30 Apr 2015

Kuliner Nganjuk dari Pagi sampe Malam

Aslinya nulis postingan ini gampang sih, kuliner Nganjuk dari pagi sampe malam itu simpel: NASI PECEL. Titik. Hahaha. Kalau kota lain, nasi pecel itu paling ya pagi doang. Kalau di Nganjuk pagi siang malam nasi pecel!

Cuman kalau siang biasanya gak pakai nasi, tapi pakai krupuk upil atau orang Nganjuk sini menyebutnya Krupuk Pecel. Dan itu bukan termasuk makan ya, tapi ngemil. Njajan. Walaupun agak kenyang sih.

Nah, buat yg bosen sama nasi pecel mulu. Nih, aku kasih tau kuliner Nganjuk komplit dari pagi sampai malam..

PUKUL 5 PAGI

1. Warung Dipo

Warung nasi di Nganjuk yg buka subuh-subuh itu di Warung Dipo. Jualannya macem-macem, tapi yg jadi menu andalan ada sego bantingan (nasi bantingan), semacam sego kucing tapi porsinya lebih banyak.

Buat yang doyan makan, kalau mau kenyang musti 3-4 bungkus. Kalau seorang model kayak saya ini, cukup 2 bungkus sudah cukup.

Warung Dipo

Udah buka sejak jam 5 pagi loh!

Warung Dipo

Isi warung. Macem-macem. Tapi andalannya Sego Bantingan

Nasi bantingan

Nasi, sambel goreng tempe, sama mie.
Porsinya seukuran makanan cewek-cewek yang lagi diet.
Bhahaha

Nasi bantingan 2

Warning! Ini pedes!

Lokasi: Jalan Ayani sebelah selatan.
Buka: Subuh – Jam 9 pagi
Harga-harga (2015):
Sego bantingan Rp. 2500,-
Susu kambing murni Rp. 2500,-
Jajanan: Kemplang, roti goreng, ote-ote, dll Rp. 1000,-

PUKUL 7 PAGI (SARAPAN)

Jam segini paling enak makan nasi pecel ya. Dulu kalau sarapan aku suka di Pecel Mbok Iro yang ada di Gang Batur, Masjid Agung ke selatan.

Tapi sejak ada Nasi Pecel Bledek, aku mending ke Bledek saja.

1. Nasi Pecel Bledek

Nasi pecel Bledex

Jam 8 pagi antrinya sak jabalekat.

Nasi Pecel Bledek

Nasi Pecel Bledek. Pedes ini. Dan gurihnya juara!

Nasi pecel di Nganjuk adalah paling enak sedunia. Aku sudah melanglang buana ke kota lain mencoba nasi pecelnya, gak ada yg bisa mengalahkan nasi pecel Nganjuk pokoknya. Gurih, pedes, peyeknya renyah, kulupannya (sayur) segar, gak pakai lauk berlebihan sudah enak!

Penjual Nasi pecel bledek

Bakulnya sibuk banget! Hahaha.

Lokasi: Sebelah timur Gedung Juang Nganjuk.
Buka: Jam 6 – 9 pagi
Harga (2015):
Nasi Pecel Bledek Rp. 4000,- (porsinya gak begitu kenyang. Biasanya mesen 1,5 porsi)
Lauk pauk tahu, tempe, dll Rp. 500,-
Teh Anget Rp. 2500,-

2. Nasi Pecel Berbek

Buat yg pagi-pagi sepedahan melewati pegunungan Sawahan, pastinya mampir ke Warung Pecel Berbek dong buat “ngisi bensin” perut. Hahaha.

Nasi Pecel Berbek

Situasi di dalam warung.
Tapi di luar warung ada pelataran toko
yg bisa dibuat lesehan dengan nggelar tiker.

Nasi Pecel berbek

Nasi pecel Berbek, paling enak sejagat raya!

Lokasi: Belakang Alun-Alun Berbek. Depan lapangan futsal (yang dulu toko)
Buka: Jam 6 – 9 pagi
Harga: Nasi Pecel Berbek Rp. 3500,-

PUKUL 12 SIANG (MAKAN SIANG)

Makan siang itu bisa apa aja ya. Dan warung makan siang itu banyak sekali pilihan. Mulai rujak, soto, gado-gado, apa aja deh. Yuk dipreteli satu-satu..

1. Rujak Cingur Khas Jombang

Makan siang favoritku adalah di sini. Agak gak fair sih ya, soalnya ini khas Jombang kok aku bahas di kuliner Nganjuk. Hahaha. Yowis ben, salahe rasane enak! Hahaha..

Rujak Cingur Jombang

Rujak Cingur Khas Jombang

Rujak Cingur Khas Jombang

Rujak Cingur dan Es Rujak Kambang

Lokasi: Jl. Sersan Harun nomer 75. Belakang Pasar Wage ada pertigaan Masjid, belok ke barat.
Buka: Jam 11 siang – 14.30 sore
Harga (2015):
Rujak Cingur: Rp. 7500,-
Es Rujak kambang: Rp. 2000,-

2. Soto Lamongan Cak Ji

Ini juga bukan khas Nganjuk, tapi gak popo lah. Salah sendiri rasanya seger dan enak. Bhahaha..

