30 Apr 2012

Peringatan Hari Jadi Nganjuk ke 1075

Kabupaten Nganjuk tercinta ulang tahun pada 10 April. Acaranya padet banget. Dari awal April sampe Mei. Dan saya akan posting yang saya tonton/ikut meramaikan aja. Oke di mulai dari…

LOMBA BAKIAK

Eh, aku dulu “atlit” bakiak lo. Coba deh tanya anak-anak Statistika ITS. Aku dan timku tentu saja, memenangkan juara satu sejurusan! Wotta championship! Etapi ini lagi ngebahas lomba bakiak di Nganjuk ding.

Jadi tanggal 8 April 2012 yg lalu, saya yang kalo pagi selalu tidur, hari itu jam delapan pagi nyempetin nggak tidur. Walaupun ngantuk banget sebenarnya. Tadi malam tidur jam duaan pagi gitu deh. Yasudahlah. Acara setahun sekali ini memang gak pantes kalau gak ditonton.

Menujulah ke Alun-alun Nganjuk. Kebetulan Minggu ya, pas Car Free Day juga. Nganjuk juga ada car free daynya lo. Jadi suasana Alun-alun Nganjuk rame sama orang-orang jalan-jalan dan olah raga.

Lomba Bakiak Peringatan Hari Jadi Nganjuk ke 1075

Yup, lombanya seru banget. Yang menang juara satu yang sante dan nggak grusak-grusuk. Juara duanya yang grusak-grusuk modal kompak dan keberuntungan (soalnya namanya lomba bakiak, kalau satu gak kompak akan roboh semua!). Juara tiganya yang grusak-grusuk dan modal keberuntungan (soalnya yg ini gak kompak tapi gak roboh, dia beruntung!) :doh:

LOMBA EGRANG

Eh, saya dulu pas SD juga jago main egrang lo. Jadi dulu aku punya tim egrang. Jumlahnya ada kira-kira sepuluh anak gitu. Jalan-jalan naik egrang keliling desa! A++MAZING khan aku dulu? *Ceritanya aku gak mau kalah nih.. *

Kamu bisa gak main egrang? Apa? Gak bisa? Gak malu tuh sama anak-anak di bawah ini?

Lomba Egrang memperingati hari jadi Nganjuk ke 1075

Sori yah, fotonya jelek, pakek blekberi soalnya. Nggak papa, emang sengaja kok, biar dikira #horangkayah :P

Yang menang adalah yang jago akrobat dan agak kurang kerjaan kali ya (kayak saya). Ngapain juga jalan kaki pakek bambu begitu? Kagak bersyukur apa sudah dikasih dua kaki sempurna oleh Yang Maha Pencipta? Hehe.

Yang jelas yg menang yang jago menjaga keseimbangan. Aku ingat yang menang pakek kaos coklat. Kayaknya sih SMK gitu. Dia nggak berjalan lo. Tapi BERLARI! IYA SERIUS! Yang lain pada jalan pelan-pelan menjaga keseimbangan, lha si anak agak plontos ini malah berlari sambil tebar pesona ke penonton. Sambil senyum dan nengok ke penonton gitu. IYA SERIUS!

Btw, selamat buat yg menang ya. Semoga hadiahnya nggak berupa buku tulis kayak jamanku dulu. -_-

PAWAI ALEGORIS

Sebentar, saya mau gugling sebentar. *nyari tahu apa itu arti alegoris*

Oke, sudah nemu. Pawai Alegoris itu artinya Pawai Budaya.

Makasih mbah gugel, aku akan setia menjadi putumu sampe kapan pun. #Peluk lalu #KecupBasah Mbah Gugel.

Jadi pawai budaya itu semacam pawai sambil memakai baju adat budaya Nganjuk tentunya. Hari itu 9 April 2012 pagi jam delapan. Dibuka oleh dramben anak-anak SD/SMP? Gak jelas.

