Nonton Konser Pusakata Di Bukit Surga Nganjuk

Awal mula tau ada Mas Is akan konser di Nganjuk, dikasih tau Galang Prasasti (@galangpraa). Temen nonton Folk Music Festival di Malang dulu. Galang itu temennya temenku Bima Lazuardi (@bimathology). Tapi aku sama Bima malah belum pernah ketemu lagi sekarang. Akrabnya malah sama temennya Bima, aneh ya dunia ini. Hahaha.

Puasakata di Nganjuk

Presale 1 harganya murah bats cuma 50 ribu dan HABIS! Akhirnya aku dan Galang mesen tiket Presale 2 harganya 75 ribu. Yah, gak papa lah. Demi seniman sekelas Mas Is, 75 ewu is masih murah.

Pas beli tiket, kami merasa ada yang janggal. Ujung-ujungnya pasrah. Karena aku tau banget karakter orang Nganjuk kalo dikomplen itu bakalan gak mempan dan kita malah dibenci karena dianggap mengganggu. Huahaha.

Daripada kenapa-kenapa, akhirnya aku dan Galang cuma bisa pasrah. Kita percayakan sepenuhnya ke Event Organizer saja.

Tapi tetep aja ya, kekhawatiran itu muncul. Gimana nanti kalau acaranya amburadul, gimana nanti kalau hujan? Banyak ketakutan menghampiriku. Lalu, aku tulis di buku dukunku (wis rausum nulis diary ygy), aku tulis seolah-olah aku sudah nonton Pusakata dan acaranya sukses bahkan aku dapat kenalan baru pas nonton konser. Haha halu banget aku kalo nulis skript.

Naluri perjulidanku ternyata tak bisa dibendung. Salah satu pembeli tiket ngechat aku. Dia ngejulidin bahan tiketnya yang artpaper biasa. Iya sih. Menurut pengalamanku, tiket gelang harusnya terbuat dari kertas yang sangat alot untuk disobek dan anti air.

Tiket Gelang Pusakata Nganjuk

Kalau di aku, julidku lebih ke pembelian tiketnya sih. Kenapa gak kerjasama dengan loket dot com, tiket dot com, dll. Okay kalau kerjasama itu ribet, ya etlis ada nota pembelian yang ditulis via email gitu. Ya minimal ngisi gugel form deh. Gak cuma via chat doang. Tapi gapapa. Kan ini masih tahap belajar. Jadi sangat dimaklumi.

Beli tiket 7 Juli. Acaranya 25 Juli 2022. Harinya Senin dong! Haha. Aku no bisa hari apapun soalnya aku frilenser. Lha yang kerja kantoran gimana? Untungnya gaes, acaranya malam. Jadi Mas Is tampil jam 9 malam. Jadi buat yg kerja kantoran tetep bisa nonton dong!

Yowis karena artis utama tampil jam 9 malam, aku berangkat jam-jam bar magrib. Bahkan aku sempet makan malam dulu biar gak keluwen, xixixi.

Perjalanan ke Bukit Surga di Kecamatan Sawahan sedikit ada drama. Maklum, aku yang sok tau ini mengira kalau Bukit Surga itu letaknya ada di atas Wilis View (± 20 km an dari kota Nganjuk). Walhasil ketika hampir nyampe enggok-enggokan mau ke Wilis View, aku rodok ragu soalnya kok sepi. Gak ada motor-motor atau mobil yang dari tadi ada di depanku.

Ternyata mereka pas nyampe pasar Sawahan belok kiri gaes. Hal itu diperkuat dengan gugel mep yang aku buka. Huwahaha. Juwathokno nyasar sampe Sedudo lak gak lucu.

Yowis gas yuh! Perjalanan ke Plaza Bukit Surga agak berkelok-kelok sedep. Untungnya malam, jadi aku gak bisa lihat seremnya kiri kanan kayak apa. Hihihi.

Dingin banget btw. Untung kami gak yang sok kuat cuma pake kaos doang. Kami mematuhi peraturan panitia untuk membawa pakean hangat dan sarung tangan. Sayangnya sarung tangan gak aku patuhi soalnya bayanganku gak sedingin itu. Ternyata adem poool!

Peraturan panitia selanjutnya adalah pake sepatu. Kalau ini sudah difolt ya, nonton konser itu WAJIB pakai sepatu. Kalau ndlamak, trus konsernya berdiri, ya siap-siap diinjek-injek orang. Pulang-pulang telapak kaki penyet lak gak lucu no yaa.

Venuenya keren euy! Aku merinding. Soalnya ini bakalan jadi pembuka konser² berikutnya deh, venuenya bener-bener gemes. Ada kritik dikit sih, tulisan Plaza Bukit Surga terlalu alay, harusnya pakai font yg bukan kekanak-kanakan kayak gitu. Soalnya tema Plaza Bukti Surga itu bukan Taman Kanak-kanak.

