26 Sep 2012

Sedekah Pangkal Kaya

Iseng update status facebook di sini. Dan ternyata mendapatkan 49 likes dari semua kalangan. Entah itu orang Islam atau bukan. Entah itu yg ektrim atau bukan. Yang jelas statusku yg ini alhamdulillah tidak menuai kontroversi…

—- maklum update status tentang agama di facebook sekarang ini sangat rawan, mengingat banyak temen yg mungkin kurang paham, salah tafsir, kurang pengetahuan agamanya. Jadi kalo gak setuju langsung frontal mengatakan ini HARAM masuk NERAKA! :doh: —-

… gak kayak logo mata satu dengan tiga andeng-andengku yg banyak menuai kritik tajam karena menganggap aku pengikut Dajjal. Naudzubillaah..

*Sesi curhat selesai*

Nah, saya sedang (sok sokan) mengoreksi peribahasa “Hemat pangkal kaya” menjadi “Sedekah pangkal kaya”. Karena menurut saya hemat di jaman sekarang ini kok cenderung ke pelit ya? Bener gak sih? Atau mungkin ini pikiran burukku aja. Tapi setidaknya berhemat bikin kita bisa menabung untuk mencukupi kebutuhan mendesak. Tapi sedekah (lebih tepatnya “sodaqoh”) lebih baik dari menabung deh. Coba kalo duit kita tabung aja gak disedekahin sama sekali. Orang lain (yang “kebetulan” miskin) gak bisa menikmati hasil jerih payah kita. Padahal sebagai makhluk sosyel (baca: sosial) kita sudah “sewajarnya” berbagi. Jadi berbagi itu “sifat alami” manusia, bukan anjuran lagi sebenarnya, tapi semacam “kebutuhan”.

Khan Tuhan juga sudah ngasih janji. Tuhan kalo janji itu PASTI menepati. Tahu khan kalau kita berbuat baik, akan dibalas kebaikan berlimpah. Ingat! balasannya BERLIMPAH RUAH, nggak cuma “setimpal”. Beda sama perbuatan buruk, perbuatan buruk akan mendapat ganjaran setimpal, bukan berlimpah ruah. Karena Tuhan bukan “tukang siksa”, Tuhan sangat mencintai makhluknya. Perlu bukti? GAMPANG! UDARA DI SEKITAR KITA INI BISA DINIKMATI SEMUA MAKHLUK, baik dan buruk, GAK HANYA AGAMA TERTENTU KHAN? hehe..

*sesi ceramah selesai*

Nah, karena perbuatan baik akan mendapat balasan berlimpah ruah itulah, kita sewajarnya memanfaatkannya dong. Yah, cara gampangnya ya sedekah. Kalian sudah tahu dong, kalo 2,5 persen dari penghasilan kita itu ada hak orang lain di sana. Nah, buat freelancer seperti saya ini, musti memperhatikan hal seperti itu. Maklum aku kerja sendirian, yang ngatur keuangan juga sendirian, apapun sendirian. Beda sama kerja di Pegawai Negeri, kalo kata kakakku yg jadi Guru ada potongan 2,5% untuk zakat penghasilan setiap bulannya. Sudah dipotong, jadi nggak perlu repot dan khawatir lagi kalo lupa belum zakat. Lha kalo saya??

Ibuk pun menganjurkan saya (walaupun aku belum wajib zakat sih, soalnya yg wajib itu harta kita (setelah dikurangi kebutuhan hidup yg wajar) harus setara minimal 85 gram emas dalam setahun. Kalo satu gram emas = 550 ribu, jadi 85 x 550000 = 46750000 {46 juta 750 ribu}). Eh udah wajib atau belum ya? *rahasia perusahaan*

Ibuk menganjurkan untuk latihan (buat yg belum wajib zakat) dan memulai (buat yg udah wajib zakat). Yaitu dengan cara menghitung 2,5% dari setiap penghasilan yg saya terima setiap ordernya. Jadi misal ada yg udah transfer 100 ribu, saya langsung mencatat 2500 nya di buku khusus zakat. Jadi kalo kalian lihat buku keuanganku, isinya bukan pemasukan tiap bulan, melainkan “berapa duit yg harus aku keluarkan untuk zakat” karena menurutku itu DUIT PANAS. Duit yg bukan hak saya.

Dan alhamdulilaah dengan anjuran ibuk itu, tiap tahun (ini udah tahun ketiga) aku bisa ngasih ponakan-ponakanku angpao secara merata. Tahu sendiri lah keluarga besar ini ponakannya BUANYAK BANGET. *ampun dah*. Coba kalo aku gak mikir nyatet zakat, bakalan kaget atau semacam “gilak banyak banget duit yg harus aku keluarkan?”. Tapi kalo udah tahu itu zakat, kita akan mudah banget memanage keihlasan kita. Asal sudah dipatri ke dalam jiwa kalo ada DUIT PANAS di setiap duit yg kita terima.