Soto Lamongan Cak Ji

Soto Lamongan Cak Ji

Soto Daging Lamongan Cak Ji

Soto Dagingnya enak!

Lokasi: Dekat prapatan Bangjo Jembatan Ploso.
Buka: Siang sampai Malam.
Harga: Soto Daging Rp 9000,-

3. Warung Baru

Di Nganjuk juga ada gado-gado paling enak sedunia. Gado-gado buatan Warung Baru. Ada menu lain, kayak Lontong Kikil, Tahu Campur, yang rasanya juga paling enak sedunia!

Warung Baru

Warung Baru dengan menunya yg paling enak sedunia itu!

Warungnya kecil sih, kalau ke sana pas jam-jam kantor istirahat, biasanya rame penuh. Biasanya aku ke sini pas jam jam orang-orang kantor pada balik kerja. Jadi hanya aku saja sendirian menguasai warung hahhaah.

Gado-gado di warung baru

Gado-gado paling enak sedunia!

Lontong Kikil Warung Baru

Lontong kikil paling enak sedunia!

Si peramu bumbu di Warung Baru ini dulunya adalah Chef Hotel di Batu Malang sana. Makanya wajar kalau semua menunya enak!

Lokasi: Prima Swalayan ke timur. Ketemu perempatan lurus aja (jalan menuju SMPN 2 Nganjuk), habis melewati jembatan tengok kanan jalan. Nah, di situ ada Warung Baru.
Buka: Jam 11 siang – 14.30 sore
Harga-harga (2015):

Daftar Harga Warung Baru

Masih murah kok.

SORE-SORE

Buat yang telat makan siang, atau yg males makan malam, biasanya makannya sore lah ya. Wah kalau sore-sore enaknya makan apa ya di Nganjuk?

1. Nasi Becek Pojok

Nasi becek itu gulai sate tapi khas Nganjuk. Rasa bumbunya beda dengan gulai-gulai pada umumnya.

Wis to, pokoknya orang Nganjuk itu pada pinter masak makanan. Coba kalau Nasi Becek ini diikutkan kontes makanan terenak sedunia, kayaknya bakalan mengalahkan rendang! Saya.. yakin.. banget! Hahahahah.

Nasi Becek Pojok

Pastikan yang Becek Pojok ya.
Jadi ada dua warung becek. Yang sebelahnya gak enak!

Penting itu! Pastikan milih yg Pojok. Walaupun tempatnya sempit, tapi rasanya gak bikin nyesel.

Nasi Becek Pojok

Ini rasanya bikin speechless! Enak biiiingids!

Penting juga! Jangan beli di sini siang-siang (jam 12 sampe jam 3 sore). Soalnya warung nasi becek ini buka siang juga. Cuman yang jual beda dengan yang sore. Yang siang rasanya… Aku sih no!

Yang enak itu shift sore. Bukanya jam 4 sore sampe malam. Yang jual ibuk-ibuk berkulit kuning langsat.

Ibuk-ibuk penjual nasi becek

Pastikan yang ngedoli adalah ibu ini ya!
Kalau bukan, jangan beli!

Lokasi: Pojokan bangjo perempatan jalan A Yani.
Buka: Sore jam 4 – malam jam 9.
Harga:
Nasi Becek Rp. 12.500,-
Sate 1 tusuk Rp 2500,-

2. Mie Petir

Oh iya, lupa. Di Nganjuk ini rata-rata makanannya pedas. Jadi Nganjuk ada surganya penikmat pedas KAYAK AKU!!! Aku ini sejak umur 3 tahun sudah doyan pedes! (sumber: ibukku!). Dan bersyukur banget hidup di Nganjuk yang rata-rata makanannya pedas!

Dulu sempet tersiksa hidup di Surabaya bertahun-tahun karena makanannya anyep njejeb kurang pedes. Hahahaha.

Dan makanan pedas di Nganjuk yg sangat aku rikomendidkan ke kalian adalah MIE PETIR! Pedasnya juara! Nggak cuma pedas doang, tapi sedeeeep! Enaaaaak! Jian mbuh pokoke! Hahaha

Mie Petir

Mie Petir

Mie petir ini ada level-levelnya kok. Buat yang gak doyan pedes juga boleh. Ada level paling bawah: PAUD yang 0 cabe. Lalu level TK, SD, SMP, SMA, Mahasiswa, Sarjana dan terakhir level profesor paling pedes ya! Jangan coba-coba kalau gak doyan pedes. Kalau aku sih level profesor biasa aja ya pedasnya. Aku emang sombong sih. Aku emang gitu sih orangnya. Hahahaha

Sayangnya penamaan levelnya kok gak nyambung sama nama Mie Petirnya ya? Harusnya nama levelnya Cerah, Mendung, Hujan, Petir, Badai, Angin topan, Halilintar. Khan lebih nyambung! Hahahahah.. Ntar aku aja deh yg bikin hahhaha..

Mie Petir level-level

Mie Petir berbagai macam level

Lokasi: Depan Perumnas Candirejo.
Buka: 12 siang – 9 malam
Harga (2015): Mie Petir Rp. 6000,-

3. Mie Ceker Lobada

Ini udah ngehits banget sejak lama. Cuman aku kalau melewati warung ini gak pernah mampir, bablas aja ke Warung Baru. Belum pernah niat dari rumah buat mampri ke sini soalnya.