Drum Band Memperingati Hari Jadi Nganjuk ke 1075

Saya naik sepeda seperti biasa. Setelah drambennya habis, ternyata sekian lama pawainya belum datang-datang juga. Walhasil saya pun ngebut banget (halah paling-paling ya cuma 40 km/jam) menuju SMADA Nganjuk. Menonton bareng adik-adik junior.

“Halo dik, sapa aku dong, aku alumni lo. Aku dulu jelek sih, sekarang udah ganteng khan? Iya khan?” Dan saya pun berdelusi sekuat tenaga untuk mengatasi mati gaya!

Anak-anak SMA jaman sekarang beda banget sama jamanku dulu. Sekarang BANYAK YANG GEMUK-GEMUK (sengaja di bold biar kesannya gemuk). Dulu jamanku anaknya kurus-kurus. Emang jaman dulu ngetren kurus sih. Dan herannya, teman-temanku yang dulu kurus sama kayak aku, sekarang gemuk juga, sama kayak aku! :lol:

KIRAB Memperingati hari jadi Nganjuk ke 1075

Alhamdulillah bisa menjepret photonya pak Bupati Nganjuk. Pak Taufiq namanya. Dia juga punya facebook lo. Bupatimu punya facebook juga nggak? :D

Kirab memperingati Hari Jadi Nganjuk ke 1075

Bajunya bagus ya. Warnanya ungu. Sangat elegan dan mempesona. Hiasan di dokarnya juga pas, nggak berlebihan. Suka deh.

Kirab memperingati hari jadi Nganjuk ke 1075

Ada yang naik becak juga lo. Aku nonton di depan toko. Panas banget cuacanya. Daripada gosong dan bikin mukaku kusam, akupun menyerah pada keadaan dan memilih berteduh di depan toko sambil moto-moto.

Kirab memperingati hari jadi Nganjuk ke 1075

Kirab memperingati hari jadi Nganjuk ke 1075

Ada yang naik sepeda juga. Itu yang pakek baju item kok keren yah. Kayak jaman kumpeni.

Ohya, perjalannya dari Alun-alun Berbek menuju Alun-alun Nganjuk. Jadi ceritanya nih dulu pusat pemerintahan Kabupaten Nganjuk itu ada di Kecamatan Berbek. Kemudian dipindah ke Kecamatan Nganjuk. Nah makanya ada acara semacam boyongan seperti ini.

Sebenarnya ada acara kirab pusaka juga, tapi aku gak tau nontonnya di mana. :(

Kegiatan tambahan yang bersifat penunjang itu adalah kirab pusaka. Pesertanya adalah pusaka-pusaka yang selama ini dimiliki oleh 20 kecamatan di Nganjuk. Pusaka itu diarak dari Gedung Wanita menuju depan pendopo.

Setiap kecamatan mengirim tidak lebih dari 100 orang pendukung. Karena pada umumnya dibelakang pembawa pusaka diramaikan dengan berbagai atraksi, seperti kesenian hadrah, jaranan, dan kesenian lain yang menggambarkan potensi budaya di kecamatan setempat.

Sumber: http://www.nganjukkab.go.id

PEKAN SENI BUDAYA DAN PARIWISATA

Pekan Seni Budaya dan Pariwisata

Acara ini berlangsung pada 12 – 14 April 2012 di Alun-alun Nganjuk. Saya nonton pas tanggal 12 April. SENDIRIAN! *gak ada yang nanya*. Hmm, acaranya kayak pameran gitu deh. Cuman yang dipamerin ya pariwisata dan budaya Nganjuk. Ada stand Perajin Gamelan, Lukisan, keris, wayang, duwan lain lain. Lalu di sana sini ada yang jualan. Simak foto-foto di bawah ini aja yah.

