01 Aug 2012

Sholat Tarowih di Masjid Agung Jawa Tengah

Menyambut Ulang Tahunku tanggal 30 Juli 2012, malamnya aku tarowih di Masjid Agung Jawa Tengah di kota Semarang. Semarang lagi Semarang lagi.. Haha.. Gak papa to ya, temenku banyak di Semarang dan di Semarang lah aku berkegiatan seni dan berkumpul sama anak-anak yg suka seni.

Bersama Mas Madjid berangkat dari Pedurungan Semarang ke lokasi sekitar.. yaaah beberapa belas menit aja kok. Naik motor. Sampe Mesjid sholatnya belum mulai. Masih puji-pujian.

Yuk kita wudlu dulu.. Hmm… tempat wudlunya bersih. Pakek banget! Ada kaca buat ngaca yg kayak di mol. *ndop, biasa aja ndop* Dan asyiknya adalah ketika kita mau masuk masjid, kita seperti dipaksa harus wudlu dulu. Tahu sendiri khan, kalo banyak masjid yg tempat wudlunya di sana, lantai majidnya di sini. Jadi kalo mau wudlu, justru menginjak lantai masjid yg nyata-nyata itu suci. Nah, kalo di Masjid Agung ini konsepnya bagus dan benar banget. Jadi satu-satunya jalan menuju lantai masjid yg buat sholat itu ya tempat wudlu itu. Jadi otomatis semua yg masuk masjid (insya Alloh) suci.

Yuk masuk ke dalam masjid. Suasana malam berbeda dong dengan suasana siang hari. Di postingan Kunjungan ke Semarang yg pertama, aku sempet jum’atan di Masjid Agung Jawa Tengah juga, jadi siang-siang gitu. Nah, kali ini malam-malam. Pemandangannya jelas beda. Hehe.. Yuk kita liat foto-fotonya..

Suasana di dalam masjid Agung Jawa Tengah waktu malam

Beuh, si ndop kurang sopan, di dalam mesjid waktu tarowih kok moto-moto, haha.. Perhatikan lampu melingkar di atas itu, WOW.. it was amazing!

Suasana di dalam masjid agung jawa tengah waktu sholat tarowih

Nah, kami (aku dan majid) berada di depan tiang masjid. Barang-barang kami harus di amankan sedekat mungkin soalnya. Kira-kira shof ke empat dari depan

Sholat tarowih dimulai. Dan imam membaca surat. Beuuh.. rasanya adem. Kata mas Whiz, imam masjid Agung Jawa Tengah ini ada seleksinya. Dan targetnya menyerupai imam Masjidil Harom di Makkah sana. Mbois khan? Dan tarowihnya membaca surat Al Qur’an sampe qotam di akhir tarowih nanti. Jadi Satu tarowih satu juz. Dan memang lama.

Jadi, kamu ikutan sampe selesai, ndop?

Enggak, ambil 8 rokaat aja. Soalnya yg sholat tarowihnya cepet aja masih gak khusuk apalagi yg ini.. :pukul:

Lalu dilanjutkan sholat witir sendiri berjamaah juga sama orang lain di belakaaaang sana. Biar suara imam gak mengganggu yg jamaah di depaaaan sana. Habis tarowih, aku photo-photo dong *teuteup* . Eh yuk kita tengok suasana Masjid dari belakang..

Alqur'an raksasa Masjid Agung Jawa Tengah

WOW.. Al Qur’annya gedhe banget yuaa… Namanya Mushaf Akbar. Panjangnya 145 cm dan lebarnya 95 cm. Aku gak berani menyentuh, takut kebakar, panas bo’!
:shock:

Suasana belakang masjid agung jawa tengah pas tarowih

Dikit banget ya yg tarowih. Kira-kira 1000 orang aja deh. Padahal kalo liat besarnya masjid, bisa menampung beribu-ribu jamaah. Ya gak papa lah, khan sholat tarowih bisa di musholla-musholla dekat rumah.
:sip:

Loh, lha kamunya mana ndop? Tumben nggak nampang nih? Jangan-jangan kamu bohong ya ndop? Beuuh.. jangan bohong ya ndop, nanti pahala puasanya berkurang lo.. Hellooo…

Bro, sante bro. Jangan ngasih #kode kalo situ kangen ya. Sumpah #kode punya situ itu primitive banget. Iya iya, saya tahu situ kangen berat. Karena aku orangnya baik banget (kalo romadlon doang!), okelah ini satu foto aja ya buat kamu. Silakan disimpan, diprint, ditaruh dompet..