Sodaqoh Pangkal Kaya

Dan apakah Tuhan mengingkari janjinya? TIDAK SAMA SEKALI. Tuhan itu Maha Baik. Buktinya? Ya alhamdulillah rejeki terus mengalir bahkan tumpah ruah. Janji Tuhan selalu ditepatiNya! Dan alhamdulillaah ibuk dan aku itu kerjasama. Aku cari rejeki yg banyak, zakatnya aku kasih ke ibuk, lalu ibuk ngasih duit zakat itu ke tetangga yang taat beribadah dan “kebetulan” nggak mampu. Biasanya ada santunan anak yatim juga sih. Biasanya dikasih ke keponakan yg masih kecil kecil. Ada kelegaan spiritual tersendiri kalo bisa membantu sesama. Btw, zakat boleh dikasih siapa saja selain “orang yang menjadi tanggungan kita”, seperti anak, istri, ibu, dan lain lain (silakan pelajari sendiri bab zakat ya, saran saya pelajari bukunya pak Quraish Shihab, dia ilmu agamanya sudah tinggi dan muthaakhir).

Sudah ah, mau ngelanjutin cari rejeki yg buanyak, biar bisa ngasih ke orang lain yg buanyak lagi.. aamiin..

————–

Gambar diambil di rumahmemez.com; Sumber ceramah: Buku “Quraish Shihab menjawab 1001 Soal Keislaman Yang Patut Anda Ketahui”

Muhammad Ali Mudzofar a.k.a ndop. Punya motto hidup: Think less feel more. Lebih banyak merasa, lebih banyak manfaatnya. Lebih banyak mikir? Cepet tua loh! #eh



34 KOMENTAR KAMU KOMEN YUK ↓

Biar keluar avatarmu, daftar di gravatar.com yah ^_^

  1. Kadang diriku juga lupa dengan sedekah… padahal emang itu adalah kewajiban kita..
    Wah sepertinya harus mengikuti jejak mas Ndop nih bikin catatan zakat… hihihihi

    badewey…. kalo bayar pajak termasuk zakat gak ya… (*garukgaruk
    oborooodagiri punya postingan keren nih: Perbesar Penis di Kliniknya MAK EROT tetanggaku

  2. uaahh.. terimakasih ya masndop, jadi inget buat sedekah kalau udah gajian akhir bulan ini..
    liecha punya postingan keren nih: MOM 2012 UWKS

    • Sama sama, aku ini orangnya cenderung cuek sama hal2 begituan, alhamdulillaah ada ibu yg selalu mengingatkan..

  3. Jangankan udah sedekah mas …
    Baru niat aja rejekinya udah dilancarin …
    Baik janji Allah mengenai sedekah atau niat sedekahnya sudah pernah saya rasakan, maka saya setuju pendapat anda. :)

    Kita lihat saja semut sama lebah, nyari makan bareng-bareng, mengambil hanya yang menjadi haknya, makanya mereka adalah makhluk sukses di muka bumi. Sampai sekarang mereka belum punah. Di sisi lain, coba lihat hewan yang soliter, banyak dari mereka yang terancam punah.
    Iwan punya postingan keren nih: Beberapa Alasan Kenapa Selingkuh itu Tindakan Terbodoh Pria

    • iya bener ya, saya juga setuju dengan pendapat anda :-) Semut dan lebah contoh nyata untuk manusia agar mengambil sesuatu secukupnya. Dan hewan lain yg terancam punah sebenarnya bisa jadi contoh manusia agar tidak serakah. suip pol..

  4. dengan bersedekah semoga bisa menjadi tabungan amal. amin..
    *benerin peci*

  5. Judulnya Sedekah tapi di toolbar muncul sodaqoh…
    Knapa dibikin gitu?
    Saya sendiri suka pakai istilah sedekah…

    ===================
    Saya lebih suka pakai istilah ziarah ketimbang ziarah
    Saya lebih suka pakai istilah sabar ketimbang sobar…

    ========================
    Kalau Ziaroh ke makom harus sobar…
    marsudiyanto punya postingan keren nih: Ketika Peran Berubah Jadi Perang

