Nonton What’s My Age Again Surabaya: Standup Comedy Special by Awwe

Foto bareng awwe dkk

Jujurly, aku tau Awwe (alias Andi Wijaya) malah di Stendup Hutan. Sebelumnya cuma selewat aja di tipi atau yutub. Gak tau ciri khas mas-mas hot ini ada di mana. Bahkan pas papasan di Standup Hutan, aku lo cuma menyapa, “Mas..” trus ngeblank. Karena gatau namanya. Huahaha.

Setendap demi setendap dari Awwe saya tonton, kok ya belum nemu cirikhasnya. Trus bulan demi bulan berlalu. Saya yang lagi gabut iseng dengerin podcast Seminggu. Bang Awwe bersama Pican ngobrol ngalor ngidul ngulon ngetan, saya ngakak parah. Ini dua orang cara berfikirnya spesial nih! Autov the boks! Otherworldly! Avant garde!

Kalau di Jawa Timur, secara kepopuleran, emang Awwe ini tentu gak setenar Nopek, Dono, atau Dodit. Jadi wajar banget kalau aku gak begitu mengenal Awwe. Tapi sudut pandang cara berfikirnya, kok aku tertarik ya. Apalagi aku ada beberapa hal yang rilet sama Aawe. Secara umur, aku sama Awwe cuma selisih dua tahun. Keresahan dia mirip sama aku. Sama² belum kepikiran untuk menikah, sama-sama friseks belum dewasa, sama-sama seniman, yang mana dunia seni komedi tidak semestinya dilombakan, dibanding-bandingkan, apalagi sampe dinilai.

Itulah kenapa Bang Awwe gak tertarik ikut kompetisi standup. Dia maunya jadi jurinya aja! Karena begini, kalau seni komedi itu dinilai atas dasar lucunya, orang gila yg gak bisa nulis materi bisa menang melawan komika yg jago nulis. Soalnya orang gila pasti lucu.

Dan yunowat? ITU SAMA PERSIS sama pemikiranku tentang seni. Aku juga GAK MAU ikutan lomba logo. Kalau ada temen yg nyaranin aku buat ikutan, walaupun diiming-imingi hadiah puluhan juta, aku selalu gak mau. Kalau dikasih duitnya mau sih jadi jurinya aja boleh? Haha. Soalnya banyak banget kompetisi design yang menang hasilnya jauh dari kata standar design yg bagus (baca: designnya jelek). Xixixi

Singkat cerita, bang Awwe akhirnya bikin standup comedy special kedua berjudul What’s My Age Again. Yang diambil dari judul lagu band favorit dia Blink waneitu yang widio klipnya telanzang buled sambil lari².

Acaranya diadakan di Auditorium Bung Tomo, RRI (Radio Republik Indonesia) Surabaya pada 17 Juni 2023.

Panggung Whats My Again Surabaya

Aku nonton sendirian. Karena you see, di Jawa Timur, Awwe gak begitu terkenal. Jadi ketika aku mengajak teman-teman stendapku untuk nonton, pada gak mau. Selain alasan utama berupa fainensyel prablem, tentu saja karena dia kurang rilet sama Awwe.

Tentu saja alasan kedua itu gak berlaku kalau saya bayarin mereka! Tapi berhubung harga tiketnya tidak murah, TIGA RATUS EMPAT PULUH RIBU LIMA PULUH SATU RUPIAH (harga asli 275 ribu, biaya pajak ini itu yg bikin membengkak), jadi saya mendadak jadi orang pelit yang lupa sama personal brendingku sebagai mas-mas dermawan.

Silakan tonton widio di bawah ini. Kalo ada iklan jangan disekip. Karena itu dosa besar!

Setelah nonton video di atas, kalian harusnya gak perlu baca tulisan di bawah ini. Karena sudah dijelaskan semua di video. Tapi saya tahu, gak semua pembaca blog ini punya kuota buat nonton video di atas. Jadi akan saya jelaskan lagi.

