Biografi

PART I

1983

foto bayiku yang imut-imutLahir alon-alon dengan selamat ke dunia yang indah ini pada hari Sabtu tanggal 30 Juli 1983 atau tanggal 19 Syawal 1403 H dengan nama MUHAMMAD ALI MUDZOFAR. Biar gampang dipanggilnya, karena dzofar itu terlalu susah untuk lidah jawa, maka dipermudah menjadi ndofar. Karena ndofar juga masih susah diucapin, dipermudahlah lagi menjadi ndopar. Karena ndopar kurang gahol, disingkatlah menjadi !

Katanya waktu mengandung aku, si ibu sempat puasa juga lo, hebat ya. Kelahiranku dibantu oleh seorang Bidan bernama Bu Kamaluddin. Waktu itu aku lahir di rumahku yang sekarang ini. Konon, keluargaku sempat ngontrak rumah 2 kali ketika aku belum lahir.

Aku anak ke empat lo, dari 5 bersaudara. Sebenarnya sih anak ke-7, tapi berhubung keguguran 3 kali (busyet! Banyak banget!), aku jadi anak ke empat deh. Ya gitu deh. Capek deh..

Katanya, aku mimik cucu ibu sampai 3,5 tahun (lebih!). Alias over dosis kali ya. Normalnya khan 6 bulan.Eh, barusan ibuku tak interview, katanya rumahku waktu aku lahir masih batu bata, belum dilepo. Dan katanya lagi, saking nggak becusnya tukang yang ngebuat rumahku, temboknya bisa diintip dari luar. Ya.. soalnya ngeleponya nggak rapi, jadi masih bolong-bolong.

Gara-gara si tukang kurang pinter itu (bahasa kasarnya goblok!), konon ketika ada kucing garong yang bandel, ee.. ketika digusah alias diusir, kucing itu sanggup menembus tembok sampai bolong ngecap kucing. Bayangkan sampai 2 lo bolongnya. Waktu itu, kasurku cuma satu. Dibuat tidur orang enam. Kok ya muat. Sampai-sampai mbakku yang tidurnya polah, dicencang kakinya di salah satu besi kasurku. Hahaha… ada-ada saja!

1986- tidak diketahui

Aku menderita sakit batuk yang lumayan parah dan lama. Sampai-sampai suaranya “EHUUUUUK… EHUUUK…” panjaaang banget. Dan semua tetanggaku tahu itu. Soalnya mereka pernah cerita ketika aku sudah agak gedhe. Bahkan saking seringnya ke rumah sakit, aku malah lebih betah di sana dari pada di rumah. Katanya, aku malas di ajak pulang ke rumah kalau sudah di RS. Mungkin karena di RS lebih bagus dan bersih kali ya.

foto balitaku yang imut-imutTapi untunglah, seiring bertambahnya umur, penyakit menyebalkan itu ilang dengan sendirinya. Mungkin obatnya baru bereaksi setelah beberapa tahun kemudian. Aneh. Bahkan sampai sekarang alhamdulillah aku sehat-sehat saja. Mungkin benar kata orang dulu, kalo kecilnya sakit2an, maka gedhenya akan sehat-sehat saja. Demikian sebaliknya. Yaah.. setidaknya itu terbukti di keluargaku.

1989

ndop TKAku pertama kali sekolah di TK Perwanida. Yang sekarang TK itu sudah dibuat playgroup.

Waktu itu, sebenarnya aku sudah bisa baca. Diajari privat mbakku. Namun, karena biar tambah teman, maka sekolah TK saja. Karena sudah bisa baca, maka TK-nya aku cuma setahun.

Soalnya ketika baru masuk langsung ditaruh nol besar. Aku terkenal pinter nggambar. Lomba-lomba menggambar dan mewarnai pun sering aku ikuti, walau nggak pernah menang, tapi aku menikmati banget.

1990-1996

Aku SD di SDN Kauman 2. lumayan berprestasi. Walau prestasi puncaknya, ada di kelas 5 dan 6 yang selalu ranking satu. Namun tetep, aku lebih dikenal pinter nggambar daripada pinter pelajaran. Sehingga ketika ada lomba murid teladan, aku yang mewakili SD-ku, bukan temenku yang lain yang nyata-nyata lebih pinter.

Alasannya, pesertanya harus punya bakat lain selain pelajaran. Karena aku menonjol di bakat seniku, maka akulah yang mewakili SD-ku. Tahu nggak apa yang terjadi beberapa hari sebelum lomba, aku mutung! Jujur, aku males banget ikut lomba-lomba kayak gituan. Nambahi beban otak aja. Tapi karena nggak ada calon lain, aku pasrah.Kata bu guruku, aku harus belajar 5 mata pelajaran, mengarang minimal 500 kata, nyiapin baca puisi, nggambar, dll buat sesi bakatnya. Waduh banyak banget! Dan yang bikin stress adalah puisi. Aku nggak banget kalo soal puisi.

Hari-hariku aku habiskan untuk belajar membaca puisi, aku hafalkan, mencoba menghayati walau nggak tahu maksud puisi itu. Dan akhirnya aku stress. (gila, masih SD sudah stress segala!) Karena stress, aku sampai mikir bagaimana caranya biar aku gagal ikut lomba itu. Ketika naik sepeda, aku ke tengah sambil merem. Biar ketabrak atau apa, sehingga aku nggak ikut lomba. Sepanjang hari, dadaku selalu berdebar-debar nggak karuan. Ndredeg pol-polan. Pokoknya selalu begitu. Dan semakin menyiksa. Dan sehari sebelum hari H, aku panik banget. Orang tuaku menyuruh untuk banyak-banyak baca sholawat ketika lomba.

Ndop SD

Lomba murid teladan pun dimulai. Nggak tahu kenapa, aku malah plong. Aku malah pede. Dan ketika mengerjakan soal-soal, aku malah sante. Semakin santenya, aku lupa kepanjangannya IPTN. Padahal waktu itu, soal itu gampang banget. Mungkin karena hari-hariku aku habiskan untuk belajar puisi, yaa.. lupa semua deh, semua pelajaran.

Ketika sesi tulis sudah selesai, ee.. malah disuruh pulang. Lho..kok?? katanya ada sesi bakat?? Ternyata sesi bakat itu diikuti oleh 10 besar. Sedangkan aku masuk 11 besar se-kecamatan. Yaaah… sia-sia deh, puisi Diponegoro yang sudah terlanjur hafal di luar kepala. Aku juga pernah punya prestasi membanggakan (bagiku sih..), soalnya aku mewakili kecamatan Nganjuk dalam lomba menggambar dengan tema dekorasi.

Waktu itu aku nggambar leak bali. Sebenarnya, ada yang lebih pinter nggambar dari aku, tapi dia terlanjur diikutkan seni patung. Khan nggak mungkin dobel tuh, jadi seni lukisnya aku. Walau aku pake crayon sih. Hehehe.. lagi-lagi, aku nggak menang. Yaah.. nggap papa deh.. yang penting ikut berpartisipasi.

1997-1999

Kalau semua teman-temanku pada nglanjutin ke SMP favorit, aku malah nyentrik sendiri buat ngelanjutin ke MTsN. Secara keluargaku termasuk santri. Walau akunya nggak santri sama sekali, namaku doang kali yang keliatan santri.

Masuk deh mak blundeng ke MTsN. Secara danemnya kegedhean. Danem 36 aja masuk kok. Lha aku 44,41 (–wuih sombong!!–), jelas-jelas mak blundeng toh. Namun, di MTsN aku terlalu menonjol, bukannya nyombong sih, anak-anak MTsN yang aku kira baik-baik, pinter-pinter ngaji dll, ternyata belum tentu. Buktinya, budayanya sangat berbeda dengan budaya yang aku temui ketika SD.

Ada PR 90% semua mengerjakan. Guru menerangkan, 90% murid menyimak. Itu kalo di SD. Tapi kalau di MTsN, paling banter 50%. Itupun 99%nya perempuan. Gimana aku nggak kebanteren tuh sekolah di situ?? Akhirnya, dengan dalih beradaptasi, aku pun jadi ikut-ikutan mereka. Secara gitu loh, masih setingkat SMP. Khan masih labil. Dan aku memang kebetulan SMP di MTsN yang kurang lebih 95% orang ndeso.

Jadi mereka nggak usum yang namanya belajar di rumah. Pulang ya pulang Trus main. Besoknya sekolah. Dan itu yang dia nanti-nanti. Karena juga bisa buat alasan untuk tidak ke sawah atau ngurusi kambing. Itu yang aku rasakan.

Mereka kalau sekolah pulang pagi, nggak berani pulang. Karena kalau sudah pulang sebelum waktunya pulang, mereka akan disuruh ke sawah, angon wedhus dll. Mereka males ah. Mending sekolah saja. Alhasil, ketika aku dikatakan meraih ranking satu paralel (ASTAGA!! Paralel BOO’!!) aku langsung shock! Tapi untungnya, ada dua yang nilainya sama. Dan untungnya, bukan aku yang dipilih.

Tapi tetep, semua anak tahu kalau aku bukan anak bodoh. Itu tidak seberapa. Tapi kalau sudah semua guru tahu, waah… bencana!! Dipaksa ikut OSIS, Pramuka, petugas upacara, dll. Nggak boleh nolak tuh. Gimana nggak jengkel. Dan karena rumahku paling kota, aku pun kebagian bawa-bawa kompor, layah, wajan, panci, dll ketika pondok romadlon. Secara nginep 3 hari plus masak sendiri. Benar-benar seperti mondok beneran.

Adaptasiku sangat berhasil. Setelah menerima rangking satu paralel, akupun berhasil menjatuhkan rangkingku ke angka rangking 19. Semua heboh!! Ada apa dengan mudzofar? Begitu mereka menyebutku. Aku malah bangga tuh. Karena itu bekal untuk tidak disuruh-suruh menjabat ini-itu.

Dan ternyata memang benar, aku merasa lebih ‘bebas’ dengan nilai rendah seperti itu. Dan karena sudah bebas, maka aku pun kembali tidak stress lagi. Dan prestasi pun kembali naik walau sengaja tak pelan-pelanin. Biar nggak keliatan. Biar nggak disuruh-suruh. Dan ketika menginjak kelas tiga, aku kali ini lebih serius belajar lagi. secara memang aku pingin ninggalin sekolah kayak gini. Soalnya biayanya ternyata lebih mahal.

Bayangin ya, Ebtanas mbayar, cawu mbayar, dan mbayar-mbayar lain yang seharusnya gratis dibiayai pemerintah. Dan aku memang berhasil, kali ini sangat memukau. Yaitu danem tertinggi kedua paralel… WAOW!!! Nah, ini nih yang keren. Awal bagus, ending juga bagus. Semoga itu juga terjadi di kehidupanku kelak. Amiin…

1999-2002

Alhamdulillah aku masuk SMU favorit juga. Dengan danem pas-pasan baget dan berbekal pede segrangsing. Aku cuma mendaftar satu SMU saja. Padahal resikonya gedhe banget lo. Kalau aku nggak ketrima, aku musti masuk di swasta atau nggak sekolah setahun.