    • haha.. gak papa. Namanya aja anti mainstream. Aku kebetulan kurang suka kalau melenceng jauh. Sodaqoh dengan sedekah itu melenceng jauh mengucapannya. Aku setuju sedekah, tapi juga mau (sok sokan) “mengedukasi” kalau sedekah itu kata aslinya sodaqoh. Sama kayak “sobar”nya bapak itu, kalo gak diedukasikan, banyak yg gak tahu kalo sabar, “sa”nya itu kalo dalam tulisan arab, hurufnya shot, bukan sin. hohohoho…

      Memang iya kalo ngobrol sehari2 emang enak ngucapin sedekah, kalo sodaqoh perlu qolqolah di tenggorokan yg gak semua orang bisa ngucapin haha..
      :sip:

      • tergantung penggunaannya, apakah sesuai kata aslinya atau yang sesuai dengan kata baku bahasa Indonesia. kalo pakai bahasa asing ya dimiringin tulisannya…

        *sekadar nyamber
        aprie punya postingan keren nih: Akademi Berbagi : Master of Ceremony

        • hahaha.. iya kalo aku nulis skripsi atau karya ilmiah, mungkin akan beda lagi (sesuai aturan dong ya), lha ini blog saya e, jadinya saya juga feel free to write and choose the words that I want. hahaha..

  6. ini juga yang dijanjikan Allah.

    salam.
    Quantum Artikel punya postingan keren nih: Cara Mengembalikan Data Hilang Akibat Format

  7. :malaikat: zakat itu indah..dan sangat melapangkan jiwa…
    jejak usaha punya postingan keren nih: Photo Unik Illusi Optik kamera

  8. Alhamdulillah, selalu mengingatkan untuk sedekah. Menurut saya yang masbro tabung 2,5% bukan zakat tapi tetep sedekah. Kalo zakat kan emang udah ada hitungannya sendiri (soalnya bagi yang ga ngerti jadi rancu antara pengertian zakat dan sedekah)

    Ngomong-ngomong masalah sedekah, pengalaman masbro emang hampir sama dengan saya malah mungkin lebih ajib lagi bagi para ahli sedekah lainnya.

    Setiap kali sedekah dikeluarkan, tak tahu kenapa kok rezeki mengalir ajah baik hujan deras, ga tau darimana. Emang Allah selalu menepati janjinya.

    Berbuat baiklah maka engkau akan dibalas 10x lipat atau lebih (Al-Qur’an)

    • Kalo yg aku lakukan itu zakat mas, bukan sedekah. Kalo sedekah gak ada aturannya harus 2,5 persen. Sedekah itu nggak wajib. Sedekah itu suka rela. Zakat itu ada banyak bro, ada zakat fitrah, zakat mal, penghasilan, dan lain-lain. Dan akan WAJIB kalo memenuhi syarat di atas (sudah aku jelaskan singkat dan kalo mau mempelajari tentang zakat bisa dicari bukunya pak Quraish hehe), kalo belum wajib berati emang dibilang sedekah sih (tapi di tulisan di atas, memang aku nggak mengaku apakah wajib atau bukan, *rahasia perusahaan*, tapi aku latihan aja biar terbiasa karena kalo suatu saat memang wajib, aku sudah terbiasa).

      Iya masalah rejeki mengalir, sudah saya rasakan juga. Btw, sharing ilmu mungkin juga bisa dibilang sedekah dalam bentuk lain.. hehe..

  9. sedekah memang ajib..
    kalo sedekah boleh diem2, kalo zakat yg dizakatin harus tau kalo itu zakat..

    • Sedekah gak wajib mase.. yg wajib itu zakat (kalo sudah memenuhi syarat, sudah saya jelaskan singkat di atas). Soal diam diam atau bukan, kayaknya gak jadi masalah, yg penting ihlas/melaksanakan kewajiban.

  10. katanya,
    kalau 2.5% itu terlalu sedikit mas ndop…

    katanya,
    sebaiknya 10%…

    katanya abang yusuf mansur,
    sedekah kita akan dibalas sepuluh kali lipat…

    katanya,
    bersedekah tidak akan dibalas atau membuat pelaku jadi kaya, karena mereka berharap sedekahnya dibalas seribu kali lipat,
    halakok murko… orang ngasih pinjeman dengan bunga 50% saja lo bilang rentenir, kok lo murkooo 1000 kali lipat? itu 10.000% gaaaan… :hihi:
    #ingat kata yusuf mansur, hanya 10x lipat

    katanya,
    saat bersedekah itu pikiran harus bersih, tanpa ada pikiran curiga, jangan jangan ia lebih kaya dari gue nih (karena banyak hlo pengemis penghasilannya lebih banyak dari agan agan semua) :hihi:
    #ingat, matahari menyinari semua orang, baik kaya atau miskin…

    dulu, saat jadi sales, gaji sedikit, nggak sedekah, nyari orderan suliiiit sekali, saat bersedekah, sedikit (wong cuma 10% dari gaji yang juga sedikit itu), eh, orderan nggak dicari, datang sendiri… komisi meningkat tajam…
    #mejik

    sekarang,
    saat bersedekah, pengunjung blog rame, pemasukan jadi rame pula….

    seperti iklannya yamaha itu perasaan,
    “wow wow wow it’s mejik, you know….”