Plaza Bukit Surga

Ya amplop, akutu tinggal menikmati tok ae kok angel men sih. Kakehan protes marahi uripmu angel ndop! Haha. Wis to ben. Uripku wis terlalu penak soale. Dadi sengojo maido ben rodok enek sial-siale sitik. Astajim! Its jes te jouk ya, Gusti Alloh. Takuuut..

Setelah mendekati venue, lha kok kuperhatikan penontonnya dikit ya. Ini semacam mini concert gitu jadinya, paling maksimal 100an orang deh yang ada di sini. Tapi JUSTRU ITU yang enak. Konsernya jadi terasa intim banget. Kita jadi deket banget sama artisnya.

Cuaca di sini dingin bat ya amplop. Emang bener harusnya bawa sarung tangan deh. Walhasil ketika si Kiara Kelana tampil baru dua lagu saja, daku sudah tak tahan menahan kebelet pipis. Padahal sebelum berangkat aku sudah pipis dulu loh.

Untung Galang kok gak papa ya aku ajak keluar venue. Soalnya dia hanya fokes nonton Pusakata saja. Musisi yang lain gak penting katanya. HAHAHA. Etapi jujur, Kiara Kelana bagus banget lagu-lagunya. Cocok buat temen tidur, sungguh syahdu dan menentramkan.

Mencari toilet. Tengok kiri kanan. Ternyata toilet ada di sebelah kanan. Airnya dingin. Aku hanya antri seorang doang. Ternyata banyak yg kebelet juga. Soalnya setelah aku pipis, yang antri setelahku ada 2-3an orang. Eh segitu dikit ding.

Balik ke venue, Kiara Kelana udah lagu terakhir aja nih. Yah, kok aku jadi merasa bersalah ya. Manukku sih, gak mau kompromi. Main kebelet aja di saat nonton konser pulak. Syebel. *sentil² si adik*

Saatnya emsi lagi. Aku diawe-awe sama Sony (@sonytrilaksono) untuk pindah depan. Aku jelas mau lah. Nonton itu gak boleh malu-malu. Semakin malu semakin rugi. Karena gak kelihatan artisnya.

Langsung aku ke depan. Ndusel-ndusel dikit. Dan akhirnya aku bener-bener pas di depan artisnya. Pusakata alias Mas Istiqomah, sedang asyik nyetem-nyetem gitarnya yang suaranya uuwenak banget!

Lagu Berdua Saja membuka Konser Menjelajah Mesin Waktu 2020 by Pusakata kali ini. Suara Mas Is membius banget. Penonton bener² anteng, khusuk, mendengarkan dentuman gitar yang skillful dan suara Mas Is yang bersahaja.

Motoku koyok ra kedep gaes! Bener² terhipnotis. Apalagi musik Pusakata ketika live ini aransemennya bener² magical eksperimental. Mas Is walaupun cuma sendirian dan diiringi musik rekaman yang sudah direkam sebelumnya, ada yang pakai loop juga, namun terasa rame. Musiknya juga dinamis gak membosankan.

Beda memang, musisi atau seniman yang referensi musiknya luas, ilmu musiknya level advance karena menuntut ilmu tentang musik secara serius, dibanding musisi yang nyiptain lagu hanya berbekal nggrememeng sukur njeplak dan kopas melodi yang sudah ada. Haha. Bedak. Banget!

Lebibaik kalian tonton vlogku saja deh, bestie:

Aku gak dapat duit kok dari video di atas. Kan kena klem kopirait. Huhuhue. Tapi gapapa. Aku dari dulu suka share kebahagiaan hidupku ke khalayak ramai kok. Karena bahagia nek dipek dewe, kok rasane hampa ya gaes.

Aku pernah ngasih sandal ke temen sebagai hadiah ulang tahun, dia bahagia, aku makin bahagia. Eh ketika sandalnya dibalikin, karena dia marah ke aku, aku jadi nelongso kek yang sedih banget gaes. Padahal akutu tuluus.. Eh stop lha kok curhat? Bertepuk sebelah tangan lagi ya, cintamu ndop? Makanya cari pasangan yg bener ndop! Yang satu spesies sama kamu. Misal kucing, burung, pohon pisang, pisang-pisangan, …

Yowis, ndang gas ditonton!

Kenapa? Gak punya kuota? Ya amplop miskin banget anda!!! Hahaahha.

Yaudah ini saya kasih fotonya Mas Is pas tampil ya..

Pusakata Nganjuk

Sudah satu saja ya. Itu aja dari skrinshotan video haha. Zaman now tuh video gaes. Foto² sudah gak pati usum. Apalagi konser, sudah fardlu ‘ain hukumnya rekam video. Xixixi.

