29 Nov 2014

Hampir Pingsan!

Syukurlah gak jadi pingsan, soalnya kalau sampai pingsan, wah aku gagal kampanye donor darah ke teman-teman dong.

Selama ini aku bilang ke mereka kalau donor itu gak sakit gitu. Lha kalau ternyata aku sampai pingsan, khan gak seru dan malah bikin mereka semakin takut donor darah. Haha

Jadi saya ulangi lagi, donor darah itu nggak sakit. Tadi itu cuma kebetulan aja badanku nggak fit trus aku paksain donor.

Paginya nggak sarapan, soalnya masih tidur dan bangun jam 10 pagi. Sarapan jam 11 siang. Habis jumatan makan rujak cingur. Habis makan rujak itulah aku mampir donor darah di Palang Merah Indonesia (PMI) Nganjuk.

Dulu sih habis makan rujak pernah ditolak oleh ibu PMI. Katanya tekanan darahku rendah. Tadi, kok ya lolos. Tapi herannya, kok pakai nanya dulu.

“Tekanan darahnya 120, diambil darahnya?”

Dulu sih kalau 120 berati normal. Yang pas ditolak dulu itu cuma dapat 110.

“Iya”. Jawabku mantab, kapan lagi kalau nggak donor sekarang, mumpung niat. Besok belum tentu niat. Paling juga banyak malesnya. Enakan main game. Haha..

Dicubleslah siku dalam tangan kananku. Darah merah mengucur melewati selang menuju kantong darah. Tak berapa lama, tiba-tiba mbak PMI menekan-nekan kantong darahnya, kayak ada yang nggak beres.

“Oh, jarumnya miring..”

Lalu mbaknya membenarkan jarumnya ke arah yang benar.

Udah.. nggak usah dibayangin ya, ntar ngilu loh. Haha.

Darah pun kayaknya udah mengalir lebih lancar, cuman mbaknya belum puas. Lalu dia menekan-nekan jarumnya kayak sedang memompa darah dari lengan supaya keluar lebih lancar lagi.

Udah.. gak usah dibayangin ya, ntar ngilu loh. Haha.

Dan akhirnya, tangan mbaknya diam sambil menekan di lenganku sampai beberapa waktu. Dan lalu meninggalkanku sendirian karena ada perlu. Tadi sih, ada telpun yg dicuekin sama mbaknya. Agak aneh sih, kok PMInya sepi saat itu. Trus kenapa petugas PMI cuma ada satu doang.

Setelah mengangkat telpun yang kayaknya darurat, mbaknya mengecek kantong darahku. Lalu bertanya.

“Gimana? Pusing?”

“Nggak.” Mungkin belum. Tapi semoga nggak.

Sambil menunggu darah terkumpul sesuai takaran yg dibutuhkan, aku baca-baca banner di depanku. Iklan dari Pocari Sweat. Tiba-tiba pandanganku berputar pelan. Trus huruf-hurufnya jadi agak ngeblur. Trus tiba-tiba kuping kayak budeg. Ada tekanan udara yang menutupi kupingku.

Lah? Wok hapen?

Tiba-tiba perutku mules kebelet ngising. Dan keringat dingin perlahan muncul.

Lah? Kok masuk angin? Di saat-saat urgent seperti ini? Di saat-saat pencitraan seperti ini?

Ups, ketauan deh kalau donor darahnya buat pencitraan doang.

Whatever lah!

Dan aku merasakan lemes, layu, ngantuk. Kepala tiba-tiba berat. Aku menggerak-gerakkan kakiku untuk mengalihkan perhatianku. Aku melihat sekeliling ruangan agar tetap sadar.

AKU HARUS SEHAT! AKU GAK BOLEH PINGSAN! MALU-MALUIN TAUK!!!

Sambil komat-kamit mengucapkan mantra (baca: doa keselamatan), aku akhirnya berhasil bertahan! Yay! AKU MEMANG HEBAT!!!

Jarumnya dilepas. Ditempel kapas beralkohol. Tanganku ditekuk supaya darah gak mengucur. Keringat mulai terasa membasahi tubuh.

Blaaaaahhh.. Lega banget! Tadi tegaaaangnya minta ampun. Hahahaha.. Terimakasih Tuhaaan..

