Review Apple Watch Series 3

Halo gaes, selamat tahun baru dua ribu sembilan belas yaaa! Semoga gitu deh. Hahaha. Males aku nulisnya. Paling-paling mau nulis semoga lebih baik dari tahun sebelumnya. Yah klise, gak kreatip! Hahaha. Semoganya yg kreatip dikit dong! Misal: Semoga mobil baru! Semoga rumah baru! Semoga jiwa baru #eh reinkarnasi dong! Hihihi.

Tahun 2018 kemarin banyak sekali kejutan-kejutan yg aku alami. Karena aku type orang yg spontanitas, maka ketika aku bisa dapetin sesuatu, aku anggap itu kejutan. Soalnya emang gak direncanain sebelumnya.

Salah satunya, aku beli Apple Watch Series 3! Barang epel yang selama ini skip dari keinginanku untuk beli. Maklum smart watch sudah punya Garmin. Ngapain beli epelwoc? Ye kan? Trus jam tangan yg lain sudah punya jishok, kasio, bahkan fossil. Jadi ngapain beli epel woc? Ye kan?

Namun nyatanya aku beli juga. Kerasukan syetan setip job keknya. Hahah.

Kece bats nih jam! Sukak bats!

Jadi awalnya aku dapat kejutan dari adsense yutub dari video amboksing aifun sewen plesku yg itu tuh. Nah, aku kok merasa adsense yutub harus jadi sesuatu gitu. Jangan cuma ngumpul di tabungan aja trus gak ada guna. Trus keknya aku keracunan vlognya Raditya Dika deh. Dia kan kalau dapat pencapaian tertentu, dia beliin jam tangan sebagai rimainder gitu.

Adsense yutub sudah ngumpul hampir 20 jut. Yang 10 jut anggap aja balik modal beli iPhone 7 Plus. Sisanya 10 juta aku beliin epel woc sama masih mikir dibeliin Apple Airpods apa enggak, soalnya aku gak begitu suka dengerin musik pakai hedfun. Yowis beli epel woc aja. Lalu seperti biasa buka-buka ikamers. Tokopedia tetap andalanku.

Akhirnya belilah epel woc. Aku beli yg seris 3. Yang baru khan seris 4 ya. Masih 8 jutaan dan menurutku untuk barang sekecil itu, 8 juta itu kemahalan. Walaupun epel woc seris 3 ini juga masih mahal sih. Tapi produk epel mana ada yg murah, ye kan?

Karena harganya 5,299 juta, maka aku harus memanfaatkan momen dapat woucer keshbek. Kebetulan aku dapat voucher 7,5% maksimal 200 ribu dong! Dan hanya berlaku pada tanggal 7 Desember doang. Nunggu harbolnas 12-12 kok sayang banget kalau voucherku yg itu hangus dan gak njamin dapet voucher yg sama ketika 12-12.

Aku beli epel woc di toko namanya Apple Watch Stuff di tokopedia. Kalian search aja sendiri. Aku lagi pelit ngelink. Keenakan aku promoin gratis. Haha. Dan setelah pembayaran selesai, aku dapat keshbek beneran 200 ribu. Jadi aku aslinya cuma bayar 5,1 juta. Lumayan khan!

Sellernya responsif dan barang langsung dikirim sore itu juga. Senin barangnya datang. Langsung aku shooting unboxing untuk konten yutub. Sekalian buat dokumentasi kalau-kalau dapat produk palsu. Ini tips gaes, sambil menyelam, minum es degan (horang kayah gitu! Air kolamnya pakai air kelapa!). Kalau kamu beli barang yg mahal, rekamlah video unboxing. Selain bisa jadi konten yutub, kalian bisa punya bukti otentik kalau ada kenapa-kenapa pada barangnya.