Pekan Seni Budaya dan Pariwisata

Walaupun banyak yang jualan, tapi diriku ini malas beli. Takut nanti sakit perut. Maklum aku khan anak manja yang makannya roti sama susu. *Halah kamufelase tok! Asline iwak peyek sama sego thiwul to pangananmu ndop?*

Pekan Seni Budaya dan Pariwisata, Perajin Gamelan Loceret Nganjuk

Mustika Laras, salah satu stand yang memamerkan seni kerajinan membuat gamelan. Kalau mau punya gamelan, pesan aja. Tempatnya di Desa Jatirejo Loceret Nganjuk.

Stand Spiritual Pekan Seni Budaya dan Pariwisata

Lalu ada stand spiritual juga. Saya baca-baca di stand ini. Maklum aku juga suka ngeramal gitu. Suka sama hal-hal berbau sepiritual. *Halah gombali mukiyo tok kowe ki ndop! Btw, Mukiyo itu orang Nganjuk asli lo. Dia orang setres yang kalu ke mana-mana selalu bawa gombal. Makanya disebut gombali mukiyo. Istilah itu menyebar ke seluruh Jawa.*

LOMBA KERAWITAN, SENI PATUNG DAN LUKIS

Sebage insan penyuka seni yang di katepe pekerjaannya sebagai SENIMAN. IYA SERIUS! Saya pun nggak mau ketinggalan acara lomba lukis! IYA SERIUS! *iya iya ndop percaya kok!*

Berangkatlah ke Gedung Wanita Nganjuk. Jam delapan pagi. Belum sarapan. Beli bakso di lokasi. Oh iya, saya SENDIRI!

*Mana ini generasi muda Nganjuk? Kok gak ada yang liat acara beginian? Photografer mana photografer Nganjuk? Ojo tenguk-tenguk tok nunggu job prewedding aja ndaaa… *

Akhirnya saya nggak sendiri. Saya mengajak mas Heri. Pemilik percetakan baner MATUNA. Yup, beliau seniman juga. YAY! SAYA ADA TEMANNYA! *senenge rajamak*

Lomba lukis diadakan di TK belakang Gedung Wanita. Pesertanya anak SD. Walah bocah SD. Paling gambarannya oret-oretan gak jelas jeluntrungannya. *skeptic negative thinking underestimate mode on*

Hmm, nonton kerawitan aja ah. Kirain pesertanya orang dewasa gitu. Lukisannya pasti akan bagus-bagus kalau dewasa.

Lomba Kerawitan Memperingati Hari jadi Nganjuk ke 1075

WOW, pesertanya SD juga! Dan mereka bagus banget! Mak dieng! Saya pun langsung penasaran sama lomba lukisnya. Dan..

JRENG JRENG JRENG…

Lomba Seni Patung Memperingati hari jadi Nganjuk ke 1075

Lho kok, eh, salah photo. Yang itu lomba seni patung. Medianya malam, tanah liat atau yang lain boleh. Umbel misalnya #eh

Yang menang yang paling kanan lalu diikuti kirinya dan kirinya lagi.

Tema seni patung kali ini kira-kira adalah manusia atau hewan yang sedang melakukan aktifitas. Yang tengah itu yang bikin cewek lo. Huwaaa baru tau kalu ada cewek yang jago bikin patung! Salut!

Nah, lomba lukisnya baru yang di bawah ini lo..

Lomba Lukis Memperingati Hari Jadi Nganjuk ke 1075

Bagus-bagus lo ternyata. Gak kalah sama lukisan buatan saya! *wuih sombonge! Lukisanmu koyok cekeran pitik ngunu lo ndop!*

Tema Lomba Lukis kali ini adalah Pendidikan dan Kebudayaan. Peralatan yang digunakan adalah cat air. Boleh juga pakai crayon. Waktunya 3 jam an. Pesertanya sama kayak lomba lain, yaitu semua kecamatan di Nganjuk. Pemenangnya akan dikirim ke lomba tingkat Jawa Timur mewakili Nganjuk.