Muhammad Ali Mudzofar di Masjid Agung Jawa Tengah

Saya yg ganteng! *boleh protes tapi gak boleh bohong!*
:hihi:

Habis tarowih di Masjid Agung Jawa Tengah rasanya plong aja gitu. Oke mari kita turun tangga, pulang. Eh, tunggu dulu, lha ini ternyata ada Festival Kartun Ramadhan di lingkungan Masjid Agung. Masuk dulu ah.

Festival Kartun Ramadhan

Habis ngisi buku tamu, photo-photo dulu bersama mas Madjid yang brewok. Haha.

Ruangannya sepi, lha iya to, udah tutup kok. Lagian juga semua masih tarowih. Lagian udah malam juga. Lagian memang spesial menyambut kedatangan bintang tamu dari Nganjuk, jadi sengaja dikosongkan supaya saya bisa leluasa melihat karya-karyanya tanpa berdesak-desakan apalagi antri. :pukul:

Yuk, kita lihat karya-karya yg dipanjang di Festival Romadlon ini…

Kartun mengajak perdamaian

Gambarnya bagus dan sarat makna. Ya intinya walopun porak-poranda di luar sana, tapi yg penting kerukunan umat beragama akan tetap kokoh dan terjaga kuat!

Perdamaian

Romadlon, saatnya bersilaturrohmi lagi walopun biasanya musuhan..

Beberapa gambar kartun di Festival Kartun Ramadhan

Karya-karya lainnya yg sarat makna juga

Udah itu doang ndop? Enggak dong! Masih banyak. Tapi sengaja nggak aku share di sini, biar kalian liat sendiri di sana.

Keluar ruangan, aku sempet moto-moto suasana masjid dari luar di waktu malam. Heletz cekitaut!

Suasana Masjid Agung Jawa Tengah waktu malam

Permainan lighting yg mempesona!

Hehe.. Hmm.. perut rasanya musti diisi lagi nih. Kami pun cangkrukan di depan Masjid. Beli teh anget, terang bulan (atau bisa disebut kue bandung atau martabak manis), sambil ngobrol-ngobrol sama temennya mas Madjid. Ngobrol sambil nunggu pergantian umurku.

Tepat jam 12 tet, mereka bertiga menyalamiku sambil mengucap “Selamat Ulang Tahun ya ndop!”. Beuuh rasanya campur aduk deh. Ngerayain ulang tahun di depan Masjid Agung Jawa Tengah habis tarowih. Rasanya puas. haha.. Tapi nanti pagi harus pulang Nganjuk, soalnya keluarga menunggu buka bersama dalam rangka ultahku. Oke deeeeeh….

Eh, pas ngobrol-ngobrol, aku sempat nyeketsa realis menara masjid lo. Pakai pensil 2B dan 5B. Gak bagus kok. Yang penting aku sudah mencoba. Haha..

Sketsa Menara Asmaul Husna, Masjid Agung Jawa Tengah

Sketsa Menara Asmaul Husna, Masjid Agung Jawa Tengah. Sketch by Muhammad Ali Mudzofar, Nganjuk.

Oke deh kawan ndofans™ semua, saatnya saya beristirahat. Belum tidur sejak sore kemarin (kemarin? iya!). Selamat berkomen ria dan selamat berpuasa!

Muhammad Ali Mudzofar a.k.a ndop. Punya motto hidup: Think less feel more. Lebih banyak merasa, lebih banyak manfaatnya. Lebih banyak mikir? Cepet tua loh! #eh



32 KOMENTAR KAMU KOMEN YUK ↓

Biar keluar avatarmu, daftar di gravatar.com yah ^_^

  1. wuiihhh pasti berkesan bgt apalagi pas ulang tahun…perjalan spiritual… :malaikat:
    jejak usaha punya postingan keren nih: Free Vector Ornament Logo Keren

  2. wah solat malah foto foto haha

    • haha.. ya pas gak sholat itu photo2nya… pas duduk nunggu wiridan selesai gitu, haha

  3. Pindah Semarang wae, ben ra sah riwa-riwi…
    Ning Semarang kan akeh koncone
    Bukan Konco sembarang konco tapi konco oret2
    marsudiyanto punya postingan keren nih: Uji Kompetensi Guru

    • njih maybe suatu saat nanti haha.. tapi males gotong-gotong komputer.. haha… Semarang kuthone gedhe, nek numpak sepeda ontel kok kesel wira-wirine.. *kudu blajar nyetir motor disik*

  4. Salam kenal dulu mas dofar, ngerti info tentang pean dari temen ku, hengki, katane kakak tingkat sampean di its. Sip situsnya, jd semangat aku cr duit lwt internet, salut. Trimakasih banyak.

    • owalah, mas hengki.. rada2 ingat, hehe.. oke deh, intinya sama kok: kerja keras. Hehehe.. Salam kenal juga yaa..