Opener pertama adalah..

Ayub

Ayub Budi

Menurut Hakim, teman nonton stendap asal Surabaya, @ayubbudi26 ini kalau di openmic selalu paling akhir. Karena paling pecah. Tapi di acaranya Awwe ini, dia ditaruh di awal. Sengaja biar penonton panasnya cepet kali ya.

Ayub ngebawain tema miskin. Rumahnya triplek. Bit tidur pas kerja bakti itu pecah sih! Walaupun kayak gak masuk akal, tapi penonton bisa yakin kalau itu benar-benar terjadi. Haha.

Sayangnya, lagi-lagi penonton Surabaya masih ada aja yg gak paham cara nonton stendap. Ada satu mbak-mbak resek yg mengganggu kenyamanan menonton stendap. Orang lagi stendap kok disautin.

Keknya gak gitu deh, cara nonton stendap. Soalnya stendap itu gak sama kayak ludruk. Jadi tugas penonton cukup diem. Nyimak. Lalu ketawa kalau lucu. Kalau enggak, dianjurkan tetap ketawa. Ketawa rispek hehe.

Ouwerol, penampilan Ayub cukup bagus menurutku. Walaupun dia agak grogi (mungkin karena penontonnya banyak), tapi Ayub berhasil memanaskan suasana.

Tantangan buat penampil berikutnya nih, siapa tuuuu…

Yatno

Yatno

Opener kedua, @yatno0. Seorang pedagang jajanan anak kecil. Njir, mas Yatno lucu banget. Banyak punchline yg gak ketebak! Materinya bener-bener bikin penasaran. Soalnya selama ini saya rasa penjual jajan itu terlihat baik-baik saja tanpa punya keresahan. Ternyata gak juga. Justru karena pelanggannya anak kecil, keresahannya sangat membagongkan dan lauwucu.

Di sini mbaknya yang tadi juga masih berulah. Tapi Yatno langsung misuhi mbaknya dan mbaknya langsung meneng cep. Gujab Yatno! Huahaha

Penampilan Yatno yang lucu banget, tentu menjadi beban buat penampil selanjutnya, siapa tuuu…

Dono Pradana

Dono Pradana

Tau gak si lo, Mas Dono ini gak ditulis di randaun! Jadi ini misteri ges! Alias bintang tamu misterius! Anjay! Semua penonton bersorak gembira. Anjay anjay anjay, bakalan ada badai topan tawa nih bentar lagi.

Dono bilang, ya kali konsep acara ngepunk tapi gak ngundang aku? Aku kan punk banget!

Walaupun beberapa materinya ada di spesial shonya, tapi aku tetap ngakak! Dia membahas kelakuan anake Ziel sing absurd. Bit pas sholat kui pecah pol. Bit meragain orang gendut di lif. Aduh itu sangat dalam penggalian materinya. Haha.

Pas Dono tampil ini mbake gak kapok-kapok lo, cah. Dia masih aja neriakin komika yg lagi ngebawain materi. Mbok kiro sampean lucu to mbak? Gak blas! Ngganggu iyo! Sok asyik luuu..

Tentu saja kepecahan stendapnya Dono membuat penampil berikutnya merasa…

biasa-biasa aja. Soalnya yang tampil selanjunya adalah..

THE LORD..

Mukti Entutz

Mukti Entutz

Menjadi opener ke 4 buat komika biasa tentu beban banget. Apalagi penampil sebelumnya adalah punya paket komplit sekelas Dono Pradana. Tapi tentu beda kalau yang tampil adalah sang Lord Mukti Entutz yang punya fans loyal.

Kebetulan saya kenal sama @fuadhakims, fans berat Mukti Entutz. Apa aja tentang mas Mukti, Hakim tau. Bahkan kalau kita iseng nanya, Mas Mukti sekarang lagi pake sempak kaos warna apa ya? Hakim pasti tau! Keknya Hakim tuh punya grup watsap isinya dua orang, Mukti Entuts dan dia sendiri.