Nah, malam itu aku niat ke sini gitu. Warungnya ada di pojokan perempatan sekarang. Dulu sih ada di depannya.

Ternyata mie cekernya enak sodara-sodara!

Mie Ceker Lobada

Mie Ceker Lobada ini kuahnya manis!

Menunya selain Mie Ceker, juga ada mie bakso dan lain-lain. AKu baru cobain mie ceker aja. Kapan-kapan coba menu lain ah.

Lokasi: Jalan Yos Sudarso. Prima Swalayan ke timur. Lalu ada perempatan. Pas pojokan!
Harga: Mie sama minum (teh, es jeruk): 10 ribu.

MALAM-MALAM

1. Nasi Becek Pojok

Udah dibahas di atas.

2. Nasi Pecel Bledek

Jadi nasi pecel Bledek buka pagi dan sore. Walaupun penjualnya beda, tapi semuanya enak! Yang sore, buka jam 5 sore sampe 9 malam.

Nasi Pecel Bledek

Nasi Pecel Bledek versi malam hari

Nasi Pecel Bledek

Penjual nasi pecel Bledek versi malam

3. Soto Ayam Kampung Lamongan

Saya langganan beli soto di sini karena pemiliknya itu temenku sendiri sekeluarga. Yang meracik ibunya, yang bikin teh bapaknya, yang melayani anaknya perempuan. Sementara temenku gak ngapa-ngapain sih. HAHAHAHAHA.

Soto Ayam Kampung Lamongan

Namanya Soto Ayam Kampung Lamongan
Tapi yang jualan orang Nganjuk :-P

Soto Ayam Kampung Lamongan

Soto ayam kampung. Bukan ayam potong ya

Porsinya jumbo sih. Kenyang. Puas! Dulu saya cepet gemuk gara-gara tiap hari makan soto di sini. Plus susu denko tiga kali sehari. Hahaha. Over dosis banget makanannya.

Sekarang udah jarang makan di sini lagi. Jarang-jarang. Khan ceritanya menjaga kesehatan. Bhahahaha..

Soal rasa sih, khas Lamongan ya, seger. Gak gurih berlebihan. Dan juga gak ada santannya, jadi gak eneg. Soal porsi, ini yang dicari orang, soalnya di sini porsinya jumbo! Sampe mangkoknya penuh soto. Bhahahaha..

Lokasi: Jl. Dr Sutomo
Buka: Malam sampe habis.
Harga: Soto Ayam Kampung Lamongan Rp. 9000,-

4. Mie/Nasi Goreng Pak No

Nasi Goreng atau Mie Goreng Pak No

Mie Goreng Pak No

Pak No dan tetangga-tetangganya ini semuanya jualan mie dan nasi goreng dengan damai. Semua punya langganan masing-masing. Mereka jualan di rumah masing-masing. Jadi satu gang itu jualan mie/nasi goreng semua. Lucu sih. Harusnya disebut kampung mie goreng saja ya? Hahaha.

Mie Goreng Pak No

Mie Goreng Pak No

Kalau ke sini di atas jam 10, nasi gorengnya habis. Tinggal Mie doang. Mungkin memang jatah mienya dibanyakin. Makanya namanya Pak No Mie.

Aku bertiga kemarin ke sini jam 10.30 malam, dan kami pembeli terakhir.

Soal rasa sih standar ya. Standar Nganjuk itu maksudnya enak! Hahaha. Porsinya kenyang.

Lokasi: Jalan LetJend S Parman ke selatan. Setelah melewati kuburan ada gang kecil belok kanan.
Harga:

Harga Pak No

Muraaaah pokoknyaaa..

5. Nasi Goreng Cak Lan

Gak hanya menjual nasi goreng sih. Tapi juga mie goreng dan Capjay. Rasanya cukup enak. Tapi lebih enak di Pak Nomi di atas. Tapi karena Pak Nomi jauh, aku biasanya beli di sini karena dari rumahku deket.

Lokasi: Jl. Abdul Rahman Saleh. Enggok-enggokan Gang Raung. :-P
Buka: Magrib – 9 malam.
Harga 2015:
Nasi/Mie goreng: Rp. 8000,-
Capjay: Rp. 12000,- (porsinya banyak bisa buat begadang sampe pagi gak laper. Hahaha)

6. Penyetan Monggo Mampir

Penyetan Monggo Mampir

Warung Penyetan Monggo Mampir

Aku pernah iseng mampir makan di sini. Beli Pecel Lele. Lah lelenya gedhe! Trus sambelnya juga enak. Kayak sambel trasi rumahan gitu. Sayangnya tempatnya agak gelap yaaa. Gak papa wis redup, yang penting rasa makanannya bikin mata melek menyala. Hahaha.

Penyetan Monggo Mampir

Pecel lelenya enak!
Saking enaknya, keburu habis dan lupa motoin.
-___-

Trus suatu saat lagi, pas agak malaman dikit, sekitar jam 8 lebih gitu, aku mesen pecel lele, eh habis. Adanya telur. Yowis gak papa. Yang penting sambelnya sih. Oh iya, di sambelnya ada bonus terongnya loh.