  5. salut buat mas ndop, saya tahu info tentang pean dr hengki, katane kakak tingkat sampean di its, thanx alot, buat saya makin semangat cr duit lwt internet.

  6. Perjalanan spiritual…maunya di bulan puasa ini saya nggak mau kerja tapi fokus ke agama….tapi..hikzz..semoga Allah mendegarkan doa ku… :malaikat: :malaikat:
    jejak usaha punya postingan keren nih: Free Vector Ornament Logo Keren

    • Woooh, kleru dirimu.. kerjo kuwi juga tuntutan agama lo.. harus imbang sih, dunia dan akhirat.. *sok ustadz* :malaikat:

  7. Eh, ternyata selain tarawih ada juga festival kartun ramadhan, wah senangnya bisa meliput acara itu, keren deh pokoknya, kartunyya sayart makna :D
    azizhadi punya postingan keren nih: Lensa Kamera Sony Generasi Baru

    • hahaha… kapan ki aku diajak ning mejid agung Surabaya? Kayaknya asyik nih tarowih di sana.. mejidnya gedhe ijo dan indah.. :ayoh:

  8. wah, dulu pas zaman lulus SMA dah sering kesitu pak.
    sekarang tinggal di jogja jadi ga kesana lagi.

    salam.

    • wah kapan2 diposting tentang masjid agung jogja dong..

  9. :doa: saya baru sekali ke masjid agung jawa tengah,
    wih kari katurnya keren keren
    setio punya postingan keren nih: anak hiperaktif

    • semoga sekali yg berkesan ya mas..

  10. saran yang sangat bermutu dan amazingp, boleh di coba tipsnya. Salam sejahtera.penyakit herpes
    Gejala Penyakit Herpes punya postingan keren nih: Jenis-Jenis Penyakit Herpes

  11. Saran yang bagus. Mungkin sebagian dari kita juga sudah mempraktekkannya. Makasih infonya.penyakit herpes

  12. :tidur: maaf ketiduran tadi
    DikMa punya postingan keren nih: Noah Band Gantikan Nama Peterpan

  13. gara-gara :tidur: langsung ditilang masuk sell .. :pukul:
    DikMa punya postingan keren nih: Comment on Cara Mencari Acakan Biss Key by DikMa

  14. gak bagus katamu ? :cry: I wish I can be creative as you are … :ampun:

    anyway, selamat ulang tahun ya ndop, maaf telat :kiss:
    Fenty punya postingan keren nih: Ndak pengen ta ?

    • hala, sampeyan khan tinggal praktek tok, ilmune wis enek.. :ampun:

      wah suwun kak Fenty.. gapapa telat sing penting dungone to ya haha.. :sip:

  15. Permainan lighting yang dibuat sedemikian rupa sehingga dipandang pun jadi mempesona. Kegiatannya pun lumayan ya, ada festival kartun segala.
    HALAMAN PUTIH punya postingan keren nih: Hallo…..

    • iya mas.. bangun sebagus apapun kalo lightingnya gak bagus, kalo malam ya jadi biasa aja, hehe

  16. Mantab mas ndop, dimanapun tempat berpijak, buah kreativitasnya selalu ada :ampun:

    • ho ho betul.. kadangkala kreativitas itu gak harus nunggu mood, mood jelek bahkan kadang justru waktu yg tepat untuk bikin karya yg out of the box haha.

  17. Perjalanan atau lebih pas di sebut dokumentasi ibadah yang menarik, gambarnya lucu.. saya pengen liat langsung alquran gede itu -kagum- subhanallah.

    • Ayo berangkat bareng ke semarang.. :D

  18. Wowww!!! :shock: :shock: :shock: tak kusangka masjidnya sebagus itu…
    Pantesan kemarin Mas Cendhika betah banget disana… foto2 juga…

    Hmmm… kapan yo iso nang Semarang…. :???: :doa:
    Miftahur punya postingan keren nih: Motivasi Pekerja VS Motivasi Entrepreneur

    • jogja semarang pirang jam ya? heohoho.. :kabur:

  19. Epy #

    3jam Ndop,,,



Komentar Kamu

Current day month ye@r *

Tampilkan Postingan Kerenmu
:wink: :twisted: :tidur: :tepuk: :takut: :taktahu: :ssst: :siul: :sip: :shock: :sad: :rolleyes: :rock: :pukul: :pertamax: :oops: :notme: :ngiler: :neutral: :muntah: :mrgreen: :mataduitan: :malaikat: :mad: :lol: :kiss: :kabur: :hug: :hipnotis: :hihi: :glundung: :fastreading: :evil: :eek: :doh: :doa: :dance: :cry: :cool: :ayoh: :angop: :ampun: :P :D :???: :-)