Aplikasi Al Quran yang Mudah Dibaca

Selama ini aku males cari aplikasi Al Qur’an digital di gejet, soalnya duluuu banget pas masih pakek hape Sony Ericsson K320i, pernah download Al Qur’an dijital, tapi ternyata susah dibaca.

Jadi selama ini khan kita belajar membaca Al Qur’an melalui Iqro’ (atau Al Barqi, dll) lalu kalau sudah lulus, baru boleh membaca Al Qur’an terbitan Departemen Agama toh.

Nah, ketika kita membaca Al Qur’an selain terbitan departemen Agama di Indonesia sini, misal Al Qur’an yang kita beli ketika Umroh atau Haji, pasti ada harokat yg berbeda.

Harokat itu semacam fathah, ndomah, sukun, kasroh, itu loh. Tau khan?

Nah, di Al Qur’an dijital kebanyakan, kok ada perbedaan bentuk. Misal di lafadz “Alloh”. Yang kita ketahui, fathah yang di tengah itu fathah berdiri alias dibaca panjang. Tapi di Al Qur’an dijital kebanyakan, ditulis fathah biasa.

Perhatikan contoh ini..

Quran1

Contoh fathah yg “gak biasa”
di Al Qur’an Digital kebanyakan

Yang saya lingkari, yang saya nomeri..

Nomer 1 itu penulisan fathah yg nggak biasa ya kalau di Indonesia sini. Kalau di sini khan fathahnya berdiri, alias dibaca panjang. Kalau negara lain, mungkin beda, nggak tau aku.

Nomer 2 itu ada fathah berdiri ditambah fathah biasa. Nah kalau kita belajar dari Iqro’, khan gak pernah diajarkan dua fathah model begitu. Padahal itu maksudnya fathah berdiri.

Banyak contoh lain di Al Quran dijital kebanyakan, yg bikin kita (terutama di Indonesia) bingung cara membacanya. Kalau tulisan arabnya sih sama persis. Tapi harokat (fathah, kasroh, ndomah, dll)nya yg bikin bingung.

Contoh lainnya yg membingungkan adalah…

Qur'an dijital kebanyakan

Contoh lain yg juga membingungkan..

Nomer 1 itu kalau kita simak di Al Qur’an beneran di rumah, pada huruf Alif, akan ada kasroh. Alias dibaca “i“. Di situ nggak ada. Malah ada harokat “aneh” yg kita gak pernah tau. Hehe.

Sebenarnya itu memang disambung sama kalimat sebelumnya, yaitu “Nasta’ii nuhdinasy“. Buat yg baru belajar, maka akan membingungkan.

Nomer 2 itu di huruf “Yak” nggak ada harokat apa-apa. Di situ yg kita ketahui di Al Qur’an di rumah, ada sukunnya, alias “yak” mati, yang berarti huruf yg dikasroh sebelumnya dibaca panjang.

Kalau nggak ada sukunnya, orang yg baru belajar baca Al Qur’an dari Iqro’, akan kebingungan soalnya gak ada harokatnya.

____________

Nah, dari uraian kasus harokat membingungkan di atas, saya jadi “takut” membaca Al Qur’an dijital. Takut salah panjang pendeknya, takut salah baca.

Trus aku penasaran, masa sih, SEMUA Al Qur’an dijital seperti itu?

TERNYATA ENGGAK!

:dance:

Ada beberapa Al Qur’an Digital di App Store yang aku temukan, harokatnya sama persis dengan Al Qur’an kita di rumah.

Untuk iOS (Penguna iPhone, iPad)

1. Al Qur’an dijital terbitan Ahmadiyah

Yang satu, Al Qur’an dijital terbitan Ahmadiyah. Walaupun sama persis, tapi karena Ahmadiyah itu penuh kontroversi, maka aku abaikan saja. Haha.

Gak ding, aku kurang suka sama interfacenya yg agak berantakan. Walhasil aku skip.

Al Qur'an Ahmadiyya

Al Qur’an dijital terbitan Ahmadiyah.
Harokatnya sama dengan Al Qur’an di rumah.

2. Qur’an Pak terbitan Pak Data

Qur’an Pak terbitan Pak Data, nah kalau yg ini aku sudah download, tapi ternyata cuma beberapa surat, setelah itu kalau mau yg full version, musti bayar 5,99 US dolar!

Qur'an Pak

Al Qur’an dijital terbitan Pak Data.
Harokatnya sama dengan Al Qur’an di rumah juga.
Interfacenya bagus pula. Sayangnya full versionnya bayar.
:sad:

Oke skip. <--- Katanya kaya, tapi suka yang gratisan.. :doh: 3. QURAN KAREEM HD

QURAN KAREEM HD <-- klik untuk download. Aplikasi ini terbitan SHL Info Systems.