Hmm, agak mengecewakan untuk lomba lukis kali ini. Di mana jagoan saya KALAH SEMUA! DAMN! Kesalahan fatal adalah pada TEMA. Banyak yang menggambar bagus-bagus namun temanya Kebudayaan saja, nggak ada pendidikannya!

Ini lo jagoan saya..

Jagoan Saya nih! di Lomba Lukis memperingati hari jadi Nganjuk ke 1075

pelukis cilik idola sayaNah ini pelukisnya. Masih kecil yah. Kayaknya masih kelas tiga atau empat SD gitu. Gak ndayani blas. Asem tenan! Cilik-cilik lombok impling tenan! Dia saya akui memang jago nggambar. Btw ini bukan lomba mewarnai ya. Saya tekankan lagi BUKAN LOMBA MEWARNAI. Jadi panitia ngasih kertas kosong. Lalu si anak kecil-kecil cabe rawit itu menggambar sesuai tema.

Ada sedikit cerita tentang adik kecil itu. Pas saya mau foto bareng sama dia, lha kok dianya makah kabur! DAMN! Kesini dong dik, ojo wedi karo kakak. Kakak lo gak nyakot blas! SUMPAH INI SERIUS! Namun adik itu malah kabur lebih jauh! SAYA GALAU!

Dan saya tidak menyerah, saya pun berhasil mengendidnya! yes, thanks to bakat ekting terpendamku! *jadi motretnya sambil pura-pura sms gitu, padahal aslinya ya lagi moto*

Dan apa yang terjadi, yang menang adalah yang sesuai tema. Hiyaitu, Pendidikan dan Kebudayaan. Dan pemenangnya adalah lukisan semar megang potelot berikut ini:

Pemenang Lomba Lukis Memperingati hari jadi Nganjuk ke 1075

Unik ya lukisannya. Imajinasinya bagus. Anak kecil di jaman si Madun sekarang ini mengenal Semar! Temanya bener. Pendidikan dan Kebudayaan. Juri menilai karya ini sangat orisinil. Jadi dia punya ciri khas kuat di dalam karyanya. Kalau karya pelukis yang lain mungkin ada unsur “mencontoh” kartun jaman sekarang. Kalau yang di atas itu orijinal dari dia sendiri. Jurinya fair kok. Gak pilih kasih.

Apapun kalau original akan lebih baik daripada mencontoh atau “terinspirasi dari”. Ayo bikin gelben atau boeben tapi lagunya keroncong, pasti lebih orijinal dibanding korea-koreaan yang ceweknya kayak bonekah dan cowoknya cantik-cantik itu.

#uhukuhuk

NGANJUK EXPO DAN PAMERAN TEKNOLOGI TEPAT GUNA

Oke ini yg terakhir ya. Udah laper akunya. Posting sejak jam 3 sore tadi sampe jam tujuh malam.

Nganjuk Expo dan Pameran Teknologi Tepat Guna

Jadi untungnya rumahku sangat dekat ke mana-mana. Alun-alun deket. Gedung Juang juga deket. Maklum akunya tinggal di perkampungan elit Nganjuk gitu. *gombal maneh!* Nah, Nganjuk Expo dan pameran teknologi tepat guna ini diselenggarakan di Gedung Juang 45 Nganjuk pada tanggal 25-27 April 2012. Jalan kaki lima menit dari rumah udah nyampek.

Acaranya rame banget. Eh, yang rame orang-orangnya ding. Acaranya kayak pameran budaya di atas. Tapi kali ini yang dipamerin itu teknologi. Hmm…

Stand Layah dari Berbek

Dari batu kali menjadi layah itu perlu teknologi lo ya. Stand layah gedhe itu dari Berbek Nganjuk. Itu layah dari batu asli lo. Batu orijinal, bukan batu KW. Hehe..

bagian dalam gedung juang 45 Nganjuk Expo

Pamerannya kinda lil bit boring. Kata mas Heri, penggarapannya emang kurang serius. Yah gak tau deh. Akunya sih menikmati keboringan ini. Gimana gak boring coba, aku SENDIRIAN! Tisu mana tisu..