“Mungkin masnya kurang fit? Terlihat pucet tadi!”

Mbaknya pinter, bilangnya habis donor. Biar aku gak khawatir. Biar aku merasa baik-baik saja. Padahal aslinya ya gak baik-baik saja tadi. Hahahaha..

Aku masih terduduk lemah di kursi biru itu. Menunggu beberapa menit untuk mengumpulkan tenaga. Istirahat setelah perjuangan menyelamatkan nyawa seseorang (semoga darahku tadi bermanfaat). Perjuangan antara hidup dan pingsan sih, gak sampai matik. Hahaha..

Bingkisan donor dikasih. Langsung aku buka, kuminum susunya.

Tadi sebelum donor sempet nimbang berat badan untuk mengisi formulir, ternyata cuma dapat segini..

Berat badan

Cuma dapat 70kg! Padahal tinggiku 176cm.
Aku stress kali ya, gak diet kok tambah kurus?

Mungkin aku memang kurang makan. Makannya gak teratur. Makanya tadi hampir pingsan. Wooo, inilah hikmahnya donor darah, bisa termotivasi untuk hidup lebih sehat.

Yang begadang musti dikurangi (aku banget!), yang makannya kalau cuma inget juga musti teratur lagi (aku lagi!), yang ngerokok sudah pasti ditolak donor (kalau yg ini bukan aku!).

Semoga tiga bulan lagi gak begini lagi ya. Malu-maluin aja. Yuk Ndop, makan teratur, jangan begadang, hidup lebih sehat!

Oh iya, aku baru ingat. Donor lebih baik pagi beberapa jam habis bangun tidur. Ya idealnya jam 9-10 an gitu. Jangan siang-siang, karena rata-rata kalau siang itu tubuh kita gak fit untuk aktifitas donor darah. Ini aktifitas gak remeh loh. Darah kita diambil! Dan gak cuma seiprit, tapi sekantong plastik!

Makanya tadi PMI sepi. Karena aku ke sana sekitar jam 2.30 sore. Bukan waktu yg ideal buat donor darah. Karena tubuh kita sudah beraktifitas sejak pagi.

Setelah badan agak fit dan kupastikan bisa mengendarai sepedaku, aku pun pamit sama mbak PMI untuk pulang. Deket kok rumahku. Cuma 5 menit perjalanan.

Di rumah, langsung kuminum obat Nemicap dari PMI tadi. Lalu tidur soalnya ngantuk banget dan lelah banget. Mungkin selama ini aku gak sadar kalau badanku perlu istirahat. Kuforsir buat ngerjain order. Dan setelah “ganti oli” tadi, darahku yg baru memaksaku untuk tidur. Memaksaku untuk hidup sehat.

Keren khan manfaat dapat darah produksi baru? Semacam memperlancar pergerakan mesin tubuh kita biar kita lebih fit. Nah, dibanding sakitnya donor yang cuma sedikit, manfaat donor darah jauuuuh lebih BESAAR. Urusan lemesnya sih, sekarang udah sembuh. Cuma dibuat tidur bentar aja sembuh kok. Tadi juga aku habis ngevector wajah seperti biasa.

So, sehabis donor gak membuat kita kayak orang sakit. Gak harus bed rest lama-lama. Gak kayak kecelakaan ya. Donor yang dilukai cuma sak iprit. Beberapa menit juga sembuh lukanya. Sama kayak ketujes jarum jahit.

Nah buat kalian yg fit, sana donor sana! Aku aja yg nggak fit mau donor kok. Masa situ kalah sama saya? Malu-maluin dong punya badan gedhe gak berani donor? HAHAHAHA.. CEMEN AMAT! Hahahaha.. *puas banget ketawanya*

Udah ah. Ndang komen-komen sana.

Muhammad Ali Mudzofar a.k.a ndop. Punya motto hidup: Think less feel more. Lebih banyak merasa, lebih banyak manfaatnya. Lebih banyak mikir? Cepet tua loh! #eh



71 KOMENTARS YUK KOMEN ↓

Biar avatarmu muncul, daftar di gravatar.com ya

  1. Hahaha bagian paling serem menurutku waktu mbaknya bilang jarumnya miring. Santai banget jawabnya..

    Dulu pertama kali waktu donor gagal karena pas nimbang beratnya kurang 1 kilo dari syarat minimal. Hahaha

    Setelah mencukupi donor trus biasa aja lha wong ramai-ramai. Pas darahnya ngucur malah ngobrol sama temen. Agak pusing sih tapi ga sampai kayak Mas Ndop..

