selalu mesen dua menu andalan. Yaitu tahu lontong dan kolak roti. hasilnya: Perut kenyang! Hahaha. Apalagi kalau mesen tahu lontongnya dua porsi. Hasilnya: kekenyangan! Hahaha. Soalnya kolak rotinya mengenyangkan banget! Porsinya jumbo!

:ngiler:

Di warung Lontong Mbak Tin ini pembelinya selalu ramai ya. Tapi jangan khawatir, antrinya gak lama kok. Paling 10 menitan. Soalnya Mbak Tin punya beberapa asisten yg ngebantu. Mbak tin ngulek bumbu, yang satunya nggoreng tahu, satunya menyiapkan lontong dan kolak roti, satunya menghidangkan. Gantian sih tugasnya. Jadi cepet pelayanannya.

Harga Ndop?

Kalau kalian tanya harga makanan di Nganjuk, PASTI murah lah!

Tahu lontong harganya cuma 6 ribu. Kolak roti cuma 4 ribu. Jadi kalian kalau kelaparan malam-malam cukup bawa duit 10 ribu. Sudah dijamin kenyang dan sehat!

Bukanya jam?

Dari maghrib sampai habis. Kayaknya sih sampai tengah malam ya. Ada temen yg ke sini jam 12 malam pun masih buka. Tapi buat jaga-jaga, mending ke sini jam-jam makan malam ya, sekitar jam 7 atau 8 malam gitu. Biar gak kehabisan.

Mbak Tin sedang ngulek

Mbak Tin sedang ngulek bumbu dan
bapak-bapak di sebelahnya sedang nggoreng tahu

Bumbunya memang diulekin saat itu juga. Masih fresh. Bukan bumbu yg sudah jadi. Tahunya juga digorengin saat itu juga. Masih anget dan gak garing.

Pembeli

Pembeli bisa makan di dalam warungnya.

Atau..

Pembeli makan lesehan

Lesehan. Udah pasti lesehan jadi favorit pembeli.
Karena lebih merakyat gitu ya berada di bawah.

Kalau aku pilih yg mana? Kalau aku jelas yang duduk di warung ajah. Khan aku orang ningrat. HAHAHAHA.

Gak ding, yg lesehan seringnya penuh. jadinya aku kebagian duduk di warungnya. Sekalian ngeliat Mbak Tin asyik ngulek bumbu.

Warung Tahu Lontong dan Kolak Roti Mbak Tin buka setiap hari.

Jadi buat yg dari luar kota mau mampir ke sini, kalian cukup ke Alun-alun Nganjuk yg tersohor itu. Lalu menujulah ke jalan ayani. Lurus dikit aja sekitar 100 meter. Lalu beloklah ke kiri (ke timur). Lurus aja sekitar 100 meter juga. Warung Tahu Lontong Mbak Tin sudah mengawe-awe kamu untuk mampir.

Nah setelah itu, hubungi aku ya, nanti aku akan meluncur untuk menerima ajakan traktiran kamu. HAHAHA.

Akhir kalimat, tetap cintai kuliner dalam negeri. Apalagi kuliner asal kotamu sendiri. Supaya tetap lestari. Supaya tidak punah. Semakin beranekaragam kulinernya (dan budayanya), semakin kayalah negeri ini di mata negara lain! Mantab to!

:sip:

22 Comments

Komen dong!