Pastikan Photomu Detail Yah..

Halo ndofans™, saatnya posting tentang kerjaan saya. Hiyaitu sebagai tukang gambar vector wajah. Hennah, kalo kalian saya kasih tahu, banyak sekali para kelaiyen yang ngesemes, bebe em atau ngimel akuh, begini kira-kira bunyinya…

Mas Ndop, resolusi photo buat vector minimal berapa?

Bahkan ada yang nanya maksimal berapa. Doh, rasanya saya gemes banget. Nanya kok maksimal, ya sebesar mungkin lah. Tapi saya harus sabar menjawab pertanyaan mereka. Hiyaitu kira-kira bunyinya sebagae berikut…

Yang penting detailnya bagus mas. Coba lihat matanya deh, kalo kelihatan jelas berati bisa saya vectorkan…

Masnya diem. Lalu beberapa menit kemudian ada email masuk. Masnya ngirim foto tuh. Dibuka yuk..
…dan ternyata foto yang dikirim adalah…

JRENG!!!

Ini cuma contoh

Gambar di atas ini cuma contoh doang.
Saya gak berani ngaplod foto klien di blog ini tanpa izin. Hehe.

Saya pun balas email kelaiyen begini kirah-kirah…

Mas ganteng, fotonya gak bisa divectorkan tuh. Burem banget. Ganti foto dong! :mrgreen:

Masnya yang ndak tahu aslinya ganteng apa nggak itu pun membalas… kirah-kirah beginih..

Loh, katanya kalo matanya kelihatan jelas, bisa divectorkan, Itu khan matanya kelihatan jelas. Mas ndop gak bisa liat di foto itu ada matanya? Mas Ndop buta ya?

Masnya eternyata ngeyel sodarah-sodarah. Trus aku kudu piye? Ngeyel juga?
Ooo.. tentu tidak. Buwang-buwang tenaga aja. Kelaiyenku yang satu itu hanya mengalami semacam salah tafsir. Walhasil saya pun memberikan penjelasan dengan sesuatu yang lebih nggak bikin salah tafsir..

Saya kirim dia gambar..

contoh mata buram

Saya tinggalkan pesan di email, “Silakan dilihat dan dibaca attachmentnya mas.. ”

Helalu si kelaiyen pun paham dan gak salah tafsir lagi…

———- The end ———-

Eh belooom!!!

Dari cerita tentang kelaiyen yang gak jelas ganteng atau enggak itu, saya jadi terinspirasi bikin postingan ini. Saya pun punya ide supaya gak ditanya-tanya kelaiyen seputar resolusi foto lagi. Saya bikinlah ilustrasi vector seperti di bawah inih..

Detail foto dan hasil vectornya

Perhatikan contoh pertama. DETAIL SUPER. Detailnya bagus, vectornya pun hasilnya detail.

Bandingkan dengan yang DETAIL BIASA. Ada beberapa yang saya simpelkan soalnya fotonya biasa aja detailnya. Kelihatan jelas kalo bulu matanya gak kelihatan.

Bandingkan lagi dengan yang DETAIL GAK YA?. Fotonya ngeblur lumayan parah namun bisa saya hendel dengan sebisanya. Namun hasilnya ya kurang maksimal. Bahkan bisa dibilang gak mirip yah. Maklum itu khan mata saya sendiri, jadi saya tahu banget kalo itu gak mirip. :hihi:

Buat yang mau mesen vector, gak usah pakek nanya cara mesennya gimana. Tuh di sebelah kanan tengah atas silakan diklik. Ngeklik doang gak bayar kok, juga nggak akan mbledos komputermu.. :P

Udah ah…

23 Comments

Komen dong!