    • Hahahaha… Aku ke sananya salah jam. Walhasil kesepian. Biasanya sih pagi. Dan ada orang sedang donor juga atau minimal karyawannya ada banyak.

      Kalau lagi fit sih aku malah gak sampai pusing, paling cuma laper haha

  2. mesti sarapan karbo dulu sebelum donor Ndop biar ngga pusing. Tidur juga harus cukup. Aku juga darah rendah dan Alhamdulillah baru sekali di tolak donor karena tensi lagi drop

    • Kalau aku kemarin itu tekanan darah pas bagus sih. Entah kenapa kok tiba2 drop. Mungkin kurang tidur itu yaaa.. Atau karbonya kurang. Maklum makanan rujak khan buah2an seger haha

  3. emang yg ngerokok gak boleh donor darah mas?
    kayaknya enggak deh mas, tetap boleh kok..

    • Boleh. Asal gak parah banget mungkin ya

  4. berkali2 diajak saya menolak. Bukan karena takut mas ndop, tapi malu kalau darahnya kotor pas diambil, warnanya lain, ntar yg ngambil darahnya bilang, “wah, mas hidup gak sehat, mas makan apa aja selama ini” hahaha, malu didenger seisi ruangan.

    Salut buat mas ndop hidup sehatnya dengan donor darah, btw, berat badan segitu normal kyknya mas ndop, saya 174 cm kalau gak salah tingginya, tapi berat badan gak pernah lewat 65 kg. haha.

    • Hahaha iya ideal kok aku. Pinginnya lebih gemuk sih.

  5. Pingsan itu bahasa medisnya Syncope bang Ndop…

  6. jam 2.30…orang-orang masih pada makan siang n tidur siang tuch….,
    tapi hebat mas Ndop bisa bertahan dan nggak semaput….mantra apaan ya….,
    donor darah itu amat bermanfaat buat kesehatan kita…karena bisa meregenerasi darah merah yang sudah keluar dari tubuh,,jadi darah merah dalam tubuh tetap segar fresh from the oven…..skalian kita bisa dapat amal krena membantu orang lain….
    keep happy blogging always,,,salam dari makassar :-)

    • Hahaha aku soalnya paginya tidur pak. Tapi ternyata tidur pagi itu gak bisa menggantikan tidur malam yaa..

      Nah itu dia. Sebelum donor, tubuhku rasanya kurang bersemangat. Habis donor bawaannya pingin makan mulu haha. Trus gampang ngantuk sekarang. Kalau dulu begadang bisa 24 jam, sekarang 12 jam udah ngantuk pol..

      Salam balik dari nganjuk yaa

  7. tahta #

    yah, sayang aku mung iso donor peng 4 mas. :cry:
    soale wes ora oleh karo bapak lan ibuk donor, terose getihe bakal di dol karo PMI kaleh efek awakku seng cilik lan kuru.

    Mungkin kudu ngelemokne awak disek yo mas ?
    utowo
    hukume donor darah iku piye yo ? kok enten seng matur darahe awakdewe iku di dol karo PMI iku leres mboten kang ndop ?

    • Keleru pol! Ora didol. Tapi duike sebagai biaya cek darah dll yg gak gratis dan perlu tenaga ahli dan alat khusus. Lha arepe mangan opo kui tukang cek darah nek gak dibayar hehehehe..

      • Tahta Laksana #

        donor darah iku ora kudu lemu yo mas ? Soale ibukku mesti alesane ngelarang donor iku yo gara-gara awakku lemu mas.

  8. Klo merasa ga fit jgn dipaksakan donor deh, selain membahayakan pendonor, darahnya juga ga berkualitas. Masak mau nyumbang darah ecek-ecek ehehe

    • Hahaha darahe apik tetep lid, soale khan 3 bulan kui getihe wis mateng. Wis komplit kandungane. Asal gak ngrokok nemen nemen aman lah..