Makan nasi sama sambel terong doang aja udah enak. Apalagi tambah lauk lele, ayam, atau telur, pasti tambah maknyus.

Lokasi: Jl. Abdul Rahman Saleh. Belakang rumah sakit lurus ke barat. Belok dikit ke kiri. Pojokan!
Harga:
Penyet Lele + Teh Anget = Rp. 10.500,-
Telur Penyet + Teh Anget = Rp. 9.500,-

LARUT MALAM DI ATAS JAM 11

1. Nasi Pecel Sepanjang Jalan Ayani

Aku kalau kelaparan malam-malam, biasanya ya beli nasi pecel di sepanjang jalan A Yani. Rata-rata nasi pecelnya enak. Pedes. Penjualnya ada yg sudah ibu-ibu, ada yg masih mbak-mbak. Ada yg bodinya bahenol juga. Dan rata-rata yang makan di sepanjang jalan A Yani adalah cowok-cowok. Bhahahhaa.

Tapi jangan khawatir, aman sentausa kok buat kamu yg cewek kelaparan malam-malam. Mereka cowok-cowok berkumpul untuk makan dan cangkrukan. Bukan untuk nggodain bakulnya. Hahahaha.

Jalan Ayani

Jalan Ayani di malam hari

Nasi Pecel Ayani

Nasi Pecel Sumber Rejeki? Lupa namanya. Hahaha

Kira-kira ada 10 lebih penjual nasi pecel di sepanjang Jalan Ayani. Katanya sih yang paling enak ada di sebelah BCA, tapi aku malah belum pernah njajal. Huwaaaa.. pelanggaran tenan! Hahaha.

Foto foto di ayani

Sepi. koyok cah ilang. Bhahahah
Ini difoto jam 1 pagi. Hahaha.

Ada yang penyajiannya pakai pincuk daun pisang, ada yg pakai piring. Tinggal pilih aja. Kalau tempatnya penuh di warung yang ini, bisa pindah di warung sebelahnya..

Di sini warungnya baru buka setelah semua toko tutup. Jadi sekitar jam 9 malam. Tutupnya sampe habis. Biasanya sih di atas jam 1 pagi. Jam 2 pagi biasanya masih ada yg buka. Pokoknya gak sampe jam 3 pagi.

2. Nasi Pecel Mak Tibe

Kalau yg ini jauh banget dari Nganjuk ya. Soalnya letaknya Desa Sono Ageng, Kecamatan Prambon sana. Sekitar 20 kilometer dari Kota Nganjuk. Warung ini buka di atas jam 10 malam.

Mak Tibe

Nasi Pecel dan Tumpang Mak Tibe.
Perhatikan jarum jamnya saat itu jam berapa. Hahahah

Nasi pecel mak tibe

Suasana di sini tenang. Maklum sudah larut malam.
Jadi ngobrolnya santai gak bengok-bengok.

Nasi Pecel Mak Tibe

SUMPAH INI NASI PECELNYA ENAK BANGEEET!!!!

Gak macem-macem lauknya. Cuma tahu goreng! Tapi rasa sambelnya juara deh! Porsinya juga cukup mengenyangkan. Aku kalau ke sini sama temen namanya mas Sentot dibonceng motor.

Lokasi: Desa Sono Ageng, Kecamatan Prambon, Kabupaten Nganjuk.
Ancer-ancernya: Loceret lurus ke timur. Sampe masuk desa Kecubung lurus ajaaaa.. notok jedok ketemu pertigaan. Trus belok kanan. Luruuuus. Ketemu Indomaret kanan jalan lurus aja. Sambil nengok kanan ada gang yang ada patung sapinya. Belok kanan masuk gang itu. Cari masjid di kiri jalan. Lalu setelah masjid ada pertigaan belok kanan. Nah, warungnya ada di kiri. Biasnaya banyak sepeda motor parkir.

Buka: Jam 10 malam – 3 pagi.
Harga 2015: Nasi Pecel Rp. 3500,-

Nah, jadi kalau warga Nganjuk mau puasa setiap hari, bisa kok, ada yg jualan nasi pecel saat sahur. Enak to! Hahaha.

________

Kamu punya rekomendasi kuliner Nganjuk apa? Kasih tau aku ya! Ntar kalau enak, bakalan aku tambahkan di postingan ini.

Muhammad Ali Mudzofar a.k.a ndop. Punya motto hidup: Think less feel more. Lebih banyak merasa, lebih banyak manfaatnya. Lebih banyak mikir? Cepet tua loh! #eh



105 KOMENTARS YUK KOMEN ↓

Biar avatarmu muncul, daftar di gravatar.com ya

  1. EDIYAN! Nasi Pecel 24 jam! Eh, tapi di Jogja ya Nasi Gudeg juga 24 jam deng, hahaha. :D

    Kalau diriku pindah domisili Nganjuk hampir bisa dipastikan makin berisi…

    • Huahahahha.. He eh Wi. Soale Nganjuk kui enek sing ngartekne Mangan Karo Ngunjuk. Hahahaha isine mangaaan tok karo ngunjuuuk tok. Hahahaha..