Btw, Mas Is juga ngebawain lagu² ciptaannya pas di Payung Teduh dulu. Tadi udah disebutin yang judulnya Berdua Saja. Trus dia bawain Akad versi tentrem (gak jedag-jedug), Di Atas Meja, Untuk Perempuan Dalam Pelukan. Lalu sisanya lupa. Kalian tonton aja video di atas. Kalau gak punya kuota ya sokor! Kapok! Benci banget aku sama klean! Hahahahaha. Canda sayang.

Puncaknya, lha kok Mas Is bilang jual mercendais berupa kaos dan CD bonus tanda tangan dan foto bareng!

EH INI SERIUS???
IYA SERIUS BESTIE!!!

Cuma bawa duit 200 ribu akunya. Padahal kaos sama sidi total 190 ribuan. Tapi uangku sudah berkurang buat beli nasi pecel hahaha. Lalu dipinjem Galang buat beli kaos juga. Aku yang awalnya mau beli CD doang akhirnya beli kaos juga dan minjem duit Sony. Hahahaha.

Dan inilah bonusnya:

Foto bareng Mas Is Pusakata
Mas Is sama Mas Ndop itu sebaya gaes. Masih tuaan aku. Selisih setengah tahun saja. Ya amplop. Aku malu. Teman sebaya tapi kemampuannya gak ada sebaya²nya sama sekali ya. Yang satu kelasnya intenesyenel, yang satunya nyungsep, di kota sendiri aja gak ada yg nganggep. Hahaha.

Plot twist: walaupun di kota sendiri gak dianggap, tapi karyaku sudah gou inteneesyenel juga kalii.. klienku luar negeri juga kaleee. Tapi karyanya doang sih, orang tetep di sini² aja. Huhusedii..

Jam 10.30 malam konser selesai. Banyak penonton yang masih tenguk-tenguk menikmati malam. Aku sempet tenguk-tenguk bentar di salah satu spot yang sepertinya kalau sore gitu bagus banget pemandangannya di sini. Sayangnya ini malem bestie, jadi pemandangannya hitam peteng dedet.

Kayaknya udah gak ada yang perlu dibahas lagi. Tapi sebagai orang berkepribadian baik, sopan santun, dan berbudipekerti luhur, aku gak mungkin gak ngasih apa-apa ke kalian. Silakan disimpen foto ini buat wallpaper hape android kalian.

Kaos Pusakata dan CD

Kenapa? Hapemu aifun kayak saya? Gak percaya dong aku! Masa sih, pembaca blogku ada yg sekaya aku??? AKU GAK PERCAYAAA.. Paling hadece ya? Hayo ngaku! Hahaha canda sayang. Iya gapapa buat yang hapenya aifun, boleh disimpen juga buat wolpeiper.

Diprint buat dipajang di kamar boleh gak mas ndop?

Pertanyaan macam apa itu? GAK BOLEH LAH! Beda lisensinyaaa. Hahah canda sayang. Boleh doooong. Diprint 3 meter ya, sayang. Sepuluh gelombang kanan, sepuluh gelombang kiri. Begitu ya sayang. Jangan lupa ditulis di catatan, tinggi tiga meter ya, cinta.

*Kesurupan kak Jil, lha kok an*

Kesimpulan: Ternyata dugaan awal acaranya kurang meyakinkan, sangat tidak terbukti. Bahkan yang terjadi justru sebaliknya. Acaranya sukses besar. Sound system baguuuuus banget. Kelasnya sudah ibu kota banget! Detail guitar, vokal, drum, semua perfect! Seneeeeng banget Nganjuk bisa bikin beginian. Nekst taim kalau ada acara musik di Bukit Surga, asal EOnya masih sama, aku mau banget nonton lagi.

Minusnya? Ada dikit, sih. Penukaran tiket seharusnya di lokasi aja. Jangan di Tanjunganom yang mana itu jauh banget dari kota. Ya masa mau nuker tiket aja harus otewe 20 km? Kan rada kebacut, ya bestie. Kalau dituker di lokasi, masio antri, sayakin tetep bisa tertib kok. Asal datanya sesuai KTP. Maka semua akan baik-baik saja.

Wis ah. Wis jam 23.50 iki. Aku nulis ndik Ayani sebelahe gembreng ijo taman Nyawiji sing gung dadi². Bertemankan angin kencang. Diluk ngkas masuk angin ki aku, haha. Gak dong, wong Nganjuk ki kuat-kuat. Kota angin kok penduduke masuk angin? Kurang pantes to yaaa…

Bye bye.. mulih sik!

Love youuu ❤️

Komen yuk kak!