10 Jul 2012

Farid Surya Madjid: Sang Illustrator

Illustrator: Farid S MadjidMas Majid, sampeyan tak lebokne blogku ki lo.. Saking kagumme aku karo sampeyan. Hehe..

Iya nih ndofans™ tercinta. Mas Madjid yg menurut saya orang yg sederhana, gak neko-neko, ternyata dia juga seorang pengajar di sekolah yg murid-muridnya luar biasa. Kesibukannya sehari-hari selain ngajar, juga mengerjakan ilustrasi buku-buku dan juga freelancer ilustrasi kartun atau sketsa wajah. Menarik ya..

Kira-kira seminggu aku menginap di rumah mas Madjid. Di dalam kamarnya ada banyak lukisan tentu saja. Mas Madjid yg berkuliah di jurusan Seni Rupa Universitas Negeri Semarang ini orangnya nyantai dan enak diajak ngobrol. Selera humor yang lumayan tinggi dan fresh membuatku betah ngobrol lama-lama. Haha.

Pertama ketemu dulu pas di ulang tahun ORArT-ORET (semacam komunitas seni di Semarang yang aku juga ikut, tentu saja sebagai bintang tamu :cool: ). Dan saya berhasil membawa oleh-oleh berupa lukisan cat airnya mas Madjid! Horeee…

Lukisan cat air karya Farid S Madjid

Di kamarku ada karya di atas lo, asli bukan sken-skenan atau print-printan!
Makasih ya mas Madid..
:hug:

Illustrator kayak mas Majid tentu beda banget dengan tukang vector kayak saya. Kalo mas Majid disodorin kertas kosong, dia akan bisa menggambar apapun yg dia mau. Dengan membaca cerita saja, mas Majid bisa mewujudkan cerita itu ke dalam ilustrasi atau komik. Sungguh hebat! Coba kalo aku disodorin kertas kosong, ya langsung googling cari contohnya dulu, haha.. musti ada contohnya dulu baru bisa nggambar hehe #payah :doh: . Nah, atas alasan itu aku kagum sama mas Majid dan illustrator-illustrator yg lain.

Kita lihat beberapa karya mas Majid yuk..

Karya sketsa mas Farid S Madjid

Sketsa on location karya mas Farid S Madjid, bagus banget yah? Iya dong!

Saya pun bertanya ke mas Madjid, “Mas, sameyan iki spesialise nggambar opo? Realis, sketsa, atau opo mas?”. Dan ternyata saya salah semua, mas Madjid spesialisnya justru KARTUN dan KARIKATUR. Nah lo! Padahal kalo kita tengok di album facebooknya, banyak juga karya gambar realis yg digambar pakek pensil, bagus-bagus semua. Tapi mungkin mas Madjid menemukan sensasi berbeda kalo sedang ngartun kali ya. Kita tengok karya lainnya yuk..

Komik Strip by Farid S Madjid

Salah satu orderan klien dari Solo. Komik strip belum dikasih dialog.
Hehe.. keren mas Madjid!

Yang saya kagumi lagi dari mas Madjid adalah karikaturnya yang asyik banget bentuknya. Kata mas Madjid, kalo kamu mau saya karikatur, kamu harus siap jadi JELEK! Dan ketahuilah sodara-sodara, hal itu sangat sulit buat aku. Tapi Mas madjid meyakinkan aku bahwa everything is gonna be alright. Dan setelah dibujuk-bujuk dengan dikasih segelas susu denko, akupun menyanggupi untuk digambar karikatur! YAY! :doh:

Karikatur wajahku, karya mas Madjid

Huwaaaa… ternyata karikaturku jadi juga! Karakterku ketangkep semua dah! Haha.. Dan masa sih aku di karikatur itu jadi jelek? Enggak ah, mas Madjid becanda doang ternyata..

Mari kita tengok lagi karikatur yang lain..

Dadang Pribadi dan Reza in Karikatur by Farid S Madjid

Tuh mas Dadang Pribadi dan mas Reza pun dikarikatur jugak. Menurut mas Madjid, karikatur mas Reza itu gagal, padahal kita tahu sendiri khan, walopun gagal tetep aja bagus.. :sip:

Namanya seni rupa ya, pastinya mas Madjid juga bis menggambar realis to ya. Itu lo yg menggambar wajah atau benda sesuai dengan aslinya atau mendekati. Nah dari beberapa karya mas madjid di facebooknya, di bawah ini adalah favorit saya.

Karya Realis karya mas Farid S Madjid

Ketahuilah sodara-sodara, karya yg kiri, menurut mas madjid itu masih banyak yg kurang di sana-sini, padahal menurut kita, karya itu sudah bagus banget khan?
Iya dong! :ampun:

Sebagai seorang freelancer juga, mas Madjid tentu saja menerima orderan secara online juga to ya. Nah, untuk memesan ilustrasi atau karikatur atau sketsa wajah dan lain-lain, silakan menghubungi mas Madjid ada melalui facebooknya (http://www.facebook.com/farid.s.madjid), atau melalui nomer HP: 0857 415 70007. Sante saja, orangnya sangat ramah dan bersahabat kok.