Videonya bisa kalian tonton di bawah ini (sepi peminat, wiuwernya dikit hahaha)

REVIEW PEMAKAIAN SELAMA TIGA MINGGU

Apple Watch Series 3 ini ada builtin GPSnya. Jadi kalian bisa pakai epel woc ini untuk olahraga yg bisa ngetrek lokasi kalian, kayak lari atau bersepeda. Cuman menurut review-review, kebanyakan mereka menyarankan untuk sambil bawa iPhone selama outdoor workout. Karena epel woc akan bekerja maksimal kalau bersama-sama iPhonemu. Mereka berdua pasangan yg tak terpisahkan.

Sementara orang ganteng yang membeli mereka berdua masih jomblo aja. Sampai lupa umur. HAHAHA.

Aku iseng dong ngetes sepedahan keliling komplek (biar kayak orang kaya gitu, nyebutnya komplek, padahal aslinya ya keliling gang di desa. Haha). Satu putaran doang. Sejauh 0.6 km alias 600 meter doang.

Aku pakai aplikasi bawaan epel woc bernama Workout. Aku pilih menu Outdoor Cycle. Pertama aku coba tanpa membawa iPhone. Cuma ngandalin GPS jam. Hasilnya seperti di bawah ini.

Hasil GPS Apple Watch Series 3 + iPhone 7 Plus

Dari data di atas, ternyata jarak yg terekam adalah 0,66 km alias 660 meter. Berapakah jarak yg tercatat kalau cuma pakai Apple Watch Series 3 tanpa iPhone? Yuk kita sepedahan lagi keliling gang!

Dan inilah hasilnya:

Hasil GPS pakai Apple Watch Series 3 doang. Tanpa iPhone.

Wow, ternyata jaraknya makin ngaco! Haha. Selisihnya 30 meter sodara-sodara. Apakah aku tadi sepedahannya pakai belok-belok zig-zag? Gak juga kok. Bahkan aku juga sama pelannya kayak ketika sepedahan sambil bawa iPhone. Sewajarnya sih errornya sekitar 10 meter lah ya. Kalau 30 meter itu khan keknya jauh amat ya. Haha. Tapi ouwerol si Apple Watch Series 3 ini BISA DIBUAT OLAHRAGA OUTDOOR TANPA iPHONE!

Itu saja yg saya butuhkan. Hahaha. Selain buat gaya juga sih. Maklum orang beli produk epel itu mau cari apanya selain gengsi? HAHAHA.

Aku pun iseng ngebandingin Apple Watch Series 3 sama jam Garmin Forerunner 35. Seberapa besar perbedaan jarak yg terekam! Hasilnya adalah:

Kacek saitik gaes!

Ternyata cuma selisih 0,01 km saja alias 10 meter. Menurutku error 10 meter gapapa lah ya. Jadi aku bisa menyimpulkan secara kasar kalau Garmin Forerunner 35 VS Apple Watch Series 3 itu GPSnya sama akuratnya.

Tapi aku tetep memilih epel woc sih, dibanding Garmin. Selain harganya lebih mahal, gengsinya juga dapet, ada banyak alasan lain, mereka adalah..

FITUR CANGGEH APPLE WATCH SERIES 3

Epel woc ini seperti asisten pribadi kita yang tugasnya mengingatkan. Kayak netizen halu sumbu pendek itutuh, yang suka bilang “Maaf, sekadar mengingatkan”. Nah, sama bats sama epel woc nih! Ketika kalian duduk terlalu lama, tiba-tiba ada notifikasi “Time to stand” yang menyuruh kalian berdiri sambil gerak-gerak setidaknya semenit.

Waaaah, MAKIN KURUS DONG GUE! Olahraga mulu! Hahaha.

Nah, barusan epel wocku berbunyi dan bergetar, karena aku duduk doang sambil nulis blog di kasur. Si epel woc protes dan mengingatkanku untuk berdiri dan gerak-gerak dikit lah semenit.

Gak boleh duduk lama-lama gaes!

WEGIAH PEL EPEL! Wayahku nulis blog ini, bukan olahraga! Hahaha.

Trus ada fitur satu lagi yang aku suka, BREATHE. Jadi kalau ada haters nyerang di sosyel media, supaya emosi gak meluap-luap, biasanya aku langsung memanfaatkan app ini. Tinggal pencet start dan dia akan mengembang besar untuk tarik nafas, lalu menyusut kecil perlahan untuk buang nafas. Ada sensasi getaran melegakan di pergelangan tangan ketika tarik nafas. Kalian harus coba sendiri deh! Soooo relaxing!

