Wisata Batu Malang: Batu Secret Zoo

Batu itu nama kota di karesidenan Malang (Malang Raya) ya, bukan batu, stone alias watu. Kalau orang jatim atau jateng, membaca Batu itu Mbatu. Ada “m” nya. Sama kayak kotaku tercinta, Anjuk Ladang, dibaca warganya Nganjuk Ladang. Trus Ladangnya diilangin biar gak panjang-panjang.

———–

Masih 26 Maret 2014…

Batu Secret Zoo

Batu Secret Zoo bersama salah satu penghuninya.

Perjalanan sore itu ternyata masih panjang. Jadi kami berada di Museum Satwa dari jam setengah satu siang sampe jam setengah tiga sore. Langsung dilanjut ke Kebun Binatang Rahasia Batu alias Batu Secret Zoo.

Beuuuuh.. masuk Batu Secret Zoo ini kalian akan disuguhi suara simpanse(?) yg sahut-sahutan.

“Hu.. hu.. hu.. hu… “ Kata simpanse di atas sana sambil bergelantungan di pohon.
“Hu.. Huhu.. Huuu.. “ Kata saya membalas sapaan simpanse di sana..

Yang kalau diterjemahkan dalam bahasa simpanse, “Hu.. hu.. hu.. hu… ” itu artinya “Halo ndooop, selamat datang di kebun binatang kami. Saatnya kamu kembali sejenak ke habitat aslimu yg dulu ndop!

Trus aku menjawab “Hu.. Huhu.. Huuu..” itu artinya, “Asem tenan kowe Supartono konco esdeku biyen. Jik urip wae kowe! Gik ndang topo ning gunung wilis kono, ben iso menjelma dadi uwong ganteng koyok aku.. “

Trus kemudian kami ketawa bareng. Reuni kami berdua ini disaksikan oleh Rian dan Tomi dengan bengong sambil ndomblong.

:eek:

———

Beuuuh, kebun binatang di Batu Secret Zoo alias Jatim Park 2 (sak paket sama Museum Satwa) ini, jalannya naik turun kayak gunung. Bener-bener cara yang cerdas untuk menghemat space. Batu Secret Zoo ini kalau diibaratkan adalah apartemen binatang. Jadi bunbinnya bertingkat-tingkat gitu. Detail bangunannya juga sangat keren pokoknya. Setandar intenesyenel!

Kami yang sudah lempoh kakinya karena seharian ini cuma tidur dua jam doang, langsung disuruh jalan kaki mengelilingi Eco Green Park, lalu dilanjutkan Museum Satwa, eh, masih disuruh jalan kaki lagi ke Batu Secret Zoo yang jalannya naik turun. Duuuh, bener-bener menguras tenaga! Lumayan buat Rian dan Tomi, bisa turun beratus-ratus ton berat tubuhnya..

Kalau buat aku sih, ini sudah agak biasa ya. Khan aku tiap hari bersepeda ke mana-mana. Jadi wis biyassa rekoso.. *biar rekoso yg penting sombong*

Saatnya mas ndop belajar moto..

Kera di Batu Secret Zoo

Ini jenis kera apa ya? Aku kok lupa haha..
Duh, motret kera itu susahnya minta ampun! Soalnya gerak-gerak mulu.
Trus krangkengnya itu ngganggu banget. Jadi susah fokus deh.
*curhat sang fotografer alay*

Binatang pertama yang akan kita temui di Batu Secret Zoo adalah kera. Jenisnya macam-macam. Dan kita nggak mungkin sibuk ngafalin namanya. Namanya susah juga sih dihafalin.

Kera di Batu Secret Zoo

Nah kalau cuma ditutupi kaca, jadi enak motonya.
Kayak foto ini.

Kerarapopo

#kerapopo

Kera lagi

Kok kera mulu sih, ndop?
Oke ini kera terakhir deh!

Saat itu sudah sore ya, jadi pengunjungnya sepi gitu. Jadi kami bisa bebas ngelihat binatangnya tanpa sibuk antri dengan pengunjung lainnya. Mungkin juga ini gara-gara simpanse di awal tadi ya, dia ngasih tahu aku kalau ke sini sore aja, biar sepi gitu. Haha.

Kura kura di Batu secret zoo

Aku kok ngerasa binatang paling menakutkan itu kura-kura ya?
Mungkin karena umurnya yg bisa tahan ratusan tahun?
Sama dong kayak umur kuntilanak atau genderuwo? #eh

Racoon Batu Secret Zoo

Melihara raccoon di rumah keknya lucu yak.
*karungin satu, bawa ke rumah*

Merak di Batu Secret Zoo

Meraknya sombong yak, kayak aku.

Beuuuuh… di Batu Secret Zoo Jatim Park 2, sangat gampang menemui merak. Terbang ke sana ke mari. Suka nyasar di kandang lainnya. Kadang sibuk nggosip bersama angsa-angsa luar negeri atau malah dengan angkuhnya nangkring di pager kambing bule.