NAH, AKHIRNYA NEMU AL QUR’AN DIGITAL YANG HAROKATNYA SAMA PERSIS DENGAN AL QURAN DI RUMAH. GRATIS PULAK!!!

Senengnya bukan main. :hug:

Ukuran aplikasinya masuk akal, yaitu 412 MB (Empat ratus dua belas mega!). Jadi saya yakin 100% ini full version.

Lalu saya download dong. Sambil ditinggal tidur.

Setelah selesai, wuih, daku seneng banget karena interfacenya adem, banyak ukiran, nggak kaku. Kayak Al Qur’an di rumah deh.

Qur'an Kareem terbitan SHL Info System

Quran Kareem HD.
Interfacenya bagus, penuh ukiran dan gak kaku.

Saya yakin itu hasil scan Al Qur’an beneran. Trus diprogram supaya dijital. Soalnya Qur’an Kareem ini juga sama canggihnya dengan aplikasi Al Qur’an dijital lainnya. Ada soundsnya juga buat yg males baca (tapi gak full, kalau full bayar). Ada navigasinya kalau mau langsung njujug ke juz berapa atau surat apa.

Lumayan komplit lah, sudah lebih dari cukup daripada yg kita butuhkan.

UPDATE 2015: Sejak apdet versi terbaru, aplikasi Quran Kareem ini memerlukan koneksi internet untuk membuka setiap halamannya. Jadi dia download satu-satu halaman perhalaman yg kita buka. Jadi kalau tanpa koneksi internet, Quran Kareem hanya akan terlihat putih bersih tanpa ada huruf hijaiyah sama sekali.

4. Holy Quran by Raja Imran

Namanya: Holy Quran by Raja Imran.

Ukuran aplikasinya cuma 80 MB (delapan puluh mega!).

Cuman, agak kurang enak sih interfacenya. Soalnya pindah halamannya harus nyekrol. Kalau yg lain khan biasanya kayak buka buku beneran gitu.

Holy Quran by Raja Imran

Holy Quran by Raja Imran
Kalau pindah halaman musti nyekrol

Holy Quran by Raja Imran ini ada yg versi 728 MB, soalnya plus suara dari Syeikh Abdul Rahman As-Sudais yang gendut ganteng dan terkenal itu.

5. iQra: Easy Quran

iQra: Easy Quran
Download: iQra Easy Quran By Muddsar Jamil

Nah, aplikasi ini paling juara di antara lainnya di atas. Cukup dengan 43 MB, kamu dapat semua Al Qur’annya. Bisa difavorite kalau kamu berhenti di halaman tertentu. Kalau mau buka halaman tertentu itu, tinggal klik favorit, maka halaman yg kamu simpan akan ada di situ.

iQra: Easy Quran

Simpel. Tanpa suara-suara yg bikin file jadi gedhe.

—————–

Untuk Android

Atas bantuan mas Slametux di postingan ini, yg melekan ngubek-ubek isi playstore, akhirnya nemu juga yg Al Qur’an Dijital yang enak dibaca untuk android! YAY!

Holy Quran

Walaupun namanya berbeda, yaitu HOLY QURAN by FanzeTech <-- silakan klik untuk download. Harokatnya mudah dibaca. Mirip sama Qur'an Kareem kok. Ukurannya enteng pula, cuma 31 MB (tiga puluh satu mega!). Buruan download deh! Holy Quran

———–

Untuk PDF

Buat yang males dan merasa keganggu sama notifikasi aplikasi di atas, bisa kok dimatiin notifikasinya. Atau kalau mau tanpa notifikasi, ada kok Al Qur’an Digital yang mudah dibaca versi PDF nya! Smartphone jaman sekarang khan sudah bisa baca PDF semua khan?

AL Quran mudah dibaca 16 baris

Al Qur’an (16 baris) versi PDF yang mudah dibaca

Nah, aku nemu linknya setelah berjam-jam mencari kata kunci yang pas. Dan agar gak ilang lagi linknya (karena aku kadang lupa ngebukmak), mending aku upload ulang di mediafire, silakan download:

DOWNLOAD AL-QUR’AN YANG MUDAH DIBACA

Selamat mengaji…

———

Sekarang sudah gak perlu repot bawa-bawa Al Qur’an ke mana-mana. Cukup bawa gejet saja plus aplikasi Quran Kareem ini. Bisa ngaji di mana aja deh. Asal jangan aplikasinya jangan dibuka di wese ya. Hahaha..

Oke deh. Sampai disini dulu ya. Ntar kalau ada apdeit lagi, akan aku tambah lagi.

Akhirnyaaa… tuntas sudah postingan Al Quran enak dibaca dan gratis kali ini. Buat pengguna OS lain, misal Windows Phone, Symbian, Java, kalau nemu aplikasi kayak ini, silakan beritau di komentar yaaa..

:dance:

28 Comments

Komen dong!