Ampuh buat menenangkan jiwa.

Selain bisa menerima notifikasi (akusih cuma nyalain notifikasi watsap aja), epel woc ini juga bisa balas chat! Bisa pakai metode ngomong (pakai Bahasa Indonesia baku) lalu di layar jam akan mengubah suaramu menjadi tulisan. Canggih banget ya Tuhan!

Aku sih jarang balas chat pakai suara. Karena bahasa chatku khan pakai Bahasa Jawa, jadi epel wocnya gak bisa nerjemahin ke tulisan. Aku biasanya balas chat pakai fitur satunya lagi, yaitu handwriting. Jadi kita tinggal nulis aja pakai jari di layar. Maka usapan jari kita akan diterjemahkan dalam ketikan. Keren bats!

Canggeh bats ini! Dia bisa tahu kalau itu huruf g, bukan angka 9. Hihihi.

Trus suka banget sama Watch Face yang buanyak macemnya. Jadi kalau bosan sama tampilan sporti, bisa ubah ke yg lebih fun dan kalerful. Kalau bosan bisa ubah ke versi kayak resmi analog. Bisa diganti-ganti warnanya pula. Trus semua ANIMASI alias bisa gerak-gerak!

Pokoknya pakai epel woc ini ANTI BOSAN!

Masih banyak yg bagus-bagus. Bisa pakai foto sendiri juga. Seru bats!

KETAHANAN BATERAI

Kalau gak dipakek apa-apa, cuma diletakkan di meja gitu, epel woc bisa tahan 3 harian. Kalau buat aktifitas intens, bisa tahan sehari-dua hari. Buat lari 5 km (sambil bawa iPhone) cuma berkurang 3 persen doang. Jadi ketika jamnya mikir buat ngetrek larimu, dia tetep irit. Garminku kalah irit kalau urusan lari. Maklum garmin mikir sendiri gaes, kalau Apple Watch khan bisa dibantu iPhone.

Lari 5 km pakai jam doang sih aku belum pernah coba. Cuman emang baterainya lumayan irit gaes. Kalau baterai sudah 10%, dia akan getar dan nyuruh kamu ngeces jam. Sumpah ini jam memang kayak netizen halu sumbu pendek yang suka bats sekadar mengingatkan. HAHAHA.

Cesnya kek gini. Kayak stetoskop. Tinggal tempel doang.

Pas baterai tinggal 10%, ada pilihan Power Reserve untuk mengubah jam menjadi gak ada otaknya alias gak smart, alias smart watch akan berubah menjadi jam biasa yang hanya bisa nunjuki sekarang jam berapa tanggal berapa. Itu. Saja. Dan katanya sih 10% power reserve mode bisa tahan selama 3 hari! WAW. Sungguh langkah cerdas buat epel!

Fitur canggeh lain sih, bisa jadi remote kamera. Tapi belum pernah aku pake soalnya aku jarang foto sendiri. Di rumah rame banyak orang jadi aku manfaatin mereka buat fotoin aku. Hihihi.

SIRI MAKIN CANGGIH

Karena aku pertama kali beli Apple Watch langsung series 3, otomatis aku belum pernah ngebandingin sama versi sebelumnya. Katanya versi sekarang Sirinya makin canggih. Bisa ngomong di jamnya langsung. Jadi jamnya jadi kayak hape.

Trus yang aku paling suka sama Siri, dia bisa nyuruh nyalain workout dan STOP workout tanpa kita menyentuh jamnya. Hal ini sangat bermanfaat buat aku. Karena pengalaman lari pakai Nike Run+, aku susah banget stop lari karena layar jam kena embun pagi dan jemariku basah karena keringet. Jadi layarnya gak respons. Dengan fitur nyuruh Siri untuk stop via suara begini, aku sangat terbantukan.

