Setan Notifikasi

Lagi asyik ngerjain orderan vector, eh tiba-tiba mak cengklung, ada notifikasi chat masuk. Oh, ternyata ada temen lama gak bersua tiba-tiba ngajak ngobrol.

Karena dia gak eksis di dunia perinternetan, makanya dia gak kenal aku ini siapa sekarang. Dia nanya mulu pekerjaanku apa, sekarang tinggal di mana, dan pertanyaan setandar lainnya.

Karena males njawab, aku kasih link postingan blogku aja biar dia baca sendiri. Eh, ternyata dia pengguna blekberi yang rata-rata gak beli paketan full. Alias cuma bisa chattingan BBM doang. Dan otomatis aku harus panjang lebar menjelaskan aku ini siapa sekarang. *koyok wong penting ae ya hahaha*

Lah, ternyata sesi wawancara itu menghabiskan waktu setengah jam sendiri! Lah, kerjaanku terbengkalai nih. Kalau kata Presiden Jokowi (beliau sekarang Presiden Indonesia ya! Bukan presiden pendukungnya doang ya!), KERJA! KERJA! KERJA!!!

Oke ampun pak! Aku kembali bekerja! Maklum, sebagai pecinta pedes, harga BBM naik konon bikin harga cabe naik pula khan? Padahal menurut pengamatanku, harga cabe pas BBM gak naik pun juga pernah melambung tinggi. Ingat khan dulu cabe sekilo 100 ribu? Jadi bukan karena BBMnya, tapi karena emang pas naik aja.

Masa bodo ah harga naik, yang penting rejeki dari Gusti Alloh sudah diatur sedemikian rupa, sehingga kalau kita memang mensyukuri nikmat Gusti Alloh, ya akan dicukupkan kok, bahkan ditambah nikmatnya.

Nah, kalau benar harga naik mengikuti naiknya BBM, berati aku harus KERJA! KERJA! KERJA! Kerjanya tiga kali. Berati harus lebih keras lagi gitu. Agar duitnya cukup untuk difoya-foyain buat liburan. Hahaha.

Aku pun kembali bekerja. Asyik ngegambar rambut yang menjuntai luwes ke bawah ini. Hape sudah aku lempar ke kasur di belakangku. Lama-lama pegel juga nih mata dan tangan kananku, aku pun ngecek-ngecek facebook. Buka notifikasi yang angkanya 50an.

Weleh, ada yg komen di foto jamanku kurus dulu. Aku balas deh komennya. Lah kok direspon lagi sama dia. Lama-lama orang lain pun ikutan komen. Balas-balasan komen yg kocak dan asyik pun saling bersambut.

Ada yg nanya resep gemuk, lalu aku kasih link blog ini. Sekalian login dashboard wordpress. Lah ternyata banyak notifikasi komentar yang masuk. Balas satu-satu ah..

Tiba-tiba iPad di belakang berbunyi nada dering khusus email masuk. Oh! Ada order!

Buka email deh. Waaah, ternyata orang luar negeri mau mesen vector! Duit nih! Hahaha. Emailnya panjang lebar dan aku gak paham. Walhasil buka google translate. Di pojok kanan atas, lha kok ada angka merah-merah yang menggoda sekali untuk diklik. Ada 10 notifikasi google plus nih! Lihat ah!

Woalah, ternyata di google plus ada yg share link lucu. Baca ah.

HAHAHAHAHA.. Asyik ini linknya, dishare ah di facebook.

Wah di timeline facebook ada status lucu. Komen aaah! Waaah, lha ini ada yang ngeshare design arsitektur yang unik. Baca komen-komennya yang pakai bahasa Iggris, jadi buka google translate lagi. Loh, ada notifikasi lagi di pojok kanan atas. Oh, ada yg ngeshare link yutub! Lihat ah!

Habis nonton yutub, lha kok di pojok kanan atas ada angka merah-merah yang menggoda untuk diklik. Oh, ada yang menambah +1 pada komenku. Wow, komenku di video AADC versi line yang ngelike ada 50 orang! Keren! Eh, ada yg membalas komenku juga di video AADC versi Line. Balas ah..