Tapi, akhirnya aku masuk juga.Seminggu saja aku di Sekolah Umum Negeri itu, aku merasa kembali berada di duniaku. Dunia yang penuh dengan kompetisi sehat Dunia yang hilang selama 3 tahun. Prestasiku juga lumayan, walaupun nggak pernah menjabat rangking I. Tapi nilaiku bagus. Dan semua rata-rata. Bagus semua.

Tapi tetep, aku males ikut-ikutan ektrakurikuler. Sak jane diwajibkan ikut satu ekstra. Oke, aku ikut MT. trus, English Club. Tapi ya itu, Cuma daftar doang. Masuk di bulan-bulan awal. Setelah itu… ‘cling’… ngilang! Gak tahu mlebu. Hehehe… cuma English Club lah yang sedikit tertarik. Karena MT pada saat itu aku nggak ‘sreg’ dengan kegiatannya yang kurang ‘ndeso’. Maklum jebolan MTsN yang notabene ‘ndeso’.

Waah.. ada sedikit yang lucu. Waktu semua pada masih pakek baju smp masing-masing, aku yang aneh sendiri. Soalnya pake celana sendiri. Huahahaha… jadi si ketua OSIS yang lagi milih petugas upacara, gampang banget milih gue. Tinggal ndodok, ee… keliatan deh gue, langsung deh, aku ketahuan… kalau aku dari MTs. Otomatis, aku jadi tim petugas upacara bagian membaca do’a. Waduh!!

Di SMUDA Nganjuk, aku juga sempat meraih prestasi lo, juara I lomba kaligrafi, juara III Karikatur, Juara III lomba masak, Juara I Lomba bahasa Inggris (satu team mewakili SMU, aku kebagian pas listening doang. Soalnya aku khan yang hafal lagu-lagu barat. Hehehe.), Juara satu lomba bahasa Inggris lagi, tapi kali ini aku mewakili kelas 2-3.

Nah, anak-anak SMU 2 sampai sekarang masih sering berhubungan satu sama lain. Melalui milis, friendster di internet. Yang hilang itu ya temanku waktu MTs, mbuh podho nang ndi?? I miss you all…

Sebenarnya ada reuni tiap tahun, tapi tahun ini nggak ada reuni sama sekali. Makanya aku kangen banget… huehue… Cuma IPA 5 doang yang paling kompak!!! Yo the best!!!! IPA 5 itu seems like surganya teman-temanku. aku paling konyol ya di IPA 5, paling ndableg yo di IPA 5, main kertu, omben arab, konser 10 lagu di kelas pas ulang tahunnya Bu Rohana. Klotekan ria kalo lagi ngaso dan jam kosong. Sayang waktu itu belum ada AFI atau Idol, kalau ada, waaah.. aku nggak mungkin bisa menolak dukungan teman-teman untuk ikutan ajang itu.

2002-200…

Ehm..ini agak berat, aku belum lulus kuliah (ketika menulis ini) di Statistika ITS. Benar-benar jurusan yang berat (menurutku). Aku memang bukan orang-orang yang setype seperti temanku sejurusan. Yang hidupnya serba praktis, penuh perhitungan, pikirannya bisnis, cari uang sebanyak-banyaknya, kaya raya, jadi orang sukses, bangga kalau sudah kerja di perusahaan bonafit yang duitnya gedhe, yang kerjanya duduk-mikir-dapet duit.

Dan bejibun hal-hal yang menurutku hanya membuat stres di kepala. Yang menurut mereka, hidup tidak dibiarkan mengalir saja seperti apa adanya. Tapi hidup harus dipaksa untuk menjadi orang yang kaya, punya rumah sendiri, punya investasi, dan segala tetek mbengeknya. Mungkin aku juga akan begitu nantinya. Tapi nggak tahu, sampai sekarang aku nggak mikir yang kayak mereka pikirkan.

Mungkin itulah alasan terbesar kenapa aku males lulus. Selain karena memang males, musti ngulangi belajar lagi, karena sempat vakum nggak buka buku statistika selama setahun lebih, dan lebih memilih untuk belajar yang lain.Aku belum siap untuk kehidupan yang bergerak secepat itu. Yang ngorbanin ini-itu, ngorbanin keluarga karena musti kerja di luar kota yang kadang lebaran pun nggak sempat pulang kampung, yang menjadi manusia super sibuk seperti robot yang kerjanya diforsir sehingga tidak ada waktu untuk sekedar merasakan dinginnya malam, sejuknya embun pagi, suara kicau burung, dll.

Karena hal itu sangat berharga di jaman sekarang yang mungkin beberapa tahun kemudian, kita sudah tidak bisa merasakannya lagi. Mbok yo leren…. Itulah mungkin pesenku buat para manusia yang super sibuk di luar sana… hehehe…

Aku sempet bekerja sebagai layouter Tabloid Majalah. Seminggu sekali terbit. Lumayan buat beli baju. Karena aku memang sudah lama tidak beli baju. Lalu, karena beberapa hal, perusahaan itu vakum sejak juni 2007. Tapi lumayan lah menambah pengalaman ngelayout.

Kembali ke jurusan. Sebenarnya, jurusan itu bukan jurusan secara naluriku. Semua orang yang kenal aku pun menganggap aku salah jurusan. Soalnya memang nggak ada seninya sama sekali kecuali seni menghitung volume pakek integral rangkap tiga. Hehehe… semoga saja aku bisa berubah fikiran di semester depan.

Doain aja ya.. (nggak usah nyuruh ini itu ke aku, soalnya takutnya aku akan nyuekin kamu). Do’a saja ya… biar aku untung, kamu juga untung dapet pahala… Yaaah… dasar orang aneh, masih seumur jagung sudah bikin biografi, mana biografinya asal lagi. Dibuat sendiri, dibaca sendiri (untung-untung ada yang mau baca, hehehe…) Masih banyak sebenarnya yang perlu dicritakan, tapi ndak tahu kok otak ini buntu ya….

UPDATE 2013: Akhirnya saya memutuskan untuk DO saja. Toh melanjutkan kuliah di jurusan yg nggak aku cintai itu cuma bikin aku stress. Nih cerita selengkapnya bisa di baca di sini: KENAPA SAYA DO KULIAH.


PART II

Ndop dan Tidur

Waktu kecil, si ndop kalo tidur selalu rapi. Maklum ortu selalu mendidik anak-anaknya untuk selalu rapi. Tatanan rambut yang klimis, baju yang selalu disetrika sampai licin, memakai baju selalu dimasukkan ke dalam celana. Hnah, kalau si ndop rapinya kebablasan. Dia nggak hanya rapi di kehidupan sadar sehari-hari, tapi juga di kehidupan setengah sadarnya di malam hari.

Iya betul itu, si ndop itu sering kali terbangun kalau ada sedikit saja bajunya keluar dari slempitan celana pendeknya. Entah itu celana kolor maupun tidak. Alhasil dia nggak selalu sukses untuk tidur semalaman tanpa bangun. Selalu aja ada acara untuk bangun hanya untuk memasukkan kembali letak bajunya ke dalam slempitan celana pendeknya. Tentu saja nglakuinnya sambil merem. Mungkin kalau ada lomba tidur paling rapi, akulah pemenangnya. Weleh-weleh..

Selain rapi, si ndop juga sering ngigau (nglindur, red.) ketika tidurnya. Ngigonya begini, “Buuuk… mimik teeeh……” berulang kali sampai terdengar “inting-inting-inting..” tanda sang mamah sedang mengaduk teh pesananku. Setelah minum, langsung deh, rebahan lagi… zzz…zzz…

Nggak hanya itu, ndop kecil kalo mau pipis juga bilang begitu, “Buuuk.. bet pipiiss…” lalu dengan segera sang mamah sambil merem mengangkatnya di dekat jendela kamar … cuurrr….. **sama-sama sambil meremnya**

Si ndop juga pernah (bahkan sering!) tidur sambil berjalan. Pernah ditemukan kasus aku tidur dan berjalan menuju dapur dan mengambil gelas, sendok, mengaduk-aduk gelas dengan sendok. Lalu meminumnya. Tentu saja nggak ada yang diminum, selain udara.

Aku juga pernah berjalan sambil tidur sampai di belakang rumah yang banyak papringannya (pohon bambu yang rimbun, red), pohon asem, pekarangan, yang semua tidak diterangi oleh lampu alias gelap gulita. Alhasil, ibuku dan kakakku yang kebetulan tahu, langsung ngikutin dari belakang pelan-pelan, membiarkan aku berjalan, sampai aku kembali ke rumah dengan sendirinya…

Masih dengan ndop dan tidur, si ndop paling nggak bisa tidur sendiri. Kecuali ketiduran. Sampai sekarang pun tidurnya masih sama adiknya, Pipi. Walau ditemani sama bau ompol pesing, dia tetep mau. Walau musti muter kipas angin dulu..

Pernah suatu ketika, si ndop tidur sendirian. Dan apa yang terjadi? Si ndop diganggu terus di dalam tidurnya. Mimpi buruk. Lindihen, yaitu pas tidur trus tiba-tiba rasanya tangan, kaki, dan seluruh tubuh nggak bisa bergerak, melek aja juga susah. Kayak digujek (dipegangi, red) sama makhluk yang demikian besarnya. Dan hal itu sangat menyeramkan bagi ndop. Baru kalau sudah dibacain ayat kursi dengan susah payahnya, si makhluk besar itu ilang secara berangsur-angsur.

Ndop dan pakaian

Aku kecil, kalo pakek pakaian selalu kumplit, selalu memakai kaos singlet dan selalu rapi. Lebih sering pake kemeja yang ada beniknya (kancing, red). Kenapa bisa begitu? Konon, ibukku bersahabat banget sama pak leknya yang seumuran dengan ibukku. Persahabatannya sampai tua (sampai sekarang). Mbahku yang aku panggil Pak Yong itu punya keahlian menjahit. Jahitannya bagus, halus dan berkualitas. Jadi tarifnya juga lumayan mahal. Tapi khusus untuk keluargaku, gratis!

Jadi kalau keluarga-keluarga lain pas musim mau lebaran pada pergi ke toko-toko pakaian, keluarga kami berbeda, perginya ke toko kain. Memilih-milih motif kain. Dan menjahitkannya ke Pak Yong yang tinggal di Caruban Jatim. Menjelang takbiran, baru deh baju, celana, yang sudah jadi diantar ke rumahku sambil dia belanja kebutuhan menjahitnya di Nganjuk.

Untuk selera pakaian, ndop kecil tergolong unik. Dia lebih menyukai motif batik timbang motif yang lainnya. Alhasil ketika lebaran tiba. Motifku paling aneh di antara anak-anak sebayaku.

ndop pakai batik

Eit, ndak waktu kecil saja si ndop suka batik. Pas kuliah pun dia masih demen. Malah lebih ekstrim. Semua di batikin. Sampai bindernya aja disampul pakek kain batik. Bahkan dompetnya juga.