Cuman saat ini, aplikasi yg bisa mendukung Siri untuk STOP workout (bisa lari, cycling, dll), cuma aplikasi bawaan Apple Watch bernama Workout. Nike Run+ dan aplikasi standar olahraga lainnya (Strava, Endomondo) cuma bisa nyuruh start sama pause doang. Stop gak bisa. Harus manual pakai touch screen.

Ada sih aplikasi baru yg namanya aneh-aneh yang support sama Siri di semua perintah. Cuman khan aku butuh bisa sync ke app lain. App baru itu (yang namanya RunGo atau apalah itu) gak bisa gaes. Kecuali harus bayar mahal perbulannya. Hih, males! I lav gratisan! Hahaha.

Kalau mau sync data Workout ke Strava bisa pakai aplikasi gratisan di iPhone namanya GPX Workout. Kalau sudah sync ke Strava, mau sync ke app lain sudah gampang. Banyak app android menyediakannya (untung punya redmi 5 plus!). Di iOS gak ada. Epel jahat sih emang hahaha.

Jadi caraku stop lari pakai aplikasi bawaan epel woc bernama Workout, hanya dengan mengangkat tangan (kayak posisi lihat jam gitu). Lalu kita deketin ke mulut, kita bilang, “Hi Siri, Stop workout!” atau cuma “Stop workout!“.

Karena Watch OS 5 katanya gak perlu ngucap “Hi Siri“, dia otomatis mendengar suara kita ketika jam diangkat. Cuman aku main aman aja pakai “Hi Siri” soalnya tanpa itu kadang2 jamnya gak respons hihihi. 

Kalau mau start lari gitu, entah kenapa ketika aku bilang “Hi Siri, start Running!” yang muncul aplikasi Nike Run+. Defaultnya gatau kenapa aplikasi itu. Atau mungkin karena ini Nike Run+ edition ya? 

Kalau mau start cycling, aku tinggal bilang, “Hi Siri, start cycling!” Dia otomatis muncul aplikasi Workout dan langsung milih Outdoor Cycle dan langsung countdown 3, 2, 1, … 

Aplikasi Workout bawaan epel woc andalan akoh.
Soalnya nurut disuruh-suruh. Haha.

JAMKU YANG LAIN NGANGGUR DONG!

Gara-gara epel woc, jamku yang lain gak aku lirik sama sekali. Mau gaya, bisa. Mau olahraga, bisa. Trus strap Apple Watch emang nyaman banget dipakek. Asal pakai yg original bawaan pas beli ya. Kalau beli versi kawenya sih gak seenak yg ori. Aku sudah buktiin. Haha.

Alasan lain, teryata aku suka jam kotak begini. Khan banyak tuh yg suka jam berbentuk bulat. Aku kok gak suka. Menurutku jam kotak begini terlihat simpel dan futuristik aja, wicis itu aku banget! HAHAHA

Trus styleku sehari-hari khan emang sporty-childish gitu ya. Jam Fossil skip banget sama styleku. Jam jishok sebenarnya masih okay, cuman dia gak smart gaes. Jadi skip juga. Jam kasio juga gitu. Skip. Jam Garmin gabisa diubah tampilannya, dan dia boring banget. Jadi skip juga. Daaaan jamku itu akhirnya AKU JUAL SEMUA! Hahaha.

Yang Garmin ijo belum laku gaes! Ayok dibeli! Haha

Dan sudah laku semua kecuali Garmin. Soalnya emang mihil gaes, aku jual Garmin sekenku 2 juta. Belinya 3 juta soalnya. Wajar dong aku jual segitu. Hihihi.

Aku sedang belajar menerapkan gaya hidup minimalis juga sih. Punya barang 1-2 saja yg setiap saat aku pakai. Bentar lagi keknya aku bakalan jual baju-baju, sepatu, topi, gejet, diri #eh Duitnya khan lumayan bisa buat ditabung lagi buat beli rumah! Waaaah… kenapa rumah itu mahal banget ya Tuhaaaan. HAHA.

Udah ah, capek nulis sepanjang ini. Bye!

7 Comments

Komen yuk kak!