      • wekekeke, apapun makanannya minumanku tetep sama, hahaha :D

        • Teh tawar hahahaha

  2. Jeduaaaaaaaarrr isine sego pecel tok hahaha… Jombang sama sih cak di mana-mana sego pecel akeh, cuma yang susah krupuk pecel yg gak pake nasi itu, adanya klo pas romadon saja.
    Rujak cingurnya Jombang kenopo nongol nang kunu iku haha…

    Btw makasih loh uda pernah mentraktir aku makan nasi becek warung pojok :D

    • Huahahahah.. Rujak asli Nganjuk soale ora enek. Khan asline si rujak khan panganan meduro to Lid. Dadi sing tak tulis Jombang ae cedak Nganjuk hahah. Nah krupuk pecel masuk kategori jajanan. Suk ah tak tulise hahaha Jajanan Nganjuk dari pagi sampai malam. Bhahahahhaa

  3. kesimpulan : nganjuk kota nasi pecel? :p

  4. aku pengen pecelnya kaya yang enak hehehe :G

  5. Sego Bantingan-nya mirip kayak nasi jinggo kalau di Bali :D Terus nasi Nasi Pecel Bledek sukses bikin pengen~~ sambel pecelnya kira – kira enakan yang mana ya? Nganjuk atau blitar? :p *regone sik murah – murah yo cak~~ gak koyok ndek jakarta~~ laranggg~*

    • Huahahahha.. Iyo jelas murah. Nek larang ngko gak enek sing tuku hahaha.. Nasi jinggo rasane bedo karo sego bantingan kok. Nah nek sego pecel bledek kui cedek banget karo omahku garek mlaku tok sediluk wis teko. Wah aku kudu njajal sego pecel mblitar ki. Gung tau njajal e.

  6. beuh ndop ngrahi weteng luwe lan ngiler. Baru siji sing wes tak coba: Nasi Becek Pojok. Masih penasaran sama nasi pecelnya Mbok Iro yang fenomenal itu :D

    • Hahahah nek mbok iro wis ora pati enak rasane kang. Soale sing dodol khan anake saiki. Mbuh kok suwe suwe gak seenak jaman biyen ya hahaha.. Dirimu mampir ning Becek Pojok kapan kang? Wis suwe mestine ya

      • oalah wes ganti anake to, baru ngerti. iku sing jenenge ‘tacit knowledge’ ndop, ndak bisa diwariskan. kayak kharisma kyai yang sering kali tidk diwarisi putra-putrinya. Wah jadi ndak kepengen lagi ndop. Sego becek, wes suwe banget, tahun 2011 mungkin ya, biyen pas mari kondangan tekan Ponorogo, ono wong Nganjuk sing ngajak. Enak tenan jebule. Yen Bakso nganjuk ono sing enak ra ndop?

        • Bakso sing enak Bakso Tenis. Tapi panggone ning Berbek. Semacam 10 km soko omahku. Asline dee mbuka cabang ndik kutho, tapi rasane bedo dan aku pernah dikecewakan. Mangkane gak tak tulis ndik kene hahaha wis tereliminasi.

  7. yongalah, ket jamane mbok iro sampek pecel beldek, durung klakon njajal.

    kudu diagendakan iki nek liwat nganjuk maneh

    • He eh. Wong mandak nganjuk kuto cilik ae kang. Dalane gak mbulet haha. Yo ngko nek liwat nganjuk, sedino sak durunge kabari aku ya. Ben aku tak ngosongne weteng disik. Gagagahha

  8. wah ini yg disebutin recomended semuaaa.
    aku wis pernah nyobain nasi pecel di smpingnya BCA mas,emang top markotop gurih+pedesnya,yaa beda tipis sama bledek cuma tetep aja yg numero uno si bledek nyaaa =D

    • Wuaaaaah… Kapan2 aku kudu njajal ki. Penasaraaan…

  9. yang di bungkus dengan daun pisang… seperti nasi kusing ya mas… (cuman istilah) yang sebenarnya porsi mini :lol:

    • Iya. Sama. Nasi bantingan atau sadukan juga cuma istilah hehe

  10. beh..sampeyan tau teko gone mak ti-B mas…wah berburu sego pecel sampek kono yak
    Pancen sego pecel nganjuk terkenal sak jagat raya og…mertua q lo wong sampang meduro nek tk gawakne sambel pecel sueneng enak pedes jarene pengen jajal bledek ki mben nek muleh nganjuk…hahaha

    • Huahahaha iki postingane jik bersambung pokoke. Nek nemu sing enak maneh bakalan tak update postingan iki kang.

  11. ibuk-ibuk penjual nasi becek yang ship sore luwih grapyak dan nggak jutek kayak yang pagi, aku sebagai pelanggan rindu akan ke-grapyak-an tukang nasi :lol:

    • Huahahah.. Yg pagi khan yg jualan cowok alias mas mas. Wonge meneng rapati seneng omong hahaha.. Palingo mbatin, aduh, wong wong seneng opo ora ya mangan sego becekku haha.

      • ato mungkin juga wonge isin karena iseh nyubi hahaha

        • Huahahah.. Kudune sih bumbune dipadakne ae ya. Ben iso dinikmati pagi siang sore malam haha

  12. HAW Nglaban #

    enak tenan urip nang nganjuk, pas lebaran Insya Allah arep tak baleni nyobak kabeh. Ojo lali asem-asem kambing iku asli nganjuk kethoke, bakso pemuda/remaja, sego pecel winong paling jos, sego/mie goreng cedhak bunderan stasiun, es pak darmo.