Sekarang ini, si ndop paling suka sama kaos batik wisata yang tipis itu. Di samping harganya murah nggak ada limabelas ribu, kainnya yang tipis itu enak banget dibuat tidur. Si ndop juga favorit banget sama kaos olah raga. Apalagi kaos olahraganya SMA dulu. Sampai favoritnya, sudah sobek berkali-kali dibela-belain didondomi (dijahit manual pakek tangan, red.) sampai bisa dipakai lagi.

Kaos Olah raga favorit ndop

Dia juga nggak lagi makai kaos singlet seperti dulu. Kecuali acara-acara resmi yang musti pakek kemeja. Kalau dulu, wajib fardlu ‘ain pakek kaos singlet. Sekarang juga nggak ada acara pakek bangun tidur segala kalau bajunya keluar dari celana. Lawong sekarang justru sebaliknya kok, risih kalo baju dislempitkan ke dalam celana.

Ndop dan Musik

ndop nyanyiWah..wah..wah, jangan ditanya. Si ndop sangat demen sama musik.

Waktu kecil, ortu suka banget sama gambus, dangdut, oldies, blues, Rhoma Irama, qosidah nasidaria. Trus kakak-kakakku sukanya macem-macem, mbakku suka Kla, Dewa, musik-musik barat. Masku suka Metallica, Sepultura, Jamrud, G ‘n R. masku satunya suka Kirey, Lisa A Rianto, Desy Ratnasari, Novia Kolopaking. Aku sendiri masih ngikut.. trus pada akhirnya aku menemukan selera musikku, yaitu Rap. Iwa K, Pesta Rap satu sampai tiga, G-tribe, aku punya. Trus meningkat ke Eminem, Limp Bizkit, Linkin Park, Missy Elliot, R n B, Pop, Mariah Carey, Melly Goeslaw, walah wes hwakeh pokoke….

Si ndop tiap hari karaokean. Katanya sih, buat latihan vocal. Ndop, ndop. Tapi, sebagus-bagusnya aku menyanyi, nggak ada yang nanggepi. Di keluarganya, si ndop merasa menjadi orang asing yang punya bejibun hobby yang beda sendiri. Dia menyukai seni. Apapun bentuknya. Keluarga yang lain, nggak ada yang sefanatik aku.

Seni yang paling disukai adalah seni musik. Terutama nyanyi. Soalnya yang memungkinkan cuma itu. Di rumah nggak ada alat musik. Pernah suatu ketika, bapakku menghadiahi aku piano mainan seharga 22 ribu ketika aku dihitan dulu, aku maksimalkan kemampuan mainan itu. Aku pun secara otodidak bisa memainkan melodinya seperti yang ada di settingan demonya. Kalau mereka menanggapi dan memasukkanku ke les-lesan piano, bukan nggak mungkin sekarang aku bisa berpiano ria.

Untungnya ada acara AFI. Kritikan-kritikan mbak Iik lah yang membuatku tahu dikit-dikit caranya bernyanyi. Aku pun memberanikan diri ikut-ikutan ajang pencari bakat menyanyi itu. Indonesian Idol 2 dan Idol 4 aku ikutin. Walau masih gagal, aku sangat senang bisa ikut berpartisipasi.

Ndop dan Björk

bjork is my idolDialah mai biggest aideul. Aku memang suka yang unik. Yang susah ditiru. Yang berat musiknya. Yang nggak ada yang nyamain. Yang nggak kacangan!

Sampai ngefansnya, aku kecewa banget pas nggak nggak bisa nonton dia 12 februari 2008 kemarin. Karena harga tiketnya yang nguzubile itu. Alhasil, internetlah temanku sehari-hari buat ngehanting video konsernya di Jakarta.

Koleksiku sudah empat giga di hardisk komputernya masku. Entah itu empithri, videoz, fotouz, wolpeipaz, halaman-halaman web, lirik, buku, biografi, dsb.

Kamarku juga saya kasih wolpeipahnya mbak björk yang aku print sendiri. Gedhenya sembilan kali kertas A4. tapi sayangnya, di Nganjuk nggak ada satu pun koleksinya di toko kaset. Alhasil, aku minta bantuan internet untuk mencari gratisan empithrinya. Dan dapet semua, hehehe… makasih ya internet..

Kenapa suka björk? Wong musik nggak jelas gitu kok suka?

Ndak tahu ya, pokoknya tiba-tiba mak “klik” saja pertama kali denger lagunya. Waktu itu ndak sadar buka webnya. Trus penasaran pengen denger lagunya. “its in our hand” lah lagu pertama yang kudengar secara online. WAOW thatz amazing!! langsung nggak banyak cingcong, hunting terus lagu2nya sampai sekarang..

Dulu waktu kecil sudah sering dicekoki musik-musik pribumi. Musik-musik standar. Akhirnya waleh (bosan, red.). Yang pada akhirnya menemukan björk dan nggak bosan-bosan.

Pengen banget bisa punya teman yang sama-sama suka björk. Aku minta bantuan mbah internet lagi. Untung ada friendster. Semua yang suka sama bjork aku add. Mereka-merekapun ngerespon. Waow… aku jadi sumringah… alhasil lebih dari limapuluh persen temen FSku adalah penggemar Bjork.

Ndop dan Nggambar

Ini adalah hobby pertamaku. Ini juga yang lebih menonjol dan menorehkan prestasi. Beberapa lomba pernah diikuti (atau lebih tepatnya diikutkan). Pertama sih pas TK. Pernah ikutan lomba melukis se-Kecamatan. Trus SD, mewakili kecamatan Nganjuk. Trus SMA, ikut lomba kaligrafi mewakili kelas 1-3, menang juara I, lomba karikatur, mewakili kelas 2-3, dapet juara III. Sudah itu saja.

Selanjutnya adalah sekedar hobbi saja. Tapi hobby memang membawa berkah. Banyak juga pesanan-pesanan gratis dari teman-teman MTsN, SMU, kuliah. Kenapa gratis ndop?? Khan tadi aku bilang “hobby membawa berkah”, bukan hobby membawa uang”. Hehehe… biar Gusti Alloh yang membalas. Amiin…

Seneng banget pas ke Jember ke Rumah Heru, dia memajang hasil karyaku yang bergambar dirinya di ruang tamu. Aku memang memberikan karyaku itu sebagai hadiah ulang tahunnya. Di ruang tamunya itu, karyaku dipigora sedemikian eksklusifnya. Nggak nyangka apresiasinya sedemikian besar terhadap karyaku. Thank yu sou mach, brah!!

Ndop dan nulis

Ini baru hobby baru. Sebelumnya si ndop juga pernah bikin-bikin komik waktu esempeh. Tapi ceritanya masih blank. Nggak fokus. Iseng aja bikin komik di kelas waktu nggak mud dengan pelajaran.

Lama-kelamaan, aku jadi suka baca novel. Sebelumnya komik kungfu boy aku demen banget. Trus Doraemon. Novel pertama yang kubaca adalah Lupus dan Ghoosebumps. Trus seiring berkembangnya isi otak (ceille isinya apa ndop?? Pop corn?), aku baca Mira W. dan Chicken Soup.

Ceritanya nih aku nggak mau kalah sama penulis novelnya. “Alah, aku juga bisa bikin novel seperti ini,” dan novel pertamanya pun ditulisnya, judulnya “Jalan Kaki dari Gebang ke Bungurasih.” Tapi tetep, namanya masih belajaran (sampai sekarang pun masih belajar), isinya ke mana-mana, nggak fokus. Tapi lumayan ada yang nanggepi. Lagi-lagi Anang dan Mukhlason. Hehehe…

Pas usum-usumnya Friendster, aku bikin. Entah berapa puluh ribu kuhabisin buat ngedit profilenya sampai sesuai keinginan. Sampai akhirnya bosen sendiri setelah tahu ada blog di FS. Jadi deh, konsennya bikin tulisan di blog FS.

Atas saran Anang, aku bikin blog di situs blog sebenarnya. Sampai sekarang. Blogku di Friendster sudah saya hapus. Biar pas di searching di mbah gugel nggak nyambung-nyambung ke blog FS lagi. Hehehe…

Ndop dan Makan

Waduh jangan ditanya, pak de ndop yang satu ini sangat demen sama yang namanya PEDES!!.

lombok impling, cabe rawit

Kata ibukku, akulah di keluarga yang paling doyan pedes. Katanya ibukku lagi, akulah juga yang paling kecil doyan pedes. Umur tiga tahun (atau mungkin sebelum itu!) aku sudah dicekoki sama sambel. Bukannya menolak, aku malah cepet makannya. Nafsu makan juga malah naik kalo pakek sambel.

Nah, sialnya, di Surabaya, tempatku kuliah selama hampir DO ini, makanan pedas sangat langka. Walhasil aku tersiksa secara pelan-pelan di kota ini. Omaigot. Pingin deh masak sendiri.

Aku makan bakso itu sambalnya bisa tiga sendok makan. Makan rujak, lomboknya bisa tuju, sembilan, sebelas. Pokoknya ganjil. Wekekek…. Wong beli tahu tek aja aku dikasi lombok tiga belas kok. wekekeke… tapi tetep aku bukannya kepedesan, malahan ketagihan dan menjadi langganan beli tahu tek pak Yusman di Gebang (yang dipojokan Gebang Lor itu loo..)

Pokoknya sampeyan kalo ngajak aku makan, trus makanannya ndak pedes. Perhatikanlah caraku makan. Pasti tersiksa banget. Pelaaan banget. Soalnya nggak pedes sama dengan anyep! wekekeke…

Ndop dan Mariah Carey

Mariah CareyHohoho… saya sangat suka sama teknik suwaranya. Makanya saya sempet-sempetin buat ngereview albumnya E=MC2 kemarin.

Kalo sampeyan mengira saya suka bodynya, yayaya… bodynya khan emang yahood.. wekeke.. tapi kualitas suaranya itu lo, menjual banget. Suara falseto yang bersih dan merdu. Suara aslinya yang Magic! suara wistle registernya yang bisa dimain-mainkan kayak piano! That’s brillian!

Kebetulan aku kenalan sama manusia yang juga suka Mariah Carey. Dialah Ongki. Akhirnya, aku punya teman juga yang sama-sama penggemar Merraiyah. Dia lebih fanatik dari aku. Soalnya aku masih ada björk sebagai idolaku.

Sori, jangan membanding-banding Mariah Carey dengan artis lain. Tetep Mariah is the best. Lagu-lagunya itu dia tulis sendiri, meramu nada sendiri, dan kebetulan semua lagunya susah-susah untuk ditiru. Makanya tak heran di ajang-ajang idol, kalo ada yang menyanyikan lagunya Mariah Carey, pasti dia penyanyi hebat. Kalau bukan, pasti hasilnya akan amburadul! wekeeke… kayak saya. hohoho…


PART III

Ndop dan Kamar Isolasi

Mas ndop punya kamar isolasi. Yaitu kamarnya sendiri yang dibuat bekerja sehari-hari sebagai Vector Graphic Designer atau istilah santenya ya Tukang Vector. Hehe. Kamar berukuran lumayan sempit dengan jendela yang kalau dibuka mengarah ke tembok tetangga itu memang lumayan gelap. Soalnya cahaya hanya berasal dari pintu kamar. Jadi kalau pintu ditutup, cahanya jadi gelap.