Nah, pas ada merak yang jangkau-able. Aku yang sombong ini merasa punya temen sesama sombong gitu. Maka aku sapalah si merak dengan sapaan sok akrab. *Sesama makhluk sombong itu harus akrab*

“Halo Meriati, kamu kok cantik banget sih.. Boleh dong kita kenalan? Biar nanti kita bisa tukeran tips menyombongkan diri dengan tidak terlihat dan malah terlihat keren. Boleh dong kenalan? Boleh dong yaaa.. “ Kataku sambil mengulurkan tangan mau ngelus-ngelus kepalanya..

Si Meriati cuek aja. Maklum dia khan makhluk sombong. Mana mau diajak kenalan segampang itu. Uluran tanganku pun aku tarik lagi. Oh mungkin aku harus pelan-pelan..

Ketika aku ulurkan tanganku lagi, tiba-tiba aku terkejut, “AAAWW…. “

TANGANKU DICUCUK SAMA MERIATI!!!

DASAR MERAK SOMBONG!!! CUIH!! DIAJAK KENALAN SAMA SELEB BLOGGER DAN TUKANG GAMBAR VECTOR YANG SUDAH TERKENAL SEANTERO JAGAT RAYA KOK GAK MAU!!! CUIH!!!

Aduh.. Untung merak nggak punya gigi ya. Kalau punya bisa berdarah-darah ini tanganku. Sial!

Aku berlari menuju Rian dan Tomi buat pamer kekuatan tanganku yang nggak papa setelah dicucuk merak. Setelah dengan bangga bercerita sama Rian dan Tomi, mereka malah nyukur-nyukurne. Huahahaha.. Sial kuaderat!

Merak di Batu Secret Zoo

Meriati said, “Sokor!”

Karena kami sudah kelelahan dan kelaparan, maka kami nongkrong sebentar di tempat makan yang ternyata penjualnya sudah pada tutup karena kesorean. Walhasil kami mesen makanan insetan berupa Pop Mie.

Walaupun harga makanan di tempat wisata itu mahal, tapi karena kami horangkayah demi perut yg keroncongan dan demi mengembalikan ratusan triliyun kalori yang hilang, maka kami rela-rela saja.

Sambil nunggu makanan datang, kami ngeces iPhone masing-masing..

Oh, aku barutau kalau di tempat wisata sekarang disediakan loker buat ngeces hape. Jadi besarnya selemari kecil gitu. Ada banyak pintu. Di dalamnya ada colokan kabelnya. Lalu hape kita masukkan ke salah satu bilik lemari. Pintu ditutup. Dikunci. Kunci dibawa. Hape kita aman.

Keren ya.

Eh, di samping kami makan, ada kandang hewan ini…

Hewan Mirip Llama di Batu Secret Zoo

Nemu hewan mirip Llama.
Anak Deviantart pasti tahu apa itu Llama.
:dance:

Llama lagi

Aaakk.. kyud bingit!
Pingin melihara ini di rumah!!!

Sak karepmu wis ndop..

Yowis yuk kita melanjutkan perjalanan..

Di setiap kebun binatang akan selalu ada akuariumnya. Kami sebenarnya agak males sih. Sudah lelah banget ini badan. Tapi karena akuarium itu rasanya adem dan satu-satunya jalan keluar ya harus masuk sini, maka kami pasrah aja.

Akuarium Batu Secret Zoo

Nothin’ special sih.. Cuma gini-gini doang..
Tapi karena kami sudah bayar tiket, maka kami pura-pura takjub saja..
“Wow, bagus banget ya akuariumnyaaaa… “
:angop:

Kadal di Batu Secret Zoo

“Woooow!! Kadalnya sangat tampan yaaa.. “
:tidur:

Keluar dari dunia perikanan yg bikin ngantuk karena memang adem, kami disuguhi pemandangan yang jelas bikin melek mata disertai jantung deg-degan!

Jaguar di Batu Secret Zoo

Aku lamaaa banget di kandang jaguar ini.
Jaguarnya jalan-jalan terus ke kiri ke kanan.
Auranya bikin aku semangat hidup.
Melihara ini di rumah keknya seru yaa..

Iyo ndop, seru.. awakmu bakalan dimplok digawe cemilan…

Rian dan Tomi mana yak? Kutengok ke depan sambil membelalakkan mata. Gak nemu. Ah mbuh wis. Akunya kelamaan sih di sini. Jadi ketinggalan jauuuh banget sama Tomi dan Rian hahaha..

Kakak Puma yang Cantik

Kak Puma, kamu cowok apa cewek ya?
Kayaknya cowok deh.. Tapi kamu cantik banget tauk!

Sementara si puma yg entah cewek apa cowok itu duduk sambil berpose elegan, rekan satunya malah sibuk melatih diri melompat ke sana ke mari. Di kandang yg luas itu disediakan pohon buat memenuhi hasrat si Puma melompat dan berlari ke sana kemari.