    Nek rawon sing enak nang endi ndop ?

    • Asem asem kambing kapan2 tak tulise ning kene. Lha adoh soale dadi nek mrono kudu motoran ae hahaha.. Nek es dawet pak darmo kui temane minuman mas. Koyoke postingan iki fokus ning panganan haha.. Bakso Kartini! Oh iyoooo… Wah akeh sing durung tak tulis hahahhaa.

      Rawon aku gung ruh mas..

  13. wah di tunggu updete kampung sego dan mie goreng e kui mas…hahahha
    nek sego pecel ki jane nek pincuk e kae soko godong gedang pancen yo mantep tenan ya mas nek kertas minyak po piring kok kurang mantep ketok e…sego pecel A. Yani aku yo tau jajal sing bakule lemu ginuk-ginuk yo sedep hahaha

    • Hahhaahah ndik ayani sing segopecele nggawe piring yo enek. Tapi pancen afdol nek nggawe godong gedang yaaaa

  14. Ya ampuuun, ngomong upil jdi langsung mblegidik yakin, Mas. :D

    Non stop pecelnya eh. Aku pingin ngerasain Mie Petiiir. Beneran pedes versi lidahku ngga, yaa. Nyong kan suka pedes juga.

    • Wah mari kita bertanding. Soale aku iki wis doyan pedes sejak bayi! Hahaha

  15. Berhubung ngajuk itu tidak jauh-jauh amat dari Jawa Tengah, ta amati kulinernya juga tidak jauh berbaeda dengan kulineran di daerah saya mas (Solo-Wonogiri), seperti Sego banting, sego pecel, dan Soto Lamongan (ini banyak banget di Solo :D ),

    • Iyo bener. Aneh kok. Nganjuk itu bahasanya mirip sama semarang. Jombang, yang hanya 1 jam dari Nganjuk, bahasanya udah bedaaaa.. Gahahaahaha

  16. anto #

    maturnuwun infone mas ndop…

    mengko nek mulih tak jajal salah sijine…

  17. kudu dibookmark iki
    nek lewat nganjuk kudu mampir salah siji :D

  18. Bikin laper… pengen nyicipin rujak cingurnya…

  19. Wah menarik kakak! Kulinernya walau sederhana namun tampak membahana!

    • Nganjuk memang gitu. Orangnya sederhana, tapi tampak ndesoooo.. Hahahaha

  20. aku ke nganjuk beberapa kali dulu pas budeku masih hidup,, tapi ya ga sempet kulineran. kyke kalo aku ke sana lagi pasti makmur,

    byuh.. nasi pecelnya itu lho bikin ngiler. padahal cuma foto.

    pingin deh suatu hati ke nganjuk lagi beberapa hari khusus kulineran.

    • Rumah budemu yg di Nganjuk, nganjuk endi mbak?

      • di daerah kunciran yg ada kali gede itu, belakangnya makam.

        • Owalah. Aku kalau sepedahan minggu sering pol ning Kuncir. Adoh kui karo kuthone mbak. Tapi karo sego pecel Berbek kui cedek banget.

  21. ya Allah masss,tega bangettt….kudu dicatet nih,pas mudik besok mau ke ponorogo siapa tau bisa mampir salah satu atau dua atau tiga hehehe

    • Mantaaab!!! Ini aku ada foto2 apditan kuliner tadi siang. Tapi udah ngantuk. Kapan2 aja aku taruh di sini deh.

  22. Woohhh aku kangen kerupuk upil, di jakarta ga ono. Hahaha ini jadi intinya makanan nganjuk itu pecel, pecel dan pecel. Di malang kayaknya ada yg jual sego banting juga, tp blm pernah nyobain

    • Iyooo.. Mangkane diriku iki nek panganan gak pedes ora pati seneng. Terasa hambar. Hahaha wuih sego bantingan versi malang aku pingin njajal juga

  23. HAW Nglaban #

    saiki kok postinganmu suwe2 metune, biasane 3-5 dino wes ono postingan anyar. Padahal tiap ono postinganmu mesti tak woco kanggo tombo kangen nganjuk

    • Wah iyo, aku kakehan ngegame kang (clash of clans, hayday, dll) sing menyita waktu. Trus kakehan sosial mediaan, kakehan ndelok yutub, dadi ra kober posting. Kerjaanku yo lagi full bangetttttt… Mangkane aku rencanane mulai minggu iki sebtu tak preikno kerjoku, khususon digawe piknik utowo posting blog. Hahaha.. Mugo2 iso.

  24. Murah banget soto daging cumak 9 ribuuuuu! T_T *langsung pengen ke Nganjuk*

    • Iya murah2 di sini hahaha

  25. tanya min.??
    tu sate becek pojok kan ada 2, nah itu yang mana???
    yang barat warna tozca ato yang timur.??

    ada lagi rekomendasi kuliner
    1. sebelah baratnya nasi becek ada es dawet ketan, itu jg legendaris dr zaman bapaku SMA dinganjuk..
    2. nasi pecel (dr nasi becek ke barat) warung rumahan, deketnya indomaret, itu dah langganan dr zaman bapaku SMA jg, tp sayangnya udah tutup (skg gnt lalapan bebek) mungkin gk ada generasi yg mneruskan.
    3. nasi gudeg deketnya gedung darma wanita..
    mungkin segitu dulu, biar dsurve n di riview..