Jadi jangan heran kalau dirimu webcaman dengan saya trus kok terlihat gelap, hal itu wajar. Karena hanya cahaya laptop yang paling terang dibanding lampu neonnya. Untung Nganjuk adalah kota angin, jadi meskipun di dalam kamar yang tanpa ase (Air Conditioner), tapi udara tetep segar. Apalagi kalau sedang hujan kayak sekarang ini. Suwejuk euy.

suasana kamar isolasi

Sudut kiri barat, adalah lemari dan lemari lagi. Di dua lemari kamar isolasi itu terdapat baju bajunya ibu. Jadi kalau saya mengunci kamar, pasti ada yang mengetuk pintu dari luar, dia mau ngambil baju. Huhuhu…

Suasana Tempat Kerja di Kamar Isolasi

Lalu di sudut berikutnya, ada tempat kerjaku. Dan di sudut berikutnya adalah tempat manggungku. Hehehe.. Walau cuma kamar kecil doang, tapi aku sudah banyak menghasilkan rekaman lo. Nggak hanya rekaman saja, melainkan video juga. Bisa dilihat di channel youtubeku: youtube.com/ndop

Di tempat manggung itu ada dua poster segedhe gaban! Satu meter persegi. Hehehe.. Itulah poster vector. Anda pingin punya juga? Jangan ragu untuk memesannya sekarang! Harga akan naik segera! [PEMESANAN GAMBAR VECTOR]

UPDATE 2012

Aku udah ganti kamar nih. Dan kamar baru ini saya namai NDOFFICE = Ndop Office. Yuk kita lihat pintu masuknya!

pintu kamar ndoffice

Saya nampang di depan pintu yang saya templeki poster segedhe saya sendiri! Berasa punya sodara kembar dalam bentuk dua dimensi. hihihi..

Di depan meja komputer ada kasur tingkat yang bisa ditiduri empat orang! Haha. Tapi karena bagian atas nggak dipakek, maka aku buat naruh barang-barang yang gak muat di kamar. So, yup, kamarku kayak kapal pecah! Berantakan. Foto di bawah ini hanya pencitraan. Setelah dirapiin baru diphoto. Dan hanya berani moto bagian yg ini, sekalian pamer gitu. Haha :pukul:

Ruang berkarya yang penuh makanan!

Huwaaa.. isinya penuh cemilan! Gak gak, itu cuma pencitraan kok. Aslinya ya gak ada apa-apa. Tapi cemilan itu perlu kalo malam-malam harus nglembur sementara badan ini males keluar rumah cari makan. Tapi foto di atas itu lebae banget! Haha.. gak mungkin lah aku makan semua dalam semalam… *kelamaan soalnya, dua jam aja udah habis tuh!* :P

UPDATE 2013: Kamarku baru loh sekarang, warnanya kuning. Silakan dibaca postingannya di sini: KAMARKU SEKARANG KUNING!

Tebi_kentinyud…

316 KOMENTAR KAMU KOMEN YUK ↓

Biar keluar avatarmu, daftar di gravatar.com yah ^_^

  1. don45 #

    Mas Mudho ( ga pa2kan ta’ panggil gitu He…he…) matur suwun kangge komment ne ten blog kula perkenalkan nami kula doni fitrah ajieb kula tasih pelajar kok !

  2. @don45: haha.. mboten nopo2 kok diceluk mudho,wis enek sing nyeluk ngoten kok. salam kenal ya..

  3. akhirnya sampeyan ingsap cak…
    :lol:

    selamat datang di dunia wotpres…

    dunia yang indah dan jawuh lebih indah daripada duniamu yang sebelomnya :cool:

  4. @chiw: *menghela napas panjang…*
    terimakasih atas saran dan kripik singkongnya…
    *menghela napas lagi…*

  5. noonathome #

    Wah, biografinya dibikin buku aja sekalian. Dah lengkap keliatannya :D Salam kenal ya!

  6. @noonathome: akan segera memenuhi permintaan anda..
    mm.. dikirimkan ke mana kalo boleh saya tahu?

  7. Bhq #

    Ndofar,
    Kamu dimana sekarang?
    Jadi pelawak?

  8. @Bhq: aku di Nganjuk pak… sedang menyenangi kota kecilku itu dengan sangat!

    lagi pingin mendampingi keluarga… lagi sangat pingin…

  9. Bhq #

    Di nganjuk tepatnya dimana?
    Apa kegiatanmu disana?

  10. @Bhq: di kauman bos.. blogging sajah..hehehe…

  11. njajal nerkomentar..

  12. ngakak baca koment ke 7 :D heheehe

  13. @arul: apalagi muncul dari seorang dosen ite-es.. wakaka.. :lol:

  14. hehehe..makasih yak udah nampilin tampang ane yang gondrong pas di statistika 2002..
    Ente kren emang bro daya imajinasi dan desain nya…gmana urusan ngedit2 foto wisuda kmren. kapan ke sby Bro???
    mahendra

  15. @mahe: hehe.. suwun bro wis komentar. urusan ngedit photo wisuda wis kelar.. tinggal bayarannya yg blom.. hehe.. bcanda kok ndra.. :mrgreen:

  16. wuuuiiiihhhh dowone……..

  17. @aziz: wuih komenge cindekee….

  18. Oalah…

    apa seh ini?

    *tersesad*

  19. @nfath: :???:
    :roll:

  20. awalnya kupikir kauman iki nang jogja, ternyata ning nganyuk eh nganjuk.
    bener kata si pak dosen kmu pantas jadi pelawak blog. Tulisanmu renyah, enak dibaca, gak bosenin tapi sarat pesan dan atau kritik sosial. Ndop, ente nggak bingung bagi waktu kalo kesibukan atau punya hobi yang seabrek gitu?
    ente iki apane anang? sodara ya?

  21. @antown: wau.. saya sedang dipuji ini… wau trima kasih sebesar-besarnya ya town, jadi tsanjung saya..
    bagi waktu? saya itu pengangguran bos.. hehe…
    pelawak blog? oke aja.. tp plawak beneran? aku dmam panggung.. makanya skripsiq ga mari-mari… hehehe..

    NGANJUK asli saya…

  22. anang adalah konco kadang katutku.. hehe..
    anang kuwi ‘KTM’ alias Konco Tapi Mesra nya tmnku bos.. akrab soalnya ngomongnya nyambung.. kecuali ngomong bal-balan..

  23. ada yang kurang di biografimu. tulis emailmu jugak ok? ada gmail kan??

  24. @antown: oke bos, siap diedit!

  25. Srasa mbaca novel berepisode…..Bakat musiknya perlu di gali lagi biar bisa keterima di ajang pencarian bakat ti tivi….

  26. Ko’ komeng si? ndop aja….. hehe

  27. salam kenal aja……

  28. @rita: bakat musik apa? saya cuma bisa nyanyi setinggi 7 oktaf itu saja kok.. itu bakat ya.. :pukul:
    komeng aja lagi… ndop? kurang keren ah.. kalo kere, iya..
    @kaudanaku: salam kenal balik… :smile:

  29. ndop aku tulis riviiu nih diri kamu biar tambah terkenal

  30. @ronggo: APAAAAA??? menuju ke TKP!!! Waaaa….. ampyuuun….

  31. Wah lengkap banget tuch profilnya :sip:
    Blogwalking nich, salam kenal………….. :star:

  32. @FATMA: iya, namanya aja biografi.. eh, itu masih tebi kentiniud loh..

  33. Yang jelas Ndop kreatif. BRAVO!!!…. :tepuk:

  34. @mhomank: thakiyu…. :dance:
    horee… biografiku tertulis rapii… :tepuk:

  35. Wah, mas Dzofar pernal sekolah di MTsn Nganjuk ya….
    Pernah di ajar Fiqih sama bapak ku dong :tepuk:
    Hayo siapa????? :lebah:

    posting terakhirnya Ongki adalah: Gambar Vektor Pertamaku

  36. @ongki: waaaah… sudah lupa boss… pak Fatah? Pak Taufik? Pak eh, Almarhum Mbah Masud????

  37. hehehhe, mungkin Mas ndak diajar bapakku ya… (Pak Muslih)..

    Oya mas, blogQ saiki ganti di http://www.laziem.com

    posting terakhirnya Ongki adalah: Gambar Vektor Pertamaku

  38. @ongki: loh iyooo… Pak muslih soale yo ngajar Aqidah akhlaq. dadine aku ilinge Bapake sampeyan ngajar Aqidah Akhlaq geto lo bang…

  39. Ooooo, hag hag hag… Aku ngertine cuman ngajar Fikih tok.. :lampu:

    posting terakhirnya Ongki adalah: Gambar Vektor Pertamaku

  40. hai…..
    mas Ndofff…
    salam knall
    kopi dRt kampus aja… :-)
    pehh..situsnya berat skali ya dibukaa..

  41. Allow cAK,., :muntah:

    posting terakhirnya galihyonk adalah: Laporan Blog Goes to School versi Saiya

  42. @ongki: wekekek juga..
    @edie: oyah? makanya pakek sepidi atau ngenet di warnet.. wekekeke… ayuh, kopdar.. kapan? di mana?
    @galih yonk: halo.. aku duduk tukang beCAK!! wekeke…

  43. ndop opo ndog yo!…

    wekeke…

    akire ketemu sing jenenge ndog eh ndop!

  44. @kucluk: akhirnya ketemu kamu juga.. yang aslinya ternyata elo lebih ganteng.. huwakakaka… :mrgreen:

  45. ndop lek ngeband ngarap lagu opo ndop??? :rock:

    posting terakhirnya iwan adalah: PENTINGNYA SHOLAT

  46. Ndop…. biografimu duowoo eram… cocok didadekno buku ae… :glundung:

  47. @iwan: bjork yuk?? iso gak??
    @alhakim: pancen ape tak gawe buku… ngenteni tubi kentinyudnya habis… :wink:

  48. keren donk websitenya :tepuk:
    wahahaha iconnya narsis smua :ampun:

    thx udah tersesat di blog awa yah :wink:

    websitenya keren :cool:

  49. iy..dosenny pak kresna..sring gag ngajar..
    low..dapet AB..keren dunk..katany klo tu dosen nilainy paling2 BC..

    brati ad bakat tuh k bisnis maz..nerusin pak kresna..

  50. @syraru: iya dong.. wekeke…. ya ndak papa narsis, yang penting eksis.. wekekek… :cool:
    @duduuut: lah, gampang, pokoknya ngumpulin tugasnya, pasti dapet A semua… :hihi:

  51. baru kali ini saya ngeliat “about” yang abot karena padat, panjang, tapi penuh cerita mengasyikkan. bravo!
    :pukul:

  52. @paman tyo: waah.. terimakasih pak lik.. *paman maksudnya* :hug:

  53. Salam kenal yo….Oleh gak njaluk ilmune. Wes ben ketularan lah pintere…

  54. @susi: ilmu sing ndi? nggambar opo nyanyi? wekeke.. anu mbak, kita belajar bareng2 wae..