Oh ya, ini kategori baru di dzofar.com, temandop™, yang akan membahas teman-temannya ndop yg baik hati dan punya “something WOW” tentunya. Next mau membahas siapa lagi ya? Siap siap aja, mungkin kamu yg akan saya bahas.. :D

Muhammad Ali Mudzofar a.k.a ndop. Punya motto hidup: Think less feel more. Lebih banyak merasa, lebih banyak manfaatnya. Lebih banyak mikir? Cepet tua loh! #eh



34 KOMENTARS YUK KOMEN ↓

Biar avatarmu muncul, daftar di gravatar.com ya

  1. jgn* berikutnya akuh yah :/ :siul:
    siap* UGD nih :malaikat:

    • hahaha.. bisa juga lo.. sapa tau.. :glundung:

  2. Owh, iki tow Ilustrator sing sampean omong pas dolan ndik Yogya kae?

    • bedo maneh.. kae mas Aji.. kae yo jago banget! Next mungkin aku bahas dia hehe.. :dance:

  3. Salam nggo Mas Madjid…
    Mas nDop kayaknya akrab dengan banyak orang Semarang dibanding kota2 lain…
    Ngomong2, Mas Madjid ini kenal Lik Gun nggak ya?

    • Injih pak, soale aku seneng sama karakter orang Semarang. Walopun itu IBU KOTA, tapi orangnya ramah dan gak gengsi ngomong jowo. *beda sama ibu kota yg lain*

      Lek gun jelas kenal sama mas Madjid pak. Wong ya sak hobi dan sak perkumpulan ORArT ORET kok ya.. :sip:

  4. mas ndop,mbok kalo main ke Jogja lagi kasih tahu saya

    saya salah satu ndofan lho…

    :kiss: :kiss: :kiss:

    • wah baiklah, aku ada rencana ke jogja lagi kok.. kalo perlu siapkan red carpet untuk menyambut idola dari Nganjuk, akan kubagi2 tanda tanganku nanti.. :hug: hahahaha…

  5. :sip: wuidih keren amat… gw sampe ga kepikiran gmana cara bikinnya ya…
    Mungkin kembali lagi bahwa itulah ‘Anugerah spesial’ yang tentu butuh kerja keras utk mendapatkannya…

    Nice post gan, jadi nambah inspirasi nih..

    • iya bener mas. Bakat itu dari Tuhan sih, gak bisa dipelajari. Kalopun bisa, susah bisanya karena ya cepet bosan lha wong gak otomatis karena kita “push” sesuatu yg sebenarnya kita gak bisa. :sip:

  6. haw haw haw…
    nang semarang seminggu kok rak mampir to… :pukul:

    • aku nggoleki contact persone smpeyan ora nemu mas.. sumpah asline pingin mampir lo..

      • nggolekki aku gampang,
        ora nduwe telponku wae yo gampang,
        komentar wae nang sembarang posting di sembarang primbonku, [primbonku akeh soale :D ] gak sampek 12 jam aku mesti wis moco,
        nek 12 jam rung tak woco berarti lagi miting karo walikota… hahahahha….

  7. Mantab, gan!

    • halah iki komene kok simpel eram. haha suwun wis mampir gan!

  8. Mas ndop, minum harus minum berapa liter biar mukanya mas ndop kayek gambar karikaturnya mas farid ?? :ssst:

    :rock:

  9. :wink: dasar ndow,, aya aya wae.

  10. :tepuk: wuih cool abis karakternya mas. hasil karyanya gak kalah cool, mantap deh. saya sebagai penikmat seni rupa jadi saya simpan semua deh nih gambar. makasih

    • waaah makasih mas.. itu mas farid memang jagonya ilustrasi.. karyanya bagus bagus..

  11. keren emang mas salutt… :sip: :sip:

    • iyo mas, aku setuju. wah blog anyar ya. ke TKP ah..

  12. :ssst: :ssst: JO RAME2 isin aku elek lg belajar…hehehe

  13. Wah mas ndop aku ndak tahu ternyata mas Farid seorang Guru…Lihat karyanya salut Benget daaah…ma mas Farid….jadi… :ngiler:

    • Aku juga tahunya pas ngobrol2 sama dia.. kayaknya gak banyak tahu selain temen deketnya aja..

  14. :tepuk: Salut sama mas Madjid! hehehe. Memang kudune belajar gambar sama mas Madjid di Studio Ketjil :sip: :hug: :doh:

    • hohohoho… iyo mas.. tapi aku masih kerasan di Nganjuk e.. hehee

  15. :sip: mas ndop! thanks udah mampir ke blog saya! hehehe

    • haha aku selalu blogwalking, jangan lupa mampir di blog whizisme.com ya.. HAHHAHAA..


1 Blogs yg membahas ini juga!

  1. Wisata Candi Gedong Songo, Umbul Sidomukti, Sam Poo Kong | Sang Vectoria Jenaka™

Komen dong!