GEDEBUK.. GEDEBUK GEDEBUK..! Suaranya Puma melompat dan berlari kencang bikin adrenaline meningkat! Bayangkan anak kucing yang biasanya “ekting” menerkam mangsa, lalu kalikan ukurannya tubuhnya 20 kali lipat. Nah itu.

Macan Tutul Batu Secret Zoo

Macan Tutul (atau jaguar?) ini hyperaktif banget!
Kayak kerasukan roh macan gitu..
HEH!! ITU MEMANG MACAN NDOP!!!

Karena bintangku Leo, maka aku sangat bersemangat kalau bertemu hewan sejenis macan, singa, jaguar, puma, dan jenis kucing lainnya. Mereka kayak punya ikatan imousyenel gitu. Ketika mereka memandang mataku, kami kayak punya telepati. Kami kayak komunikasi gitu. Menggunakan bahasa energi yg tidak bisa dijelaskan dengan kata-kata.. (((DENGAN KATA-KATA)))

Harimau di Batu Secret Zoo

Wahai harimau! Kamu ganteng banget!
Terserah kalau kamu cewek sekalipun, pokoknya ganteng!

Aku terjepit di antara macan-macan. Di belakangku si jaguar tutul tadi melompat ke sana kemari sambil sesekali menemui pasangannya buat sekedar nyeser-nyeser kepala. Di depanku ada harimau yg diam, kalem, tapi sesekali SANGAT AMAT BRUTAL berkelahi-berkelahi lucuk.

Aumannya itu loh, bikin jantung deg-degan. Nada rendahnya terecord dengan pitch sempurna. Seandainya si harimau bisa nyanyi, maka lagu yang cocok buat dia nyanyikan adalah “Bunga Terakhir” nya Bebi Romeo. Kalau dia ikutan audisi, trus aku jurinya, maka AKU YES!!!

Sebagai obat deg-degan jantung, maka binatang selanjutnya adalah Flamingo.

Flamingo Batu Secret Zoo

Burung Flamingo ini walaupun gak lulus ujian sekolah,
tapi bajunya tetep disemprot pilok!
Warna pink oranye pulak. Gaul bingit!

Ndop, itu bulunya udah dari sononya warnanya oranye. Bukan karena disemprot pilok. Lagian sejak kapan flamingo sekolah?

Hmm.. Saatnya kami foto-foto..

Batu Secret Zoo

Kami yang super duper kelelahan..

Gajah di Batu Secret Zoo

Dik Gajah, nerima jasa angkut kami gak?
Bayar via paypal bisa khan? Rate BCA yaaa..
*Obrolan ala internet marketer*

Levitasi di Batu Secret Zoo

Tetep ya, di manapun harus nyempetin levitasi!

Ternyata kami kesorean banget. Walhasil gak bisa menikmati wahana yg isinya macan dan singa. Bahkan ada yg berjalan di atas kaca yg di bawahnya ada singa. Kalau siangan dikit ke sini, atau pas rame. Keknya ada foto bareng singa juga deh.

Ah, gak papa, nanti kapan-kapan ke sini lagi aja khan masih bisa..

Singa Batu Secet Zoo

“Wis ndop, aku tak leren. Salahmu dewe awakmu manut karo simpanse.
Walhasil telat deh raiso mendelok kami para singa beratraksi.
Wis ndang mulih ae, aku tak turu.
Awakmu khan yo wis kesel to mubeng-mubeng?”

“Injih ndoro Leo.. Kulo nyuwun pangapunten mboten saget mirsani njenengan.. “

Akhirnya perjalanan kami ke Jatim Park 2 sudah berakhir. Kami mau pulang ke Pondok Jatim Park buat mandi, tiduran sebentar, meluruskan badan. Lalu malamnya dilanjutkan lagi ke wisata lainnya yg lebih mendebarkan.. Apa itu?

Tebi kentinyuud..

BONUS FOTO

Pemandangan indah Batu Secret Zoo

Kalau dilihat pakai mata beneran,
ini suasananya jauuh lebih indah..

Ndop Batu Secret Zoo

Wujud Ndop sebenarnya!

Loket Batu Secret Zoo

Loketnya saja dibikin kayak pepohonan raksasa beneran!
Trus di dalamnya ada minimarket. Jangan beli di situ deh.
Harganya muahal pol-polan. Bisa sampe dua kali lipat!
Eh, itu lubang-lubang di atas tulisan “LOKET”,
itu JENDELA-JENDELA HOTEL loh!

Patung Gajah Raksasa

Di postingan sebelumnya kurang begitu jelas
seberapa besar ukuran patung gajahnya.
Di foto ini jelas banget!
Bandingkan dengan ukuran orang di samping kiri.
:shock:

______________

52 Comments

Komen dong!