  55. :mrgreen:
    sekang wong cilacap, Mas…
    kowe pinteran lho… nyong ora mbayangna arep semeno akehe tulisane. tapi ndilalah betah ngetutna tekan rampung koh..!
    Nek nyong ulih takon, kuwe ana sing lewih akeh maning apora?
    Kesuwun, muga-muga mudheng. :ayoh:

  56. Zarod #

    Gk sengojo ndelok tutorial trnyata wong nganjuk juga, sak alumni pisan wlpun bdo tahun.. Salam kenal, nganjuké ngendi ki ? Sopo ngerti iso dolan skalian merguru nek wayahe pulkam.

  57. @abdal: hohoho.. maturnuwun telah membaca semua biografiku… :rock: :ampun:
    @Zarod: kauman bos, cokroaminoto III… woke silahkan dolan… hehehe… :ayoh:

  58. weleh wong kauman to.. wong jogja to… weleh…2..blogne narsis men … :fastreading:

  59. Huft…
    Motoku pegel mocone.
    Tapi wis katam.
    Satu yang belum kamu posting tentang biografi si ndop.
    Coba dingat-ingat apa?
    ***
    waah kelamaen mikir.
    Ya sudah langsung aku beri tahu saja.
    Yaitu…
    Cerereret…Tret…Tret…
    *musik pembuka*
    tentang Ndop dan Nguyangan.
    Pasti taw kan nguyangan.
    Whakakakakakak…
    *kabur…*

  60. Akhirnyo punyo temen nyong suko merraiyah kerri.. Hehehe.. Btw, gw ndak fanatik2 amad kog, siapa aja, asal suara ok, lagu ok, musik ok,, tancep gas wae.. Hehheeh :rock:

  61. @ Areep: Nganjuuuk… dudu jogja…

    @arqu3fiq: Nek pegel dipijeti fiq..

    aku tau nang ngguyangan, tapi mung liwat tok…
    gak enak suasanane..

    @Ongki: hehehe.. gak fanatik wae nduwe 6 + giga koleksinya?? omagoosh! pijimane kalo fanatik???

  62. pantesan, waktu itu aq blajar vektor yg jadi objeknya mbak bjork

  63. Wuuuiiiihhhhh…
    Panjang sekali. ya, ndop baca biografi-mu. Hebat, dan saya yakin perjalanan-mu makin dahsyat.
    Salam. Berkunjunglah ke blog aku.

  64. fajarputra #

    :doa:

    kapan ya aku bisa pulang ke nganjuuuk !!!!!!!!!!!!!
    kangen !!!!!!!!!!
    tapi……banyak kesibukan !!!!

    Met kenal aja ma mas ndok…tq

    Keep up your good work !!! :sip:

    • @fajarputra: wow, kalo ke nganjuk, kita kopdaran ya… sip dah.. makasih… salam kenal juga… sampeyan nganjuke pundi?

  65. :sip: komplit mas aku seneng mbaca disini :sip: :sip:

  66. Sampeyan termasuk unik dan menarik untuk dibaca..

    • permisiiiii……. :oops: mmmm mau tanya gimana caranya buat gambar kartun kya gitu??itu ??

  67. @belajar bisnis online: alhamdulillah.. bersyukur bos bisa jadi manusia unik. semoga keunikanku bisa mendatangkan hal positif buat alam semesta..

    *lebai plus sotoy moud on*

  68. Woiiiii. kita senasib kang. angkatan 2002 urung lulus. wkakakak..
    podo jawa timure neh. lam kenal :dance:

  69. masa oloh..
    dowo temen mz biografi ne sampeyan
    ak mentok moco neng ipa5.. wis ngelu… =))
    opo meneh moco komeng e tambah ngelu, akeh tenan je.. :roll:
    oo jaman e sampeyan ipa5 yo sing ndableg, lek jamanku ipa3 sing paling ndableg. wes neng pojok kakehan nggawe perkoro karo guru. sing ngawiti aku mbiyen, mari soko leb biologi ak langsung maem luwe soal e. nah ternyata aku kenek operasine pak sarno (asem) istirahat kari 5 menit kok yo kenek operasi to yo yo… =)) . parah e guru biologine kuwi bu Rus, lengkaplah sudah. akhir e ak di setrap karo bu Rus, di utus njelasne bab metabolisme (kuwi bab paling dowo ne biologi neng kelas 3)…. =))
    lek ak saiki yo jek ndableg… =)) :ampun:

  70. @ide menulis: Yaoloo… mari kita berpelukan… :hug: aku lagi butuh banyak motivator nih…

    @danik: Jenenge wae biografi.. hehehe.. yo mesti dowo to Nik..

    Komenge kuwi wis ket biyen, pantes akeh.. hehehe..

    Hag hag hag.. brati podho klas 3 ne yo ndableghe.. hehehe…

    Peh, aku gak tahu diulang Bu Rus, Pak Sarno… brati gak iso melu2 ngrasakne.. hehehe… :taktahu:

  71. luzy #

    mas… pandangan pertama melihat blog ku begitu asyik…begitu menggoda mata dan liur ingin segera NGEKEK hhahahaa…TOp abis dech,,, bikin aku awet muda LIAt nya………….se :dance:

  72. keren mas blognya..salam knal saking nggersik nggih…

    • @agusrest: inggih… matur nuwun komenipun nggih…

  73. Wih… biografine koyok artis ae… tapi jujur aku ngiri baca u olang punya bioglapi….

    • @Noe2: bikin aja atuuh… hehehe… kumpulkan informasi tentang dirimuh, bisa nanya tetangga, bude, pak lik, ibu kamuh sendirih.. hehehe.. ntar jadinya akan bagus…

  74. Waduh… kesel aku moco biografi sak mene akehe. Tapi isine uedan, lucu, karo nggemese. Nggak bosen mocone. Mas ndop iki kayak’e pancen salah jurusan. Tapi tak dungakno cepet lu2s teko statistika yo =))

  75. Wah… biografinya panjang sekali… sampe2 lelah membacanya. hehehe…
    Salam kenal. :hug:

  76. @fiarchan: Nek kesel yo leren, hehe..

    Aku pancen lucu edan dan menggemaskan, hahaha…
    Sip…Bener bro, susah nih masuk statistika.Aamiin… hohoho…

    @Cyber Katrox: Sami-sami… :hug:

  77. Eko Agus Herianto #

    Dzof, piye kabare ?

    saktemene iki Blog mu opo Website Mu?

    Kok apik tapi kedawan koyok sepur, sampek mripatku munggah mudun.

  78. Dzof, piye kabare?

    iki blog mu opo Website mu?

    jane apik, tapi kedawan koyok sepur. sampek mripatku munggah mudun. mumet sirahku ate pecah ndasku

    • @Eko: huwakaka.. lhawong sing mbok woco biografiku, yo mestine duwowo to le… iki blogku, dibilang website yo gak popo, lawong sitik bedane…

  79. woahhhhhhh. dowone cak. tapi aku seneng mocone koq statistik 2002 ?? koncone kuching lak an. sopo maneh yo ? dian.

    • @paijos: gak kenal aku, kucing sopo yo? nek dian aku kenale dian roh.

  80. biografine keren om sumpah… ntar dijadiin buku ajah.. diterbitin…

    deskripsinya itu loh, ngena banget!

    ku ketawa2 pas baca bagian ndop paling rapi waktu tidur dst…

    PARAHHHH..!

    tapi skali lagi keren banget sumpah, menginspirasiku hehee.. ntar tak tiru2 ahh… :rock:

    • @tukang becak onlen: huwakakaka.. makasih ya bro, itu bikinnya sampe observasi barang lo, wawancara ibu barang..

  81. Booz wm ga tahu gambar vector tuh ap y mksdny?

    • @hendry: ya diklik aja itu linknya.. hehehe…

  82. salam kenal mas ndop.. weh baca biografi njenengan saya ketawa ngakak sendiri, maklum menemukan cerita lucu dan untungnya gak saru…

  83. akhirnya katam juga bacanya…wekekeke…komplit.. ngekek pas baca pengalaman mu di MTSN…

    • @mbahmul: wekekeke.. ndablegku saiki wi mbaleni pas wayah MTsN… hehehe… roda memang benar-benar berputar ya…

  84. Hebat mas.. masih inget peritiwa2 jaman masih kecil, kalau saya dah banyak lupa.

    Numpang ikut koment sekalian cari backlink mas.

    • @dins: saya wawancara segala lo… jadi ya dari berbagai sumber terpecaya gitu bro…

  85. ihh waow…keren ternyata biografinya..baru baca nih. Ternyata pernah kecil juga to..hehe

    • @aditya: wekekeke… nyesel ya baru baca… bagaimana? anda tertarik? unutk bikin biografi juga maksudnya… :ssst:

  86. andrew #

    :tepuk: wingi aku ndeleng kancaku lagi mbukak2 blogmu, trus aku maca biografimu. jaan, jos banget yakin.insya Allah aku arep sering dolan neng blogmu. men aku bisa ngalor-ngidul kaya kowe…
    mudeng ora karo basaku…?
    maklum, banyumasan coy…

    • @andrew: mudeng bro… wekekek.. suwuuun… akeh tutoriale barang kok… wis pokoke diwoconii ae… ngko lak tambah seger awakmu, wakakakak…

  87. dedek #

    wah sungguh unik dech ceritanya.q dulu jg punya angan2 pengen buat cerita tentang perjalanan hidupq tapi ada aja halanganya.
    senang bisa baca cerita hidup km.see you

    • @dedek: kalau ceritanya unik juga, ditulis aja… hehehe… siapa tau dijadikan buku. Hohoho… semangat!

  88. Wis ternyata wong pinter tenan sampeyan, Yen aku ini wong bodho banget, ora seneng sekolah maneh….

  89. sebenarnya aku mau nulis sejarah hidupku kaya gitu…tapi kok bingung ya>/?sebenarnya gw dulu gmna?hahaha

  90. Halo salam kenal,saya Dany dari purwokerto,bolehkah tukeran link?
    link Anda sudah saya pasang di :
    http://freeinternetmarketingtool.blogspot.com

    Ini data link saya :
    Stop Dreaming Start Action
    http://freeinternetmarketingtool.blogspot.com/2009/08/stop-dreaming-start-action.html

    Terimakasih.