    • Yg nasi becek pojok khan udah jelas. Kenapa masih nanya lagi? Hahaha.. Dibaca lagi dong ah.

      Btw es dawet pak darmo wis ora enak rasane. Gak seenak dulu. Mangkanya gak aku tulis.

      Gudegnya boleeeh ntar aku cobaaa

    • woooo namanya es dawet darmo ya.? wwee eee eee ngunu
      nah nasi becek stau q ada 2. dihitung dr es dawet darmo ke barat ada 1, trus baratnya lagi ada lagi.
      nah ngomingin sate gule langgananq di daerah candi lor/boto ke barat. ada perempatan pertama ada warung sate warna biru, gurih-gurih enyoi tuh min..

      • Dirimu cocokin aja sama fotonya. Kok masih gak jelas sih. Hahaha..

        Oke deh. Suwun suwun. Kapan2 tak mrono.

  26. haahaaaa jarang ke nganjuk kota si min..
    maklum wong ndesit…
    rekomendasi laagi buat kuliner pecel.
    ini lokasinya di warujayeng
    nasi pecel kertosono namanya, sebelah slatanya koramil
    yang beda itu sambel pecelnya
    gurih gurih manis legit pedes n ada sate menthok juga…
    ohiya jajanan khas nganjuk dumbleg perlu dshare
    kayaknya dpasar wage gak ada ya, adanya dpasar gondang n rejoso.

    • Jajanan sengaja belum aku masukin kok. Udah kamu tenang aja. Lungguh dan manuto karo aku hahaah.

  27. Mas Ndop… Aku ga ditraktir gapopo Mas, seng penting isok ngancani aku melahap semua menu andalane njenengan dalam 24 jam… *wah nantang nih* :D

  28. Mas ndop tunjukin padaku jurusmu mengatasi kebosanan selain dolan ngapain enaknya mas :ampun: ???

  29. “Yang enak itu shift sore. Bukanya jam 4 sore sampe malam. Yang jual ibuk-ibuk berkulit kuning langsat.”

    Ibu kuwi jenenge sopo mas? Kok tatapane ngono kae e… Emange lagi mengamati opo e? Hahaha… :takut:

    • Koyoke lagi menerawang pembeline mas.. Kok ganteng ganteng kae opo sing jenenge mas ndop? Ngono mas hahaa

  30. Wah salah tenan yah ene ndelok postingan iki. Mau nyari sego pecel dimana coba di tengah Kepulauan Riau gini? *ngeces depan monitor*

    • Hahahaahah… Duh maaf mas. Mugo2 ngimpi mangan sego pecel yo mas haha

  31. murah meriah :rock:

  32. pelangsing tubuh alami #

    murah tapi enaknya ga kalah dg yang mahal :lol:

  33. lam kenal,
    gambar makananya semua menggoda selera. he he. Bisa dijadikan referensi wisata kuliner daerah nganjuk.
    o iya, itu beneran nasi pecelnya harganya segitu? murah banget.

  34. Riana Fatmawati #

    Soto lamongan mbak mar.. Timur rsud nganjuk barat gedung juang…. Sebrang kali .. Yummy

    • Oke kapan2 tak njajal mrono yaaa

  35. Salam kenal mas..Klo q yg jualan gado” & tahu campur di GK’45 Nganjuk.. Monggo mampir..Buka jam 5 sore s/d 10 malam..!”

    • Siap mas. Kapan2 mampir deh!

  36. Fais #

    Referensi kuliner terpercaya :tepuk:

  37. fahmi #

    Ada rekomendasi tempat penginepan di nganjuk yg murah dan nyaman tidak mas? saya dari jogja rencana week end ini ada acara di nganjuk..btw thank ulasan kulinernya..siap berburu kuliner khas nganjuk..wkwkwk

    • Manggilnya “mas” aja ya, biar aku nyaman. Penginapan di Nganjuk di hotel Nirwana mas. Dekat sama terminal Nganjuk. Kalau mau yg dingin ada di Hotel Pesanggrahan Sawahan. Viewnya bagus banget soalnya emang di gunung. Tapi jauh dari kota sih. Tapi deket sama wisata air terjun.

  38. mas ndop….jd ngiler nich…pungin nasi pecel nya.disamarinda yg ada dr pg,siang,malam sampai pg lg ya nasi kuning ,lontong sayur dan buras

    • Wuih. Ndik samarinda wong2 doyan pedes gak mbak?

  39. Guntari #

    Walah dalah wess dadi kangen karo nganjuk nak ngene carane hahaha Alhamdulillah nak krupuk upil nduwe langganan sing jualan ngge omahku depok, sing jualan wong batur sumber kepuh dadi tiap minggu mesti tuku krupuk upil.
    Truse muleh ngge nganjuk nak pas lebaran tok yo mas dadi waktune mepet nak pengen melanglang buana kulineran wkkwk.
    Tp insyaAllah referensi ne tak samperin mengko nak muleh ngge omah nganjuk,.

