Inilah Postingan Kategori Renungan Sepiritual:

Tahlilan di Sumbergelmpol

7 Manfaat Tahlilan Menurut Gus Ndop

I don’t care kalau ada yg menganggap aku melakukan bidengah (bid’ah) karena nabi dulu gak mencontohkan tahlilan. Padahal kalian semua pasti tahu kalau nabi juga gak bisa baca tulis, tapi kenapa kita semua belajar baca tulis? Khan nabi gak mencontohkan juga? See? Oke peace ya! Aku gak mau bertengkar. Aku mau fokus membahas manfaat tahlilan. […]

Rejeki anak kantoran

Rumus Rejeki

Sebagai tukang menggambar ulang foto, atau di kalangan designer grafis istilahnya tracing, diriku ini apalah pekerjaannya. Gak keren banget kok. Aku gak sekeren illustrator yang bisa menggambar dari kertas kosong menjadi ilustrasi gambar yg wah. Aku bahkan kau suruh menggambar orang duduk sambil baca buku aja mumetnya setengah mati. Jelek pula hasilnya. Paling-paling aku bakalan […]

Notifikasi iPhone iOS 8

Setan Notifikasi

Lagi asyik ngerjain orderan vector, eh tiba-tiba mak cengklung, ada notifikasi chat masuk. Oh, ternyata ada temen lama gak bersua tiba-tiba ngajak ngobrol. Karena dia gak eksis di dunia perinternetan, makanya dia gak kenal aku ini siapa sekarang. Dia nanya mulu pekerjaanku apa, sekarang tinggal di mana, dan pertanyaan setandar lainnya. Karena males njawab, aku […]

Ironi sebuah Slametan

“Mas, tabungan kita sudah ngumpul lumayan banyak nih. Belum ada kebutuhan-kebutuhan yang mendesak juga. Gimana kalau besok kita bikin acara kirim doa? Buat mendoakan mbah-mbah kita, juga buat mendoakan anak kita yg meninggal ketika masih janin dulu itu, ya Mas? Kata Hartini kepada Suyanto suaminya. “Ayok, kita bikin!” Senyum suaminya merekah. Bangga dengan istrinya yg […]

Lebah

Lalat, Semut dan Lebah

Pas acara reuni keluarga besar Bani Ibrahim lebaran kemarin itu, aku sempet memperhatikan ceramah agama dari Kyai setempat yg kebetulan diundang untuk mau’idhoh hasanah. Cuma sempet? Iya, sisanya sibuk foto-foto selfie sama ngobrol sendiri hahaha. Eh, ada bab yg asyik untuk saya share di blog ini.. ____________ Jadi Pak Yai menjelaskan kalau manusia itu ada […]

Dokterandes Djainuri

Tutorial Mencuci Baju Ala Bapakku

Ndofans™ masih ingat khan, kalau dulu diriku bikin givewei berhadiah kaos yang tema tulisannya adalah pengalaman mencuci baju? Masih dong ya. Trus ternyata diriku sendiri malah belum sharing tentang mencuci baju nih. Sekarang lah saatnya. Jadi diriku ini sudah disuruh mencuci baju sendiri sejak SD kelas 5. Atau bahkan kelas 4? Lupa. Tapi di keluargaku […]

Selamat Natal

Mengucapkan “Selamat Natal”

Tulisan di bawah ini saya tulis ulang saja dari Buku “M. Quraish Shihab menjawab 1001 Soal Keislaman yang Patut Anda Ketahui”. Buku yg saya beli tahun 2009 yang lalu sebagai hadiah ulang tahun saya sendiri. hehe. Jadi tulisan di bawah ini bukan tulisan saya sendiri. Mohon maaf, dalam hal ini saya mainstream banget. Haha.. Ada […]