  91. kamu kog bisa lucu gitu sih *ngakak*
    dah lama tahu situsmu ini tp br sempat ngutak-atik, ternyata banyak yg seru :sip:

    • @Alul: wadduh, kalau lucu itu mutlak kang… demikian juga dengan ganteng.. hahahah…

  92. wah pancen narsis. betewe, aku ki bu lik loh, bukan pak lik.. :hihi: aku kan juga dah add kamu di fb, yang Al itu loh

    • @Alul: oooowalaaaah… yawis, lha jeneng alul kuwi akeh2e lanang. Hohoh.. yawis bu lik… matung nuwung uwis gelem mampir nang belog gak bermutu ku…

  93. sukses mas buat kuliahnya mudah2an cepet lulus… eh udah lulus belom ya? hehehe…. salam kenal mas.ndop

    • @kenyo: kuliahku malah tak tinggal bro.. :cry:

  94. piye toh cak kok ditinggal? ITS kui top lho cak… aku wae ra iso mlebu neng kono *curhat colongan*

    • @kenyo: lha aku gak iso nggarap skripsi e… senengane nggambar, hohoho…

  95. wah,..mas,…ceritamu membuatku tertawa terbahak2,…awalnya aq hanya tertarik gimana caranya ngedit gambar bergerak untuk tugas slide power pointku,..wuihhh,..ternyata,… boleh private ni mas?,…masih di ITS kah?aq di jogja,…butuh ni private untuk buat hasil power point yang mumpuni ditambah dengan bebarapa program gambar yang lain,….piye mas?
    bisa gak ya? :tepuk:

    • @wilda: aku sudah nggak di ITS, aku di Bali. waaah.. nek aku nang jogja yo tak warahi kowe….

  96. :tepuk: wah subhanallah,….boleh ni private mas?
    untuk membuat power point yang mumpuni ditambah dengan program gambar yang lain,….atau beberapa tulisannya di bukukan saja?kita tawarkan ke gema insani press,..atau pro u media?,..kebetulan pusat office nya ada dijogja,…jadi bisa dibaca sama pembaca yang kesulitan connect internet.

    • @wilda: dibukukan?? pingin sih, tapi pingine aku nulis maneh. Mosok tulisan tutorial kok ancur lebur nggedabruz tok koyok ngene??? hahaha…

  97. mas.,…aq bersedia ikut bercape ria untuk menawarkan ke pro u media atau gema insani,..ada ke kehasan tersendiri dari tulisan sampeyan,….piye bisa kah kita garap untuk kita bukukan,…mudah2an jadi amal bermanfaat untuk bekal hidup setelah mati kita kelak,..gak usah tutorial fhotoshop semuanya,..tapi gayamu menulismu itu,…sarat ilmu tapi rodo aneh ngono kui …..he,…..he,….ni komuniksi efektif bisa ke fb ku di email yang sama,…tak tunggu!

  98. mas,…aq serius,…aq bersedia bercapek ria untuk nawarin tulisan mu ke gema insani dan pro u media,..piye?mudah2an tulisanmu bermanfaat jadi orang lain yang rodo susah connect internet bisa baca juga,..aq rasakan internet tu mudah setelah sampai di jawa,..dulu masih s1 di sumatra,..masih lumayan susah,..jadi harus ada alternatif lain,..ntar tulisannya bukan hanya bahas fotoshop melulu tapi biografi mu juga,. dan tulisan2mu yang lain,..tulisanmu yang rodo aneh tapi berkhasiat,…tak tunggu kabarnya,..bisa komunikasi di fb ku dengan alamat email yang sama,…..

  99. pertama banget tulisan biografi setelah itu edit fotoshop setelah itu baru tulisan lainnya,…tulisannya belum semua aq baca,…mungkin kasi waktu,..tapi aq lebaran dulu,….pulang kampung dulu,..piye?,..menurut mas tulisan yang mana yang paling bagus?tapi manfaatnya juga okeh?

  100. Walah, chik lengkap’e biografimu. :dance:
    Salam kenal.

    • wow… suwuuun.. kuwi nggawene bertahap.

  101. hmnn…komplet abiez…klo saya mah dah ga inget waktu kecil dulu….

    • @Kenali: saya aja pakek wawancara sama ibuk kok… wekekek..

  102. Untuk nyelesaiin posting ini perlu berapa hari mas Ndop ..komplit banget ..wkwkwkwk, salam kenal

  103. MJ #

    ndop, bagus banget tulisannya, bisa buat aku cekikikan….
    pandangan hidup yang berbeda dari orang kebanyakan,membuka mataku terbuka dan sedikit dapat menyadari apa arti hidup yang sebenarnya…

  104. @santoz: bertahap bro… sampai dibelain wawancara segala… heheh…

    @MJ: wekekkeke… pliz deh, biasa aja kale.. hahaha…

    iyo Je, aku menikmati hidup ae…

  105. salam kenal bro
    dari designer nubi

    yang mecoba terus belajar.
    nte pake corel terus ya bikin ilustrasinya?

    • benul mas, corel lebih enak dibuat nggambar….

  106. Salam kenal ya =)

  107. Waduh….biographi-nya mantap bro…tobat deh,hehehe….Salam kenal cuy…

  108. Salam kenal kang…
    Ikutan ya..Ganti Open DNS dengan Google Public DNS

  109. Hendra #

    Salam kenal mas ndop, maf menggangu, saya memakai hp SE K320 Seperti mas, boleh tau ga dimana buat ngedownload theme creator yg bisa dipake di SE K320, mohon bantuanya, kirimin ke email saya, terima kasih banyak sebelumnya.

  110. Hendra #

    duh. . . maf mas, saya lupa, alamat email saya, kuya_muthe@yahoo.com, tolong saya mas, saya perlu banget alamat buat ngedownload gratis theme creator SE K320, makasih banyak mas sebelumnya.

  111. Apik Ndop tulisanmu,rinci tur enak di woco… sip!

  112. @Technomizer: Yuuk..

    @rahaknamrun: makasih mas, salam kenal jugaa..

    @Pembuat Theme WordPress: injih sami sami..

    @Hendra: iya deh..

    @rudi prasetio: hehehe… makasih.. masih perlu banyak belajar lagi…

  113. Tulisanmu runtut, rapi jali. Dokumentasi fotonya juga yahud. Salam kenal. :dance:

  114. :ampun:
    pak pak

  115. salamkenal :dance:

  116. Yoyok #

    Mas uedan tenan …manteb tenan sampeyan punya kemampuan, suatu saat kelak sampeyan pasti dadi orang sukses …otobiographi sampeyan runut, gambar sampeyan yahud, … jujur aku iri … coba akan aku tunjukkan pada anaku biar kayak sampeyan …. aku asli Sawahan Nganjuk yg tinggal di Jogja ….saa kenal dan selamat berkarya terus ….

    • sampeyan membuat saya terharu bengi bengi mas, sampeyan luwih yahuud karyane ning facebook. Aku diajari nggambar manual, karikatur ya mas… soale aku gak tau blajar nggambar. Semua otodidak..

  117. Kereeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeen………. :sip:

  118. biyuh. . ,kueren bin uapik mas. . duetail mulai kecil sampe saiki. . . .
    salut2. . .

  119. :rock: kren mas, salam kenal

  120. swart #

    :malaikat:
    cilik an mu ganteng yo,hicks hicks hicks
    aku yo wong nganjuk looo hehhhehhe

  121. Wah bang ndop mang keren abiezz, salut banget bang :rock:

  122. :fastreading:

    :hug:

    Beugh. Dhowo eram ceritane. Eh, msh Te-bi kentinyuudd…

    Tambah berapa halaman lagi ndop??

  123. Wiellyam #

    :glundung: pusing bacanya.. banyak banget… :hipnotis:
    salut dah.. :ampun: :hug: :kiss: :kiss: :kiss:

    • @Wiellyam: Hohoho… ampun mas, makasih kissnya, hahahah…

  124. huhauhua #

    hahahaha.. terharu aq.. terharu aq.. :malaikat: kuliah nang statistik ITS 02, kenal karo danti berarti yo kang?? hidup uwong ndeso!! :ampun:

    • @huhauhua: kenal dong mas… haha.. sampeyan ndeso ndi?

  125. :tepuk: Sip gue suka gaye loe……..
    aku sih pingine kayak kowe mas…… tapi q gak bisa bikin website yang dot com….
    bisa bantu saya gak yang gratis…………..

    suwun,,,,,,,,,,,

    • @jaenal: pakek blogspot wae mas… gampang praktis gratis, heheh

  126. huhauhua #

    lah ternyata onok tah seng jenenge danti, padahal aq ngasal loh.. :lol:

    btw thanx loh mas dzofar.. :rock: berkat tutorial anda diriQ bisa sedikit paham akan ilmu kanuragan.. :notme: eh ilmu gawe gawe vektor.. :ampun: thanx thanx..

    • @huhauhua: halaaah, paling dirimu iki koncoku statistik yooo??? hayo ngakuuu…

  127. :sip: kalo blogspot, wordpresss lan sak piturete dah punya banyak coy……
    golekan ku seng dot com tapi gratis…..
    bisa bantu gak mas………..

    suwun yo….. salam kenal banget……….

  128. huhauhua #

    lah bukan om.. :notme: ane beda kampus.. cuma danti itu dulu temen bimbel..

    lah ane kan wes nge-add fesbuke sampean kok.. sumfah ane jujur.. :kiss:

    tutorial2 anyare dienteni yo.. :sip: hehe..

  129. gedang #

    suwun bos tutore bermanfaat bgt, :tepuk:
    salam kenal aku yo nganjuk *loceret :ampun: :ampun:

  130. aar #

    lam kenal yo kang… mantafff..

  131. kreatif banget website-nya mas, meskipun saya gak begitu tertarik dgn vector, tapi website kamu ini menggambarkan seorang pribadi yg menarik dan inspiratif. SaluT!

  132. peh…
    sampean beda pol…

    “Aku memang bukan orang-orang yang setype seperti temanku sejurusan. Yang hidupnya serba praktis, penuh perhitungan, pikirannya bisnis, cari uang sebanyak-banyaknya, kaya raya, jadi orang sukses, bangga kalau sudah kerja di perusahaan bonafit yang duitnya gedhe, yang kerjanya duduk-mikir-dapet duit”.

    :malaikat:
    gak mikr dunia tok…
    salut…..
    :tepuk:
    seribu jempol wt sampean(eh,tapi jempolnya orang lai jg ikut)

    piye kuwi carane ben gak mikr dunyo tok???
    gak mikir golek duwit tok???
    salam warga Nganjuk jg!!! :rock:

    • hahah… SALAM WONG NGANJUK…. yowis ngene iki aku mas… “aneh”… kuliah ra tutuk *akhirnya aku men DO kan diri dan bekerja ndik Bali), tapi saiki aku wis ndik nganjuk maneh dolanan internet karo dodolan design… *enak to kerjoku? heheheh*, tetep iso ketemu ibuk, mbak, mas, konco2 sing arepe dolan, aku welcome terus pokoke… biyen ndik bali aku gak betah soale meninggalkan itu semua. AKu wis ngarasakne dadi wong sing ora koyok wong, alias koyok robot, kerja kerja dan kerja seluruh waktu hidupnya, ohohohoh.. saiki aku wis lemu… soale kerjo karo uripku dadi imbang… hohohohoho….