Oh iya, lupa, tadi aku belum balas email. Balas dulu ah. Duh, kenapa bahasa Inggris nggak kayak bahasa jawa sih, jadi bahasa daerah gitu. Khan biar gampang merangkai kalimatnya kalau tiap hari dipakai. Ah, bingung, pakai google translate aja ah. Tinggal kopas.

Email terkirim! Hasek!

Meriksa tab firefox, lha kok tab facebook ada angka (71) nya. Gile, banyak banget notifikasinya. Eh, iya ding, sekarang sudah jam 11 malam. Semakin banyak para manusia kelelawar ahli pemrograman web, ahli design, ahli nggambar, ahli pasang iklan di facebook, para BELOHHER kayak saya pada online. Biasa, para pengangguran profesional kayak kami ini butuh eksis di dunia maya euy, daripada gak dianggap eksis di dunia nyata khan? HAHAHA

Cek notifikasi satu persatu. Semakin malam, status-status facebook makin asyik. Maklum jam-jam semalam itu gak ada anak alay yang manja dan bapak-ibu soleh-solelah ahli dakwah juga mungkin sudah pada tidur setelah sorenya kelelahan bikin artikel penebar kebencian di facebook #eh, jadi status-statusnya aman sentausa dibaca dan dikomeni.

Wuih, nggak kerasa sudah jam 12 malam. Ada dering suara email di iPad. Oh, mas bule tadi pasti ngebalas emailku tadi. Setelah aku buka ternyata cuma Linkedin. Yaelah. Report as spam aja deh. Ngeganggu bingit!

Eh, aku tadi ngapain aja ya dari jam 8 malam sampe jam 12 ini?

OH IYA! AKU SEDANG NGERJAIN ORDERAN VECTOR!! DAN DEADLINENYA HARI INI!!! DAN HARI INI ITU SUDAH HABIS WAKTUNYA KARENA SUDAH JAM 12 MALAM LEBIH SATU MENIT! KAMPRET!! DASAR ANAK KELELAWAR YANG DURHAKA SAMA ORANG TUANYA KARENA KABUR DARI RUMAH KELUYURAN MALAM-MALAM SENDIRIAN DI INTERNET!!

Oke deh nggak papa telat. Orang Indonesia ah sudah biasa jam karet. Telat sejam paling juga masih dimaklumi.

Karena notifikasi semakin sepi, kembalilah aku menggambar vector mbak-mbak berambut menjuntai tadi. Sejam kemudian selesai.

YAELAAAH! TERNYATA KALAU DIKERJAKAN TANPA GANGGUAN APA-APA, NGERJAINNYA JADI CEPET, SEJAM SELESAI!!! LHA INI TADI 4 JAM AKU NGAPAIN AJA? KENAPA NGGAK DISELESAIKAN DULU AJA PEKERJAANKU TRUS BARU CEK NOTIFIKASI LAGI HA??

Lah, ini tadi aku juga belum sholat Isya! Sekarang sudah jam 2 pagi! Sik bentar-bentar.. ada suara notifikasi mention twitter di hape. Kuraih hapeku di belakang yang daritadi aku cuekin.

Lah, kelupaan gak buka hape, BBM yang masuk ada 5 chattingan. Okay, sabar, balas satu persatu dengan emoticon senyum merekah.. *padahal muka aslinya cemberut*

Loh, tadi khan aku mau buka twitter, kok jadi balas BBM sih. Oke cuekin aja yg ngechat, gak penting juga kok.

Weladalah, ada puluhan orang yang nge RT mention twitterku ke mas Rudi @kurawa. Senangnya, tab mentionku jadi RAME!! Buka chirpstory ah, mas Rudi @kurawa sedang ngebantai akun partai socmed nih. Seru sekali! Dan pemenangnya tentu saja @kurawa lah. HAHAHA.

Oh iya, lupa gak ngirim orderan yang tadi ke email. Dasar pelupa!

Email sent.

Saatnya ngewatsap klien kalau orderan sudah aku kirim ke email dia. “Makasih yaaa… “ send! Centang satu. Kok satu? Oh iya, sudah jam setelah empat pagi. Klien masih tidur ding.