  9. Duh mas aku sampe mringis dhewe pas baca soal jarum yang miring itu.. Duh kayanya aku gak “bakat” buat donor deh, lha wong baru ngebayangin aja udah lemes :notme:

    • Hahaha gak menyeramkan kok. Aku aja yg lebay

  10. Waaah ini hasrat bangett donorin darahnya, Mas. :D Lagi gak fit pdhal. Sehat selalu, ya….

    • Iyaaaa Dah. Lha udah waktunya donor sih. Kalau udah rutin, kalau gak didonorin rasanya kurang enak di badan. Haha. Btw sampe ketemu di Tour Blogger yaaa

  11. Dulu ada temen yang badannya gede seperti bodyguard, waktu donor darah, menggelepar kaya ikan yang diangkat dari aer, kita sempat takut melihatnya klo ia mati gitu… ternyata dia nggak mau ngaku klo semalam dia habis begadang… hahahha…

    • Huahahhaa.. badan gedhe gak ngefek.

  12. Alhamdulillah pernah donor darah sekali, pas ada keluarga yang butuh darah karena habis melahirkan. Setelah itu lom ada donor-donor lagi.. hehehe

    Saya pas udah donor ya gitu sama kek mas Ndop, pusing2, bibir pucat, tapi setelah itu langsung seger ko. Soalnya langsung pesen nasi goreng.

    Waktu donornya kemaren itu malam sekitar jam 8

    • Owalah, ya pantes. Soalnya donor yg ideal itu pagi. Makanya pas siang2itu sepi gak ada yg donor. Enakan tidur kali ya ahhaha…

  13. Ari #

    Terakhir aku donor sukses lho. Tapi serem pas liat orang barenganku donor pas asyik2 menikmati bingkisan donor tiba2 pingsan di kursi ruang tunggu. Harus liat kondisi tubuh sendiri kali ya kalau mau donor biar gak terjadi kejadian2 yang tidak diinginkan.

    • Betul sekali mas Ari. Aku ini sudah “ketagihan” donor, kalau 3 bulan gak donor, badan rasanya gampang kesel lan kemeng haha..

  14. ajiewp #

    :tepuk:
    hualahhh…N;doop…….
    ku kira darah mu di isep vampire ……

    • kayaknya emang iya :neutral:

  15. mestiqui #

    Saya melakukan Donor darah terakhir thn 2012 lalu. Trauma sama jarum suntiknya. Berkali-kali ditusuk, tapi darahnya gak mau keluar. Setelah beberapa kali percobaan akhirnya darah bisa masuk lewat jarum suntik. Salut buat kak Ndop, walaupun hampir pingsan tapi tetap bertahan, he he. Lain kali sarapan dulu yah kak Ndop, biar gak pucat. he :angop:

    • Wehehehe.. berkat baca mantera mungkin yaaa hahahhaa…

  16. lilianyoscar.com #

    jiah.. badané ,bongsor gitu iso pangsan!
    :lol:

    • Gak pingsan. Makanya dibaca jangan :fastreading:

  17. hahahaha..lucu bro ceritanya..dan yang paling menohok saya adalah kalimat terakhir…”malu dong punya badang gede tapi nggak donor”..hahaha itulah saya…awak gede ra wani ndonor darah.. :ampun:

    • Huahahha ayo aku anterin donor deh mas.. Ntar aku hibur deh ahha

  18. seru gan ceritanya… :ampun:

  19. Jadi kamu di grepek2 ama mbaknya ??? ini pelecehan lho, kamu bisa minta pertanggung jawaban untuk dinikahi

    • Hauahahhaa… mbaknya udah punya anak dan suami :cry:

  20. Untung baru “hampir”, kalau pingsan sungguhan berapa gambar vektor yang luput tergarap, haks.

    • Huahahha.. antrian jadi terbengkalai kalau pingsan beneran

  21. Walah, brati aku ndak isa donor dong mas, beratku cuma 68 kg tapi tinggi 178 cm. Kalau mas Ndop yg punya spesifikasi seperti saja hampir pingsan, lha brati aku bisa pingsan beneran dong. Ah enggak ah, aku nggak donor aja

    • Bisa mas. Minimal 45 kg. dibaca dulu yg lengkap. Itu aku memang gak fit

  22. hadeuh, bukannya gak berani mas. saya punya kejadian yg bikin trauma. pas stm pernah nyoba donor sekali. dan si petugasnya salah nusuk suntikan sebanyak tiga kali. tiga kali! karena pembuluhnya waktu itu gak keliatan katanya, ketutupan sama lemak (dulu bb 95 kg, tinggi badan masih 168) :(
    alhasil sakit banget dah, banyak luka tusuk di kanan kiri, dua mingguan mah gak ilang-ilang, linu. boro-boro mau donor lagi. sampai sekarang. huft.