      *halah, aku ngelindur opo to iki mas Hanandy*

  133. Salam Warga Nganjuk Mas!!!
    :mataduitan:

  134. hhahaha…
    mantep mas,
    ai aqw,
    omahe sampean neng jalan ndi// :doh:

  135. LUKEN #

    minta noontact nya…. saya mau order neh…

    tks.
    luken

  136. Weleh-weleh…
    Pokoke lengkap kap kap…
    Peh biografine mantab nda.

  137. :tepuk: Sipkang……. Tularkan bakatmu padaku kang……

  138. :kabur: sipppp

  139. gooooooood. . .

  140. Effendi #

    ok top :tepuk:

  141. salam kenal mas.. jadi lebih tau banyak..
    SD nya di kauman? jogja berarti mas?

  142. Hahaha, ceritanya full banget mas.hehe. Kyaknya semua alur diatas berarti banget bagi Anda. Karena tadi baca, saya pun jadi kepikiran pas waktu kecil, apalagi SD. Ya tapi skrg saya masih sma, memanfaatkan waktu dan kegiatan sebaik mungkin, menjaga persahabatan sesohib mungkin, tp skrg di fb, bukan di fs.hehe.

    • wa iya mas.. aku niat banget ya bikin biografi, haha… yaa kali aja ada hikmahnya… kalau nggak ada ya nggak papa.. anggap aja belajar nulis cerita, hehe..

  143. :tidur: aduhhhhhhhhhhh…..
    cpek

  144. :O So mush Data :O … That is he MOst Amazing Internet site DUDe…

  145. mas di cari pak kos.. hehehhe
    gebang roda sekolah no 6
    salam kenal

  146. “You have a seriously interesting weblog. As well a lot of blogs that I see now don’t actually provide something that I’m interested in, but I’m definately interested in this 1. Just imagined that I would pass that message on. “

  147. saddam #

    :rock: Biografi palin unik dan lucu yang pernah aq baca……maju terus mas ndop…….hehehe..

    • dibaca semua? huwaaaa… makasih banget! xixixi

  148. jess #

    mnta email or FB ny donk,, blz

    • khan ada di sidebar itu, Facendop, tinggal klik aja

  149. jess #

    eh blz k email ku y…. thx

  150. mantap mas
    menghibur skali :D
    sukses yo mas

  151. Apakah Kauman Solo, Jogja apa Kendal apa malah Boja Kendal mas? :takut: :ayoh: :ngiler:

  152. awal #

    halo masnya,,anak ITS jg toh..
    salam kenal mas bro. :siul:

    boleh donk bagi ilmunya

    • salam kenal juga, aku DO kok, hehe

  153. sky #

    masih kuliah di STIS? :D

    • haha… saya kuliah di ITS mas, bukan STIS, jurusan statistika, tapi gak lulus, ahihihi

  154. wawa #

    :malaikat: salam kenal maz dr saya……

  155. hahaha,,,
    dalam biografinya mas ndop PD abis,,,
    tp gk papa,,
    Syamsul menyukai ini,,
    bagus mas,,, :sip:

    • iya mas, tapi sering down juga kok.. namanya juga roda berputar…

  156. ipoet #

    mas bro ndop ! saya suka blognya….
    semoga cepet jadi sarjana statistik wkwkwkwkwk
    klo vektornya kan udah S2 :)
    maju terus jaya terus

  157. tulisannya bagus, mas. mengalir lancar dan sangat menghibur (baca: lucu).
    tutorial2nya juga sangat bermanfaat.
    thanks for sharing ilmunya

  158. tulisannya bagus2, mas.
    mengalir lancar dan menghibur (baca: lucu).
    tutorial2nya juga bermanfaat. thanks for sharing ilmunya.

  159. :sip: baca kisahnya mas Ndop, nggak nyangka kalau kuliahnya di jurusan statistika ITS… gak pa2 mas biar salah jurusan kalau kita serius sukses tak akan lari jauh kok…
    saya salut mas Ndop punya prinsip ‘gak seneng disuruh lomba’ sehingga harus berkorban 3 tahun sekolah di MTS, padahal danem 44 alumnus Kauman 2 kan blundeng kalau masuk SMP 1 lor alun-alun ya tho ??
    Untung sma nya kembali ke sekolah yang benar karena bisa berkompetisi lagi dengan orang-orang yang sejalur…. kita satu almamater lho walau beda tahun… salam kenal dan sukses buat mas Ndop… :doa:

    • wehehhe.. sayangnya wis DO mas, pas skripsi tak tinggal kerjo ning Bali, hehehhe… tapi alhamdulillah aku memang fokus ke vector graphic, dan alhamdulillah Tuhan membukakan jalan yang mudah, walau perlu kerja keras dan telaten, hehe…

      betul mas, danem itu sudah bisa masuk ke SMP 1 tuh, hehe.. aslinya saya kalau disuruh meneruskan sekolah MAN, saya pilih di Kediri, nah karena perlu biaya ngekos, makan, dll. Maka saya ya milih SMADA to ndaaa.. haha.. alhamdulillah kok masuk nyaris blundeng juga, hehe…

  160. kok #

    :twisted:

    sukses terus mas
    kok punya postingan keren nih: Happy Valentine’s Day p1!

  161. aries #

    duh,panjangnyaa…capek!bookmark dulu ah..kpan2 lanjutin lagi bacanya..nek inget, :siul:

  162. mantep mas bro, inspiring de :ampun:
    sukses slalu ya
    Stan Malkovich punya postingan keren nih: Know All About Oolong Tea Benefits

  163. :tepuk: i lop u pull
    David Webb punya postingan keren nih: Bees nest

  164. Weh, bake mahku ora dilink to bos? (Ngemis ndot-ndoten) :kiss: :ngiler:

  165. farid s madjid #

    sumpah kreatif beraaaaaaat !!!! :ampun: :ampun: :ampun: :sip: :sip: :sip: :dance:

    • suwun kakak fariddd…. kapan kapan kopdaran yuk, wi tok in ingglish egein…

  166. :malaikat: mantap banget blognya, baru pertama kali nampak blog yang beginian. salam kenal ya, nama saya azis : )

    • makasih sudah mampir ya… blog ini sudah lama kok, sejak 2008 ^_^

  167. saya kagum sama mas ndop, pengen belajar
    hahahaha :ampun: :ampun:

  168. pengen belajar #

    :ampun:
    mas klw sya mw bljr bkin vektor bayar brpa nie,, sya pngen bgt bsa bikin vektor kya mas,,,, tolong mas ajarin sya,,, trim’s

  169. silviana #

    Assalamualaikum
    sampek pegel aku bacanya kak

    blognya Hebat dah :sip:
    semoga lancaar semuanya…AMIN :malaikat: :malaikat:

  170. silviana #

    Assalamualaikum
    sampek pegel bacanya

    Blognya Hebat dahh :sip:
    semoga lancaaarr semuanya>>>>>AMIN :malaikat: :malaikat:

  171. :glundung:

    baiyuh,,dalan urepe sampean meh podo karo aku,,,soro terus isine,,,,,tapi neng mburi menanti kesuksesan,,,,,semangat,,mantap…..

  172. anis #

    kesan pertama baca ini..lucu apalagi dg bhs khas ndop, trus kreatip, memorable..
    yg tak terlupa adlh ndop always singing everywhere anytime..two thumbs 4 u :sip:

    • hahaha… mbak rengganis iki iso wae, tapi memang singing is the cheapest hobby and free, so why not? ahhahahahaa

  173. ngfans dechh,,,,heheh :sip:

  174. :kiss: aakkue cyank kmuue riki qhue ngax mauuw pisah mha kmuue seandaiie.a dunia bsa berputar seoertie dlue lgiiee.

    :sad: tpiie dunia tdax bsa seperti ituue jdiie qhue tdax dpt brssma kmuue kmbliie ..

    :doa: tapiiie qhuue mhon kpda tuhan smoga esok kelax kita bissa brsma kembaliie

  175. asya #

    :rock: wew… inspiring banget nih,
    kadang emang hidup gak semulus jalan tol.. tapi kalo dihadepin dg optimis dn postif thinking pasti ada hasilnya kok..
    salam kenal ya mas.. tetap jd :malaikat: inspirator.. (weleh..weleh..)

  176. dikira gratiss…heheheheeee :ampun:
    good . . .
    trus semangatttt :dance:

  177. panjang bener mas,hahha

    salam kenal ^_^

  178. :rolleyes:
    Asyik tulisane, renyah koyok peyek!!
    lintangwetan punya postingan keren nih: NASI BECEK NGANJUK

  179. afka #

    :rock: ITS CREATIF… LIKE THIS PAGE.
    SUCXES FOR YOU BROTHER…. GOD ALLAH BLESSING
    YOU
    :doa:

  180. :tepuk:
    pengen belajar bnyak dr anda
    mbahkung punya postingan keren nih: Enam Pertanyaan Imam al-Ghazali

    • wow, terimakasih.. aku belum siapa siapa kok.. masih perlu blajar juga dari sampeyan

  181. saya dari ITS juga lhoo :wink:
    salam kenal ya mas ndop :D
    dekNada punya postingan keren nih: Dua Kutub yang Keras Kepala

    • salam kenal juga mas… wah dapat teman lagi satu..

  182. pak ari #

    biografi yang lengkap banget n sangat menarik. pak ari smada

    • waaah… ini pak Ari guru komputer SMADA dulu ya pak? waaaaah.. aku yang sering masuk itu lo pak, yang seminggu masuk 5 kali padahal jatahnya seminggu cuma sekali.. sugeng rawuh teng blog kulo sing amburadul iki pak nggih.. haha… pangling aku..

  183. gua pikir bikin vektornya gratis :p

  184. <– Baru saja menyimak kisah hidup Ndop :rock:
    ajeng punya postingan keren nih: [repost] Tentang menjadi seorang ibu..

  185. pengen seperti mas ndop :sip: :ampun:
    Roee punya postingan keren nih: My (Amateur) Edit Photos

  186. :mataduitan:

    kekenyangan baca biografi sobat,salam kenal ya.
    ooo. ternyta sobat priyayi soko Nganjuk to.
    aku soko Malang mas.
    mariasunarto punya postingan keren nih: Selang Air Dilarang di London

    • iyo mas, salam kenal yah, hehe suwun wis mampir moco2

  187. hahaha, bio-nya kocak
    salam kenal mas, terima kasih buat info menariknya
    sama-sama suka bjork dan sama-sama dari statistika, hahaha
    sigma 11 ya mas?

    • sigma 15 kayaknya, ahaha lupa saya.. wow suka bjork juga! pasti dirimu seniman musik sejati!