LAH SUDAH JAM SETENGAH EMPAT PAGI AJA! AKU TADI BELUM SHOLAT ISYA!!! NDOOOP! KAPOKMU KAPAN????

Langsung deh lari tunggang langgang naik kuda putihnya Prabowo seharga 3 milyar itu ke belakang rumah. Masuklah ke kamar mandi buat wudlu. WADUH!!! Habis lari-lari lalu nyentuh air dingin, kok perutku mules yaaa.

Keluar kamar mandi, pindah ke wese untuk mengeluarkan granat. Asyik lega sekarang. Lalu wudlu trus sholat Isya.

Baru dapat tiga rokaat, LHA KOK TIBA-TIBA MUSHOLLA DEKAT RUMAH ADZAN SUBUH!!

SETAAAAAAN!!!! GARA-GARA FACEBOOK NIH, GARA-GARA TWITTER NIH, GARA-GARA EMAIL NIH, GARA-GARA BBM NIH, GARA-GARA AKU NURUT SAMA NOTIFIKASI NIH. NOTIFIKASI SETAAAAN!!!

——————

PENUTUP

Teman-temanku yang budiman. Di zaman serba smartphone ini, syeton yang konon akan menggoda manusia sampe hari kiamat, agar manusia senantiasa lupa beribadah, teledor, terburu-buru, ceroboh, gagal dalam segala hal, frustasi, marah, setres, juga masih eksis loh menggoda kita sampe sekarang. Khan sekarang belum kiamat.

Nah, mereka para setan itu (ngetik sambil ngaca), menggoda kita lewat notifikasi! Yup, jangan dikira syeton itu gaptek ya. Eh eh, jangan salah. Mereka juga mengenal teknologi kali. Mungkin jauuuh lebih canggih dari kita. Wong mereka lo gak bisa mati. Walhasil mereka lebih pinter, karena hidup lebih lama otomatis lebih banyak pengalaman hidupnya.

Dan saking pinternya, kita gak nyadar kalau sekarang syetan itu strategi menggodanya udah diupgrade ke versi haitek yang kita susaaaah banget untuk menghindar, yaitu NOTIFIKASI. Bisa lewat hape, tablet, komputer.

Kalau dulu, setan menggoda lewat siaran televisi, jadi kalau lampu mati, setan gagal menggoda deh. Lha kalau lewat notifikasi? Khan hape sudah ada powerbeng. Mungkin setan juga menggoda para developer pembuat aplikasi sosial media agar bikin aplikasi lain untuk menggantikan pengguna facebook dan twitter yg mulai bosen. Contohnya? Path. hehehe..

Notifikasi iPhone iOS 8

Godaan notifikasi di hape.

Dan benar juga, ketika kita install facebook saja, kita gak akan pernah istirahat untuk sekrol timelinenya. Kita gak akan istirahat untuk selalu dapat notifikasinya. Warna merah menggoda itu khan warna api. Ingat khan syeton terbuat dari apa? yup! API!!

That’s why, kenapa notifikasi selalu dikasih warna merah. Biar kita tergoda untuk mengekliknya! Mengekliknya lagi dan lagi gak ada bosannya :evil:

Itu baru facebook, belum ketambahan twitter, instagram, Path, BBM, Whatsapp, Line, Facebook messenger. Kita akan habis waktunya buat nanggepin notifikasi doang!

Sebagai mahkeluk biasa penuh dosa, aku juga pernah install aplikasi Al Quran yang ada notifikasinya setiap hari yang mengingatkan aku untuk mengaji. Tapi apa yang terjadi? Setiap notifikasi berbunyi, aku malah bilang gini ke iPadku, “IYO IYOO, SIK TO DILUK NGKAS.. “. Ujung-ujungnya lupa ngaji, malah asyik facebookan.

“Lebih asyik baca notifikasi facebook daripada notifikasi Al Quran dong!” Kata syetan.

——————

Loh loh loh, ini tadi aku sedang ngerjain order vector juga, lha kok malah sibuk posting blog? Dasar setaaaan!!!

45 Comments

Komen dong!