Aku udah nonton spesialnya Mukti di Jogja. Untungnya materinya baru. Membahas orang jakarta yg ga suka jawa, syuting kuliner, bonus ektaut (act out) yang total! Yang secara ouwerol lucu banget!

Dan inilah yang ditunggu-tunggu sejak tadi.. Sang Headliner..

Awwe

Awwe

Bang Awwe akhirnya tampil. Dia mengenakan kaos Maternal sama celana pendek yang menjadi tredmaknya (walaupun kadang celana pendeknya terlalu pendek sampe terlihat kayak sempak bokser haha).

Sayakin materi Bang Aawe ini baru semua. Cirikhas Bang Awwe yang saya tangkep adalah dia tuh bikin penonton bingung apakah dia ngeblank beneran atau itu cuma gimik. Kalau beneran, kenapa bisa sesantai itu dan masih lucu. Kalau gimik, cara nulisnya gimana ya?

Masa begini..

Jadi habis materi ini, materi ngeblank kayaknya seru. Jadi nanti ektaut pura-pura lupa. Kedip-kedip mata. Nunduk. Pura-pura mikir.. xixixix.. kena gak ya, lucunya? Hahaha.

Di What’s My Age Again Surabaya, kayaknya dia cuma sekali lupa materi. Tapi tetap saja karena dia ngebawain materinya sante banget, jadi penonton lupa. Termasuk saya. Haha. Atau jangan-jangan gak ada yg lupa ya? Tuh khan, aku lupa! Hahahah

Stendapnya bercerita tentang dirinya yg beda dengan teman² seusianya yg sudah pada nikah dan punya anak. Sementara dia masih singgel dan belum merasa dewasa dan masih pingin bebas. Juga cerita tentang kehidupan percintaan dia sejak esde sampe kerja yg, ah.. gak bisa saya ceritakan di sini (baca: ngenes).

Ada materi serprais yang bikin penonton antusias pengen denger. Materi tentang istri-istri teman komika yang lain. Sumpah ini pecah banget! Special bit pas ngebahas istrinya Ernest. Terlihat jenius banget penulisannya!

Acara selesai jam 10 malam lebih. Total 2 jam penonton dihibur sama 5 komika yg lucu-lucu. Opener tampil rata² 10 sampe 15 menit. @awwe182 tampil sejam lebih.

Acara selanjutnya foto-foto. Karena aku punya kartu prioritas, maka aku antri duluan.

Foto bareng Ayub dan Yatno
Foto bareng bersama Yatno dan Ayub

Foto bersama Dono dan Mukti
Foto bersama Dono dan Mukti

Foto bareng Andi Wijaya alias Awwe
Foto bareng Andi Wijaya alias Awwe

Ouwerol dengan total harga 340 ribu yang harus saya keluarkan untuk menonton setendapnya Awwe dan kawan², What’s My Age Again, sangat worth it! Bahkan saya katakan teman² yang tidak menonton adalah golongan kaum yang merugi yang selama hidupnya diliputi kesengsaraan hidup yang tiada henti. Eh,…

Marsyandyaa… mar.. syan.. dyaaa…

Oh iya, enaknya nonton sendirian adalah aku bisa dengan gampang cari satu bangku kosong di posisi depan. Jadi lumayan gak perlu effort berangkat awal banget. Kalau ngajak temen, udah pasti aku akan lungguh ngguri. Soalnya bangku depan gak mungkin ada dua bangku kosong. Dan menonton stendap di depan itu sensasinya beda. Kalian pernah gak, merasakan sensasi ketawa sambil merinding? Nah itu!

Saya akhiri postingan ini dengan ucapan.. selamat membeli dijital daunlod What’s My Age Again di comika dot aidi! Mumpung masih ada promo bundling sama produk Pidato Presiden cukup bayar 250 ribu saja.

Komen yuk kak!