    • Huahahahah.. Tukang donornya kurang jago deh. Pasti masih muda dan mungkin karena dirimu ganteng kali ya. Dia grogi gitu huahahaha

  23. Cie..cie..yang habis donor :ampun: . Mantap dah! Walaupun pencitraan tapi kalo niatnya ikhlas tetep dapat pahala kok sob,hehehe..(jangan-jangan pencitraan kang Dzofar ada niatan jadi RI-1 nih…??? :lol: )

    • Huahahaha.. gak ada.. Aku mending jadi BUMI-1 saja, pemimpin planet bumi aja :-P

  24. wow, 70 kilo, wooow… Aku jek ngeri mbayangne dicoblose…

    • hahaha.. kuru maneh saiki aku, tapi gak kuru kuru nemen sih. Yo suk nek pingin donor kudu karo konco. Aku yo gelem tapi suk 3 wulan ngkas yaaa

  25. padahal lagi gk fit..tp msih pngn donor darah..hehe
    aku ae msih takut sama jarum suntik…apalagi jarum buat donor..kan lbih besar..haha

    • Huahaha.. Gak sakit kok mas. Justru habis donor itu badan rasanya seger.

  26. aplikasi android cctv online #

    bener banget abis donor itu gak gampang capek kok..trusted me

    • Iya, ini udah saatnya aku donor lagi kayaknyaaa

  27. Tips Mempercepat IDM #

    takut ane gan sama jarum suntik :)

    • jangan dilihat gan. Yang dilihat mbak2nya aja. #eh

  28. tekno network #

    waktu kecil aku gk begitu jarum suntik..tp saat aku liat jarum suntik buat donor lbh besar..malah sekarang takut :(

    Fakta Unik Pertemuan Luis Suarez & David Luiz

    • Huahahaha.. Merem aja kalau takut.

  29. Kalau emang kondisi lagi kurang baik mending di istirahatkan aja mas. :D

  30. Wah… kok bisa… sebaiknya donor darahnya juga harus hati2. :)

  31. wah rasanya mau pingsan itu kayayk apa gan ?? gelap gelap gitu ya? :malaikat:

  32. Lina Lino #

    Wah klo aq malah pingsan di tukang baso. ceritax nih qta rame2 donor. tpi yg bisa cmn aq doang. k3 temenq dtolak krn hbx rendah. pas abis donor mah badan biasa aja. ga ada indikasi pusing atau semacamx. jdi exited bgt pas temen ngajak makan baso di langganan. baru makan bbrp suap mulai tuh keringat dingin ngucur, agak mual dn pandangan kabur. baru bilang klo berasa pusing tau2 ga inget apa2 lgi. bangun2 udah tiduran di bangku panjang. pokokx malu bgt, kasian si abang basox repot bikinin teh anget dll. itu 3 bln yg lalu.wkwkwk… emang ga ada kapokx. tdi siang jga abis donor hampir pingsan di tukang Soto. buat temen2 yg mau donor jgn takut. krn respon org beda2 kok. mungkin krn aq yg kurang fit aja jdi kejadian kyk gini. salut buat Bunda Aina dn mbak tini yg rela anter aq plg. maaf ngerepotin terus. salah sdri sih abis donor bukanx langsung pulang malah ngajak makan dlu… hehehe… peace. becanda kok

    • Hahhaa.. aku seneng baca curhatnya looh.. AKu 6 januari ini habis donor juga, dan baik-baik saja sih. Padahal begadang sampe jam 2. Eh, tapi untungnya di Nganjuk sini cuma dites tensi/tekanan darah aja, gak diperika HB nya. Eh HB sama tensi sama gak ya?