Untungnya ada pertunjukan musiknya. Yasudah saya magrok berlama-lama di situ. Angin malam semilir menyentuh sekujur tubuhku yang waktu itu lagi kacau balau karena felu! Walhasil gak bertahan lama, akupun pulang dan tiduran leyeh-leyeh. Sakit!

Pegelaran Musik dan Mancing Dapet HP

Nah, besoknya aku nonton lagi. Ternyata ada yang menarik, itu mancing dapat galmin! WOW. Bukan mancing ikan kok, tapi memasukkan ring plastik ke botol tapi gak boleh menjatuhkan korek api yang di taruh di atas botol itu. Ada yang berhasil? So far aku lihat, belum ada yang berhasil!

Enaknya itu, kita bayar lima ribu dapet perdana IM3 dan gratis mancing dua kali! Walhasil orang yang mau coba gak khawatir duitnya hangus, karena dapat perdana IM3. Enak to? Hehe..

Kamu nyobain gak ndop?
ENGGAK! AKU NGGAK SUKA MANCING! INI SERIUS! <-- effect laper malem-malem, bawaannya marah-marah.

——————-

Wassalam. Salam sukses dan A++MAZING selalu!

Muhammad Ali Mudzofar a.k.a ndop. Punya motto hidup: Think less feel more. Lebih banyak merasa, lebih banyak manfaatnya. Lebih banyak mikir? Cepet tua loh! #eh



36 KOMENTAR KAMU KOMEN YUK ↓

Biar keluar avatarmu, daftar di gravatar.com yah ^_^

  1. hahaha… ada lomba egrang juga, jadi terkenang masa kanak-kanak dulu. pringatannya meriah banget ya. semoga nganjuk semakin jaya
    Teknisi Komputer punya postingan keren nih: Mengenal Perbedaan HTTP dan HTTPS

    • aamiin… semoga Nganjuk makin maju, adem ayem tentrem..

  2. wuah ramenya..
    Selamat ultah buat Nganjuk..
    Semoga tentram selalu.. :tepuk: :tepuk: :tepuk:
    WHIZ punya postingan keren nih: FREE DOWNLOAD 5 CUTE NINJAS

    • aamiin semoga kota Rembang juga dalam keadaan ayem damai tentrem sejahtera…

  3. Wah, nganjuk ternyata tua juga ya. :)
    Madiun aja baru 300an tahun.
    Jogja juga…
    Harmony Magazine punya postingan keren nih: Rewrite URL Hasil Pencarian WordPress Supaya Lebih Cantik

    • yoi, kota tua. makanya orangnya sante2 gak begitu bergejolak. gak begitu cocok ditinggali orang2 yg gejolak mudanya berapi2.. di sini cocok untuk meditasi dan merenung.. such a peaceful place..

  4. itu acara tahunan ya mas? wah, meriah sekali nampaknya, dulu di kab.taput tempat saya sewaktu kecil juga ada acara tahunannya(hari jadi taput/ ari jadi ni bona pasogit), ada seni budaya, porseni dll, tapi sekarang banyak diisi pameran2 modern, sudah kurang enak menontonnya, kebanyakan malah budaya luar yang dipamerkan, walaupun masih ada juga beberapa budaya dan pertandingan lokal yg dipertontonkan,, :-)

    • Yoi tahunan. Kayak kita berulang tahun gitu. Kalau Nganjuk emang identik dengan kota tradisional sih. Soalnya di sini belum tersentuk modernitas kayak mall, bioskop, karaoke, dll. Buat yg mau menenangkan diri, ya di kota kecil begini cocok untuk disinggahi. Apalagi Nganjuk punya air terjun Sedudo yang relaxing banget dan konon kalo mandi di situ bisa bikin awet muda lo. haha..

