Nonton Standup Comedi Satria Tawa di Madiun

Baru tau banget kalau di Madiun ada komunitas standup comedy bernama Satria Tawa. Bahkan sudah ulang tahun ke 7 pula. Gila ya, sudah 7 tahun!

Walaupun anggotanya sih merasa, join komunitas ya gak bisa jadi duit banget. Maklum masyarakat Madiun dan sekitarnya, dan mungkin masyarakat Indonesia, masih belum menganggap stendap sebagai sebuah hiburan layaknya hiburan musik yang harus dibayar.

Padahal menurutku nonton stendap jauh lebih menghibur dibanding nonton musik. Aku mau ngelist ah, apa aja kelebihan nonton stendap dibanding nonton konser musik:

  1. Nonton stendap sendirian gak masalah. Karena penonton bakalan ketawa bareng.
  2. Fokus penonton ya ke komika yang di depan. Gak mungkin nonton stendap sambil pacaran. Kagak mungkin!
  3. Nonton rame-rame juga seru. Karena kalau misal materinya ada yg gak ngeh, kita bisa jelasin ke temen maksudnya tuh begini..
  4. Mengasah otak. Beda sama musik yang cukup dinikmati doang gak perlu difikir. Nonton stendap harus fokes dan otak harus dipakek supaya bisa tau materi lucunya.
  5. Duduk di mana aja gak masalah. Yang penting suaranya kedengeran. Biasanya sih spikernya dipasang di seluruh penjuru penonton supaya suara kedengeran dari manapun. Beda sama konser musik, semakin di depan, semakin menyenangkan karena bisa lihat penyanyi dari dekat.
  6. Tiketnya relatif lebih murah dibanding nonton konser musik.
  7. Pulang hepi banget. Bahkan hepinya bisa betah berhari-hari karena materi lucunya itu bisa terngiang-ngiang di kepala.
  8. Penontonnya mayoritas santuy dan open minded. Soalnya materinya kadang memang menyinggung ke hal sensitif tapi dibuat lucu-lucuan. Jadi diperlukan penonton yg santuy supaya bisa menikmati stendapnya.

Makanya, ayuk lah kalian-kalian ini nonton stendap! Rasakan sensasi ketawa bareng penonton dalam satu gedung atau venue. Seru banget!

Aku beli tiket Satria Tawa ini gak mendadak sih. Beli pas presale. Beli tiket couple 30 ribu doang. Jadi seorang cuma 15 ribu. Sudah bisa ketawa-ketiwi selama 3 jam! Murah banget kaaaan!

Ada 7 komika yang tampil pada 16 Nopember 2019 di Gedung Kecamatan Kartoharjo Madiun kemarin. Ada Duo Maido, Danang, Latif, Aji, Rizky, Dimas, Iqbal, diakhiri dengan dua bintang tamu: Ali Akbar dan Karjo.

Danang kemarin kayaknya materi baru. Aku lupa. Hahaha

Latif ini type-type yang disukai cewek sih.
Kalau dia masuk tipi gitu pasti eye catching di kamera.

Kak Aji ini spesialis puisi galau senja kopi ala anak indie gitu.

Mbak Rizky ini awkward sih. Lucunya aneh. Hahaha.

Kak Dimas ini act outnya bagus!

Iqbal ini juga bagus. Menguasai banget materinya.

Kalau ini sudah komika profesional ya. Sudah sering mlebu tipi. Xixixix

Mas Karjo ini lucu banget!

Aku sudah pernah nonton Danang dan Ali Akbar di Stendap Hutan dan Jambore Stendap. Tapi materinya lupa-lupa ingat. Jadinya masih ketawa aja haha.

Komika lain aku belum pernah liat walhasil penasaran kek apa gaya stendapnya.

Ada Latif yang nyeritain ibunya yang TKW, ada Rizky (cewek) yang cuma bilang “iya” aja, semua udah ketawa, ada Aji si anak senja kopi yang suka puisi, ada Dimas siluman ular hitam haha, ada Iqbal pemain bola, trus Karjo yang pecah banget semua bitnya lucu sampe lambeku kemeng! Hahaha

Overall sih semuanya lucu. Walaupun ada yang masih grogi. Mungkin kurang jam terbang manggung wehehehe.

Yang aku suka dari nonton stendap adalah emsinya, sudah pasti HARUS lucu. Kemarin emsinya Indra dan Brintik, mereka lumayan lucu sih.

Oh iya, aku khan termasuk penonton yang gak malu-malu, makanya kemarin aku lungguh di bangku depan sendiri. Hmm bangku kedua dari depan. Tapi bangku pertama gak ada yg mau nempatin, jadi aku auto depan sendiri.

Pas Duo Maido tampil, lampu gedung Kecamatan Kartoharjo mota-mati. Walhasil aku gak sempet motoin mas-masnya yang salah satunya punya kaki dan pantat sekseh. Haha. Soalnya gak sempet ngeluarin hape juga sih. Soalnya bakalan dipaido sama mereka berdua.

Walaupun aku anteng-anteng aja nontonnya, tapi ternyata gak lolos dari paidoan mereka berdua. Maklum aku dan Sigit Handoko datang agak telat soalnya beli bakso dulu. Karena kami asalnya Nganjuk, kami dijadikan sasaran empuk bullyan mereka berdua. Hahaha

Pingin mbales sih, tapi gak diberi kesempatan bicara sedikitpun. Skill maido mereka sudah ekspert dan nyelekit. Kalau aku bawa karet gelang, sudah bisa dipastikan akan kujepret mereka berdua. Sing siji tak jepret cangkemnya, yang satunya tak jepret bokongmu mbledos lo mas! Hahaha

Satria Tawa ini kreatif sih, ada drama komedi khusus membahas sponsor utama berupa ayam kentaki gitu. Jadi daripada cuma bacain “acara ini disponsori oleh ayam kentaki”, mending dibuat drama komedi sekalian. Totalitas banget! Salut!

Acara ini jadwal awalnya jam 4 sore. Tapi mundur-mundur terus sampe jam setengah tujuh malam. Gak begitu masalah sih, soalnya molornya terobati sama kelucuan komikanya.

Oh iya lupa, poster acara Satria Tawa ini keren banget loh:

Gak sembarangan kan desainnya? Serius banget dan profesional banget. Bahkan tiketnya berupa stiker dan sudah kutempel di lemariku. Hohoho.

Sering-sering bikin acara stendap ya gaes yang ada di Madiun dan sekitarnya. Aku bakalan nonton lagi kalau diadakan lagi. Maklum pengangguran kaya raya jadi bingung gimana caranya habisin duit hahaha.

Penontonnya masih malu-malu. Haha. Masa pas bintang tamu malah banyak yg sudah pulang? Hahaha gak papa masih latihan nonton stendap hahhaa.

Penontonnya lumayan penuh sih kemarin. Ada yang dari luar kota juga. Selain aku yang dari Nganjuk, ada yang dari Kediri juga. Mantab dah! Masio ini acara cenderung lokal stendap, tapi mereka sudah sangat serius menggarapnya. Kalau ada ketidaksempurnaan, ya wajar. Mungkin mereka kekurangan kru. Xixixix.

Tanggal 30 Nopember ini aku mau nonton Standup Raditya Dika di Surabaya. Tiketnya mahal banget! Semoga worth it ya! Ntar aku tulis juga di blog ini!

Okay bae bae!

Komen yuk kak!