Sholat Tarowih di Masjid Agung Jawa Tengah

Menyambut Ulang Tahunku tanggal 30 Juli 2012, malamnya aku tarowih di Masjid Agung Jawa Tengah di kota Semarang. Semarang lagi Semarang lagi.. Haha.. Gak papa to ya, temenku banyak di Semarang dan di Semarang lah aku berkegiatan seni dan berkumpul sama anak-anak yg suka seni.

Bersama Mas Madjid berangkat dari Pedurungan Semarang ke lokasi sekitar.. yaaah beberapa belas menit aja kok. Naik motor. Sampe Mesjid sholatnya belum mulai. Masih puji-pujian.

Yuk kita wudlu dulu.. Hmm… tempat wudlunya bersih. Pakek banget! Ada kaca buat ngaca yg kayak di mol. *ndop, biasa aja ndop* Dan asyiknya adalah ketika kita mau masuk masjid, kita seperti dipaksa harus wudlu dulu. Tahu sendiri khan, kalo banyak masjid yg tempat wudlunya di sana, lantai majidnya di sini. Jadi kalo mau wudlu, justru menginjak lantai masjid yg nyata-nyata itu suci. Nah, kalo di Masjid Agung ini konsepnya bagus dan benar banget. Jadi satu-satunya jalan menuju lantai masjid yg buat sholat itu ya tempat wudlu itu. Jadi otomatis semua yg masuk masjid (insya Alloh) suci.

Yuk masuk ke dalam masjid. Suasana malam berbeda dong dengan suasana siang hari. Di postingan Kunjungan ke Semarang yg pertama, aku sempet jum’atan di Masjid Agung Jawa Tengah juga, jadi siang-siang gitu. Nah, kali ini malam-malam. Pemandangannya jelas beda. Hehe.. Yuk kita liat foto-fotonya..

Suasana di dalam masjid Agung Jawa Tengah waktu malam

Beuh, si ndop kurang sopan, di dalam mesjid waktu tarowih kok moto-moto, haha.. Perhatikan lampu melingkar di atas itu, WOW.. it was amazing!

Suasana di dalam masjid agung jawa tengah waktu sholat tarowih

Nah, kami (aku dan majid) berada di depan tiang masjid. Barang-barang kami harus di amankan sedekat mungkin soalnya. Kira-kira shof ke empat dari depan

Sholat tarowih dimulai. Dan imam membaca surat. Beuuh.. rasanya adem. Kata mas Whiz, imam masjid Agung Jawa Tengah ini ada seleksinya. Dan targetnya menyerupai imam Masjidil Harom di Makkah sana. Mbois khan? Dan tarowihnya membaca surat Al Qur’an sampe qotam di akhir tarowih nanti. Jadi Satu tarowih satu juz. Dan memang lama.

Jadi, kamu ikutan sampe selesai, ndop?

Enggak, ambil 8 rokaat aja. Soalnya yg sholat tarowihnya cepet aja masih gak khusuk apalagi yg ini.. :pukul:

Lalu dilanjutkan sholat witir sendiri berjamaah juga sama orang lain di belakaaaang sana. Biar suara imam gak mengganggu yg jamaah di depaaaan sana. Habis tarowih, aku photo-photo dong *teuteup* . Eh yuk kita tengok suasana Masjid dari belakang..

Alqur'an raksasa Masjid Agung Jawa Tengah

WOW.. Al Qur’annya gedhe banget yuaa… Namanya Mushaf Akbar. Panjangnya 145 cm dan lebarnya 95 cm. Aku gak berani menyentuh, takut kebakar, panas bo’!
:shock:

Suasana belakang masjid agung jawa tengah pas tarowih

Dikit banget ya yg tarowih. Kira-kira 1000 orang aja deh. Padahal kalo liat besarnya masjid, bisa menampung beribu-ribu jamaah. Ya gak papa lah, khan sholat tarowih bisa di musholla-musholla dekat rumah.
:sip:

Loh, lha kamunya mana ndop? Tumben nggak nampang nih? Jangan-jangan kamu bohong ya ndop? Beuuh.. jangan bohong ya ndop, nanti pahala puasanya berkurang lo.. Hellooo…

Bro, sante bro. Jangan ngasih #kode kalo situ kangen ya. Sumpah #kode punya situ itu primitive banget. Iya iya, saya tahu situ kangen berat. Karena aku orangnya baik banget (kalo romadlon doang!), okelah ini satu foto aja ya buat kamu. Silakan disimpan, diprint, ditaruh dompet..

Muhammad Ali Mudzofar di Masjid Agung Jawa Tengah

Saya yg ganteng! *boleh protes tapi gak boleh bohong!*
:hihi:

Habis tarowih di Masjid Agung Jawa Tengah rasanya plong aja gitu. Oke mari kita turun tangga, pulang. Eh, tunggu dulu, lha ini ternyata ada Festival Kartun Ramadhan di lingkungan Masjid Agung. Masuk dulu ah.

Festival Kartun Ramadhan

Habis ngisi buku tamu, photo-photo dulu bersama mas Madjid yang brewok. Haha.

Ruangannya sepi, lha iya to, udah tutup kok. Lagian juga semua masih tarowih. Lagian udah malam juga. Lagian memang spesial menyambut kedatangan bintang tamu dari Nganjuk, jadi sengaja dikosongkan supaya saya bisa leluasa melihat karya-karyanya tanpa berdesak-desakan apalagi antri. :pukul:

Yuk, kita lihat karya-karya yg dipanjang di Festival Romadlon ini…

Kartun mengajak perdamaian

Gambarnya bagus dan sarat makna. Ya intinya walopun porak-poranda di luar sana, tapi yg penting kerukunan umat beragama akan tetap kokoh dan terjaga kuat!

Perdamaian

Romadlon, saatnya bersilaturrohmi lagi walopun biasanya musuhan..

Beberapa gambar kartun di Festival Kartun Ramadhan

Karya-karya lainnya yg sarat makna juga

Udah itu doang ndop? Enggak dong! Masih banyak. Tapi sengaja nggak aku share di sini, biar kalian liat sendiri di sana.

Keluar ruangan, aku sempet moto-moto suasana masjid dari luar di waktu malam. Heletz cekitaut!

Suasana Masjid Agung Jawa Tengah waktu malam

Permainan lighting yg mempesona!

Hehe.. Hmm.. perut rasanya musti diisi lagi nih. Kami pun cangkrukan di depan Masjid. Beli teh anget, terang bulan (atau bisa disebut kue bandung atau martabak manis), sambil ngobrol-ngobrol sama temennya mas Madjid. Ngobrol sambil nunggu pergantian umurku.

Tepat jam 12 tet, mereka bertiga menyalamiku sambil mengucap “Selamat Ulang Tahun ya ndop!”. Beuuh rasanya campur aduk deh. Ngerayain ulang tahun di depan Masjid Agung Jawa Tengah habis tarowih. Rasanya puas. haha.. Tapi nanti pagi harus pulang Nganjuk, soalnya keluarga menunggu buka bersama dalam rangka ultahku. Oke deeeeeh….

Eh, pas ngobrol-ngobrol, aku sempat nyeketsa realis menara masjid lo. Pakai pensil 2B dan 5B. Gak bagus kok. Yang penting aku sudah mencoba. Haha..

Sketsa Menara Asmaul Husna, Masjid Agung Jawa Tengah

Sketsa Menara Asmaul Husna, Masjid Agung Jawa Tengah. Sketch by Muhammad Ali Mudzofar, Nganjuk.

Oke deh kawan ndofans™ semua, saatnya saya beristirahat. Belum tidur sejak sore kemarin (kemarin? iya!). Selamat berkomen ria dan selamat berpuasa!

32 Comments

Komen dong!