  5. Meriah banget, sampe ada expo … keren. Sukses buat nganjuk

    • yoi mas. Salam balik buat kota kelahirannya yah… Semoga makin maju adem ayem tentrem..

  6. bener-bener #horangkayah waktu bisa ngeliput segini detail, mantep mas

    • hokakaka.. ini postinganya sambil buka twitter mas. Aku khan selalu moto dan ngetwit kalo ada momen penting. Jadi thanks to twitter nih. Jadi semacam draft buat postingan. hehe

  7. salam kenal mas dzof .. . . liat kegiatan nya rame banget.jadi inget dengan egrang lagi neh . ..dah lama gak pernah maen.. .
    btw asli nganjuk ya??mana nya denga eni sagita??he hehehe

    • salam kenal juga, eni sagita rumahnya Pace, kira-kira 10-15 km dari rumahku, hehe

    • salam kenal juga, eni sagita rumahnya Pace, kira-kira 10-15 km dari rumahku, hehe

  8. Semarang hajah baru 465 tahun di 2 mei 2012 ini, boong ah klo dah lebih dari seribu tahun…. :ampun:
    Sriyono Saja punya postingan keren nih: 465 Tahun Kota Semarang, Terus Membangun Wujudkan Masyarakat Sejahtera

  9. waa.. gambare bocah cilike apik.. patunge sangar pisan..
    angin semilire sing nggarai flu :lol:

    • iyo, nek gak fit, gampang loro urip ndik nganjuk

  10. selamat ultah nganjuk, btw lukisan si adek cewek keren
    arif punya postingan keren nih: Kata-kata Almarhumah Menkes Endang

    • Suwun mas, Iyo lukisane keren sangat!

  11. weh,, seru ya peringatannya :dance:
    sayang gak bisa lihat :cry:
    mubaroki punya postingan keren nih: APM Update Versi 2.7

  12. :pertamax:

    apa khabar mas ndop….
    *met hari jadi ya mbah nganjuk* qiqiqi…
    QSEW punya postingan keren nih: Perbesar Icon Windows 7

  13. wah aku mbien naksir mbek wong nganjuk tapi wong e rak gelem, wes putih cakep lagi…jadi sampe hari ini gak pernah ke nganjuk deh :rolleyes:

  14. mlaku mlaku ah, sapa ngerti entuk job soko mas ndop… :dance:
    Sriyono Saja punya postingan keren nih: Telkomselindo, Sales Canvasser & Supervisor

    • aku butuh tukang pijet mas, hahaha..

  15. Wah gue gak kejepret di situ padahal gue juga liat semua tuh .
    Orang ngnjuk juga mas admin disini

    • LOOOH… ya harusnya janjian nonton mas. ben aku enek barengan karo numpang boncengan. Haha

      • Omahe sampeyan ae ora ngerti mas, and aku ae jik klas 8 smp1 ngnjuk

        • owalah, lha bu Nurul gurumu agama kuwi lak mbakku to.. -_-

        • gurumu agama bu Nurul kuwi lak mbakku to ya…

  16. Betul betul pak :)
    Abib punya postingan keren nih: Tanaman (Tumbuhan) Langka Indonesia yang Terancam Punah

  17. Nganjuk udah tuwir jg ya :rolleyes:



Komentar Kamu

Current day month ye@r *

Tampilkan Postingan Kerenmu
:wink: :twisted: :tidur: :tepuk: :takut: :taktahu: :ssst: :siul: :sip: :shock: :sad: :rolleyes: :rock: :pukul: :pertamax: :oops: :notme: :ngiler: :neutral: :muntah: :mrgreen: :mataduitan: :malaikat: :mad: :lol: :kiss: :kabur: :hug: :hipnotis: :hihi: :glundung: :fastreading: :evil: :eek: :doh: :doa: :dance: :cry: :cool: :ayoh: :angop: :ampun: :P :D :???: :-)