    #komentar terpanjang di posting ini ya ndop :hihi:
    Sriyono Saja punya postingan keren nih: Hotel Damai Residence

    • hahaha.. apik banget mas.. iyo, sing wajib 2,5 persen (buat yg memenuhi syarat di atas, yg belum memenuhi syarat, berati dihitung sedekah), ya intinya kalo mau lebih ya silakan banget, itu dihitung sedekah. Ya makanya agama itu sangat mudah dijalankan, 2,5% terlalu sedikit memang, karena memang ya itulah aturan beragama, ringan tanpa beban. Mungkin 2,5% yg sedikit itu dengan tujuan biar “gampang ihlasnya”, Tuhan sangat tahu karakter manusia yg “susah ihlas”nya, makanya itu setting “gak banyak banyak amat, bahkan sedikit ya, gak kerasa”, ya memang itu tujuannya.. biar ihlas..

  11. bunda sangat setuju kalau sedekah bisa menjadikan kita kaya
    Bunda Bijak punya postingan keren nih: Agar Rumah Aman buat Balita

  12. Setuju banget Mas, Tuhan akan membalas berlipat ganda dari apa yang kita berikan kepada yang membutuhkan :sip:
    Bambang Haris punya postingan keren nih: Menumbuhkan Generasi Cerdas Dimulai dari Rumah

  13. mantap mas
    sedekah emang bikin kita kaya
    helgaindra punya postingan keren nih: Go Genting, Go! (Trip to KL)

  14. bener tu.. soalnya dido’ain ama yang dikasih.. semoga masnya murah rezeki :ampun:
    Juli punya postingan keren nih: Skin Aging

    • gak suka dipanggil om, panggil mas aja ya.. sudah saya edit komennya :D aamiiin.. makasih doanya ya dik..

  15. Salut ni dengan anda, cara bersedekahnya harus diikuti
    Dan mari kita biasakan untuk bersedekah, Insya Allah kita akan selalu ditambahkan rejeki oleh Allah SWT..
    Jefry punya postingan keren nih: Bentuk Desain Wastafel Unik dan Elegan

  16. :ampun:
    Ampun……rasanya mas Ndop mengingatkan banyak orang bahwa sedekah itu penting…..Semoga sedekah kita akan dibalas berlipat-lipat.
    Selamat bersedekah…!

    • Yg penting yg wajib dulu didahulukan Pak: 2,5% itu. Setelah wajib dilaksanakan dengan bener, baru bonusnya dilakukan :D

  17. vendra #

    knp gw dh beberapa thn rajin tahajud, puasa, dzikir, sodaqoh dll tp gw malah tambah susah jodoh dan rejeki. gw kena penyakit. gw sering dijahati org terutama kalau nyari jodoh danrejeki, krn gw org nya lugu dan klemar klemer shg jd sasaran empuk kejahatan. bnr2 berat bagi gw nyari jodoh dan rejeki. gw nganggur 10thn dan gw seumur hdup blm pernah pacaran pdhl umur gw kepala 3. dulu gw saat msh krja.. teman teman anggap otak dan tenaga gw gk memenuhi syarat. anggap gw aneh. anggap gw manusia setengah jadi. anggap gw gk berguna. anggap gw gk punya masa depan. gw kalau nyari jodoh ditolak cewek, diremehkan cewek, diusir cewek. ditipu teman, difitnah teman. diancam org, dipukul org.

    • jangan2 masnya selalu mengeluh? Coba mulai sekarang selalu optimis dalam hidup biar auranya terpancar. Sehingga orang lain yg melihat gak ada niat buruk ke masnya. Semangat ya maaaas!!!



Komentar Kamu

Current ye@r *

Tampilkan Postingan Kerenmu
:wink: :twisted: :tidur: :tepuk: :takut: :taktahu: :ssst: :siul: :sip: :shock: :sad: :rolleyes: :rock: :pukul: :pertamax: :oops: :notme: :ngiler: :neutral: :muntah: :mrgreen: :mataduitan: :malaikat: :mad: :lol: :kiss: :kabur: :hug: :hipnotis: :hihi: :glundung: :fastreading: :evil: :eek: :doh: :doa: :dance: :cry: :cool: :ayoh: :angop: :ampun: :P :D :???: :-)