      • Lina Lino #

        beda deh … HB klo ga salah kadar hemoglobin qta deh… oh njenengan org nganjuk toh. sy asli JOMBANG tpi skg domisili Jakarta. sukses ya mas. nanti 3bln lgi qta posting2 lgi deh… abis donor pingsan lgi apa kagak

        • Hahaha mbok yo ojo to. Mosok pingsan kok langganan? Hahahah.. Mugi2 sehat terus ben darah kita bermanfaat buat nyawa orang. Wow nyawa!

  33. monica #

    wahahaha akunya kemarin pengen main” tok donornya la kok malah kena -_-

  34. Uz #

    Dl wktu msh kuliah gk brani dnor liat jarumnya yg gede, stlh anaku kmrn skt btuh darah bru deh niatnya bulet buat ikutan nyumbang darah. Aku udh 3 x donor, yg 2 baik2 sja, yg ke 3 hri mggu kmrn pas jln hbs donor nyaris pingsan, wajah pucet, kringet dingin…krn gk kuat y cri t4 duduk minum pocari bs mendingan, tp efeknya 2 hri koq msh lemes ya, apaku yg slh ya tensi 118/73 apa krg fit x bdanku.
    Tp 3 bln lg msh pgn donor lg owg…mg2 aja gk terulang lg, jd tkut jg pingsan hehehe

    • haha sama banget. Kalau aku sih emang kebanyakan begadang ajaaa.. Begadang emang gak baik buat donor.

  35. ida khz #

    Wah pgn bgt.donor nich,tp kok y wktu lht mobil donor keliling(ini baru mobilY blm jarumY dll)kok y nerveous G ketulungan,jantung tiba2 berdetak kenceng
    Waaah akhirY tarik gas wis ra sido donor muahahaha
    Gmn y biar bs donor and yakin,coz jujur Q takutY nnti mbok pingsan ato apalah(jiahaa kbYkn pikiran)

    • Coba ajak temen. Donor bareng2. Pasti lebih semangat. Atau itu mbak mbak yg nyuntik diajak ngobrol. :D

  36. alfian #

    Wkowmwkwwo. Keren tulisannya kocak mas, tapi tetep motifasi buat donor darah. Mantep ajebgileeee

  37. Baru bgt donor tadi, seneng bgt tekanan darah 120 (biasanya 95-110), HB juga oke, BB oke.
    Pamitlah dulu saya buat sarapan, selang 10 menit lgsung dateng lg buat donor.
    Diambil lah darah sekantong, awal2 saya biasa aja, bediri dan lari ambil HP yg bunyi, setelah itu saya duduk untuk didata, dan sama seperti yg masnya alami, saya kyk org masuk angin dan kebelet pup.
    Detak jantung pun serasa melemah, saya sugestiin diri sendiri kalo saya gpp pd temen saya (krn wktu itu saya mau latihan dance tp ngatak minta donor darah wkwk).
    “kak gpp?”
    “oh gapapa, agak pusing aja sedikit”
    Dan BAAMM
    .
    .
    .
    Saya melek udh dikerubungin orang2 (krn donor darahnya di dalam Mall)
    “mbak, blm sarapan ya?”
    Dalam hati, ‘pdhl udah sarapan roti, minum susu kok gue bs pingsan ya?’
    .
    .
    Tenyata oh ternyata, ini efek krn BELUM MINUM AIR PUTIH sejak bangun tidur. Jam 9 saya bangun, jam 14.00 saya donor dan belum ketemu air putih, plus semalem begadang sampai subuh.
    Wadow! Disitu saya baru tau bahwa air putih sgt penting bagi calon pendonor. Hehe
    .
    .
    Maaf ya jd curhat, soalnya bete nih lagi pulihin diri dr pingsan barusan. Yg lain udh pada latihan akunya tiduran di mall :((

    • Hahahaha.. justru aku seneng kalau ada yg curhat di komentar. Merasa postinganku dihargai banget haha.

      Aku belum pernah yang sampe ga sadar gitu sih. Cuma ngantuk aja dan masih sadar sepenuhnya.

      Memang begadang itu buruk ya buat badan. Wehehehe. Aku untuk menjaga kesehatan sekarang seminggu sekali lari 5 km.

      Btw aku sudah gak donor lamaaa.. karena begadang mulu hahahah hiks hiks.. kayaknya musti diagendakan untuk donor lagi. Kangen soalnya ahhahaa



Komen dong!