    Truse mas, oleh-oleh khas ko nganjuk opo yo. Biasa iku dinggo konco-konco ku sing super bawel haha selama iki tak tukokne random ae sing penting oleh-oleh mesti wes seneng
    Njaluk rekomendasine nggeh mas
    Matursuwun..

  40. susihana #

    Kemarin sy mampir ke nasi becek pojok, seperti yg mas Ndop tulis
    Ibu yg jualan ya spt foto tsb
    Tp waktu mau nambah u dibungkus dan sate bilangnya habis
    Kayaknya dia gak mau / gak boleh pembeli mbungkus (ndak tau, mungkin dr syarat dan ketentuan berlaku dr sang d*k*n) ha…ha…

    • Iyes. Dia membatasi untuk dibungkus. Kalau memang masih sore dia mau melayani. Kalau sudah peak (rame2nya) dia gak melayani bungkus soalnya untuk pembeli yg makan di situ. Apalagi kemarin malam minggu khan? Hehehe.

    • Hiahahha mungkin kalau dibawa pulang rasanya berubah! Jreng jreng jreng..

      • susihana #

        Betul betul…
        Ada juga nasi rawon di Mastrip yg pembeli juga gak dilayani kalo bungkus

  41. Handri #

    Warung Baru: lontong kikil & gado-gado rasanya biasa saja, ga enak2 banget… Rasa 5/10

    • Beda selera mas. Lidah orang khan beda-beda. Menurutku ya enak banget. Skor 9/10 lah.

  42. ericho fery hardana #

    Nganjuk tercinta.
    :D

  43. Fitri #

    Wahh jd ngiler.. kalo k nganjuk lg pngen nyoba smuaa kulinernyaaaa

  44. Joeni Arie #

    Kurang Satu Lagi Mas Bakso Pentol Cibuk Pak No Mantapp Pentole Akeh di Campuri Capar Semangkok Murah Meriah Rp. 5.000…
    Ancer Ancere Perempatan Terminal Lama..

    • Wah budal iki! Suwun ya kang.

  45. mona atika #

    Bakso seng enak kii depan e kantor pos nganjuk jjumbo hrg relatif murah menurutq kalau nasi pecel kii enak di terminal baru sego pecel mak yem yg jual jilbab an cantik rasane top dehh ada lagii mie jawa seng rasane joss lali dlan ee tp arah alun” ke utara lurus nglewati rel jan jos rasane

    • Woiyooo bener kui mbak. Suwun infone yaaa..

      • Dika #

        Mie Selatan Adipura. barat stasiun.warung mie pak Tomie belum masuk min.memang harganya agak mahal.tapi yang penting rasanya gk mengecewakan.setiap hari gk pernah sepi

    • ifa #

      mau tanya dong say, bakso, nasi pecel itu buka siang hari kah? makasih

  46. ifa #

    halo mas Nganjuk,., mau tanya boleh dong ya. aku akan ada touring ke jawa timur naik motor, dan melewati jalur Nganjuk. jadi kami berencana akan makan siang di Nganjuk, minta referensi makanan khas nganjuk (boleh pecel) yang enaknya selangit ya…
    ada tempat parkir buat 25 motor.
    terimakasih.

    • Wow. Kalau 25 motor mending di Presiden saja. Letaknya di pinggir jalan utama (dilewati bis jogja surabaya), atauuu.. ke Satria. Menu andalan sama sama Gurami sih. Parkiran luas banget. Alamatnya untuk Presiden di Jalan Raya Sukomoro Nganjuk. Satria pun gak jauh2 dari situ.. semoga puas ya dengan jawabannyaaa.. sori bukan pecel soalnya kalau siang gak waktunya makan pecel. Mulai sore – malam baru ada nasi pecel. Dan parkirnya ga bisa banyaaak.. soalnya rata2 yg enak itu warung kecil. Hehehe

      • ifa #

        makasih infonya bro.. tapi budget terbatas nih… kita sih gpp kalau makan di warung pinggiran asal enak hehe, ada info lainkah selain menu itu?

        • Oh gini aja mbak. Dirimu langsung menuju ke Gedung Juang 45 saja. Disitu banyak kuliner berjejer ada Nasi Becek juga (semacam gulai sate khas Nganjuk), nasi pecel kalau siang ga ada sih. Tapi ada soto ayam, bakso juga ada, dll.

          • ifa #

            baiklah… terimakasih banyak mas bro :)

  47. threeant #

    Angkringan mlm buka diatas jam 9mlm dpn bri jln gatsu jual ronde,sego bantingan,gorengan. Rujak ma pecel dkt rel kereta api sblm rs bhayangkara. Sate ayam dpn stasiun. Lesehan deu sukomoro menu lalapan ikan bakar sambel pencite wenak..nasi becek daerah kramat msk kampung sik tp rasa manteb sedep..tahu lontong n susu kedelai djln apa ya lupa nama jlne. Es oyen pinggir jln jg seger djln apa lupa namae hihihi lmyn cm 1th saya dinganjuk..


1 Blogs yg membahas ini juga!

  1. Oleh Oleh Khas Nganjuk - Jenis Khas Ole Ole Makanan Kuliner di Medan

Komen dong!