  188. astaga sejam aku baca biografimu mass :ampun: . aku juga nyusu sampe meh masuk SD tapi sekarang malah gak doyan susu…eneg….ixixiixi :notme:
    Jeng Anna punya postingan keren nih: That’s what friends are for

    • hahaha… he eh, aku smape saiki ora bosen susu. Padahal jaman cilik nyusu terus. rekor tenan ya aku. haha

  189. hadoh lengkap pener ki biograpine…tak gawe buku piye??he hee.
    eh mas ndop,aku mau tanya,sampean gak nyediain tutorial berbayar gitu ya??pengen banget beli kalo ada tutor lengkapnya..atau mas ndop punya referensi dimana harus beli tutorial vektor pake corel..sebelumya makasih yo.di jawab lo. . . heee
    ibnu ch punya postingan keren nih: Kumpulan Sms Hoax

    • tutorial ada di blogku semua, kumplit, hahaha.. gak mas, belum kepikiran bikin buku, karena aku antimainstream sih, jadi was was juga akan diterima penerbit atau enggak. hahaha.. Tapi aku memang seneng bagi2 gratisan. Kalo berbayar, takut kebingungan kalo kaya mendadak hahaha.. :pukul:

  190. ayie #

    :ampun: real manual apa pke program komputer om?

    • gak suka dipanggil om, selain om gak papa, pertanyaannya menyangkut hal apa ini?

  191. :tepuk: mas kalau saya boleh merekomendasikan masnya buat buku autobiografi, complete lengkap dah :dance:

  192. waah.. saya juga baru belajar vector,, nemu masternya nih.. salam kenal mas ndop,, KEREN Blognya… salut. :sip:

  193. sangat inspiratif….

    anda menjadisalah satu tokoh inspirasi saya sekarang…

    thankyou

  194. senang dan banyak belajar dari postingannya terutama panduan membuat vector… sukses selalu dan salam kenal dari kota kendari sulawesi tenggara

  195. emang gokil abis,,saya baru 2 hari masuk blog ini buat belajar vektor, dan betah buat baca tutorialnya,,mantep mas,,dan salam kenal dari blogger jogja :D
    elang ajib punya postingan keren nih: Nonton TV Online SCTV TV Online Live Streaming

    • waaah.. asyik dapat kenalan bocah jogja lagi.. *pingin urip nyang jogja…*

  196. agung cah nglaban #

    mas, sampeyan skr di nganjuk ? gara2 kata2 “LEREN” aku dadi eling & kangen nganjuk. Saiki lagi nyangkul nang bandung… salam kenal ya

    • Iyo, tenguk2 ndik omah. Nek pas mulih dolano mrene..

  197. ve #

    hahhaahahaa lucu..lucu,
    keep up the good work n share the goodness, ndop!

  198. haha keren guys, aku juga baru belajar vector ini. oiya, thanks banget untuk semua tutorialnya.

    Salam Sederhana, Salam Indie dan berkarya tanpa batasan-batasan.

  199. haha keren guys, aku juga baru belajar vector ini. oiya, matursuwun sanget yo untuk semua tutorialnya.

    Salam Sederhana, Salam Indie dan berkarya tanpa batasan-batasan.

    • siaaap mas… terjang semua yang tidak sesuai kata hati.. haha.. salam antimainstream!

  200. ica #

    keren :pertamax: :D

  201. Gak sengaja nyasar kemari

    Panjang bener biografinya..rajin euy

    Salam kenal dari Semarang :)

    • wehehe.. iya mas, maklum dulu gak ada kerjaan banget makanya bikin biografi panjang bener haha.. salam kenal juga, aku punya banyak banget temen dari semarang lo.. aku ikut anak2 sketsa Orart-Oret..

  202. :fastreading: hahaaa ane habis ngebaca dari awal sampai akhir jadi tau dah tentang bang ndop

  203. Agak gemukan ya mas sekarang beda banget sama emoticonya… :pukul:

  204. :lol: keren bang.. tapi belum selesai bacanya.. hahaahaha.. ntar di lanjut lagi..
    Sucitpo punya postingan keren nih: Cara Mengundang banyak teman ke fans page facebook

  205. rezvec #

    Hemmm jadi pengen mendalami corel lagi setelah mbaca punya mas ndop……???

    sukses dah… :dance:

  206. diane #

    ngebaca biografi mas sampe menghabiskan3 potong black forrest dan 2 gelas air putih. panjang bangett tp menarik mas :-)

    • waaah, calon fans baru nih.. selamat datang di dunia ndofans™

  207. haduhhh puanjang bgt mas…sampe mata kriyep2, tapi oke bin unik..

  208. :sip: wah sipppp, keren abizzz mas :pertamax: , saya mbacanya sampai kelilipan mas, heheheh :hihi:. Sukses selalu mas bro… saya pngen bljar ni mbuat gmbr vektor gtu mas, bisa minta tlong bantuannya iy mas, slm knal amri dri mlg :) :sip:

    • yoi salam kenal juga ya mas… kalo mau belajar vector, silakan ubek2 isi blog ini, komplit mas.

  209. Salam kenal ya Bang.

    Lengkap sekali biografinya.

    Jadi lebih mudah mengenal sang penulis blog ini :)

    • Salam kenal juga mas.. Makasih sudah mampir hehe

  210. sangar mas!!! :cool:

  211. bionya super dupeer lengkape puooll mas broo

    salut dah dan memang hobby menggambar sudah sejak jamane cilik yoo manteb weess.. :rock: 9
    wi3nd punya postingan keren nih: ~ 5 itu..~

    • Iyaaa.. thank youu….

  212. Riyo Nanto #

    kronologi dan komentar yang begitu panjang, jdai intinya ndop itu apa gan? :rolleyes:

  213. seneng terjerumus ke blog antimainstream ini. salam kenal mas, ndop.. saya siap jadi pembaca setia :3

    • aku insya Alloh 3-4 hari sekali update, jadi silakan berlangganan. Gratis! hahaha..

  214. KAK CARA BUAT BLOG GIMANA SIH
    PENGEN TAHU KOK KAKA BISA
    BLOGNYA PAKE .COM KAYAK
    http://dzofar(com)
    CARANYA GIMANA :neutral:

    • kalo dijelaskan bakalan pnjang. coba search di google pkai kata kunci “cara bikin blog wordpress hosting domain sendiri”

  215. :sip: Wahhh Kreatiff,,kerennnn,, dann….?????? Luarr Biasaaa Kak..

    • Huwaaaa.. Terimakasih buanyak kaak…

  216. Biografinya lengkap banget… :tepuk:
    bocah petualang punya postingan keren nih: 8 Objek Wisata Menarik Di Kota Banjarmasin

  217. Biografinya keren. Enak kerja kayak sampeyan, kalo ngantuk tinggal naikin kasur, hehe… :dance:

  218. Fajri #

    ngefans banget deh aku dengan mas siapa lagi ini namax yang medokx keliatan jelas walaupun lewat tulisan :dance: ??

    • Huahahaha.. Selamat ya, dirimu adalah fans ke dua juta sembilan ratus tiga puluh tujuh kilometer selsius. *menyematkan kalung tanda keanggotaan*

  219. haha.. lengkap tenan , di cetak buku wae mas :dance:

  220. Wow.. Biografinya detail amat. Butuh berapa lama mengingat dan menuliskannya?

    Salam kenal dari bumi sriwijaya. Sudilah kiranya mampir di gubuk maya saya :)
    :taktahu:

  221. Masak Allah dowone yak…………..

    • Hahaha jenenge wae biografi

  222. diupdate lagi ndop, request subsection:
    Ndop dan Cerita Cinta
    *pengentahukalondopjatuhcintakayakbigimana*
    Cak Shon punya postingan keren nih: Wisata Ilmu dan Persahabatan Di Eropa: 6 Kota 3 Negara 1 Benua

    • Woooh kalo itu bisa jadi novel sendiri kang. Aku tuh superrrr pecinta. Biasalah anak leo. Super posesif. Tapi sayangnya banyak yg gak tahan soale diriku emang banyak fans jadi ya dicemburui terus. Hahahahahahhaha… Gak ding, becanda ding, aku rung tau nduwe pacar kok.

  223. Wih autobiografinya semoga bisa dibukukan.
    Salam kenal dari Bandung coret bang.
    arip punya postingan keren nih: Jangan Jadi Pengendara Baik!

  224. wah-wah…
    ancen bener mas seng jarene sampean wingi.
    nak arep luweh kenal cedek karo seseorang iso didelok teko tulisane, :rock:
    lan
    tulisane sampean nandakne nak sampean iku orange humoris. :tepuk:
    tahta laksana dewanata punya postingan keren nih: BN2013 18.00 masih hari pertama

  225. Komplit tenan mas. Mantab ! saya kalau suruh cari foto waktu SMA, SMP, SD apalagi pas waktu masih mengkurep… haduh menyerah… :D
    Djarum Slalom yogyakarta punya postingan keren nih: Hystory of modern transportation

    • Haha khan gampang, tinggal buka album fotomu mas.. Trus dijepret atau discan..

  226. Ini baru blog sehat, menu dan konten artikelnya bagus2 …
    salam kenal dari Malang buat mas Ndop, aku penggemar setia vector/ wpap master Ndop. :rock:

    • Huahaha.. Matur suwun mas. Ini blog curhat pol pokoke. Raiso dadi duik haha.. Salam kenal jugaaa… :sip:

  227. Wuihhh,, lengkap bener Biografinya :D
    Mesin Cuci punya postingan keren nih: Mesin Kompresor

  228. Bener-bener biografy yang kumplit dan luchu….hehhe….asik bacanya gan…..super sekali… :sip:
    Sherdy punya postingan keren nih: Practicing With CorelDRAW X6

    • Hahaha makasiiih udah mampir yaaaa

  229. :ssst:

    master minta belajar corel dong

    salam kenal

    CIREBON
    Wajhuddin punya postingan keren nih: TRIK UPGRADE OFFICE

  230. MASTER MINTA NUMPANG BELAJAR COREL DRAW :) MAKLUM ANE LULUSAN SD MASTAH JADI MESTI HARUS BELAJAR DARI NOL :ssst:
    Wajhuddin punya postingan keren nih: TRIK UPGRADE OFFICE

  231. salam kenal mase,,,
    keberatankah jika ku pinjam gambar pakde Jokowi?

  232. Jika boleh, jika tidak ya rapopo mase…
    Terlanjur suka sama warnanya.
    Tadinya mau di combine dg JK tuk imaji perlawanan aja…maklum, terlalu banyak Visual No.1 disini:)

    Proficiat buat pakde Jkwi dan karyamu!
    aripketje punya postingan keren nih: Endro S, Enamel on Fiber, 2010, Karya-karya yang di pamerkan di…

    • Buat apa ya? hehehhe



Komentar Kamu

Current day month ye@r *

Tampilkan Postingan Kerenmu
:wink: :twisted: :tidur: :tepuk: :takut: :taktahu: :ssst: :siul: :sip: :shock: :sad: :rolleyes: :rock: :pukul: :pertamax: :oops: :notme: :ngiler: :neutral: :muntah: :mrgreen: :mataduitan: :malaikat: :mad: :lol: :kiss: :kabur: :hug: :hipnotis: :hihi: :glundung: :fastreading: :evil: :eek: :doh: :doa: :dance: :cry: :cool: :ayoh: :angop: :ampun: :P :D :???: :-)